Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang saat ini sudah menjadi gaya hidup baru. Di perkotaan, pasti dalam satu rumah tersedia minimal satu mobil. Salah satu mobil yang banyak dimiliki adalah Toyota Avanza. Mobil ini disukai karena dapat menampung banyak orang. Meski begitu, ada banyak penyakit mobil Avanza, lho.

Baca Juga : Cek Daftar Harga Spare part Motor R15 Terbaru Tahun 2021

Setiap mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Mobil Avaza sendiri disukai karena tergolong jenis mpv yang paling irit. Harganya pun terjangkau untuk ukuran moil keluarga. Dengan pilihan warna hitam atau putih, mobil ini memiliki desain yang sederhana namun stylish.

Mobil Avanza teriri dari dua jenis, yaitu Avanza Veloz dan biasa. Avanza Veloz sendiri masih dibagi menjadi dua jenis lagi, yaitu Veloz 1,5 AT Luxury dan Veloz 1,5 MT Luxury. Anda bisa memilih ingin varian matic atau manual. Mesin pada Avanza cukup kuat, pajaknya pun murah dan sparepart untuk service-nya mudah ditemui.

Meski begitu, dari banyaknya kelebihan yang menjadikan mobil ini primadona, Toyota memiliki kekurangan. Penyakit mobil Avanza perlu diantisipasi jika Anda bercita-cita membeli mobil ini. Yuk, simak sama-sama.

Penyakit Mobil Avanza yang Sering Ditemui

penyakit mobil Avanza

Sama seperti mobil-mobil lainnya, Avanza pun memiliki penyakit yang Anda perlu ketahui. Penyakit-penyakit ini biasanya terjadi di area mesin atau sparepart lainnya. Informasi tentang penyakit mobil Avanza ini penting supaya Anda bisa mengantisipasi dan tanggap dalam memperbaikinya.

  1. Kurang kedap suara pada kabin

Keluhan pertama yang paling sering ditemui dalam mobil Avanza adalah suara kabin yang berisik dan kurang kedap suara. Ketika mesi berjalan, deruan mesin yang dikeluarkan kerapkali terdengar sehingga bisa membuat penumpang kurang nyaman. Kurangnya kualitas pada kedap suara ini wajar karena harga mobil yang terjangkau.

  1. Karet pintu kurang lekat

Jika Anda membeli mobil Avanza yang diproduksi sekitar tahun 2010 ke bawah, mengecek karet pintu penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan daya rekat pintu yang sudah melemah sehingga berbahaya jika tidak diganti. Jika karet pintu getas juga sebaiknya Anda ganti karena bisa berpengaruh pada kekedapan kabin.

  1. Umur kipas yang singkat

Salah satu penyakit mobil Avanza lainnya adalah umur kipas yang harus selalu diamati. Umur pada kipas mobil ini lumayan singkat, sehingga jika usia mobil sudah melampaui lima tahun atau telah menempuh lebih dari 130.000 kilometer, sebaiknya Anda ganti.

Kipas pada mobil berfungsi untuk menyalakan AC agar penumpang tetap nyaman. Selain itu, kipas juga berfungsi untuk menstabilkan suhu pada mesin sehingga tidak terjadi overheat. Kipas yang tidak berfungsi bisa menyebabkan temperatur naik. Anda bisa mengecek tanggal produksi yang terletak di rumah kipas untuk mengetahuinya.

  1. Kurangnya Fitur Keselamatan

Data statistik menunjukkan bahwa Toyota Avanza ternasuk dalam mobil yang rawan kecelakaan di Indonesia. Anda perlu mengantisipasinya karena menyangkut dengan keamanan penumpang dan pengemudi. Mobil ini tidak memiliki fitur ABS. Padahal, keberadaan ABS amatlah penting saat mobil dalam keadaan rem mendadak.

  1. Kursi kurang luas

Sebagai mobil keluarga yang bisa menampung banyak orang, kursi di baris ketiga mobil ini kurang luas. Hal ini menyebabkan rasa kurang nyaman pada penumpang karena ruang gerak jadi terbatas. Terlebih jika Anda memiliki anak hingga tiga atau empat.

