Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia

0
114
Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia
Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia

Jimny 4Sport edisi Khusus merupakan mobil SUV yang kompak dibuat oleh Suzuki dan tentu saja banyak digemari oleh para pecinta otomotif. Tetapi sayangnya untuk versi edisi khusus terbaru ini pecinta otomotif Indonesia harus sedikit menunggu lama.

Baca juga: Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Jimny 4Sport ini dibuat sangat istimewa dan termasuk kepada edisi termahal yang pernah dikeluarkan oleh Suzuki. Salah satu alasan yang membuatnya memiliki harga yang tinggi karena hanya diproduksi secara terbatas yaitu 100 unit saja.

Walaupun memiliki harga yang tinggi, Jimny edisi khusus ini tetap saja memiliki banyak penggemar yang menantikannya. 

Limited Edition Jimny 4Sport Edisi Khusus yang hanya ada 100 unit

Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia_Limited Edition Jimny 4Sport Edisi Khusus yang hanya ada 100 unit
Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia_Limited Edition Jimny 4Sport Edisi Khusus yang hanya ada 100 unit

Akan segera dirilis tahun ini, Suzuki Jimny 4sport yang memiliki unit terbatas ini memiliki desain yang akan mengingatkan kita dengan bentuk Jimny sierra JB 74. Jika diperhatikan dengan jelas, bagian grill depan antara keduanya terlihat sama.

Hanya saja pada pilar A terdapat tambahan pilar A yang diklaim dapat meningkatkan kemampuan Jimny 4Sport edisi khusus meredam sebesar 600mm. tampilan pada bagian samping akan terlihat ada beberapa aksen baru yang akan jadi ciri khasnya.

Body moulding dengan stiker 4sport dan 4×4 menghiasi bagian samping dengan sangat apik. Ditambah lagi adanya pelek kelir hitam berukuran 15 inci yang menyelimuti ban 215/75 R15 Pirelli Scorpion MRT muddy.

Sedangkan desain yang terlihat di bagian kabin memiliki layout yang tidak jauh berbeda dengan varian Jimny lainnya yang ada di Indonesia. Hanya kita akan melihat adanya tambahan aksen warna biru muda pada jahitan setir, jok dan juga tuas transmisi. 

Warna biru muda itu juga akan ditemukan pada bingkai kisi-kisi AC. Didalamnya terdapat 4 kursi sehingga kita bisa menaikinya dengan orang lain seperti teman lainnya.

Keistimewaan Jimny 4Sport Edisi Khusus

Menjadi salah satu edisi terbatas yang dibuat oleh Suzuki dan memiliki harga selangit. Tentu saja hal ini dibuat karena beberapa alasan. Berikut ini keistimewaan yang dimiliki oleh Jimny 4sport Edisi limited edition.

  • Siap untuk dipakai off road

Ban yang dimiliki oleh mobil ini dengan Jimny Sierra JB 74 tidak memiliki perbedaan yang jauh. Hanya pada ban yang dimiliki oleh Jimny 4 Sport Edisi khusus memiliki varian yang lebih siap untuk menghadapi berbagai macam bidang yang akan ditemui pada saat off road.

Hal ini dikarenakan adanya penambangan beberapa komponen serta beberapa bagian sudah mengalami upgrade atau peningkatan. Dengan model khusus dan terbatas ini juga sudah siap untuk dibawa melintasi genangan air sampai dengan kedalaman 600 mm.

Terdapat rock slider pada sisi kiri dan kanan pintu mobil, biasanya digunakan untuk pijakan kaki tetapi juga memiliki fungsi lain sebagai pelindung dari benturan yang mungkin akan ditemui saat off road.

  • Memiliki mesin yang sama

Walaupun merupakan edisi khusus dan hanya ada 100 unit di seluruh dunia, rupanya suzuki tidak mengubah mesin pacunya. Jimny 4sport ini masih memakai mesin bensin 1500 cc, dengan kemampuan menumpahkan tenaga maksimumnya 107 dk dengan torsinya 138 Nm.

Semua tenaga yang berasal dari mesin akan ditransmisikan ke seluruh roda sehingga menggunakan transmisi otomatis 4 dengan percepatan. Pada sistem kemudinya menggunakan AWD Suzuki All Grip Pro.

  • Warna biru sebagai aksen di beberapa bagian

Ini yang membuat body dari Jimny 4sport edisi khusus menjadi terlihat berbeda karena dicat berwarna abu-abu dengan adanya tambahan stiker 4sport dan 4×4. Selain itu Kita juga akan melihat sedikit aksen biru di beberapa bagian depan dan juga belakang mobil.

Selain itu kita juga akan melihat mobil ini memiliki pelek berukuran 15 inci berwarna hitam tetapi dibalut lagi dengan ban pirelli M/T. Dengan ini akan sangat cocok jika dibawa trabasan.

Desain interior memiliki nuansa yang sama yaitu dengan menambahkan aksen biru pada beberapa bagian tertentu. Antara lain, ventilasi AC, Tuas transmisi, semua joknya, serta emblem 4sport yang berada di atas glove box.

