Honda City Hatchback Datang Memukau Menggantikan Honda Jazz

0
42
Honda City Hatchback

Honda City Hatchback akhirnya datang juga, rumor mengenai penggantian Jazz tersebut memang benar adanya. Sempat menjadi pertanyaan besar, mengapa pabrikan asal Jepang tersebut melakukannya, bila dilihat dari penjualan cukup oke.

Berbagai kalangan menyukainya, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua, desain sporty dan menghadirkan kenyamanan ekstra. Sayangnya, semua itu harus pupus dan diganti dengan jagoan terbaru mereka.

Baca Juga : Spesifikasi Mobil Toyota Raize: SUV Keren Bermesin Turbo

Kondisi ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, Thailand juga mengalaminya. Di mana pamor Jazz sangat bagus, tetapi harus diganti sesuatu yang lebih segar. Apakah momennya akan sama atau bahkan lebih?

Harus diakui dari penampilan memang memukau, desain hatcbacknya tampak sporty, agresif, cocok untuk berbagai kalangan baik tua atau muda. Bagaimana dengan performa secara keseluruhan? Coba simak ulasannya di bawah ini

Penampilan Luar Honda City Hatchback

Honda City Hatchback

Dimulai dari sisi eksterior terlebih dulu, aerodinamika dari kendaraan ini memang jauh lebih unggul dari Jazz. Kap mesin sudah disesuaikan headlamp dibuat rendah, mereka juga mempertahankan solid wing face

Pada sisi forglamp dengan warna hitamnya terlihat begitu menawan, hampir mirip sebuah sarang, tetapi hal ini yang membuatnya terkesan sporty. Semua jenis lampu sudah dilengkapi dengan LED.

Pada bagian headlamp dilengkapi reflektor, sehingga memungkinkan mendapatkan penerangan kelas atas, dari segi pencahayaan dan penghematan energi. Dalam keadaan gelap atau kabut, pandangan masih tetap prima.

Honda City Hatchback memiliki dimensi yang dikecilkan menjadi 200 mm, hanya saja wheel base sedikit diperlebar efeknnya langsung terasa ke bagian kabin jadi lebih luas. Gaya kaca spion terbilang keren.

Mengingatkan Anda pada Honda City Sedan dengan yang pernah diproduksi tahun 2007 bergaya old school. Perlu diakui, bahwa perkembangan untuk modelnya sendiri memang bukan main, menggunakan teknologi canggih.

Kondisi ini membuatnya melaju stabil di kecepatan tinggi, karena pembuatannya menggunakan wind tunel, di mana teknologi tersebut juga dilakukan sebagai upaya pengembangan mobil F1, cukup mengesankan sekali bukan?

Beralih ke belakang, memiliki stoplamp menggunakan 3 dimensi dengan desain bumper yang menambah kesan sporty. Hal ini menjawab seluruh keinginan anak muda, walaupun ada pengurangan kembali 20 cm.

Namun dari segi penampilan lebih proporsional. Harus diakui, kehebatan Honda dalam memberikan sentuhan desain untuk jagoannya ini memang wajib diacungi jempol, begitu mengesankan dan memukau mata.

Penampilan Dalam Honda City Hatchback

Selanjutnya, tampilan memukau juga bisa dilihat dari bagian dalam kendaraan ini. Pertama terjadi pada layout dashboard, di mana mengalami perubahan cukup besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, rasanya kabin begitu lega.

Adanya sentuhan hitam juga memberikan bantuan kepada pengemudi, terutama pada kondisi panas terik. Kelir hitam tersebut menyerap cahaya bukan memantul. Serapan tersebut diyakini memberikan pandangan yang lebih bagus.

Beralih ke bagian kursi, di mana kenyamanan sangat terasa. Karena mereka mendesain lantai cukup rendah dan rata, begitu juga dengan tatanan kursinya. Inilah alasan mengapa mobil ini pada bagian kabin luas.

Kondisi tersebut dapat dibuktikan dengan pengemudi yang mempunyai tinggi 173 cm. Kemudian masuk ke dalam, memberikan penilaiannya. Ternyata semuanya oke, terutama pada bagian kaki terasa pas.

Selain itu, kenyamanan juga dapat ditunjukkan melalui seat bealt tiga titik sekaligus head rest. Dilengkapi juga fasilitas ultra seat membuat pembawaan barang menjadi lebih praktis, beralih ke bagian setir.

Honda City Hatchback sudah melengkapinya dengan tilt telecopic, jadi bisa disesuaikan keinginan pengemudi, mau sedikit naik atau turun mudah. Tersedia juga paddle shift sebagai pengatur transmisi giginya.

Selanjutnya melihat ke bagian belakang yaitu area bagasi, Honda memang tidak menyebutkan secara spesifik berapa ukurannya. Hanya saja, untuk beberapa barang seperti koper pasti bisa masuk dengan kursi dilipat.

Fitur Menarik Honda City Hatchback

Penampilan Luar Honda City Hatchback

Dari dua pemaparan di atas, pasti Anda sudah merasa nyaman bukan? Tunggu dulu, jangan terburu-buru membelinya, karena pembahasannya masih panjang. Sekarang, beralih ke bagian fitur, apakah sama worth it?

Pada panel instrumen pabrikan Jepang ini sudah mengombinasikan tiga pola warna sekaligus yaitu hitam, merah, perak. Untuk jarum sendiri menggunakan warna merah sehingga, kesan sportynya sangat terasa.

Namun, ada kelemahan yang akhirnya ditemukan, di mana Multi Information display belum modern,masih seperti kalkulator jadul. Sehingga, terkesan kurang sempurna, bila dilihat beberapa kompetitornya sudah berani mengubahnya.

