Jenis Kaca Film Mobil berdasarkan Bahan dan Fungsinya

0
584
kaca film mobil

Kaca film mobil adalah salah satu komponen yang wajib ada pada sebuah mobil. Hingga saat ini terdapat berbagai jenis kaca mobil yang dapat menjadi pilihan. Untuk itu, diperlukan keteltian saat memilih jenis kaca yang tepat sesuai kebutuhan dengan harga yang pas. Nah adapun jenis kaca tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

Baca Juga : Kenali Manfaat Dan Jenis Perlengkapan Spion Mobil

Jenis Kaca Film Mobil Berdasarkan Bahan

kaca film mobil

Kaca film umumnya terbuat dari film laminasi tipis yang dapat dipasang pada permukaan kaca rumah maupun mobil. Khusus mobil, pemilihan kaca sedikit menyulitkan para pemiik. Hal tersebut disebabkan karena fungsi, kebutuhan, keinginan, harus selaras dengan kondisi keuangan pemilik kendaraan.

  1. Bahan Dyed Window Tinting

Kaca jenis ini terbuat dari lapisan film poliester yang diapit antara mantel keras anti goren dan lapisan perekat. Lapisan pewarna berfungsi untuk mencegah dan menyerap panas matahari. Akan tetapi, tingaakt penyerapan panas pada kaca film mobil ini lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan lain.

Dari segi harga, Dyed Window Tinting memiliki keunggulan dengan harga yang relatif lebih murah. Selain itu, juga dapat meningkatkan privasi pengguna dengan penampilan kaca yang cukup buram. Akan tetap, hal tersebut tidak bertahan lama karena cenderung memudar seiring berjalannya waktu dan harus diganti.

  1. Bahan Ceramic Auto Window Tinting

Secara umum, film keramik dikenal mamu memberikan kualitas dan kinerja yang bagus. Untuk itu, kaca film mobil yang terbuat dari bahan ini menunjukkan sifat non konduktif yang tinggi. Ceramic Auto Window Tinting mampu memblokir mapans matahari hingg 50 % dan sinar UV sebanyak 99 %.

Dengan kemampuan tersebut, maka panas matahari akan terhalang secara maksimal untuk dapat masuk ke interior mobil. Hal ini tentu meningkatkan kenyamanan pengguna saat berkendara pada siang maupun sore hari. Meskipun demikian, harga dari jenis kaca ini cukup mahal.

  1. Bahan Metalized Window Tinting

Metalized Window Tinting merupakan jenis kaca film mobil yang terbuat dari partikel logam kecil untuk menghalangi sinar matahari menembus benda. Partikel-partikel tersebut tertanam dalam sehingga hampir tidak terlihat dan memberikan efek kilau yang berbeda ke kaca mobil.

Filter otomatis pada bahan tersebut dapat menyaring panas dengan cara memantulkan kembali dan tidak mudah pudar. Adapun keunggulan lain dari bahan ini yaitu daya tahan lama, pengurangan silau yang efektif, dan kualitas penggurangan UV yang efisien.

  1. Bahan Hybrid Window Tinting

Berdasarkan nama hybrid, tentu kaca film mobil ini terbuat dari pewarna dan logam. Titanium dan pewarna abu-abu yang biasa digunakan menjadi kombinasi umum yang tidak terlalu gelap atau reflektif. Untuk itu, kendaraan akan mendapatkan perlindungan panas dan sinar UV yang cukup bagus dan privasi jadi terjaga.

  1. Bahan Carbon Window Tinting

Bagi yang meyukai hasil kaca yang matte, mungkin bahan ini akan cocok untuk digunakan pada kendaraan Anda. Kandungan karbon yang terdapat pada kaca mampu memblokir radiasi IR yang memanaskan mobil hingga 40 %. Selain itu, bahan ini juga sangat tahan lama dan tidak mudah pudar.

Jenis Kaca Film Berdasarkan Fungsi

kaca film mobil

Selain bahan, tentu fungsi atau kegunaan dari suatu kaca mobil juga sangat perlu untuk diperhatikan. Anda tidak boleh sembarang memilih kaca hanya karena model yang keren dan harga yang murah jika tidak sesuai dengan fungsi untuk mobil Anda. Nah adapun fungsi dari kaca film mobil adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai pelindung dari sinar UV

Pembuatan dan pemberian dari sebuah kaca mobil adalah untuk pelindungan kendaraan/pengguna dari sinar ultraviolet (UV). Cahaya matahari diketahui mampu menimbulkan paparan ultraviolet yang dapat berdampak buruk pada kulit. Untuk itu, sinar matahari yang masuk ke dalam kabin akan berkurang.

