Semua bagian yang terdapat pada mobil sebenarnya dibuat dengan memiliki fungsi tersendiri. Karena semuanya pasti sudah diperkirakan sedemikan rupa agar dapat bekerja dengan maksimal sesuai letak dan tempatnya, termasuk spion mobil ini.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Goresan Di Body Mobil Cepat dan Tepat

Nah perlu Anda ketahui ya, spion yang terpasang mobil Anda itu sangat penting sekali perannya. Jadi bukan hanya pajangan semata ya. Bagi Anda yang belum sepenuhnya mengerti kegunaannya. Ada baikya menyimak ulasannya berikut ini.

Jenis Spion Mobil Yang Perlu Diketahui

spion mobil

Apakah Anda sudah tahu berapakah jumlah spion mobil Anda? Jumlah spion pada mobil itu ternyata jumlahnya ada tiga ya. Satu terletak pada depan bagian kanan, satu pada bagian kiri mobil dan satu lagi yaitu terletak pada tengah bagian dalam di depan.

Dua spion yang berada di bagian samping dikenal dengan spion luar. Nah untuk spion yang berada di dalam dikenal dengan spion tengah. Ketiga spion mobil tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda.

Manfaat Spion Mobil

spion mobil

Apa saja manfaat dari spion mobil ini? Banyak orang yang menganggap sepele perkara spion pada mobil ini. Manfaatnya ternyata sangat vital bagi keselamatan pengendara. Berikut ringkasan yang dapat Anda simak.

1. Spion Mobil Bisa Memantau Lalu Lintas, Terutama Di Bagian Belakang

Ketika berkendara adalah sangat penting dalam mengetahui bagaimana kondisi lalu lintas, apalagi di bagian belakangnya. Kenapa demikian? Karena dengan mengetahui kondisi di belakang, maka pengendara mobil bisa tahu bagaimana posisi mobil yang dikendarai. Apakan menghalangi pengguna lain atau membahayakan pengendara di belakangnya.

Coba Anda bayangkan, jika tidak ada spion mobil luar ini, pengedara akan mengendarai mobil dengan seenaknya sendiri. Ia tidak bisa melihat posisi mobil lain, sehingga tidak akan bisa memosisikan kendaraan dengan benar.

2. Spion Mobil Bisa Membantu Menghindari Terjadi Tabrakan Ketika Akan Pindah Jalur

Spion mobil ini juga sangat membantu pengendara mobil untuk melihat keadaan sekitar. Apalagi jika Anda akan pindah jalur, jadi Anda bisa pindah dengan aman. Dengan bantuan kaca spion Anda bisa meengambil keputusan kapan waktu yang pas dan aman untuk pindah jalur.

Apakah ada kendarana yang lain yang sedang melaju atau tidak. Dengan begitu dapat menghindari dari tabrakan atau kecelakaan. Karena jika tidak ada kaca spion maka ketika ada kendaraan lain dari belakang, pasti berbahaya. Bisa dipastikan pasti akan terjadi tabrakan yang bisa berbahaya bagi diri sendiri dan juga pengendara lainnya.

3. Spion Mobil Berfungsi Ketika Akan Memarkirkan Mobil

Banyak orang yang masih tidak mengindahkan spion mobil saat mereka akan parkir. Padahal sudah jelas, kaca spion ini disetting untuk membantu pengendara mobil. Namun masih banyak orang yang menyepelekannya saat memarki kendaraan. Hal itulah yang sering menimbulkan kecelakaan.

Itulah kenapa dengan melihat keadaan belakang dari kaca spion, Anda bisa memutar kemudi sesuai keadaan, bukan hanya mengandalkan insting saja. Dengan begitu Anda dapat memarkir kendaraan dengan aman tanpa menabrak sesuatu di bagian belakang.

4. Spion Mobil Membantu Mempermudah Ketika Mundur

Anda bisa bayangkan, ketika sedang memundurkan mobil tanpa memperhatikan kaca spion, bisa dipastikan bahaya sedang mengintai. Bisa-bisa Anda menabrak sesuatu, mungkin barang atau orang.

Itulah mengapa kaca spon ini sangat membantu dalam manuver mundur. Anda akan dengan mudah dan aman ketika mengoperasikan mobil.

