Cara Menghilangkan Goresan Di Body Mobil Cepat dan Tepat

0
534

Mengalami baret atau Goresan di body mobil membuat pikiran dan rasa tidak enak. Goresan akan membuat body mobil menjadi tidak mulus dan kurang menarik dilihat. Nah, ada tips cara meghilangkan goresan di body yang perlu diketahui. Apalagi, kalau baret yang dialami tidak hanya satu tapi banyak dan menyebar.

Baca Juga : Keunggulan Dan Kekurangan Serta Penyakit Mobil Innova

Oleh karena itu, perlu segera ditangani, namun sering pemiliki mobil memilih untuk membiarkan goresan itu, mengingat biaya untuk perbaikan tentu banyak. Goresan Di Body Mobil yang sering dialami dapat terjadi kapan saja. Seperti ketika akan parkir, ranting pohon, cakaran kucing atau ayam, dan bisa juga karena anak-anak.

Macam – Macam Goresan atau Baret Agar Mudah Dalam Cara Menghilangkan Goresan Di Body Mobil

Cara menghilangkan goresan pada body mobil

Mobil yang dimiliki bisa mengalami baret pada saat dipakai sendiri maupun dipinjam oleh orang lain. Ketika memakai sudah dengan hati-hati tetapi tetap saja bisa mengalami kejadian body mobil tergores. Berikut ini beberapa macam baret,  maka akan mudah cara menghilangkan goresan di body mobil :

  1. Goresan Dalam

Apabila goresan pada body mobil ternyata dalam berarti sudah merusak susunan cat pada mobil yang bisa dilihat dengan jelas. Baret ini biasanya termasuk jenis yang terjadi akibat kecelakaan berat maupun menyerempet kendaraan lain. Hal itu membuat lapisan dasar mobil termasuk logam pada bagian mobil menjadi rusak.

  1. Goresan Ringan

Goresan Di Body Mobil ini tidak terlalu merusak susunan cat di body mobil, namun tetap terlihat jelas. Sehingga, membuat tampilan mobil terlihat kurang bagus. Baret bisa terjadi akibat terkena pohon maupun ranting. Untuk mengatasi dapat dilakukan sendiri dengan cara menghilangkan goresan di body mobil dengan mudah dan cepat.

  1. Goresan Halus

Jika mengalami goresan macam ini maka, cat pada body mobil tidak terlalu rusak karena baret sangat halus bahkan nyaris tidak terlihat. Jenis Goresan Di Body Mobil ini dapat terjadi akibat benda tajam atau kuku yang tidak sengaja. Goresan bisa diperbaiki dengan gampang dan cepat tanpa pergi ke bengkel.

Cara Memilih Penghilang Baret atau Goresan di Body Mobil

cara meghilangkan goresan di body

Body mobil yang terkena baret atau goresan membuat penampilan mobil menjadi buruk. Namun, ada beragam kendala ketika akan memperbaiki, misalkan urusan biaya yang belum ada. oleh karena itu, sekarang ini banyak produk di pasaran yang bisa jadi rujukan. Berikut cara memilih penghilang baret body mobil :

Memilih Berdasarkan Tingakat Baret/Goresan

  • Menyamarkan Goresan Halus Pakai Tipe Wax

Baret yang terjadi bisa karena pemolesan yang kurang bagus, maka dapat digunakan penghilang baret tipe wax. Pada tipe wax terbagi menjadi dua,yaitu padat dan cair disertai perbedaan kandungan zat abrasif.

Cara menghilangkan goresan pada body mobil menggunakan wax cair bisa dilakukan. Mempunyai kandungan zat abrasif yang mampu menyamarkan goresan halus bahkan hilang. Namun, dalam pemakaian harus berhati-hati dan tidak boleh digosok terlalu kuat dan berlebihan, sebab akan menambah baret.

Wax padat bekerja melalui cara mengisi baretan memakai zat serupa atau silikon. Goresan akan tetap terlihat kembali seiring wax padat hilang sebab pada wax padat hanya bekerja untuk menutupi saja bukan menghilangkan. Wax padat tidak mengandung zat abrasif, sehingga aman dan tidak akan menggores mobil

  • Menghilangkan Goresan Dangkal Memakai Tipe Compound

Cara menghilangkan goresan pada body mobil untuk baret dangkal dengan menggunakan penghilang tipe compound. Zat abrasif sebagai kandungan yang dimiliki dapat menghilangkan goresan kecil. Tipe compound ada yang cair, pasta, krim, dan lainnya dengan ukuran partikel ada yang kasar sampai sangat halus.

