Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV dan Spesifikasinya

0
65
Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV dan Spesifikasinya
Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV dan Spesifikasinya

Mobil listrik Wuling Mini EV merupakan salah satu mobil listrik produksi SAIC-GM-Wuling. Mobil ini mulai dipasarkan di Cina pada tahun 2020. Menurut data, hingga September 2021 mobil listrik produksi Wuling telah terjual sebanyak 400.000 unit.

Baca juga: Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta Fungsinya

Di Indonesia, Mini EV diprediksi akan mulai dipasarkan pada tahun 2022 ini. Hal ini diketahui setelah Wuling mini EV telah terdaftar pada data NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Samsat PKB DKI Jakarta.

Sejarah Singkat Wuling Motors Berikut

SAIC General Motors Wuling Indonesia atau biasa dikenal dengan Wuling Motors adalah agen yang memegang merek Wuling. Pencapaian pabrik asal Tiongkok ini dapat dikatakan cukup baik, terkhusus dari segi penjualan di pasar domestik maupun ekspor.

Berbagai kendaraan hasil produk dari Wuling yang dijual di Indonesia juga ternyata cukup menarik minat dari masyarakat. Pada awal berdirinya di Indonesia, Wuling memulai pembangunan pabrik di atas lahan seluas sekitar 60 hektar. 

Pabrik Wuling dibangun pada Agustus 2015 dan mulai beroperasi pada bulan Juli 2017. Produsen otomotif ini mampu memproduksi hingga 120.000 unit kendaraan setiap tahunnya serta menciptakan sekitar 3000 lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia. 

Pada awal beroperasinya, Wuling Motors juga turut memperkenalkan mobil pertama mereka dari segmen low MPV yaitu seri Confero. Seri Confero merupakan mobil keluarga yang cukup menjadi idola di masyarakat Indonesia. 

Harga ditawarkan dari mobil Confero seri pertama juga cukup terjangkau dan menjadi suatu gebrakan tersendiri. Meski memiliki harga terjangkau, namun seri Confero telah dilengkapi sejumlah fitur cukup mumpuni. 

Harga dan Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Mini EV

Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV dan Spesifikasinya_Harga dan Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Mini EV
Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV dan Spesifikasinya_Harga dan Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Mini EV

Teknologi sekarang semakin modern turut membawa perubahan serius pada sektor otomotif. Salah satu perubahan tersebut adalah munculnya mobil listrik. Kendaraan berbasis listrik mulai banyak diciptakan oleh produsen ternama karena meningkatnya permintaan di pasar. 

Salah satu produsen mobil tersebut adalah Wuling. Pabrikan asal negeri tirai bambu yaitu Cina dapat dikatakan sukses dalam menghadirkan seri mobil listrik. Salah satu cukup populer keluaran dari pabrikan ini adalah mobil listrik Wuling mini EV. 

Mobil ini mendapatkan perhatian lebih di Indonesia saat Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan uji coba. Mini EV Memiliki dua varian yaitu reguler yang diberi nama wuling mini EV Macaron dan mini EV Cabrio.

Mengutip dari laman Autofun, berdasarkan data dari Asosiasi Mobil Penumpang Cina menuturkan bahwa kendaraan listrik ini berhasil mencatatkan total penjualan sangat tinggi. Total telah terjual sekitar 119.255 unit dalam kurun waktu 6 bulan setelah perilisannya. 

Karena kepopulerannya tersebut, tidak heran para ahli otomotif menganggap kendaraan listrik Wuling dapat menjadi saingan dari Tesla. Hal ini dikarenakan mobil Wuling menjadi kendaraan listrik paling laris nomor 2 di Cina setelah Tesla model 3. 

Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Mini EV

Mengenai spesifikasi, Mini EV diprediksi akan hadir dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan, membuat seri kendaraan listrik keluaran dari wuling mendapat perhatian dan minat dari konsumen. Berikut beberapa spesifikasi dari mobil listrik Wuling.

1. Desain Mobil

Berbicara mengenai desain, mini EV hadir dengan bentuk yang mini. Memiliki bobot sekitar 665 kg dengan dimensi panjang bodi yang hanya 2920 mm. Mini EV juga memiliki lebar 1493 mm dan tinggi 1621 mm. Roda berukuran 145/70R-12.

Kendaraan juga memiliki jarak terendah dari tanah sekitar 124 mm. Untuk jarak antar sumbu roda sekitar 1940 mm. Dilihat dari sisi desainnya, mobil listrik Wuling mini EV juga terlihat sangat sederhana. 

Karena bentuknya yang mini serta tidak banyak penambahan aksen, menjadikan penampilan kendaraan terlihat sangat sederhana. Pada seri Mini EV Macaron, di bagian depannya dirancang dengan grille khas. Varian Macaron juga merupakan model yang lebih premium dibandingkan versi standar.

2. Interior Mobil

Meski berukuran mini, seri ini justru mendapat penyempurnaan lebih baik dilihat dari sisi interiornya. Akses menuju kursi pada baris kedua diklaim menjadi jauh lebih mudah. Kendaraan ini juga dilengkapi bagasi sebesar 741 liter ketika bangku belakang dilipat.