  1. Suspensi Lemah

Penyakit mobil Avanza lainnya adalah tidak memiliki suspensi yang kuat. Jika Anda membawa barang-barang yang berat di bagasi, pasti akan ada rasa memantul terlebih di kursi belakang terlebih saat mobil sedang berkecepatan tinggi. Suspensi yang kurang kuat ini juga menyebabkan limbung saat mobil sedang mengebut.

  1. Aki mudah panas

Avanza juga memiliki masalah pada aki. Jika digunakan terus-menerus, aki mobil mudah bermasalah sehingga berdampak pada mesin. Mobil jadi sulit dinyalakan dan membuat mesin panas. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mengecek aki secara berkala dan melakukan strum aki.

Cara Perawatan Mobil Avanza

penyakit mobil Avanza

Setelah mengetahui penyakit mobil Avanza yang sering terjadi, ada baiknya jika kita membahas tentang bagaimana cara perawatan mobil ini. Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima, Anda memang diharuskan untuk menaruh sedikit perhatian untuk melakukan pengecekan, terlebih setelah melakukan perjalanan jauh.

  1. Jangan lupa ganti oli

Ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Untuk Avanza sendiri, Anda sebaiknya mengganti oli setelah mencapai total angka 40.000 hingga 100.000 kilometer. Mengganti oli di bagian transmisi dan mesin secara berkala bisa menjaga kualitas mobil agar tetap prima.

  1. Panaskan mesin

Tidak hanya motor, mobil pun juga perlu pemanasan sebelum diajak berkendara. Alangkah lebih baik jika Anda memanaskannya setiap pagi apalagi sebelum perjalanan jauh. Letakkan persneling di posisi N dan lakukan pemanasan dalam jangka waktu 10-15 menit sebelum digunakan.

  1. Perhatikan persneling

Anda perlu memperhatikan hal ini untuk menghindari penyakit mobil Avanza di bagian persneling. Saat berada dalam keadaan berhenti,  hindari posisi P pada persneling. Begitu pula saat memarkir, letakkan persneling dalam posisi D. Anda juga sebaiknya melakukan uji persneling agar terhindar dari kerusakan.

  1. Antisipasi kerusakan

Jika merasa ada sesuatu yang aneh dari mobil Avanza Anda, alangkah baiknya untuk segera mencari tahu kerusakan yang terjadi. Periksa apakah ada kebocoran di bagian gasket atau aki yang mudah panas. Jangan coba-coba memperbaikinya sendiri jika Anda tidak mengetahui apapun tentang mesin.

  1. Lakukan servis rutin

Jangan sayang-sayang uang untuk melakukan servis rutinan. Anda bisa membawa mobil ke bengkel kesayangan Anda demi antisipasi penyakit mobil Avanza yang parah. Dengan melakukan perawatan rutin berkala, maka kinerja mobil akan lebih optimal dan berumur lebih lama.

Apakah mobil Avanza worth to buy?

penyakit mobil Avanza

Dari banyaknya kelebihan dan penyakit mobil Avanza yang sudah kita ulas di atas, apakah mobil ini termasuk worth to buy? Jika dilihat dari kelebihan dari fasilitas yang diberikan, mobil ini dapat dibilang cukup baik untuk harganya yang murah. Terlebih service center mobil Avanza mudah ditemui dan servisnya tergolong murah.

Harga jual yang ditawarkan mobil ini juga tidak terlalu anjlok. Hal inilah yang membuat mobil ini menjadi pilihan banyak orang karena Anda tidak akan rugi banyak jika merasa sudah bosan dan ingin menjual mobil ini. Permintaan yang banyak akan mobil ini di pasaran membuat harganya stabil.

Membeli mobil bukanlah perkara mudah. Anda perlu mendiskusikannya dengan keluarga dan melihat berapa budget yang dimiliki. Pilihlah mobil sesuai dengan kebutuhan dan tidak perlu mengedepankan gengsi. Jangan lupa rawat mobil secara rutin sehingga bisa lebih awet.

Baca Juga : Detail Dan Harga Spare Part Motor R25 Terbaru 2021

Itu dia artikel tentang penyakit mobil Avanza dan cara antisipasinya. Toyota Avanza memang salah satu mobil keluarga favorit sehingga mungkin Anda tertarik untuk membelinya. Semoga artikel ini bisa memberikan referensi dan membantu untuk memilih mobil yang sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here