Jenis Mobil Klasik yang Masih Digemari Hingga Saat Ini

0
121
Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

Jenis mobil klasik menjadi salah satu pilihan menarik saat ini. Meskipun terkesan sudah tua, mobil klasik tetap digemari oleh berbagai kalangan yang memang lebih menyukai tipe mobil seperti ini.

Baca Juga : Beberapa Fakta Menarik Dari Mobil Rolls Royce New Ghost

Meskipun sudah tidak produksi lagi tetapi mobil tua masih banyak memiliki peminat. Alasannya tentu sangat masuk akal yaitu harganya yang tergolong lebih murah sehingga pajak yang perlu dibayarkan lebih terjangkau.

Masalah service yang dilakukan pada mobil tua memerlukan pencarian sparepart atau komponen perlu membutuhkan kesabaran. Belum lagi harga yang dikenakan sangat tidak bisa diprediksi.

Meskipun demikian, daya tarik jenis mobil klasik sangatlah tinggi karena bisa dijadikan sebagai investasi. Pastinya bisa dijual dengan harga yang tinggi karena cukup langka dan tampilannya yang menarik.

Meskipun terbilang sebagai mobil tua, Anda tidak perlu khawatir berlebihan saat menggunakannya untuk perjalanan. Tentunya harus diwaspadai dengan mengetahui cara yang tepat dalam merawat mobil tua.

Walaupun zaman perkembangan mobil terus berkembang, tetapi mobil tua masih tetap menjadi idola bagi sebagian orang. Keantikan dan kelucuan yang dimilikinya membuat mobil tua tidak pernah habis tergerus zaman.

Tips Merawat Jenis Mobil Klasik

Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

Sebagai salah satu jenis mobil yang jarang ditemukan di zaman sekarang, mobil klasik perlu mendapatkan perawatan khusus. Berikut ini tips dalam merawat mobil klasik agar performanya tetap terjaga.

  • Ganti oli

Layaknya mobil baru, mobil lama juga memerlukan pergantian oli secara berkala. Tentunya pergantian oli secara berkala tidak hanya sekadar melainkan ada tujuannya tertentu demi performa mesin mobil.

Oli akan sangat membantu dan membuat kinerja mesin tetap terjaga dan optimal. Selain itu, bisa juga sebagai alat untuk membuang partikel logam dan kotoran yang dapat membahayakan dan merusak mesin.

  • Ganti Timing Belt

Setiap jenis mobil klasik pastinya memiliki timing belt atau timing chain yang menghubungkan crankshaft dan camshaft. Tujuannya agar katup-katup mesin bisa terbuka dan tertutup pada waktu yang tepat.

Timing belt juga bisa putus sehingga akan berpengaruh pada katup menjadi bengkok dan berujung rusak. Jika hal ini terjadi maka mobil akan mengalami turun mesin dan mengeluarkan suara bising.

  • Periksa kondisi rem

Biar bagaimanapun keselamatan dan keamanan berkendara menjadi prioritas utama. Karena hal itulah Anda perlu memperhatikan kondisi rem saat mobil akan digunakan untuk perjalanan dekat maupun jarak jauh.

Bagian rem yang paling penting untuk diperiksa adalah bagian kampasnya. Jika sudah mulai menipis perlu segera diganti dan jika rem bermasalah juga bisa disebabkan karena kotor.

  • Ganti karet-karet

Sebuah mobil pastinya memiliki berbagai karet mulai dari bagian wiper, pintu hingga sunroof. Kondisi benda berbahan karet pastinya bisa mengalami getas atau retak karena terlalu sering digunakan.

Cara Merawat Mobil Tua

Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

Selain beberapa tips dalam merawat jenis mobil klasik, maka Anda juga bisa melakukannya dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara yang dapat diikuti dalam merawat mobil tua atau klasik.

  • Gunakan bahan bakar oktan tinggi

Penggunaan bahan bakar pada kendaraan juga perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Akan sangat disarankan Anda menggunakan bahan bakar minyak yang memiliki oktan tinggi dengan tujuan tertentu.

Normalnya, Anda bisa menggunakan bahan bakar ini setidaknya setahun sekali. Bahan bakar minyak dengan oktan tinggi dipercaya mampu membersihkan kotoran pada tangki mobil secara lebih sempurna.

  • Periksa pendingin mesin

Pendingin mesin atau disebut juga dengan radiator juga menjadi bagian utama yang perlu dicek volume cairan di dalamnya. Fungsi utama dari radiator untuk menurunkan panas pada mesin saat digunakan.

Jika mobil Anda memiliki mesin panas dan tidak dilakukan pendinginan kemungkinan akan terjadi overheat. Langkah ini akan sama dengan perawatan mobil baru yang bisa Anda lakukan.

  • Bersihkan eksterior dan interior

Layaknya mobil baru, jenis mobil klasik juga perlu mendapatkan perawatan pada bagian eksterior dan interiornya. Membersihkan bagian eksterior tentunya tidak sulit karena Anda bisa mencucinya dengan baik dan benar.