Untuk bagian kursinya, mini EV dilengkapi dengan konfigurasi kursi 2+2 sehingga membuat kesan minimalis dari mini EV ini lebih terlihat. Meski minimalis, namun kepraktisannya tidak kalah jika dibandingkan dengan mobil perkotaan lainnya.

Bukan hanya itu saja, di bagian dalam dari mobil listrik Wuling ini juga telah disediakan 12 kompartemen. Kompartemen yang disediakan ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang-barang pribadi Anda.

3. Performa Mobil

Jika membahas seputar spesifikasi, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai performa dari kendaraan ini. Berdasarkan informasi yang didapat, diketahui bahwa kendaraan ini mengandalkan sistem kelistrikan.

Tenaga listrik yang dihasilkan mencapai 17 hp dan torsi 85 Nm. Mobil listrik Wuling mini EV Dapat menghasilkan kecepatan maksimal mencapai 100 km per jam. Jarak tempuh maksimal mini EV dapat mencapai 120 km hingga 170 km dalam sekali pengisian baterai. 

Pilihan baterai yang disediakan untuk seri kendaraan listrik ini berukuran 9 dan 14 kWh. Untuk pengisiannya dapat dilakukan di outlet daya dengan tegangan 240 volt. Untuk tipe wuling Hong Guang Mini EV, telah disematkan baterai Lithium Iron Phosphate berkapasitas 26 kWh.

4. Fitur dan Teknologi

Berbicara dari segi fitur yang ditawarkan, mobil listrik Wuling mini EV memiliki fitur standar dan berbagai fitur canggih serta menarik. Fitur standar yang ditawarkan berupa AC, Power Window serta sistem stereo. Mini Ev juga sudah bisa terhubung dengan smartphone.

Pada bagian lampu kendaraan ini dilengkapi teknologi berupa lampu LED yang terpasang pada lampu utama, sehingga pencahayaan yang dihasilkan menjadi lebih bagus. Untuk fitur keselamatannya, mini EV dapat dikatakan cukup lengkap. 

Fitur tersebut diantaranya adalah sistem rem ABS atau Antilock Braking System. Fitur canggih lain yang ditawarkan berupa peringatan pejalan kaki berkecepatan rendah. Selain itu dilengkapi juga sensor parkir pada bagian depan dan belakang mobil.

Tentu akan sangat berguna ketika Anda ingin memarkirkan kendaraan ini. Mini EV Juga telah dilengkapi dengan airbag, namun airbag ini hanya terdapat pada bagian pengemudi saja. Bahkan kendaraan ini juga telah dilengkapi dengan sistem pemantauan tekanan ban. 

Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV

Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV dan Spesifikasinya_Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV
Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV dan Spesifikasinya_Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV

Dengan berbagai fitur dan teknologi yang tersemat di dalam mobil listrik Wuling mini EV, harga yang ditawarkan cukup bervariatif. Di negara asalnya Cina, kendaraan ini dibanderol dengan harga mulai dari 37.600 yuan atau jika dikonversikan sekitar 83 juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui Wikipedia, harga mini EV varian standar mulai dari US$4.162 atau sekitar 59 juta rupiah. Sedangkan untuk varian tertinggi dibanderol dengan harga US$5.607 atau sekitar 80 juta rupiah.

Di Indonesia, berdasarkan NJKB yang telah diterbitkan oleh Samsat DKI Jakarta, mobil listrik Wuling mini EV varian standar dihargai 132 juta rupiah sedangkan untuk varian tertinggi dihargai 166 juta rupiah.

Harga di atas bukanlah merupakan harga on the road melainkan harga awal sebelum dijumlahkan dengan berbagai komponen pajak dan juga keuntungan dari pabrikan. Namun dengan adanya pajak karbon yang telah diberlakukan kemungkinan bisa menekan harga jual dari kendaraan ini. 

Untuk pilihan warna, mobil Wuling mini EV tersedia dalam 4 pilihan warna. Warna tersebut diantaranya putih, biru, merah muda dan emas. Dengan pilihan warna yang beragam dan cukup elegan, Anda dapat menentukan sendiri pilihan warna yang sesuai dengan keinginan.

Kehadiran Mobil Listrik Wuling Mini EV di Indonesia

Banyak saat ini masyarakat yang bertanya-tanya mengenai kehadiran mobil listrik Wuling mini EV di pasar otomotif Indonesia. Berdasarkan info yang Kami peroleh, kehadirannya sendiri di Indonesia saat ini masih belum dapat dipastikan. 

Namun diprediksi bahwa mini EV akan segera melengkapi koleksi dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang akan dihelat pada tanggal 11 Agustus 2022 mendatang. Hal ini juga diperkuat dengan sudah dibukanya pemesanan untuk mobil listrik.

Dengan berbagai fitur dan teknologi yang ditawarkan, kendaraan ini tentu sangat dinantikan kehadirannya di Indonesia. Terlebih gaya hidup masyarakat sekarang yang mulai menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan. 

Baca juga: Mobil Baru dengan Harga yang Murah Khusus untuk Pemula

Memiliki harga yang diprediksi lebih terjangkau, mobil ini tentu akan sangat bersaing dengan mobil keluaran dari produsen lain. Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai mobil listrik Wuling mini EV, Anda dapat memantau website resmi Wuling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here