Kupas Tuntas Jenis-Jenis Wiper Mobil dan Cara Merawatnya

0
114
wiper mobil

Musim hujan sudah tiba, cek beberapa komponen yang akan sangat berguna pada mobil ketika mengendarai di saat hujan turun. Alat bernama wiper mobil harus dicek, apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah rusak, sehingga perlu diperbaiki.

Baca Juga : 9 Ciri-Ciri Kapan Harus Ganti Oli Mobil Yang Wajib Dicermati

Jenis-Jenis Wiper Mobil yang Perlu Diketahui

wiper mobil

 

Berkendara saat hujan tentu akan lebih menyulitkan karena jarak pandang akan berkurang akibat air hujan. Hal itu, tentu akan membahayakan pengendara jika wiper mengalami kerusakan atau sudah tidak berfungsi dengan baik. Berikut jenis-jenisnya :

  1. Wifer Konvensional

Jenis wiper mobil ini biasanya terbuat dari tiang dengan bahan besi dan karet wiper yang menjadi satu kesatuan. Banyak dipakai oleh mobil-mobil tipe tahun lama  Bahan yang dipakai terdiri atas karet dan bracket. Komponen penting adalah karet yang membersihkan air hujan.

  1. Wiper Full Frame

Pada mobil keluarga yang dipakai sehari-hari dapat dilihat wiper jenis ini. Gagang besi yang kokoh membuat wiper ini mempunyai daya tahan yang kuat, sehingga membantu membersihkan kotoran di kaca.  Banyak yang menggunakan wiper jenis ini.

  1. Wiper Refill

Bahan pada jenis wiper mobil  refill bisa diganti dengan yang baru, tetapi mesti memperhatikan ukuran karet. Hal itu, agar ban tetap sesuai dengan standar kerangkanya, maka akan mempunyai fungsi yang sama dengan asalnya.

4. Wiper Frameless

Bahan yang digunakan adalah jenis bahan plastik untuk bingkai dan karet pada wiper jenis ini sangat halus apabila disentuh. Permukaan karet yang lebih halus jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Risiko lecet pada kaca mobil tidak akan terjadi sebab sudah diminimalisir.

5. Wifer Flate Blade

Simpel dan ringan kesan yang dilihat dari wiper mobil jenis ini sebab didukung penyangga kecil pada bagian tengah. Komponen yang sebagian besar digunakan adalah material berbahan karet  dan material selipan memakai besi pipih.

6. Wiper Hibrida

Jenis ini memiliki keunikan karena perpaduan antara jenis wiper konvensional dengan wiper flat blade. Hoder plastik dan bracket sebagai komponen yang dimiliki. Rangka dibungkus plastik dan karet knockdow sebagai spoiler udara supaya aerodinamis.

Cara Merawat Wiper Mobil Dengan Baik

wiper mobil

Berkendara memakai mobil ketika hujan turun tentu memiliki risiko yang membahayakan. Apalagi kalau air hujan menghalangi jarak pandang. Oleh karena itu, diperlukan perawatan pada wiper mobil untuk membersihkan kaca mobil sehingga tetap bisa berfungsi maksimal. Berikut cara merawat wiper:

  1. Hati-Hati Ketika Mencuci Wiper

Wiper harus dirawat dengan baik supaya fungsi yang dimiliki tetap bekerja dengan optimal. Ketika mencuci mobil hindari membilas karet wiper menggunakan sabun cuci mobil. Hanya siram memakai air bersih dan permukaan karet tidak dilap.

  1. Elastisitas Karet Wiper Terjaga

Bagian wiper mobil yang mempunyai fungsi menghalau air hujan yang menutupi kaca.dengan begitu, diperlukan elastisitas. Hal itu, bisa dijaga dengan tidak memarkirkan pada area yang panas supaya tidak berdampak pada karet.

  1. Cairan Pada Wiper Rutin untuk Diisi Ulang

Wiper jangan sampai kehabisan cairan agar tetap dapat digunakan dengan baik. Kalau pada wiper modern sekarang ini yang banyak dipakai sudah dilengkapi dengan cairan pembersih. Dengan begitu, kinerja wiper akan lebih maksimal untuk membersihkan kaca.

  1. Kebersihan Harus Dijaga

Noda pada kaca bisa diakibatkan karena wiper kaca kurang bersih akibat beberapa partikel halus tersangkut di karet. Nah, untuk mengatasi hal itu, bisa dengan membasahi kanebo atau lap bersih lalu beri sedikit alkohol. Kemudian, untuk membersihkan bagian karet wiper dengan cara menggosokkan.

