FWD vs RWD, Penggerak Mana Yang Cocok Dengan Anda?

0
150
FWD vs RWD, Penggerak Mana yang Cocok dengan Anda?
FWD vs RWD, Penggerak Mana yang Cocok dengan Anda?

Membahas soal apa yang ada di dalam mobil, maka FWD vs RWD akan menjadi topik diskusi yang wajib ada. FWD dan RWD merupakan istilah untuk penggerak mobil, entah itu di depan atau penggerak belakang. Jadi, mana yang paling baik dan bagaimana soal masalahnya?

Baca Juga: Motor Terbaru 2022 dengan Tampilan Keren dan Fitur Canggih

Mobil bisa bergerak karena ada penggeraknya, dan penggerak ini juga terdiri dari berbagai model. Penggerak yang berbeda antara satu sama lain ini juga memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Sering kali orang juga menjadi penggemar salah satu penggerak mobil.

Dalam memilih penggerak ini juga perlu disesuaikan lagi dengan bagaimana mobil ingin dijalankan. Bisa untuk jalanan perkotaan, atau jalanan menanjak. Selain itu, tidak semua mobil menggunakan jenis penggerak depan, belakang, maupun penggerak semua roda.

Baik penggerak roda depan dan roda belakang ini memiliki beberapa masalah umum. Baik saat handling juga keduanya memiliki masalah oversteer ataupun understeer. Jadi, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan apa saja masalah per pergerak tersebut?

Penjelasan FWD vs RWD Pada Jenis Mobil Tertentu

Membahas soal sistem penggerak, maka yang paling umum ditemui di jalanan Indonesia adalah penggerak roda depan dan penggerak roda belakang. karena pajak untuk kendaraan penggerak semua roda masih sangat tinggi sehingga jarang ada yang memasukkannya.

Membahas soal FWD, maka ini adalah singkatan untuk kendaraan Front Wheel Drive yang yang berarti penggerak roda depan. Semua energi dan tenaga dari mesin akan disalurkan ke dua roda di depan untuk kemudian bisa menghasilkan putaran dan mobil bisa berjalan.

Respons mesin di penggerak roda depan ini dinilai juga lebih responsif karena jarak mesin ke penggerak lebih dekat. Jadi singkatnya, ketika berbicara soal penggerak roda depan, tinggal membayangkan mesin dan penggerak roda itu ada di sisi yang sama, yaitu di depan.

Membahas soal FWD vs RWD juga, keduanya memiliki kelemahan masing-masing. Kalau RWD itu sendiri merupakan singkatan dari kata Rear Wheel Drive. Tenaga yang dihasilkan mesin akan disalurkan ke penggerak yang berada di belakang dengan sistem differensial.

Dengan penggerak roda belakang, berarti power mobil nantinya disalurkan dari bagian belakang. Sebagai ilustrasi saja, ini seperti ada orang yang mendorong mobil dari belakang. Jika mobil FWD, itu seperti orang yang mendorong mobil di sisi samping depan.

FWD vs RWD soal Masalah yang Umum Mobil

FWD vs RWD soal Masalah yang Umum Mobil
FWD vs RWD soal Masalah yang Umum Mobil

Setelah mengetahui cara kerja penggerak depan maupun belakang, Anda juga perlu tahu masalah yang umum dihadapi oleh penggerak seperti itu. Masalah pertama yang umum terjadi pada mobil penggerak belakang adalah ketika berkendara di kondisi hujan.

Banyak yang meyakini bahwa berkendara di kondisi jalanan licin setelah hujan, mobil menjadi sulit dikendalikan. Transmisi yang akan menyalurkan energi itu memiliki jarak sehingga tenaga ketika momentum tidak tepat, mobil bisa saja mengalami kesulitan untuk pindah gigi.

Selain itu, soal biaya ketika terjadinya kerusakan, RWD akan memakan harga yang lebih tinggi. Simpelnya karena ada tunnel yang memisahkan mesin dan penggerak sehingga ketika nanti ada bagian yang rusak, bagian teknis perlu diperbaiki lagi dengan lebih kompleks.

ketika ada masalah juga ada kaitannya dengan mobil penggerak depan yang FWD vs RWD lebih sulit untuk akselerasi. Beban mesin dan beban penggerak yang ada di depan ini akan membuat distribusi berat yang tidak pas sehingga ada jeda untuk mobil bergerak.

Selain itu, handling menjadi masalah utama juga dimana karena hanya membutuhkan roda di depan untuk bergerak, melakukan U-Turn atau menikung itu cenderung tidak responsif. Sehingga kadang sulit untuk yang sudah biasa dengan mobil RWD berpindah ke FWD.

FWD vs RWD Sesuai dengan Fungsinya

Selanjutnya adalah pembahasan mengenai fungsinya di jalanan. Langsung saja bandingkan kedua model penggerak ini dengan kasus tertentu pastinya akan lebih masuk akal. Jadi, apa saja kelebihan dan kekurangan FWD tergantung kasus berkendara pada umumnya?

  • Efisiensi Bahan Bakar

Tidak bisa kita pungkiri bahwa masih sering untuk melihat kualitas mesin dan mobil dari efisiensi bahan bakarnya. Tetapi Anda juga perlu tahu bahwa soal konsumsi bahan bakar ada kaitannya dengan penggerak. Kira-kira, penggerak mana lebih efisien?

