Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

0
81
Kenali kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, agar Anda bisa menentukan tipe kendaraan yang aman dan mampu memberikan kenyamanan.
Kenali kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, agar Anda bisa menentukan tipe kendaraan yang aman dan mampu memberikan kenyamanan.

Kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik tentunya wajib Anda ketahui, sebab sebelum memilih kendaraan, Anda wajib mengetahui apa kelemahan dan kelebihan pada kendaraan yang akan digunakan, sebagai bahan pembanding dengan jenis kendaraan lainnya.

Baca Juga: Truk Fuso Modifikasi pada Sistem Suplai Bahan Bakar

Memang tidak bisa sembarangan dalam memilih jenis kendaraan, sebab sebagai pengemudi, kita perlu memperhatikan kenyamanan, kecepatan juga keamanan kendaraan tersebut. Saat ini mobil bertenaga listrik, kian digemari oleh banyak orang berkat fitur menariknya yang berbeda.

Anda mungkin tidak akan menemukan beberapa fitur pada electric car, pada mobil konvensional yang sudah biasa digunakan oleh banyak orang. Namun dibalik berbagai fitur menarik, terdapat kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik yang wajib Anda ketahui.

Dapat dikatakan bahwa electric car, merupakan sebuah inovasi baru yang memang masih jarang digunakan oleh manusia. Namun tipe kendaraan ini sudah mulai diproduksi oleh berbagai produsen kendaraan dunia, sehingga peminatnya semakin tinggi dari hari ke hari.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrikelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrikelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

Mobil tenaga listrik memang menarik untuk dicari tahu informasinya lebih dalam, kami rasa Anda wajib mengenal apa saja kelebihan serta kekurangan dari jenis kendaraan ini. Dengan mengenal informasi tersebut, maka Anda bisa menentukan keputusan yang tepat untuk memilikinya.

  • Kabin Lebih Senyap

Kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik memang menarik untuk diulas, namun kali ini kami akan bahas kelebihan dari kendaraan ini terlebih dahulu, yaitu memiliki kabin lebih senyap. Memiliki mobil dengan suara yang tidak berisik, tentu menjadi salah satu bentuk kenyamanan.

Tidak hanya memberi kenyamanan bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Jika dibandingkan dengan suara mobil konvensional, maka suara electric car lebih senyap dan tidak mengganggu, sebab jenis kendaraan ini tidak memiliki mesin penggerak yang menghasilkan getaran.

  • Daya Tampung Arus Listrik Cukup Besar

Kelebihan lainnya yaitu electric car memiliki daya penampung arus listrik cukup besar, sehingga mobil bisa digunakan dalam jarak jauh sekalipun. Pada salah satu jenis electric car, jika Anda mengisi dayanya dalam sekali charge, maka mampu menempuh jarak 386 kilometer.

  • Harga Baterai Mahal

Untuk kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik berikutnya, akan membahas kekurangan dari mobil tenaga listrik, yaitu harga baterai yang terbilang mahal. Pengguna memang tidak harus mengganti baterai terlalu sering, hanya perlu menggantinya secara berkala.

Jika baterai harus diganti, maka Anda perlu menyiapkan budget lebih. Kondisi baterai yang rusak tentu mewajibkan pengguna menggantinya, belum lagi ada part indent yang tidak tersedia, sehingga Anda harus menunggu agar produk dikirimkan.

  • Waktu Pengisian Daya Lama

Salah satu kekurangan lainnya adalah, pengguna harus sabar menunggu kendaraan saat sedang mengisi daya listrik. Bisa membutuhkan waktu beberapa jam, untuk menunggu agar baterai bisa penuh, maka dari itu kendaraan ini harus dicek secara berkala kondisi baterainya.

Begini Cara Efektif Berkendara Jarak Jauh dengan Mobil Tenaga Listrik

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, tentu saja Anda mungkin akan bertanya, apakah kendaraan ini aman untuk digunakan jarak jauh. Tentu saja kendaraan ini aman digunakan, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara.

  • Mengisi Baterai Hingga Maksimal 80%

Memang mengenal kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, akan membuat Anda lebih mengerti bagaimana cara terbaik menggunakan jenis kendaraan ini. Seperti halnya saat hendak berkendara jarak jauh, dimana Anda harus memastikan bahwa daya pengisian mencapai 80%.

Akan lebih baik jika Anda bisa mengisinya hingga 100%, agar nantinya waktu tempuh selama di perjalanan bisa lebih lama dan tidak berhenti untuk mengisi daya. Sebaiknya periksa terlebih dulu kondisi baterai, jangan sampai ada kekurangan daya atau bahkan kerusakan pada baterai.

  • Hindari Penggunaan Kotak atau Rak Atap

Jika berkendara jarak jauh sebaiknya Anda tidak memasang rak atap atau kotak, sebab dapat mengganggu aerodinamis mobil, atau dikenal dengan pergerakan aliran udara pada suatu benda yang bergerak, selain itu pengurangan daya jangkaunya sangat besar bagi pengemudi.

  • Menggunakan Pengereman Generatif

Salah satu hal yang harus diperhatikan selama berkendara jarak jauh adalah menghemat baterai, sama seperti menggunakan smartphone, sebaiknya gunakan fitur yang tidak menghabiskan lebih banyak daya, seperti halnya menggunakan pengereman generatif.

Dengan mengetahui cara efektif dalam berkendara jarak jauh, maka Anda bisa mengatasi dengan baik kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik. Sebagai pengemudi, tentu kita harus tau bagaimana mengatasi kendala yang terjadi pada kendaraan.

