Tak Hanya Pengguna! Segudang Manfaat Menggunakan Mobil Listrik Ini Juga Dapat dirasakan Orang Lain

0
302
thumbnail electric car - manfaat menggunakan mobil listrik

Mobil listrik hadir sebagai pilihan alternatif di tengah industri otomotif yang masih didominasi oleh mobil berbahan bakar minyak (BBM). Setidaknya ada 13 manfaat menggunakan mobil listrik yang semuanya berkaitan dengan kenyamanan pengemudi serta dampaknya bagi orang lain.

Baca Juga : Rekomendasi Sabun Cuci Mobil Terbaik Pilihan yang Bikin Mobil Kamu Menjadi Cling

Mobil listrik menawarkan solusi kendaraan yang lebih ramah lingkungan dan hemat biaya perawatan. Tidak hanya itu, mobil listrik memberikan manfaat lain yang selama ini tidak dirasakan saat menggunakan mobil dengan asupan BBM. 

Berikut Daftar Manfaat Menggunakan Mobil Listrik

1. Suara Lebih Halus dan Nyaman

suara halus - mangfaat menggunakan mobil listrik

Mobil listrik memiliki suara yang halus dan nyaman. Selama ini mobil yang berbahan bakar minyak atau BBM terkadang menghasilkan suara yang bising dan mengganggu. Dampaknya, mobil berbahan bakar fosil selalu dianggap sebagai salah satu penyebab munculnya polusi suara. 

Hal berbeda terjadi oleh mobil listrik. Mobil listrik menggunakan tenaga baterai sehingga menghasilkan suara mesin yang lebih halus dan nyaman di telinga. Mobil jenis ini juga tidak memiliki saluran pembuangan atau knalpot sehingga tidak ada suara mengganggu di mobil listrik. 

2. Biaya Perawatan Lebih Murah

biaya perawatan - mangfaat menggunakan mobil listrik

Manfaat selanjutnya yang dirasakan adalah biaya perawatan lebih murah. Salah satu yang membuat orang enggan untuk memiliki mobil karena kendaraan roda empat tersebut dianggap memiliki biaya perawatan dan suku cadang yang mahal. Nyatanya mobil listrik tidak demikian. 

Mobil listrik memiliki biaya perawatan yang murah. Alasannya karena mobil listrik memiliki kondisi mesin yang awet khususnya bagian baterai mobil. Perawatan rutin yang harus dilakukan hanya melakukan pengecekan ban dan sistem pengereman dengan biaya yang terjangkau.  

3. Lebih Irit Dibandingkan Mobil BBM

lebih irit - mangfaat menggunakan mobil listrik

Manfaat menggunakan mobil listrik selanjutnya adalah lebih irit. Harus diakui bahwa salah satu permasalahan pengguna mobil BBM adalah mereka harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli bensin di SPBU. Tetapi, kasus ini tidak terjadi jika kamu menggunakan mobil listrik. 

Mobil listrik ditenagai oleh baterai dan lebih irit pemakaiannya. Misalnya saja Tesla Model 3 yang merupakan salah satu mobil listrik terkenal di dunia. Mobil ini kapasitas baterai sebesar 54 kWh baterai Tesla Model 3 bisa bertahan melakukan perjalanan hingga  496 km. Irit sekali, bukan?

4. Mobil Lebih Aman karena Didukung Teknologi Canggih

lebih aman - mangfaat menggunakan mobil listrik

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan mobil listrik adalah lebih aman. Mobil listrik telah didukung oleh berbagai fitur canggih yang membuat mobil menjadi lebih aman seperti teknologi Blind Spot Monitor dan Panoramic View Monitor di mobil Lexus UX 300e contohnya. 

Kedua teknologi tersebut akan menampilkan semua sisi mobil sehingga pengemudi bisa berkendara dengan lebih aman. Selain itu, ada juga teknologi ProPILOT Park yang berada di Nissan Leaf. Fitur ini akan membantu kamu mengendalikan kemudi saat ingin melakukan parkir. 

5. Membantu untuk Mengurangi Polusi Udara

kurang polusi - manfaat menggunakan mobil listrik

Polusi udara masih menjadi masalah yang dihadapi oleh banyak negara di dunia. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi terjadinya polusi udara salah satunya dari kendaraan roda empat yang menggunakan BBM. Solusi dari masalah tersebut adalah menggunakan mobil listrik. 

Mobil listrik tidak mengeluarkan asap sama sekali. Mobil ini sangat bermanfaat karena secara tidak langsung kamu berhasil membantu untuk mengurangi polusi udara. Lewat mobil listrik kamu juga berhasil menjaga bumi dari pemanasan global, perubahan iklim dan kerusakan lingkungan lainnya. 

6. Memiliki Kecepatan yang Tinggi

cepat - manfaat menggunakan mobil listrik

Sebagai kendaraan yang didukung dengan tenaga listrik dari baterai, bukan berarti mobil listrik tidak mampu melaju dengan cepat. Saat ini banyak mobil elektrik yang menghadirkan kecepatan tinggi ketika menyentuh aspal jalanan. Kecepatannya tidak kalah dengan mobil BBM. 

Misalnya saja Buckeye Bullet 3 yang mampu melaju hingga kecepatan 550,6 km per jam. Selain itu, ada juga Tesla Roadster yang diklaim mampu melaju hingga kecepatan lebih dari 402,3 km per jam serta Rima C_Two yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 415,2 km per jam. 

