Ini Dia Harga Toyota bZ4X, Apakah Sepadan dengan Kualitasnya

0
1061
Harga Toyota bZ4X

Harga Toyota bZ4X menjadi salah satu perbincangan hangat sejak rilis di pasar Indonesia. Mobil listrik ini dilengkapi eksterior premium dan interior mewah yang membuatnya tampil menonjol. 

Baca juga : Toyota Raize, Kendaraan Berkualitas untuk Semua Kalangan

Sehingga, tidak heran jika memilikinya menjadi sebuah pertimbangan opsi berkendara yang ramah lingkungan. Meskipun harga yang ditawarkan memang tidak murah. Dikutip dari situs Toyota global dimana bZ4X dibanderol mulai dari Rp. 1,19 Miliar.

Tampil sebagai SUV elektrik memberikan kesan baru yang tidak sekadar hadir sebagai mobil listrik saja. Penggunanya dapat merasakan pengalaman berkendara dengan nyaman dan terlihat impresif.

Mengenal Mobil Listrik Tampan bZ4X

Harga Toyota bZ4X

Kendaraan listrik dengan Battery EV ini dibangun di atas platform e-TNGA. Atau jika dijelaskan secara sederhana, pusat gravitasinya dapat dikatakan rendah dan menyajikan performa berkendara yang mulus, atraktif, dan intuitif.

Hadirnya mobil ini di pasar Indonesia menjadi sebuah bagian dari strategi Multi Pathway. Dimana jenama asal Jepang tersebut memiliki keinginan untuk menyediakan beragam teknologi kendaraan ramah lingkungan.

Harga Toyota bZ4X yang bisa dibilang fantastis ini menyediakan fitur serasi dengan kualitas di dalamnya. Mulai dari Hybrid, Internal Combustion Engine (ICE), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Perlu kalian ketahui juga bahwa nama dari kendaraan listrik baru kepunyaan perusahaan Jepang ini sebenarnya memiliki makna. Meskipun terdengar sedikit rumit untuk sebuah mobil, maknanya ternyata secara mendetail menjelaskan produknya.

Angka 4 mengartikan dimensi bodi medium, yaitu memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1650 mm. Adapun untuk X mempunyai makna crossover atau mobil listrik dengan bodi tipe SUV.

Bodi SUV dapat dilihat dari jarak terendah ke tanah yang cukup tinggi, yaitu mencapai 210 mm. Sehingga menjadi tidak aneh jika harga Toyota bZ4X menjadi cukup mahal. Karena bukan hanya andal di aspal saja, tetapi juga pada medan bergelombang.

Sedangkan, bZ bermakna lini produk mobil listrik yang hadir untuk menyelesaikan berbagai masalah. Hal tersebut dilakukan agar terwujudnya masyarakat berkelanjutan serta untuk kelangsungan generasi mendatang.

Terdapat 4 nilai juga dalam bZ4X yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Nilai-nilai ini akan mulai membuka mata kalian terkait alasan dari harga Toyota bZ4X ini.

Pertama, kalian dan orang lain yang mengisyaratkan ditawarkannya kesempatan baru untuk secara nyaman menghabiskan banyak waktu bersama orang tersayang. Kedua, kalian dan mobil kesayangan.

Nilai ketiga bermaksud memungkinkan pengendara menikmati kegembiraan penuh saat mengendarainya. Ketiga, Kalian dan Lingkungan untuk menunjukkan seri bZ memiliki kontribusi positif terhadap lingkungan.

Keempat, kalian dan masyarakat karena Toyota berkomitmen agar mobil ini menjadi kendaraan yang mengubah pola pikir masyarakat mengenai mobil listrik. Sehingga pada intinya, nama mobil bermakna crossover ramah lingkungan untuk solusi masa depan.

Harga Toyota bZ4X, Sesuai Spesifikasi dan Jarak Tempuhnya

Harga Toyota bZ4X

Seperti sebelumnya dijelaskan bahwa bZ4X menggunakan platform e-Toyota New Global Architecture atau TNGA. Dimana Toyota sendiri baru pertama kali menggunakannya karena khusus digunakan pada mobil listrik.

Keunggulan dari platform TNGA diantaranya seperti handling lebih responsif, struktur lebih rigid, kabin lebih luas, dan masih banyak lagi. Selain itu, platform TNGA juga menambahkan kemampuan untuk akomodasi baterai agar menjadi lebih besar.

Baterai Lithium Ion Sport Utility Vehicle (SUV) di dalamnya memiliki kapasitas mencapai 71,4 kW. Sedangkan sistem pendinginan baterai sendiri terintegrasi dengan sistem AC atau Air Conditioner. 

Dengan harga Toyota bZ4X kalian akan memiliki electric car dengan motor penggerak yang mempunyai daya maksimal 204 hp. Torsi sendiri maksimal mencapai 266 Nm. Sedangkan untuk jarak tempuhnya sendiri jika dalam kondisi baterai penuh mencapai 500 km.

Baterai dapat di charge pada arus daya AC dengan daya 6,6 kW atau DC dengan daya maksimal 150 kW. Sedangkan, untuk ground clearance mencapai 210 mm dengan interior luas.

Fitur-fitur lain seperti panoramic sunroof, head unit 12,3 inch, dan advanced park sudah dimiliki electric car tersebut. Dan untuk advanced park, kalian bisa mencari lokasi parkir yang cocok dengan ukuran kendaraan dan parkir secara otomatis.

