Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia, Ini Faktanya!

0
516
Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia, ini Faktanya!
Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia, ini Faktanya!

Sebelum membahas lebih jauh, kami ingin mengajak Anda mengenal apa berbicara tentang mobil presiden Indonesia, sudah pasti bukan kendaraan dengan spesifikasi biasa saja. Kendaraan yang digunakan oleh orang nomor satu di Indonesia bukan hanya menjadi alat transportasi saja, melainkan juga simbol sejarah RI.

Baca Juga: Perawatan Mobil Matic Yang Keliru, Bikin Tidak Laku Jual!

Masih sangat teringat dengan jelas bagaimana Soekarno sebagai presiden pertama Indonesia memperjuangkan tanah air yang bebas dari penjajahan. Maka tidak heran jika seorang kepala negara akan mendapatkan fasilitas paling aman.

Mobil kepresidenan dilengkapi dengan teknologi termutakhir kelas wahid demi menjamin keamanan kepala negara. Apalagi kendaraan dinas sangat penting untuk menunjang kinerja sehari-hari seorang presiden.

Presiden tidak hanya duduk-duduk saja di istananya, melainkan harus melakukan banyak perjalanan dinas dengan waktu efektif tentunya. Maka dari itu, pemilihan kendaraan dinas juga tidak boleh asal-asalan.

Apalagi di era Presiden Joko Widodo yang memang mempunyai kebiasaan blusukan, maka transportasi dinas yang digunakan harus dipastikan selalu dalam kondisi prima dan punya berbagai fitur keselamatan.

Menarik untuk dibahas, kali ini kami ingin mengulas lengkap tentang mobil presiden Indonesia dari masa ke masa lengkap beserta informasi keistimewaannya. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak.

Mengenal Keistimewaan Mobil Presiden di

Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia, ini Faktanya!

saja sih keistimewaan mobil kepresidenan di berbagai negara? Sudah pasti berbeda dari mobil rakyat biasa ya, karena harus punya beberapa fitur ini:

1. Anti Peluru

Salah satu fitur wajib pada kendaraan kepresidenan yakni harus anti peluru. Bukan hanya bodinya saja, tapi juga bagian kacanya. Biasanya bodi kendaraan dibuat dari material baja yang kuat dan tahan terhadap tekanan peluru, termasuk dari tembakan senapan militer M60, M14, FAL-FN, M16 serta 357 Magnum.

2. Pemadam Kebakaran Otomatis

Keistimewaan lainnya, harus ada fitur pemadam kebakaran otomatis. Jika terjadi kebakaran pada mesin tidak akan mudah menyebar dan bisa segera dipadamkan. 

3. Kecepatan Maksimal

Saat ini presiden Jokowi menggunakan kendaraan dinas yang memiliki kecepatan maksimum mencapai 210 km per jam. Bahkan dalam kondisi ban kempes sekalipun masih dapat melaju di kecepatan 60 km per jam. 

4. Siaga Kondisi Darurat

Kendaraan harus dilengkapi dengan sistem siaga darurat, misalnya panic alarm system. Alarm bisa diaktifkan ketika dalam kondisi darurat atau mendapatkan ancaman. Ada juga sistem pengaturan udara, kamera dan jendela tahan panas untuk tetap menjamin keselamatan presiden dalam kondisi darurat. 

5. Tetap Bisa Jalan Meskipun Ban Bocor

Fitur ini juga penting, jika terjadi masalah ban bocor maka tetap bisa melaju dengan kecepatan optimal. Seperti yang digunakan oleh Presiden Jokowi saat ini, adanya teknologi run flat ban Michelin PAX 245-700 R470 membuatnya tetap bisa jalan meskipun kempes atau bocor.

6. Aman dan Harus Nyaman

Karena akan diduduki dan menemani perjalanan kepala negara maka bukan hanya dibuat aman saja, tapi juga memastikan kenyamanannya. Apalagi dengan mobilitas tinggi, tentu interior dan eksterior mobil bisa membuat presiden nyaman selama di jalan. 

Deretan Mobil Presiden Indonesia Sejak Era Soekarno

Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia, ini Faktanya!
Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia, ini Faktanya!

Jika berbincang tentang otomotif, rasanya kurang lengkap jika tidak menengok kendaraan andalan orang nomor satu di Indonesia. Sudah pasti memiliki spesifikasi yang tidak biasa. Nah, berikut deretan mobil presiden Indonesia dari masa ke masa:

1. Buick-8

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Buick-8 menjadi mobil kepresidenan pertama yang digunakan. Buick-8 sangat berjasa dalam menemani Ir. Soekarno mempertahankan kemerdekaan di tahun 1945 – 1949.