Mobil FWD cenderung memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih rendah. Lagi-lagi ini ada kaitannya dengan jarak penggerak dan mesin. Ini bisa dibuktikan dengan mobil LCGC atau mobil Eco lainnya selalu menggunakan tipe penggerak depan.

  • Akselerasi

Kalau membandingkan FWD vs RWD dalam kasus akselerasi, ini adalah mutlak untuk kemenangan RWD, dengan catatan kapasitas mesin yang sama. Mobil RWD memang dikenal tangguh soal tenaga sehingga akselerasinya juga lebih cepat dari FWD.

Coba Anda bayangkan saja, mobil dalam kondisi mati akan lebih gampang bergerak mana, jika didorong dari belakang atau dari samping? Pasti jawabannya adalah dari belakang. Dan ini juga yang menjadi karakteristik dari mobil penggerak belakang.

  • Melawan Tanjakan

Pembahasan hampir sama dengan akselerasi, mobil dengan penggerak roda belakang sudah dikenal lebih tangguh untuk melawan jalanan yang tidak rata atau tanjakan. Dan ini juga yang sering kali menjadi alasan utama orang pilih mobil RWD.

Mobil FWD dikenal sebagai mobil yang menjaga efisiensi sehingga untuk torsinya sendiri sering diabaikan. Jadi, ketika dihadapi dengan jalanan tanjakan seperti ke dataran tinggi, sangat disarankan untuk tidak dengan mobil FWD agar aman.

  • Keamanan

Fitur safety FWD vs RWD disini adalah soal pengereman dan distribusi berat. Soal pengereman, FWD dikenal lebih cepat, apalagi RWD yang kita tahu, sulit dikendalikan saat kondisi sedang hujan atau semacamnya. Apalagi ketika harus di rem.

Sedangkan soal distribusi berat, mobil RWD lebih stabil karena tidak bertumpuk di depan seperti mobil FWD. Distribusi berat ini cukup penting, terutama ketika mobil tergelincir. Jika bertumpuk di depan, bagian belakang berpotensi untuk oleng.

  • Handling

Soal Handling juga keduanya memiliki masalah. FWD dengan masalah understeernya, dan RWD dengan masalah oversteernya, ini menjadi masalah keduanya. Sehingga ini membuat seseorang sulit untuk berpindah dari salah satu penggerak ke yang lain.

Tetapi secara keseluruhan, handling dari RWD lebih bagus. Hal ini dapat dibuktikan ketika berada di sirkuit dengan mobil FWD vs RWD, mobil RWD ketika oversteer bisa melakukan drifting, sedangkan jika understeer, akan sulit untuk mengendalikan.

  • Kapasitas

Kapasitas juga menjadi salah satu topik menarik ketika membahas penggerak ini. Mobil dengan penggerak roda depan memiliki kapasitas yang lebih besar, dan begitu juga sebaliknya. Pada FWD, semuanya bertumpuk di area mesin di depan saja.


Sedangkan jika RWD, untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda, mereka harus sediakan semacam tunner. Ini akan mengganggu kapasitas mobil juga. Bisa dilihat dari adanya semacam gundukan di mobil RWD di row ke 2 di bagian tengah mobil.

  • Ketahanan Ban

Ban juga menjadi topik pembicaraan umum ketika membahas soal FWD vs RWD. Jadi, ban yang ada pada mobil penggerak roda belakang, penggerak akan lebih santai dan tidak membuat burn out. Ini akan membuat ban bisa bertahan lebih lama lagi.

Jika kita melihat yang sebaliknya, mobil FWD pada saat akan melakukan akselerasi sedikit memaksa. Dan ini akan membuat roda berputar dulu hingga tergesek lebih cepat. Dan ini membuat umur ban lebih pendek jika bandingkan dengan RWD.

Jadi, FWD vs RWD, Mana yang Paling Baik?

Jadi, FWD vs RWD, Mana yang Paling Baik?
Jadi, FWD vs RWD, Mana yang Paling Baik?

Setelah melihat semua pembahasan dan perbandingan itu, mungkin Anda membutuhkan penyegaran balik bahwa harus memilih yang mana. Singkatnya, mobil FWD itu dirancang bukan untuk perjalanan yang ekstrem, lebih kepada perjalanan di dalam kota saja.

Bisa dilihat dengan mesin yang tidak begitu besar dan lebih mementingkan efisiensi, dan akselerasinya yang hanya sebatas penggunaan kota. Sedangkan untuk RWD, ini memang bisa digunakan untuk dalam kota saja, tetapi yang harus disadari adalah soal konsumsi BBM.

Tetapi mobil RWD bisa digunakan untuk perjalanan jauh seperti jalan menanjak, tanpa harus ada kekhawatiran. Jadi, jika Anda masih bingung untuk memilih yang mana, coba langsung saja test drive mobil yang penggeraknya berbeda, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Perkembangan Motor Terkini dari Awal Ditemukan Hingga Sekarang!

Memilih mobil memang tidak akan mudah karena perlu memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah penggerak, orang masih sulit untuk menentukan apakah akan menggunakan mobil FWD atau RWD. Tetapi secara keseluruhan FWD vs RWD ini tetap bisa digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here