  1. Untuk menjaga privasi

Baik pengguna maupun penumpang sebuah kendaraan khususnya mobil selalu membutuhkan keamanan dari privasi. Mereka biasanya ingin beristirahat, makan, atau bahkan tertidur saat perjalanan. Dengan kondisi kaca yang transparan, tentu memungkinkan untuk aktivitas mereka dapat terlihat oleh orang lain.

Penggunaan kaca film mobil dengan tampilan yang sedikit gelap menyebabkan mereka menjadi leluasa untuk melakukan aktivitas dalam mobil. Penumpang dapat tidur dengan tenang, penegmudi lebih fokus, dan suara dari luar juga dapat diredam. Dengan demikian, kenyamanan berkendara dapat meningkat.

  1. Untuk meningkatkan kualitas tampilan mobil

Memiiki mobil tentu hal yang menenangkan bagi sebagian besar orang. Untuk itu, tak jarang mereka memilih tampilan yang modis, elegan, sesuai selera masing-masing. Sama halnya dengan kaca mobil, mereka juga menginginkan yang dapat meningkatakan kualitas tampilan sehingga kendaraan dapat terllihat lebih bagus.

Kaca mobil memiliki banyak pilihan warna dengan fungsi masing-masing. Penyesuaian warna akan sangat berpengaruh dengan tampilan mobil. Untuk itu, para pemilik biasanya menyesuaikan jenis warna maupun tingkat kegelapan kaca dengan karakter mobil yang mereka miliki.

  1. Untuk mengurangi resiko kejahatan

Selain untuk tampilan, kaca film mobil tentu juga memiliki fungsi untuk mengurangi resiko kejahatan yang mungkin untuk terjadi. Keberadan barang-barang dalam mobil yang dapat terlihat langsung melalui kaca transparan tentu mengundang niat jahat dari orang yang melihatnya.

Dengan keberadaan kaca, dapat menghalangi pandangan orang lain untuk melihat isi mobil. Selain itu, mereka juga akan kesulitan untuk menjangkau jika berniat untuk mengambil barang-barang tersebut. Pengguna atau pemilik kendaraan akan merasa aman saat meninggalkan barang mereka.

  1. Untuk memberikan efisiensi energi

Kaca mobil juga dapat berfungsi untuk memberikan efisiensi energi. Keberadaan kaca dapat mengurangi cahaya matahari untuk menasuk ke dalam kabin, sehingga tidak menyebabkan kenaikan temperatur dalam mobil. Selain itu, juga membantu menjaga aktivitas pendingin ruangan untuk tidak berlebihan.

Rekomendasi Kaca Film Mobil yang Bagus

kaca film mobil

Setelah mengetahui fungsi dan jenis dari kaca mobil, Anda juga harus mengetahui beberapa rekomendasi kaca yang bisa menjadi pilihan. Memilih kaca tentu harus yang telah terpercaya akan kualitas yang sudah terjamin. Nah adapun beberapa pilihan jenis kaca film mobil yang biasa digunakan adalah :

  1. Solar Gard

Solar Gard merupakan produksi dari perusahaan multinasional Perancis bernama Saint Gobain SA. Kaca ini mampu memberikan efek yang maksimal dalam perlindungan terhadap sinar matahari. Adapun harga jual dari barang ini yaitu sekitar 850.000 hingga mencapai 4,5 juta rupiah.

  1. 3M

Dikenal sebagai kaca mobil terbaik sejak tahun 1966. Mampu menolak panas hingga 95 % menjadi keunggulan utama dari barang ini. sesuai dengan kualitas, harga yang ditawarkan pun cukup mahal yaitu mulai dari 1,1 juta (dengan garansi). Selain itu, juga terdapat beberapa jenis kaca mobil lain, diantaranya:

  • kaca film mobil V-Kool
  • Spectrum
  • Llumar

Baca Juga : Velg Mobil Termahal Cocok Supaya Penampilan Menarik

Nah itulah beberapa jenis dan fungsi dari kaca film mobil yang wajib Anda ketahui untuk memilih yang sesuai dengan kendaraan. Jika masih bingung, mintalah bantuan ahli atau orang yang telah berpengalaman untuk memberikan masukan kepada Anda. Jangan lupa untuk melakukan penawaran agar mendapat harga yang pas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here