5. SpionĀ  Mobil Membantu Menempatkan Posisi Mobil Dengan Pas Dan Aman

Ketika berhenti atau memarirkan mobil, kadang ternyata posisi mobil kita ini kurang pas letaknya. Bisa mungkin terlalu mepet, atau sebaliknya malah mobil kurang mepet menjadikan memakan tempat parkir kendaraan lain menjadi sempit.

Di sinilah peran spion mobil ini, dengan melihat melalui kaca spion, makan Anda bisa memposisikan mobil dengan pas dan benar dan bisa berbagi tempat dengan kendaraan lainnya. Selain itu bisa menghindari mobil dari baret bagian samping karena keteledoran ketika memarkir.

Variasi Spion Mobil

spion mobil

Seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan spion mobil juga semakin berkembang bentuk dan variasinya juga. Contohnya adalah spion tambahan mobil. Berikut adalah ulasan mengenai spion tambahan mobil ini.

1. Spion Kap Mesin

Spion tambahan ini biasa diletakkan di atas kap mesin. Selain sebagai aksesoris, spion tambahan ini juga bisa untuk membantu melihat bagian jok belakang mobil. Jadi jika membawa anak akan lebih gampang untuk mengawasinya.

2. Kaca Spion Mobil Cembung Tempel

Kaca spion mobil tambahan ini didesain untuk membantuk saat parkir dan melihat objek blind spot. Bentuknya sedikit mewah dan cembung. Dengan spion tambahan ini, maka objek akan terlihat lebih jelas, karena terdapat dua kaca cembung sekaligus. Yaitu pada atas bawah kiri dan kanan, sangat memudahkan sekali pengendara ketika akan parkir.

Bahannya yang terbuat dari plastik sehingga rentan pecah, karena sudah ditempeli lem, jadi tinggal direkatkan saja. Tidak perlu merusak spion utama. Spion tambahan jenis ini bisa di pasang di semua jenis mobil. Meski terbuat dari plastik, namun spion tambahan ini sangat kuat serta tahan air.

3. Kaca Spion Tambahan Variasi Mobil Kecil Blind Spot

Kaca spion mobil tambahan ini mempunyai bentuk kecil yang direkatkan pada spion utama. Dengan tambahan kaca spion ini, maka pengendara akan mendapatkan area pandang yang lebih luas.

Jadi terkadang kita tidak bisa melihat bagian samping dengan lebih jelas. Nah dengan bantuan kaca ini bagian samping yang tersembunyi akan mampu terlihat dengan jelas. Anda cukup merekatkannya pada spion utama.

4. Anti Fog Spion Mobil

Spion tambahan yang satu ini sangat membantu jika musim hujan tiba. Karena sifatnya yang waterproff, sehingga nyaman untuk melihat belakang meskipun terkena hujan, karena tidak anti kabut, sehingga tidak mengembun.

Biasanya jika hujan datang memang akan membuat kaca spion menjadi buram, yang bisa menghalangi pandangan. Dengan bantuan spion tambahan ini, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena air hujan tidak akan lagi menghalangi kaca spion.

5. Kaca Spion Mic Kent Blind Spot Mirror

Desain spion tambahan ini alegan dengan bahan yang berkualitas . Dengan menggunakan kaca spion ini maka objek yang tidak terjangkau melalui spion utama akan terlihat dengan spion tambahan ini.

Keberadaannya juga lebih praktis dan fleksibel, karena bisa di pasang di segala area. Bisa di spion kanan kiri atuapun spion tengah. Spion tambahan ini sudah dilengkapi dengan perekat, jadi tiggak tempel saja.

6. Kaca Spion Bulat Tujuh Mobil

Selain tampilannya yang elegan, spion tambahan ini fungsinya sangat penting. Karena dapat membantu pengendara mobil ketika akan berbelok ketika pindah jalur dan juga akan parkir. Bentuknya yang bulat juga membuat tampilannya makin keren.

Baca Juga : Kenali Penyakit Motor Byson Agar Tahu Cara Atasinya

Di atas tadi adalah manfaat dan fungsi spion mobil yang sering disepelekan. Jadi mulai sekarang jangan lupa selalu melihat spion setiap kali akan melakukan manuver mobil ya. Karena dengan demikian maka hal yang tidak diingikan seperti tertabrak dan kecelakaan bisa dihidari. Ada baiknya menggunakan spion tambahan agar lebih safety lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here