Spesifikasi Lengkap Jimny 4Sport Edisi Khusus

Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia_Spesifikasi Lengkap Jimny 4Sport Edisi Khusus
Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia_Spesifikasi Lengkap Jimny 4Sport Edisi Khusus

Untuk spesifikasi yang dimiliki oleh Jimny 4sport bukan main-main, ubahan akan terlihat pada sejumlah lini dari mulai eksterior, interior hingga pacu jantung dengan edisi sebelumnya.

Suzuki Jimny 4sport edisi khusus ini memiliki tiga modus low range transfer gear yaitu 4WD Low gear (4L), High Gear (4H), 2WD High gear (2H). Lebih jelasnya berikut ini spesifikasi lengkap dari Jimny 4sport yang hanya ada 100 unit di dunia.

  • Dimensi

Pertama dimensi yang dimiliki oleh Jimny 4sport edisi khusus memiliki panjang 3.645 mm, lebar 1.645 mm, dan lebar 1.725 mm. sedangkan jarak sumbu rodanya adalah 2.250 mm, jarak pihak antara mobil dan tanah adalah 210 mm.

Kapasitas dari bagasi sendiri bisa menampung sebanyak 830 liter dengan kapasitas tangki bahan bakar adalah 40 liter.

  • Mesin

Mesin yang digunakan oleh Jimny 4sport edisi khusus adalah K15B, jumlah silinder yang digunakan adalah 4 silinder dengan kapasitas mencapai 1.462 cc sedangkan jumlah katupnya adalah 16.

Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 73 Tk/6000 rpm dengan torsi maksimumnya 130 Nm/4000 rpm. Sistem bahan bakar yang diterapkan adalah multi injection.

  • Transmisi

Pada saat manual dengan 5 percepatan memiliki detail transmisi pertama 4.424, kedua 2.304, ketiga, 1.674, keempat 1190, kelima 1000 dengan rasio dari gigi akhirnya adalah 4090.

Sedangkan pada transmisi 4 percepatan memiliki detail transmisi pertama 2875, kedua 1568, ketiga 1000, keempat 697.

Sistem kemudi yang diterapkan pada Jimny 4 Sporty adalah recirculating ball dengan dilengkapi juga dengan sistem pengereman depan Solid disc sedangkan sistem pengereman belakang adalah drum dan leading and trailing.

  • Sistem suspensi

Ada lagi yang tidak boleh terlewatkan oleh kita mengenai sistem suspensinya pada bagian dapat adalah 3 link rigid axle coil spring serta pada bagian belakang adalah 3 link rigid axle with coil spring.

Ukuran ban yang dipakai adalah 80 dengan R15/195. Total beratnya adalah 1.435 kg.

Fitur Unggulan yang dimiliki Jimny

Banyak sekali fitur menarik yang muncul di Jimny 4sport edisi khusus seperti fitur brake limited slip differential. Fungsi dari fitur unggulan ini adalah dapat mengatur putaran ban saat ban kehilangan traksi sehingga bisa mencegah terjadinya slip.

Fitur selanjutnya adalah dual sensor brake support memiliki fungsi memberikan suara dan juga gambar peringatan jadi ketika ada benturan terjadi di depan kita akan segera mengetahuinya. Fitur andalan lainnya dari edisi spesial ini akan dijelaskan dengan jelas sebagai berikut.

  • Lane departure warning

Dengan fitur ini pengemudi akan diberikan pemberitahuan melalui alarm peringatan yang dipasang saat Kita berpindah lajur secara tidak sengaja. Fitur ini sangat bermanfaat saat Kita sedang berada di jalan tol atau berpindah jalur di jalan tanpa menyalakan sein.

  • Hill descent control

Jimny 4Sport edisi terbaru juga memiliki fitur hill descent control merupakan kerja sama dengan traction control dan juga anti lock braking system. Wheel speed sensor yang ada pada hill descent control akan bertugas mengetahui kecepatan pada ban sesuai dengan sudut turunan tertentu

  • Traffic sign recognition

Fitur ini berfungsi sebagai pengelola lalu lintas teknologi ini dapat dikatakan sangat baik digunakan untuk membuat kendaraan memiliki sensor mengenali rambu lalu lintas yang ada di jalan.

Jadi saat ada rambu “perhatikan batas kecepatan” dan rambu lainnya teknologi ini akan segera mendeteksinya dan melakukan sesuai arahan rambu lalu lintasnya.

Harga Jimny 4sport Edisi Khusus

Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia_Harga Jimny 4sport Edisi Khusus
Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia_Harga Jimny 4sport Edisi Khusus

Merupakan edisi khusus, suzuki Jimny 4sport khusus ini sebenarnya belum dirilis di Indonesia dan baru secara resmi rilis di Brazil. Harga yang harus digelontorkan untuk mendapatkan mobil yang hanya ada 100 unit ini mencapai Rp 500 jutaan lebih.

Para pecinta otomotif di Indonesia sebaiknya untuk menunggu dan bersabar agar bisa memiliki Jimny 4sport yang dikeluarkan oleh suzuki. Dengan spesifikasi yang dimilikinya tentu saja akan banyak mengundang para pecinta otomotif untuk memilikinya.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan di Minimarket dan Pengertian Pajak

Jimny edisi terbaru ini sangat cukup untuk dibawa off road dan menghadapi medan-medan tersulit sangat cocok untuk memacu adrenalin kita. Jimny 4sport edisi khusus yang telah rilis di Brazil memiliki warna silk silver, kinetic yellow, white, dan black.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here