Cari Tahu, Kapan Service Mobil Agar Performa Optimal?

0
408
Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?
Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?

Kadang meskipun memiliki mobil tetapi kurang memahami kapan service mobil, sehingga tidak jarang terjadi hal – hal tidak diinginkan ketika mengendarainya. Seperti tiba – tiba ban kempes, aki habis, dan masih banyak masalah lainnya. 

Baca Juga: Cari Tau Bagaimana, Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel!

Seharusnya sudah menjadi satu kesadaran, apabila hendak membeli kendaraan juga harus memperhatikan bagaimana cara perawatannya. Mulai dari perawatan ringan, seperti membersihkan interior dan eksterior kendaraan setiap hari. 

Atau perawatan berat, salah satunya adalah perawatan mesinnya. Mengapa demikian? karena mesin apabila digunakan terus menerus bisa berpotensi aus, performanya juga bisa berkurang. Dengan melakukan perawatan rutin, bisa mengoptimalkannya kembali. 

Akibat Tidak Melakukan Perawatan Rutin Pada Kendaraan

Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?
Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?

Anjuran mengenai service rutin tidak hanya ketika kendaraan mengalami masalah saja, tetapi ketika sudah melalui batas tertentu. Mengetahui kapan service mobil bisa membuat perawatannya lebih optimal, karena apabila sering telat, akan ada masalah, seperti : 

  • Kualitas Performa Mesin Menurun

Kendaraan ketika bekerja terus menerus bisa berdampak pada dua hal, pertama adalah terjadinya kenaikan suhu pada bagian mesinnya atau kedua terdapat potensi masalah atau aus dari salah satu komponennya, sehingga mempengaruhi seluruh sistemnya. 

Untuk mengatasi hal tersebut ada antisipasi, pertama adalah adanya air radiator. Fungsinya adalah ketika mesinnya mulai memanas, ia akan berfungsi mendinginkan. Tetapi apabila terus-terusan tanpa perawatan, air radiatornya bisa kering, begitu juga dengan oli. 

  • Adanya Masalah Pada Sistem kelistrikan

Mobil tidak hanya digerakkan menggunakan bahan bakar saja, beberapa perlengkapan seperti wiper dan lampu menggunakan sistem perlistrikan. Salah satu bagian terpenting dalam mesinnya untuk menyuplai listrik tersebut bernama alternator atau lebih populer dengan sebutan dinamo. 

Tidak memahami kapan service mobil bisa membuat alternator tidak berfungsi mengubah energi kinetik menjadi energi listrik secara optimal. Akibatnya aki akan menanggung beban sangat berat serta tidak mampu bertahan lama. 

  • Penggunaan Bahan Bakar Jadi Lebih Boros

Salah satu komponen kendaraan berfungsi mengatur bagaimana proses pembakaran bahan bakarnya, ketika pembakaran berhasil maka mesinnya dapat menyala. Selain itu juga harus dijaga agar mobilnya bisa melaju dengan kecepatan yang diinginkan. 

Apabila komponennya tersebut rusak, maka berpengaruh pada sistem pembakarannya. Tidak hanya perjalanan akan terganggu, tetapi konsumsi bahan bakar menjadi tidak terkontrol dengan baik. Agar tidak terjadi hal demikian, diperlukanlah perawatan rutin. 

Patokan Kapan Service Mobil itu Berdasarkan Waktu atau Km?

Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?
Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?

Masih menjadi perdebatan bagaimana atau kapan harusnya melakukan service kendaraannya. Ada yang mengatakan bahwa patokannya adalah waktu, yaitu ketika sudah melampaui masa tertentu, maka harus segera dilakukan perawatannya. 

Sedangkan ada juga yang mengatakan bahwa patokannya adalah jarak atau Km, seperti ketika sudah menempuh jarak sekitar 10.000 Km setelah terakhir kali servicenya, maka harus segera service lagi. Lebih dari itu bisa berbahaya, karena oli atau air radiator sudah mulai kering. 

Kedua hal tersebut menjadi wajar ada perdebatan, karena berdasarkan informasi dari berbagai service resmi seperti Auto2000 juga menggunakan kedua patokan tersebut. Namun manakah yang lebih tepat dijadikan patokan? Jawabannya adalah tergantung. 

Jarak atau waktu merupakan sebuah indikator atau tanda, artinya apabila salah satu dari kedua hal tersebut telah terpenuhi, maka sebaiknya langsung membawanya untuk melakukan perawatannya. tidak perlu menunggu kedua syaratnya terpenuhi. 

Contohnya apabila setiap hari mengendarai mobilnya untuk bepergian dari rumah ke kantor, tentu mencapai 10.000 km sangatlah sulit. Sehingga patokan waktu jauh lebih ideal untuk digunakan, begitu juga ketika sering bepergian jauh, jarak jadi patokan ideal. 

Adanya patokan tersebut membantu untuk mengetahui kapan service mobil, sehingga ketika sudah mendekati masa atau indikatornya, harus segera mempersiapkan diri mencari perawatan mobilnya. Dengan demikian performanya tetap optimal. 

Masih Bingung Kapan Service Mobil, ini tanda – Tandanya

Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?
Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?

Terkadang sebagai seorang pemilik atau pengendara, agak kesulitan menandai apakah patokan waktu sudah terpenuhi atau belum. Apabila masih bingung atau kesulitan mengidentifikasi kapan waktu terbaik servicenya, berikut ada beberapa tanda – tanda yang bisa jadi patokan. 