Terlebih lagi saat berkendara jarak jauh, tentu akan sulit meminta bantuan pada daerah-daerah tertentu. Sehingga akan lebih baik jika kita bisa mengandalkan diri sendiri, dan mencari tau berbagai solusi dalam menangani setiap masalah yang bisa terjadi.

Cara Mengisi Daya Mobil Listrik dengan Mudah

Kenali kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, agar Anda bisa menentukan tipe kendaraan yang aman dan mampu memberikan kenyamanan._Cara Mengisi Daya Mobil Listrik dengan Mudah
Kenali kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, agar Anda bisa menentukan tipe kendaraan yang aman dan mampu memberikan kenyamanan._Cara Mengisi Daya Mobil Listrik dengan Mudah

Bagi Anda yang tertarik menggunakan mobil tenaga listrik, maka setidaknya perlu mengetahui cara mengisi daya baterai pada kendaraan. Tenang saja saat ini stasiun pengisian listrik sudah mulai diperbanyak oleh pemerintah, untuk mempermudah pengisian daya pada electric car.

  • On Board Charger

Jangan hanya mengenal kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, namun ketahui pula cara mengisi daya pada jenis kendaraan ini. Ada prinsip bernama On Board Charger, dimana di dalam kendaraan sudah ada pengisi daya, yang akan mengalirkan listrik dengan arus bolak balik.

Charger yang berada di dalam mobil, akan berfungsi sebagai adaptor dalam mengganti arus bolak balik yang berasal dari luar, sehingga arus menjadi searah dan listrik bisa masuk ke dalam baterai. 

  • Off Board Charger

Adapula prinsip pengisian bernama Off Board Charger, dimana pengisi daya mobil terpisah, jadi Anda tidak bisa menemukan pengisi daya di dalam mobil. Anda harus menggunakan listrik searah agar listrik bisa masuk ke dalam baterai, namun tipe ini masih jarang ditemukan pada mobil listrik.

Untuk mengisi daya di stasiun pengisian electric car, Anda perlu mengakses aplikasi bernama Charge.IN lalu mencari stasiun terdekat melalui aplikasi tersebut. Dapat dikatakan kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, tidak selalu berdampak negatif kepada pengemudi.

Terbukti dengan adanya aplikasi bernama Charge.IN yang mempermudah pengemudi, jika sudah menemukan stasiun pengisian terdekat, maka Anda bisa memasang gun sesuai jenis mobil. Dengan kartu NFC sebagai otentikasi, scan QR code untuk mengisi kWh yang dibutuhkan.

Biasanya pengguna akan mengisi daya listrik, sesuai dengan kapasitas baterai. Terlebih lagi jarak jauh yang akan Anda tempuh, mengharuskan daya terisi penuh. 

Kemudian Anda bisa membayar menggunakan aplikasi, dengan memilih metode pembayaran yang tersedia. Jika pembayaran sudah selesai diproses, maka pengemudi hanya perlu menunggu mobil selesai diisi dayanya.

Kenyamanan Selalu Terjaga selama Berkendara

Salah satu faktor penting dalam memilih kendaraan adalah, tentu Anda harus memperhatikan apakah kendaraan pilihan anda, aman dan nyaman bagi pengemudi maupun penumpang. Jika kendaraan tidak nyaman, tentu saja akan berpengaruh pada pengemudi saat berkendara.

Mengemudi dengan kendaraan yang nyaman, juga akan berpengaruh pada kualitas berkendara anda. Maka dari itu cermat dalam memilih kendaraan, dengan memperhatikan berbagai aspek termasuk spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik.

Karena saat ini mobil listrik belum digunakan secara massal, mungkin terdapat keraguan di dalam diri Anda untuk menggunakannya. Namun satu hal yang perlu kami pastikan adalah, Anda tidak perlu khawatir dengan urusan kecepatan saat membawanya di jalanan.

Salah satu brand kendaraan electric car menyatakan, bahwa mobil bisa dibawa melaju dengan kecepatan 100km/jam dalam waktu 7,9 detik saja. Sehingga Anda tidak perlu khawatir, jika kecepatan kendaraan akan kalah dengan kendaraan konvensional biasanya.

Namun tentu kami tetap menyarankan kepada anda, agar mengetahui dengan baik kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik. Agar Anda bisa mengenal kendaraan ini dengan baik, serta tidak menyesal apabila spesifikasi mobil tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika membahas soal kenyamanan, pengguna tidak perlu khawatir apabila saat mengemudi mobil Anda merasa tidak nyaman, tidak seperti saat berkendara dengan mobil berbahan bakar bensin. 

Saat ini banyak sekali brand electric car, yang menawarkan berbagai fitur demi mendukung kenyamanan pengemudi maupun penumpang. Seperti meminimalisir adanya benturan, sehingga penumpang di dalamnya tetap merasa aman dari getaran maupun goncangan.

Selain itu untuk menjaga keamanan setiap penumpang, dilengkapi dengan airbags pada masing-masing seat. Anda juga bisa berkendara diiringi dengan alunan musik, agar mengemudi terasa jauh lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Baca Juga: Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01 dan Kelebihannya

Sebagai pemilik kendaraan, tentu saja Anda perlu mengenal dengan baik bagaimana kendaraan yang digunakan. Seperti halnya kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, sebelum memilih mobil listrik pilihan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here