Akan tetapi, untuk tampilan yang lebih menarik Anda bisa menggunakan kompon dan wax. Kedua bahan ini akan membantu body mobil menjadi kinclong dan pastikan terhindar dari paparan cahaya matahari langsung.

  • Periksa kondisi ban

Pada mobil tua tekanan pada bannya perlu dicek secara teratur dan yang mengalami aus harus segera diganti. Semakin tua keadaan mobil, maka kinerja karet ban akan semakin menurun.

Menjaga Mobil Tua Agar Awet Muda

Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

Meskipun sebagai mobil tua, maka Anda perlu menjaganya dengan beberapa cara. Berikut ini cara tepat dalam menjaga jenis mobil klasik agar tetap terlihat awet muda saat digunakan dalam perjalanan.

  • Periksa mesin secara teratur

Mobil tua memiliki kondisi mesin yang rentan karena memang sudah lama digunakan. Karena hal itulah demi keamanan dalam menggunakannya, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara teratur.

Jika perawatannya tidak teratur maka kondisi yang paling sering dialami adalah mudah mogok. Anda perlu menyisihkan waktu untuk mengecek performa mobil sebelum digunakan untuk bepergian.

  • Amati kondisi oli

Oli menjadi bagian penting yang tidak bisa dilupakan saat berbicara keadaan mobil. Hal ini dikarenakan oli berhubungan secara langsung dengan kinerja mesin sehingga kondisinya perlu selalu dicek.

Keadaan mesin mobil yang sudah di atas 10 tahun tidak akan sebagus mobil keluaran baru. Anda perlu rutin mengganti oli ketika jarak tempuhnya mencapai 2500 km.

  • Cek saringan karburasi

Mobil tua tidak jarang mengalami kesulitan saat menghidupkan mesinnya akibat saringan karburasi yang kotor. Anda perlu membersihkannya secara teratur menggunakan sikat gigi dan hindari menggunakan hair dryer.

Pengecekan ini bertujuan untuk menjaga bagian saringan karburasi agar dapat tetap berfungsi dengan baik. Tentunya bagian ini menjadi salah satu yang penting untuk Anda perhatikan.

Jenis Mobil Klasik yang Masih Digemari

Sebagai mobil tua, tentunya produsen mobil yang sudah berdiri lama memiliki keluaran klasik mereka yang masih bertahan hingga sekarang. Berikut ini beberapa macam mobil klasik yang masih digemari.

1. Datsun Bluebird 510

Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

Label Bluebird sudah menjadi ciri khas dari mobil klasik retro yang bisa Anda miliki. Memiliki desain compact sehingga membuat mobil sedan klasik ini masih cukup lincah di jalanan.

Mobil ini memiliki tipe mesin J dan L 4 piston pada setiap varian 510. Memiliki kapasitas mulai dari 1.3 liter hingga 1.8 liter dengan performa mesin yang masih bagus.

2. Holden Kingswood

Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

Mobil sedan klasik ini menjadi salah satu mobil tua keren yang legendaris. Mobil asal Australia ini mengusung mesin berkapasitas 2.500 cc dengan desain maskulin membuatnya menjadi unik.

Memiliki eksterior yang enak dipandang dan interior yang elegan membuatnya tetap populer. Dilengkapi dengan aksesoris dan spare part mobil yang masih mudah untuk didapat hingga sekarang.

3. Toyota Hardtop

Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

Jenis mobil klasik ini terkesan gahar dan macho dengan pancaran tampilan yang dibangun sangat menarik. Memiliki spesifikasi mesin tangguh yaitu 3.9 liter F-OHV meskipun terbilang boros BBM.

4. Toyota Corolla DX KE70

Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

Memiliki desain mobil yang kotak menjadi ciri khas pada masanya. Memiliki spesifikasi yang mumpuni digunakan untuk kegiatan sehari-hari dengan mesin 4K-U 1.3 liter dan performa bagus.

Alasan Toyota Starlet Menjadi Primadona

Jenis Mobil Klasik - Mobil Klasik

  • Produksi lawas mesin tangguh

Meskipun sebagai mobil tua, kualitas mesin dari mobil ini masih terbukti sangat baik. Memiliki mesin karburator sederhana dengan kapasitas sebesar 1.000 – 1.300 cc masih bisa diandalkan.

Mesin mobil ini sangat tangguh dan tidak mudah mogok meskipun tergolong mobil tua. Ditambah lagi perawatan mesin karburator juga tergolong murah dibandingkan keluaran mobil terbaru.

  • Desain yang tetap canggih

Tidak bisa dipungkiri mobil Toyota Starlet memiliki desain yang lebih indah dibandingkan mobil sport keluaran terbaru. Memiliki dua pintu yang membuatnya cocok dipakai jalan-jalan di akhir pekan.

  • Suku cadang murah

Alasan terakhir menjadikan mobil ini masih populer adalah memiliki suku cadang yang cukup murah dan mudah didapat. Karena hal itulah tidak jarang orang yang menginginkan mobil ini.

Baca Juga : Review Mobil Hybrid Terpopuler dan Informasi Harga Terbarunya

Mobil tua memang sering menjadi pusat perhatian masa kini karena keunikannya dan sulit didapatkan. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli jenis mobil klasik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here