Tetapi, satu poin positifnya semua informasinya lengkap mulai dari bahan bakar, kecepatan, odometer, tripmeter, posisi gear, suhu, konsumsi BBM rata-rata dan real time. Semua ini akan menguntungkan pengemudi.

Harus diakui, saat pergi ke luar kota informasi mengenai konsumsi BBM rata-rata membuat Anda paham harus berapa uang keluar untuk bahan bakar. Dari sini juga dapat menunjukkan bagaimana kualitas kendaraaannya.

Beralih ke sistem hiburan, tidak tanggung-tanggung memang Honda memanjakan pelanggannya. Mereka menyematkan kurang lebih 8 speaker, terdiri dari 4 speaker mid dan tweeter, hal ini membuat produksi suaranya terdengar merdu.

Perlu diperhatikan, smartphone connection yang tersedia belum memenuhi standar kenyamanan karena tidak dapat terkoneksi dengan Apple cardplay dan Android Auto. Cukup disayangkan memang, tetapi secara keseluruhan tetap bagus.

Fitur Keselamatan Honda City Hatchback

Penampilan Luar Honda City Hatchback

Beralih ke fitur keselamatan, mobil baru ini sudah dilengkapi anti lock brake distribution. Di mana tugasnya adalah mencegah roda terkunci ketika melakukan pengereman mendadak, sehingga sulit untuk dikendalikan.

Kondisi seperti ini cukup berbahaya, dan dapat menimbulkan kecelakaan. Berikutnya, ada electronic brake force distribution, teknologi ini berperan dalam mengatur distribusi pada tekanan rem agar sesuai kebutuhan.

Harus diakui, kebutuhan airbag memang sangat penting untuk berbagai keadaan terutama ketika kecelakaan terjadi. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung ada 6, dengan begini risiko terjadi cidera parah dapat dihindari.

Honda City Hatchback Juga dilengkapi G Force control technology sistem kondisi tersebut mampu meminimalisir terjadi dampak terbesar dari kecelakaan terutama di bagian kabin serta penumpang.

Jadi, energi tubrukan yang bisa terjadi akan disalurkan untuk ke seluruh bagian sasis kendaraan secara merata. Sehingga keamanan dan kenyamanan tetap terjaga walau kecelakaan tersebut cukup parah.

Sistem Operasi Honda City Hatchback

Untuk mesin yang digunakan sudah model terbaru yaitu L15ZF di mana, digunakan juga untuk tipe lainnya seperti accord, CR-V dan seri sedan. Sayangnya belum dilengkapi dengan turbo charger.

Jangan berkecil hati, karena tipe mesin ini punya berbagai keunggulan. Salah satunya adalah mempunyai dua noken AS, tugasnya adalah menggerakkan empat katup pada masing-masing piston, apa dampak yang terjadi?

Harapannya adalah BBM dan udara jadi lebih banyak masuk, sehingga tenaga serta torsi yang dihasilkan jauh lebih besar. Dibandingkan menggunakan sistem Single Over Head Camshaft.

Kondisi tersebut dibuktikan adanya penilaian tentang keluaran tenaga yang dihasilkan adalah 121 PS, putaran mesin 6000 rpm, torsi 145 NM dan dapat dicapai pada torsi 500 rpm. 

Mendukung fitur stop and go di perkotaan. Namun, dari keseluruhan performa masih lebih rendah dibandingkan dengan jazz. Mungkin penurunan tersebut karena Honda City Hatchback dikhususkan untuk anak muda.

Serta warga perkotaan yang tidak membutuhkan kecepatan tinggi untuk melaju. Kapasitas silendernya 1,498 cc dan sudah menggunakan teknologi injeksi. Jadi, secara keseluruhan penggunaan bahan bakarnya jauh lebih irit.

Untuk sistem transmisi sudah menggunakan CVT sehingga, perpindahan gigi lebih halus karen, disesuaikan kondisi putaran mesinnya. Tersedia juga dalam bentuk manual 6 percepatan.

Kapasitas tangki dikisaran 40 liter, pada suspensinya sudah ditenagai oleh MacPherson Strut di bagian depan. Sementara untuk belakangnya H-Shape Torsion Beam. Tidak heran bukan bila tingkat kenyamanan sesuai yang diinginkan.

Kesimpulan Mengenai Honda City Hatchback

Penampilan Luar Honda City Hatchback

Untuk harganya sendiri dibanderol diangka Rp292 juta sampai Rp310 juta. Bila dilihat dari semua fasilitas serta fitur yang diberikan ini, rasanya cukup terjangkau dan worth it bila harus memilihnya.

Apakah worth it bila dijadikan pengganti dari Honda Jazz? Jawabannya adalah benar karena kesan sporty serta elegan yang diberikan oleh Jazz tersebut sudah tersedia di sini. Walau ada yang diturunkan.

Namun, secara keseluruhan tetap memberikan kenyamanan utama. Penampilan luarnya harus diakui begitu menarik perhatian, mempunyai 6 pilihan warna mulai dari merah, hitam, grey, silver, orange dan putih.

Dari segi fitur entertainment memang tidak diragukan lagi, 8 speaker tersebut membuat kualitas suaranya benar-benar mumpuni. Apalagi, saat terjadi macet dan mendengarkan musik bisa sedikit mengalihkan perhatian.

Baca Juga : Spesifikasi Mobil Daihatsu Rocky: Si Keren dengan Mesin Turbo

Bagaimana menurut Anda dengan semua fasilitas sampai fitur yang sudah disajikan di atas. terutama soal keamanan yang diberikan oleh Honda City Hatchback harus diakui begitu sempurna cocok untuk semua kalangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here