7. Memiliki Bentuk yang Sesuai Kebutuhan

bentuk - manfaat menggunakan mobil listrik

Mobil elektrik juga memiliki bentuk yang sesuai kebutuhan khususnya masyarakat perkotaan. Contohnya mobil BMW i3s dan Renault Twizy dimana dua-duanya memiliki bentuk mobil yang mungil. Mobil ini cocok bagi kamu yang sering menghadapi kemacetan di jalan. 

Dengan menggunakan mobil listrik tersebut, manfaat yang kamu terima adalah bisa mencari sudut sempit di jalanan sehingga  bisa lebih sampai ke tempat tujuan. Selain itu, mobil elektrik ini juga memiliki desain yang stylish sehingga kamu bisa tambah percaya diri saat mengendarainya. 

8. Bebas Pajak Kendaraan di Jakarta

tax - manfaat menggunakan mobil listrik

Membeli mobil listrik bisa lebih hemat dalam urusan pajak. Di kota besar seperti DKI Jakarta pemerintah Jakarta telah memberikan mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta (Pergub) Nomor 3 Tahun 2020 mengenai Insentif Pajak Balik Nama Kendaraan Bermotor Listrik.  

Melalui aturan tersebut, kendaraan listrik berbasis baterai seperti mobil elektrik tidak dikenakan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Hal ini pastinya sangat bermanfaat bagi kamu karena biaya pajak mobil lebih rendah dibandingkan mobil BBM. 

9. Bebas Aturan Ganjil Genap

ganjil genap - manfaat menggunakan mobil listrik

Aturan ganjil genap di Jakarta bisa kamu atasi dengan menggunakan mobil listrik. Alasannya, karena menurut Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang ganjil genap, kendaraan listrik salah satu kendaraan yang dibebaskan dari aturan tersebut. 

Mobil elektrik bebas dari aturan ganjil genap karena mobil tidak berkontribusi terhadap pencemaran udara di Jakarta. Hal ini pastinya sangat menguntungkan bagi kamu yang tinggal atau bekerja di Jakarta. Kamu bisa menggunakan mobil listrik agar terbebas dari aturan ganjil genap. 

10. Bisa Isi Baterai di Rumah

isi dirumah - manfaat menggunakan mobil listrik

Selama ini jika menggunakan mobil BBM, maka kamu harus mencari SPBU terdekat untuk mengisi bensin. Namun, hal ini tidak akan terjadi saat menggunakan mobil listrik. Terdapat beberapa jenis mobil listrik seperti BMW i3s dan Hyundai Ioniq. 

Kedua jenis mobil tersebut memungkinkan jika melakukan pengisian daya menggunakan listrik rumah. Syaratnya kamu harus memiliki listrik dengan daya listrik minimum 2.200 VA. Mengisi baterai mobil di rumah pun cenderung lebih praktis dan aman karena lebih mudah terawasi.  

11. Investasi Kendaraan yang Menguntungkan

invest mobil - manfaat menggunakan mobil listrik

Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil listrik merupakan kendaraan masa depan dan beberapa tahun yang akan datang akan menjadi mobil pilihan utama masyarakat. Sebagai mobil masa depan, maka membeli dan menggunakan mobil listrik saat ini menjadi pilihan yang tepat. 

Secara tidak langsung kamu melakukan investasi yang nantinya manfaatnya akan dirasakan di waktu-waktu mendatang. Mobil listrik yang kamu beli sekarang bisa saja harganya naik karena masuk dalam kategori mobil antik sehingga banyak diburu oleh kolektor. 

12. Menghemat Penggunaan Minyak Bumi

hemat minyak - manfaat menggunakan mobil listrik

Minyak bumi adalah sumber daya yang tidak bisa diperbarui sehingga penggunaannya harus dihemat demi generasi di masa depan. Pemerintah Indonesia terus mendorong penggunaan bahan bakar alternatif yang nantinya bisa mengurangi ketergantungan dengan minyak bumi. 

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mendukung upaya pemerintah tersebut adalah dengan menggunakan mobil listrik. Hal ini karena tenaga listrik bisa dihasilkan dengan berbagai sumber daya alternatif seperti air dan angin, sehingga penggunaan minyak bumi bisa ditekan. 

13. Bebas Biaya Parkir

biaya parkir - manfaat menggunakan mobil listrik

Pemerintah Indonesia berencana untuk memberikan insentif kepada kendaraan listrik yaitu tidak adanya biaya parkir alias bebas parkir. Rencana kebijakan ini menjadi sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin menggunakan mobil elektrik karena bisa lebih hemat saat bepergian. 

Kamu tidak harus mengeluarkan biaya parkir saat mengunjungi pusat perbelanjaan, wisata, dan area publik lainnya. Alhasil, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika berada di tempat-tempat tersebut dalam waktu lama. Semoga saja kebijakan bebas biaya parkir ini bisa segera terwujud. 

Manfaat menggunakan mobil listrik tidak hanya dirasakan oleh pemilik tapi juga orang lain dan pemerintah. Dengan menggunakan mobil elektrik ini, kamu tidak hanya bisa mengendarai dengan nyaman dan irit tetapi juga memberikan manfaat kepada orang lain karena membantu mengurangi polusi udara. 

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Kesayangan, Agar Tetap Awet Dan Aman

Selain itu, kamu juga mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi penggunaan minyak bumi sehingga sumber daya alam bisa terjaga. Jadi, banyak sekali manfaat ketika menggunakan mobil elektrik ini. Perjalanan kamu pun menjadi lebih bermakna dan tidak menimbulkan kerugian untuk orang lain.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here