Beberapa Kelebihan dari Toyota bZ4X

Meskipun di atas sudah membahas secara garis besar kelebihan dari kendaraan ini, mari kita bahas lebih dalam lagi. Berikut adalah beberapa kelebihan yang siap memanjakan kalian dengan segala kemudahannya.

  • Dibanding Mobil Toyota Lain, Layar Multimedianya Berukuran Paling Besar

Layar multimedia infotainment dengan ukuran 12,3 inch menjadi salah satu daya tarik yang membuat harga Toyota bZ4X terasa masuk akal. Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor saat ini menjelaskan terkait layar ini.

Berdasarkan keterangan beliau, layar multimedia yang dimiliki bZ4X merupakan layar terbesar sepanjang sejarah Toyota. Selain itu, layar multimedia juga dibekali teknologi Toyota Audio Multimedia with Human Machine Interface (HMI).

HMI adalah platform infotainment baru rancangan Toyota dengan mendukung Android Auto dan Apple CarPlay agar dapat berjalan lebih baik. Cara penggunaannya adalah dengan menekan proses sensorik utama seperti suara, sentuhan, dan penglihatan.

  • Baterai dengan Jarak Tempuh Mencapai 500 Km

Kelebihan lain dapat dilihat dari daya jelajah yang jauh karena dapat melaju hingga 500 km. Tentu saja kemampuan ini istimewa bahkan jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Harga Toyota bZ4X menjadi sepadan karena kalian juga akan irit bahan bakar.

Menariknya, kalian akan mendapatkan kompensasi dengan diberikan dua station charger. Yaitu portable charger dengan daya 3.500 watt dan wall charger dengan kapasitas 7.700 watt. 

Pengisian daya berlangsung sekitar 30 menit jika menggunakan wall charger. Sedangkan untuk portable charger akan memakan waktu sekitar 9 sampai 10 jam. Baterainya sendiri juga diberikan garansi 8 tahun atau 160.000 Km.

  • Fitur Advanced Park

Fitur yang sebelumnya sudah dijelaskan di atas ini memang juaranya untuk kalian yang belum terlalu andal dalam urusan parkir. Hanya dengan menekan tombol pada layar multimedia, kalian tinggal bersantai tanpa harus bingung saat harus parkir dimanapun.

Dan tentu saja lagi-lagi hal ini membuat harga Toyota bZ4X menjadi terasa tidak semahal kedengarannya. Dengan mengandalkan seluruh sensor sonar parkir, kendaraan akan mengambil kendali setir, pedal gas, rem, dan transmisi secara otomatis.

  • T-Intouch dan TTS 3.0

Toyota bZ4X menjadi mobil kedua setelah Toyota voxy yang menjadi kendaraan dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Harga Toyota bZ4X sudah termasuk integrasi dengan Pre-Collision Brake Assist dan Pre-Collision System.

Kedua sistem ini mengandalkan kamera monokular dan sensor radar dalam melakukan pendeteksian terhadap keberadaan objek di depan mobil. Obyek di sini bukan hanya mobil lain, tetapi juga seperti pejalan kaki, pemotor, dan lainnya.

  • Ground Clearance Capai 210 Mm

Ground Clearance yang mencapai 210 mm menjadi salah satu keunggulan dari segi desain eksterior mobil ini. Eksterior dengan tipe semacam ini memberikan kepercayaan diri kepada pengemudi saat melewati jalan bergelombang.

Selain Kelebihan, Tentu Ada Kekurangannya

harga Toyota bZ4X

Meskipun harga Toyota bZ4X sesuai dengan kelengkapan yang didapat, tentu kekurangan tetap tidak akan terlepas dari padanya. Seperti wujudnya yang tidak terlalu inovatif meskipun bergaya futuristik. 

Jika dibandingkan dengan electric car brand lain, electric car Toyota justru tidak memiliki efek kejut. Bentuknya justru terkesan mirip dengan harrier versi terbaru di pasar Amerika Serikat.

Selain itu, tidak terlalu banyak tersedia varian warna karena hanya didominasi tone monokrom, perak, dan broken white. Sehingga, kembali pada selera pribadi karena jika kalian pecinta gaya simple, maka warna-warna tersebut seharusnya tidak akan jadi masalah.

Toyota juga tidak memberikan Vehicle to Load (V2L) pada electric carnya. Padahal kehadiran fitur tersebut membuat mobil bisa menjadi pemasok arus listrik ke perangkat elektronik lain. Dimana fitur ini tentu sangat berguna untuk kondisi darurat.

Perhatian selanjutnya ditujukan kepada enjin karena sejatinya electric car memiliki ruang untuk disetel performa luar biasa. Tetapi, electrical car ini justru dibandingkan lagi dengan kompetitornya di luar sana karena terbilang moderate.

Harga Toyota bZ4X sendiri juga sebenarnya dapat menjadi kekurangan tersendiri bagi beberapa orang. Karena beberapa beranggapan bahwa fitur yang ada tidak jauh berbeda jika dibandingkan produk serupa dari brand lain.

Bahkan beberapa memiliki harga jauh lebih murah dan bisa mencapai setengahnya. Hal tersebut menjadikan harga Rp. 1,19 Miliar menjadi terdengar begitu mahal.

Baca juga : Beberapa Pilihan Mobil Toyota Terbaik yang Ramah Kantong di Tahun 2023

Tetapi, pada dasarnya semua kembali kepada kebutuhan dan pilihan masing-masing pembeli. Mahal atau tidaknya harga Toyota bZ4X akan menjadi relatif kepada setiap orang tergantung dilihat dari sudut pandang yang mana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini