Honda Brio Lama Dan Baru Ini Adalah Perbandingannya

0
550
Honda Brio lama dan baru

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di pasar mobil Indonesia pada tahun 2012. Tampil dengan format city car, Honda Brio berhasil meraih penjualan yang sangat baik. Setelah sekian lama, pihak Honda kemudian merilis generasi terbaru dari Brio. Mari simak perbandingan Honda Brio lama dan baru berikut ini.

Baca Juga : Harga Yamaha Aerox 155 Dan Berbagai Fitur Keunggulan

Bikin Pangling, Ini Perbandingan Honda Brio Lama Dan Baru

Honda Brio lama dan baru

Pada ahun 2013, pihak Honda merilis Brio Satya yang merupakan versi LCGC (Low Cost Green Car). Selanjutnya, Honda memberi sentuhan baru untuk memberi suasana segar pada model ini, sekaligus menghadirkan Brio RS yang tampil lebih sporty.

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, pihak PT Honda Prospect Motor kemudian memperkenalkan generasi kedua dari Honda Brio. Bagi Anda yang masih bingung perbedaan antara kedua generasi mobil yang memikat banyak orang ini, silahkan simak perbandingan Honda Brio lama dan baru di bawah ini.

1.Desain Eksterior

Perbandingan Honda lama dan baru yang dapat langsung dilihat adalah perubahan tampilan luar Brio yang memberi kejutan pada bagian belakang. Setelah mendapatkan banyak kritikan, tampilan bokong Brio kini diubah menjadi lebih normal meskipun desainnya tidak begitu istimewa.

Honda memutuskan untuk mengganti desain pintu bagasi yang tadinya glass panel dengan model tailgate style yang lebih kokoh. Akibat perubahan ini, dimensi keseluruhannya pun menjadi lebih panjang. Ruang bagasinya diperluas 90 mm sehingga kapasitasnya melonjak jadi 258 liter.

Jarak sumbu roda pun ikut dimelarkan hingga 60 mm. Penambahan dimensi dan jarak sumbu roda ini kemudian memberikan rasa berkendara yang berbeda dari sebelumnya sekaligus kabin yang terasa lebih lega. Menyesuaikan dengan desain buntut barunya, keseluruhan desain Brio dibuat lebih sporty.

Honda Brio lama dan baru sendiri menyebutnya dengan istilah ‘Proud of class’. Hal ini dimaksudkan bahwa dari tampilan desain eksteriornya, mobil ini sama sekali tidak menggambarkan dirinya sebagai entry-level atau mobil termurah Honda yang meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Terlebih lagi bila menilik versi termahalnya New Brio RS baru, Anda akan terpukau dengan tampilan premiumnya. Secara umum, garis desain mobil ini nampak serupa dengan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Mobilio.

Hal ini dapat dilihat dari grill, bemper dan lampu utamanya. Selain itu LED Positioning Lamp yang mirip lampu berkendara siang hari juga menjadi perbandingan Honda Brio lama dan baru yang cukup signifikan.

Desain velg Honda Brio juga mengalami revisi. Varian RS memiliki ukuran 15-inci dual-tone piano black sementara velg Brio Satya berukuran 14-inci yang lebih simpel. Kemudian lampu belakangnya juga mengalami perubahan total, dengan desain melebar hingga ke bagian tepi. Sehingga memberi kesan mobil lebih lebar.

2.Tampilan Desain Interior

Honda Brio lama dan baru

Keserupaan dengan Honda Mobilio juga nampak pada bagian kabinnya. Meskipun pada dasarnya desain dashboard ini memang tidak baru. Karena Brio generasi pertama versi facelift telah menggunakan dashboard seperti ini. Bedanya, Brio RS baru memiliki ornamen list oranye, sementara Brio Satya berwarna perak.

New Brio RS sekarang mengusung tema interior berwarna hitam. Selain itu, jok depan telah memakai sandaran kepala yang dapat diatur ketinggiannya atau adjustable. Perubahan yang dilakukan pada sandaran kepala ini juga menjadi perbandingan Honda Brio lama dan baru yang cukup signifikan selanjutnya.

Dimana pada kursi depan tipe RS tidak lagi menyatu dengan kursi, namun untuk tipe S dan E masih seperti versi sebelumnya yang menyatu dengan sandaran kursi. Sedangkan pada bagian Brio Satya, kursi depannya masih belum dilengkapi sandaran kepala terpisah dan joknya sendiri memiliki warna yang terang.

Brio baru sebagai LCGC city car yang mampu mengakomodasi 5 penumpang secara nyaman dan aman telah menyediakan tiga sandaran kepala pada kursi baris kedua. Apalagi jarak sumbu roda dan dimensi yang lebih panjang dari sebelumnya berhasil membuat penumpang di belakangnya merasa lebih lega.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ruang bagasi yang berkapasitas lebih besar 84 liter dari Brio lama ini juga tentunya sangat bermanfaat. Belum lagi bukaan bagasinya menjadi 15% lebih besar sehingga memberikan akses keluar masuk yang lebih fleksibel.

3.Beberapa Fitur Lainnya

Beberapa fitur lainnya menjadi perbandingan Honda Brio lama dan baru berikutnya. Honda membekali sejumlah mobil Brio terbaru dengan fitur baru pada bagian dalam kabin. Versi termahalnya telah dibenamkan head unit touch screen sebesar 6,1 inci yang dapat dikoneksikan dengan ponsel.

Sedangkan untuk konektivitas USB dan Bluetooth serta Aux tetap tersedia. Menariknya, sistem multimedia entry-level Honda ini sudah kompatibel dengan iPod dan dapat memutar file musik Spotify. Tombol audio di lingkar kemudi hadir untuk memudahkan pengemudinya saat mengoperasikan audio tanpa melepas setir.

Untuk masuk-keluar kabin dan menghidupkan atau memadamkan mesin, Brio baru masih mengandalkan kunci kontak. Karenanya sebagai perbandingan Honda Brio lama dan baru, bagian kunci mobilnya tidak banyak berubah. Meski demikian, kunci Honda Brio baru sudah dilengkapi immobilizer dan alarm system.

Sebagai fitur keselamatannya, Brio baru telah dibekali struktur rangka solid G-CON dan ACE dan telah lulus uji Crash Test. Nah yang menjadi poin pentingnya, untuk pertama kalinya, Brio dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System) dengan EBD (Electronic Brake Force Distribution) hingga ke tipe termurahnya.

Sementara untuk fitur AC sendiri, Honda mengklaim AC pada Brio baru akan lebih cepat mendinginkan ruangan karena kinerjanya telah ditingkatkan. Selain itu komponen AC juga diklaim lebih ringan sehingga berkontribusi mengurangi bobot total dari kendaraan.

4.Performa Dapur Pacu

Honda Brio lama dan baru

 

Perbandingan Honda Brio lama dan baru untuk urusan performanya bisa dibilang tidak mengalami perubahan yang berarti. Mobil Honda Brio baru masih menggendong mesin lama 4 silinder i-VTEC 1,2 L yang mampu memuntahkan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm.

Meski begitu Honda mengklaim melakukan beberapa perubahan agar dapat menyesuaikan dengan bobot barunya yang lebih gemuk 20 kg dibanding sebelumnya. Agar lebih efisien, pihak Honda juga melakukan revisi pada transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) Brio.

Sistem throttle dan kontrol hidrolis perpindahan giginya juga mendapat sentuhan perbaikan. Hasil pengujian mencatat mobil Honda Brio RS CVT mampu mencapai konsumsi BBM terbaik sekitar 20 kpl di tol atau luar kota.

5.Pengendaraan Dan Pengendalian

Unsur lainnya yang tak kalah penting adalah perbandingan Honda Brio lama dan baru pada bagian pengendaraan dan pengendalian. Honda mengklaim Honda Brio ini memiliki sistem kemudi yang lebih presisi dibanding versi lama. Berbagai up grade dilakukan seperti pengaturan baru pada sistem EPS, dan ukuran pegas.

Agar dapat mempertahankan pengendalian yang baik dan juga untuk kenyamanan penumpangnya, bobot yang bertambah pada Brio baru mengharuskan perubahan pada kinerja suspensinya. Hal itu dilakukan dengan mengatur ulang pada bagian suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam.

Keheningan kabin Honda Brio lama dan baru terbaru pun sedikit lebih baik berkat adanya tambahan sejumlah insulator di bagian atap, bagasi dan dashboard serta penebalan peredaman di beberapa bagian struktur rangkanya.

6.Tampilan Warna Baru

Honda Brio lama dan baru

Sebagai perbandingan Honda Brio lama dan baru, kini pihak Honda menghadirkan pilihan warna baru yaitu kuning menyala yang disebut Carnival Yellow. Selain itu sisanya merupakan warna lama. Sehingga total ada 7 warna Honda Brio yang dapat Anda jadikan pilihan.

Adapun pilihan warna tersebut adalah Taffeta White, Lunar Silver Metallic, odern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red, Carnival Yellow, dan Orange dual Tone – Phoenix Orange Pearl with Black Top Roof untuk kelas RS.

9. Harga Unit Honda Brio

Bila Anda tertarik untuk meminang mobil yang satu ini, berikut ini akan dipaparkan harga yang dibanderol untuk setiap varian Brio. Mulai dari varian Honda Brio S MT yang paling murah seharga Rp 146.000.000, Honda Brio E MT Rp 154.700.000, dan Honda Brio E CVT yang ditawarkan dengan harga Rp 170.100.000.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha Aerox 155 VVA Terbaru

Sementara untuk varian Honda Brio RS MT dan Honda Brio RS CVT ditawarkan mulai harga Rp 184.300.000 dan Rp 199.600.000. Dengan mengetahui perbandingan Honda Brio lama dan baru serta rentang harganya, kini Anda pun tak lagi perlu merasa bingung untuk menentukan pilihan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here