  • Mobil Sulit Dinyalakan Ketika Pagi atau Siang

Fenomena ini sebenarnya tidak jauh berbeda ketika memiliki motor, yaitu sulit menyalakannya ketika kondisi terlalu dingin atau terlalu panas. Penyebabnya ada bermacam – macam, mulai dari kehabisan aki atau sistem kelistrikannya mengalami masalah. 

Masalah lainnya adalah kemungkinan ada sumbatan pada proses pembakaran mesinnya seperti injektor kotor, choke bermasalah, atau filter udaranya tersumbat. Apabila sudah menemui masalah ini, maka harus segera diservice. 

  • Mesin Tidak Konsisten Menyala dan Matinya

Terkadang ada permasalahan ketika dinyalakan bisa menyala tetapi terkadang tidak mau menyala. Ini menandakan ada masalah pada bagian pembakaran bahan bakar atau mesinnya. biasanya sih penyebabnya adalah injektornya mengalami sumbatan. 

  • Mengeluarkan Suara Mendesis

Apabila sudah mendengar ada suara-suara tidak wajar, seperti bunyi desisan, itu tandanya ada masalah serius. Sebabnya bisa bermacam – macam, seperti ada problem pada vacum dan sebagainya. Apabila ketemu tanda ini, tidak perlu tanya lagi kapan service mobil

  • Terasa Lebih Berat dalam Melaju

Tanda berikutnya adalah mesinnya terasa lebih berat daripada biasanya, buktinya adalah meski sudah menginjak pedal gas cukup dalam, tetapi kecepatannya tidak mau bertambah. Ditambah lagi, biasanya suara mesinnya juga lebih keras, ini tanda yang sangat jelas. 

  • Rem Tidak Begitu Kuat Mencengkram

Sulit mengetahui apakah remnya sudah mulai perlu perawatan atau tidak, tetapi tandanya adalah untuk menurunkan laju, mulai sulit. Sebaiknya bila menemui hal ini harus segera membawanya ke bengkel, karena bisa berbahaya apabila dibiarkan. 

Jenis – Jenis Service Mobil Berdasarkan Km-nya

Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?
Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?

Selain bertanya tentang kapan service mobil, juga harus memahami beberapa jenis – jenisnya. Karena apabila tidak ada masalah pada kendaraannya, biasanya juga tetap ada pemeriksaan. Tidak semua pemeriksaan selalu sama, tetapi hanya komponen tertentu saja. 

  • Servis Berkala 5000 Km

Ini merupakan patokan paling cepat apabila hendak melakukan perawatannya, tidak banyak pengecekan karena biasanya usianya masih baru dan kalaupun mobil lama biasanya telah melakukan tune up. Biasanya cek keluhan serta penggantian oli saja. 

  • Servis Berkala 10.000 Km

Untuk menempuh 10.000 Km, biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan, karena penggunaannya juga cukup lama, maka pergantiannya juga cukup banyak, meliputi : 

  1. Pengecekan rem
  2. Penggantian oli, baik untuk mesin maupun transmisi
  3. Balancing dan spooring

Beberapa pengecekan lainnya adalah rotasi ban menyilang serta masih banyak hal lainnya. mengenai biayanya biasanya bergantung pada deler dan model mobilnya. 

  • Servis Berkala 20.000 Km

Jenis terakhir ini adalah paling lama serta paling banyak pengecekannya. Bahkan beberapa komponen harus diganti, seperti filter AC, busi, dan masih banyak komponen lainnya. Setelah melalui tahapan ini, tinggal menunggu jangka waktu agak lama. 

Tips Menurunkan Biaya Servis Kendaraan

Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?
Cari Tahu, Kapan Service Mobil agar Performa Optimal?

Beberapa orang menyengaja tidak melakukan perawatan bukan karena tidak tahu kapan service mobil, tetapi juga karena mempertimbangkan biayanya cukup besar. Memang sudah tidak menjadi rahasia lagi kalau servicenya mobil sangat mahal harganya. 

  • Memeriksa Kondisi Ban Secara Berkala

Kondisi ban menjadi salah satu komponen penting dalam menjaga kondisi mobil tetap optimal. Salah satu bentuk perawatan agar tidak memboroskan biaya adalah senantiasa memeriksa apakah tekanannya sudah sesuai atau tidak. Ada banyak sekali tempat ceknya. 

  • Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Kesalahan umum biasanya adalah tidak menggunakan bahan bakar yang tepat, contohnya ketika harusnya mesinnya menerima BBM berkoktan 92, malah diberikan okten 88. Akibatnya mesinnya tidak mampu menerima sehingga performanya juga akan menurun. 

Contohnya adalah adanya bunyi ‘klik’ beberapa kali, fenomena ini disebut sebagai knoking. Apabila menemui fenomena ini, tidak perlu tanya kapan service mobil, ada baiknya segera mengganti bahan bakar terlebih dahulu.

  • Menggunakan Suku Cadang Asli

Suku cadang asli memiliki peranan penting dalam menjaga mesin tetap bekerja secara optimal. Mengapa demikian? karena memiliki ukuran yang presisi, kekuatan bahan teruji, serta memiliki ketahanan lebih baik, efeknya adalah performa mesinnya tetap terjaga. 

Memang harganya agak mahal, dibandingkan suku cadang non resmi, tetapi risiko menggunakan suku cadang non resmi jauh lebih berbahaya. Selain performanya tidak optimal, tetapi juga bisa mengganggu komponen lainnya, bahkan bisa merusak sistem permesinannya. 

Baca Juga: Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol

Memiliki kendaraan berarti juga memiliki kewajiban untuk menjaga serta merawatnya secara berkala. Ada banyak acuan untuk menentukan kapan service mobil, seperti acuan waktu, acuan jarak, atau acuan keluhan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here