  • Menutupi Goresan Lebar dan dalam Memakai Tipe Spray

Trik hilangkan goresan pada body mobil dengan menggunakan tipe spray apabila baret atau goresan dalam dan lebih. Memakai tipe spray karena tipe-tipe lain tidak bisa mengatasi. Tipe ini juga efektif untuk menyamarkan baretan karena gesekan dengan benda padat.

  • Menghilangkan Cat yang Terkelupas Menggunakan Tipe Touch Pen

Memakai tipe touch pen untuk mengatasi masalah cat yang mengelupas. Cara menggunakan dengan persiapkan terlebih dulu membersihkan mobil, seperti pembersihan karat, membersihkan silikon, dan lainnya. Usahakan untuk penggunaan tipe ini dengan benar agar hasil memuaskan.

Memilih Penghilang Goresan Dengan Cara Pengerjaan yang Mudah

cara meghilangkan goresan di body

Cara menghilangkan goresan pada body mobil bisa dilakukan dengan memakai produk penghilang baret atau goresan yang mudah pengerjaannya. Dengan memilih produk penghilang goresan yang mudah dan praktis tentu akan memudahkan pekerjaan.

Memilih Penghilang Dengan Fungsi Tambahan

Ketika akan memilih penghilang goresan maka pilihlah yang mempunyai fungsi tidak hanya untuk penghilang goresan saja. Namun, mempunyai fungsi lain seperti mampu membersihkan kerak, sehingga mobil akan menjadi lebih terlihat menarik dan bagus.

Pilihlah Penghilang yang Dilengkapi Kain atau Spons Poles

Mengatasi goresan pada mobil dengan cara menghilangkan goresan pada body mobil menggunakan penghilang. Maka, pilihlah yang didukung dengan peralatan atau benda lain yang dapat digunakan ketika bekerja. Pada saat tahap akhir memoles tentu membutuhkan kain poles yang halus.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Body Mobil Dengan Gampang dan Cepat

Ada perasaan khawatir ketika terjadi sesuatu pada mobil termasuk Goresan Di Body Mobil yang diakibatkan oleh beragam hal. Dengan begitu sudah dapat dipastikan akan mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit. Berikut langkah yang bisa dilakukan ketika body mobil tergores :

Menghilangkan Goresan Menggunakan Air

Goresan berupa gumpalan tanah kering dan keras akan mudah dibersihkan menggunakan air. Cara menghilangkan goresan pada body mobil karena tanah keras menempel dengan menggunakan kanebo basah. Bisa juga dengan kain basah yang memiliki tekstur halus dan lembut, lalu dilapkan  dengan pelan.

Hilangkan Goresan Dengan Memakai Kompon

Goresan Di Body Mobil atau baret dapat diatasi dengan cara memoles menggunakan kompon. Cara yang dilakukan dengan memakai kompon sangatlah mudah, hanya memerlukan beberapa peralatan seperti kain bertekstur halus dan lembut serta kompon poles. Pergunakan kompon poles secukupnya saja.

Pasta Gigi Sebagai Penghilang Goresan

Cara menghilangkan goresan pada body mobil dapat dilakukan dengan menggunakan pasta gigi. Menghilangkan goresan dengan pasta gigi harus memakai kain yang halus dan lembut. Kain basah diberi pasta gigi lalu oleskan secara melingkar supaya merata pada bagian body mobil yang tergores.

Obat Nyamuk Cair Sebagai Penghilag Goresan di Body Mobil

Menggunakan obat nyamuk cair untuk menghilangkan goresan pada body mobil cukup ampuh. Cara yang dilakukan menuangkan obat nyamuk cair ke kanebo kering kemudian oleskan ke bagian body mobil yang tergores. Lakukan mengoles dengan melingkar dan merata lalu tunggu 10 sampai 20 detik lalu bilas dengan air.

Menghilangkan Baret/goresan Memakai Scratch Remover

Cara menghilangkan goresan pada body mobil dengan menggunakan scratch remover, yaitu cairan ajaib yang bisa diperoleh di toko aksesoris mobil. Memakai cairan ini membutuhkan 5 kali pemolesan agar memaksimalkan goresan hilang .

Baca Juga : Cara Merawat Cat Mobil Yang Benar Agar Tetap Menawan

Mobil yang dimiliki mengalami kejadian yang tak terduga berupa goresan yang diakibatkan oleh berbagai hal. Dengan kejadian mobil tergores tentu khawatir dan pasti mengeluarkan biaya besar. Nah, cara menghilangkan goresan pada body mobil bisa dilakukan menggunakan penghilang dengan cara mudah, seperti di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here