Komponen Pada Wiper Mobil

wiper mobil

Winshield System atau Wiper sebagai mekanisme pengusap kaca depan maupun belakang mobil akibat air hujan ataupun embun air. Wiper mempunyai komponen-komponen yang saling mendukung dalam sistem kerjanya. Berikut komponen yang terdapat pada wiper :

  1. Wiper Blade

Berbentuk mirip dengan pedang sehingga bisa diartikan wiper blade sama dengan pedang wiper. Memiliki tugas untuk menebas air yang menempel di permukaan kaca mobil. Terdiri dari frame sebagai rangka tempat karet wiper dan karet wiper yang membersihkan air di permukaan kaca secara elastis tanpa baret.

  1. Wiper Arm

Komponen wiper arm terletak dibawah wiper blade, memiliki fungsi sebagai lengan penghubung antara bagian mekanisme penggerak wiper dengan wiper blade. Serta, memastikan wiper blade menempel ke kaca. Dalam wiper arm ada pegas yang memberikan efek tekanan pada wiper blade supaya bisa menekan kaca sedikit.

  1. Wiper Link Mechanism

Wiper mobil link mechanism ini berfungsi mengubah gerakan putar motor menjadi gerakan bolak-balik. Melalui hal itu sebagai penyalur gerakan bolak-balik menuju dua wiper arm yang tersedia. Ada beberapa bagian dalam wiper link mechanism, antara lain crank rod, connecting rod, wiper short arm, pivot arm,dan wiper link.

  1. Wiper Motor

Pengubah energi dari energi listrik menjadi energi putar merupakan fungsi dari wiper motor. Sumber tenaga wiper berasal dari sini dan motor pada wiper sama dengan motor listrik DC umumnya. Akan tetapi, di sini terdapat mekanisme pereduksi putaran motor berupa worm gear agar gerakan lengan wiper teratur.

  1. Wiper Electricity Control

Wiper Mobil dapat bekerja secara normal jika ada rangkaian kelistrikan tapi  rumit sebab punya satu saklar dengan varian kecepatan berbeda. Ada kemiripan dengan kipas angin yang mempunyai kecepatan rendah, sedang, dan tinggi. komponen yang ada, yaitu baterai, saklar kombinasi, fuse, relay, dan kabel penghubung.

Beberapa Simbol Tuas Wiper Mobil yang Mesti Dipahami

wiper mobil

Tuas yang dipakai untuk mengaktifkan wiper pada kaca depan dan belakang, pada umumnya memakai sebuah tuas yang ada di belakang setir. Pada tuas ini akan bisa mengontrol sistem kerja wiper pada kaca depan dan belakang. Nah, berikut ini beberapa simbol dalam tuas wiper dan cara memakai :

  1. Mist

Tulisan atau simbol Mist terdapat di bagian paling atas untuk pengoperasian wiper sekali sapuan ketika diaktifkan. Mengaktifkan wiper mobil mist dari posisi off geser tuas wiper ke atas satu kali saja. Apabila sudah dan dilepaskan, maka tuas kembali ke off.

  1. Intermitten

Ditulis dengan simbol INT sebagai singkatan dari Intermitten. Digunakan apabila titik-titik air yang jatuh belum banyak di kaca untuk dihilangkan dengan sapuan wiper pada mode paling lambat sekalipun. Cara pengoperasian geser tuas wiper dari off ke posisi INT.

  1. LO dan HI

Wiper mobil yang bekerja terus-menerus disimbolkan dengan LO dan HI. Pada usapan HI lebih cepat daripada LO. Hujan turun deras, maka posisi LO, namun,ketika hujan sudah tidak dapat dikendalikan maka pakai HI.

  1. Auto

Tidak semua mobil punya simbol AUTO dan sistem kerja secara otomatis yang diatur oleh komputer mobil. Menggunakan sensor infra merah yang dipasang dalam kaca depan bagian atas pas di belakang spion dalam.

  1. Wiper Belakang

Pengaturan wiper pada kaca belakang melalui tuas wiper. Dalam mengaktifkan tinggal memutar kenop pada ujung tuas. Bisa mengaktifkan wiper atau menyemprot air wiper di kaca belakang, sehingga tetap bersih.

Baca Juga : Abaikan Kapan Harus Ganti Ban? Nyawa Taruhannya

Nah, itulah sebelum beluk wiper mobil yang mesti diketahui. Dengan mengetahui dan paham akan wiper, maka akan memudahkan penanganan apabila terjadi kerusakan. Mengetahui juga jika dalam membersihkan karet pada wiper dengan benar supaya fungsinya tetap bagus dan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here