Uniknya, kendaraan buatan Amerika Serikat tersebut ditemukan berada di belakang kantor Departemen Perhubungan ketika masih pendudukan Jepang. Kemudian diminta untuk menjadi mobil presiden Indonesia pertama. 

2. Mercedes-Benz 500SEL Limousine

Soeharto sebagai presiden RI kedua menggunakan kendaraan dinas Mercedes-Benz 500SEL Limousine. Disebut-sebut memiliki spesifikasi keamanan setara dengan yang digunakan oleh Ratu Inggris Elizabeth II dan Presiden Amerika Bill Clinton.

Mercedes-Benz 500SEL Limousine berasal dari pabrikan Jerman dengan dibekali tipe mesin M117.963 serta memiliki 8 silinder. Kecepatan maksimum bisa mencapai 220 km per jam dan tentunya sudah dilengkapi dengan kaca anti peluru setebal 3 inch. 

3. Mercedes-Benz S600

Tahun 1995, Presiden Soeharto berganti menggunakan Mercedes-Benz S600. Tidak kalah dari sebelumnya, Mercedes-Benz S600 juga memiliki spesifikasi bodi serta kaca anti peluru. Mobil presiden Indonesia ini terus digunakan hingga era BJ. Habibie, Gus Dur, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono. 

4. Mercedes-Benz S600L S-Guard

Mercedes-Benz S600L S-Guard merupakan mobil keluaran 2008 yang digunakan oleh Presiden SBY pada masanya. Soal keamanan tidak perlu diragukan karena sudah dilengkapi dengan perlindungan B6/B7 berlisensi sehingga memberikan jaminan proteksi tinggi.

Disebut-sebut tidak hanya bisa menahan tembakan saja, tapi juga serpihan ledakan bom. Mercedes-Benz S600L S-Guard didukung dengan 12 silinder Biturbo sehingga bertenaga hingga 517 dk. 

5. Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

Nah, untuk Mercedes-Benz S600 Pullman Guard merupakan mobil dinas Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Keistimewaan mobil ini akan kami bahas lebih lanjut. 

Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia Era Jokowi

Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia, ini Faktanya!
Kecanggihan Mobil Presiden Indonesia, ini Faktanya!

Mercedes-Benz S600 Guard merupakan mobil kepresiden yang menggantikan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Banyak orang penasaran dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh kendaraan dinas Bapak Jokowi ini.

Mercedes-Benz S600 Guard diketahui memiliki standar keamanan tingkat tinggi dengan performa serta fitur berkualitas terbaik. Dengan mesin V12 bervolume 6000 cc, mobil ini bisa melesat dengan tenaga hingga 530 daya kuda serta 830 nm torsi mesin. 

Mesin V12 juga membuat mobil presiden Indonesia tersebut dapat melaju mulus di jalanan karena menggunakan transmisi otomatis 7G-Tronic. Kecepatan tempuhnya bisa mencapai 210 km per jam. 

Bagaimana dengan sistem keamanannya? Mercedes-Benz S600 Guard tentu sudah dilengkapi dengan anti peluru yang dapat menahan hantaman peluru kaliber 7,62 mm dan senjata mesin M60. Material kacanya berat dan tebal sehingga membutuhkan perangkat hidrolik khusus untuk membuka dan menutup kaca tersebut. 

Kecanggihan juga tampak dari fitur oksigennya dimana dalam kondisi darurat seperti saat berada di sekeliling gas berbahaya, Mercedes-Benz S600 Guard sudah menyediakan oksigen di dalam mobilnya. 

Keistimewaan lainnya, kendaraan bertipe sedang tersebut telah mengantongi sertifikat ban VR10. Itu artinya, ban sudah menggunakan teknologi Run Flat Tyre dengan keunggulan anti kempes serta masih dapat berjalan hingga 30 km. 

Di bagian bodi sisi kanan, kiri, atas maupun bawah sudah ditambahkan pelat khusus agar dapat menahan serangan ledakan. Hal ini menunjukkan bahwa Mercedes-Benz S600 Guard memang tidak main-main dalam menjamin keamanan orang nomor 1 di Indonesia.

Sementara apabila dilihat dari spesifikasi bantuan pengemudi, mobil presiden Indonesia tersebut telah didukung dengan beberapa fitur seperti BAS PLUS Brake, Night View Assist Plus (digunakan saat berkendara di kondisi gelap) dan Electronic Stability Program.

Mobil Kepresidenan RI vs Kepresidenan AS

 

Mobil Kepresidenan RI vs Kepresidenan AS
Mobil Kepresidenan RI vs Kepresidenan AS

Melihat kecanggihan mobil presiden Indonesia, pasti banyak yang penasaran bukan dengan bagaimana kalau mobil kepresidenan Amerika Serikat? Tidak sedikit memang yang membandingkan keduanya, mana lebih canggih?

Saat ini kendaraan akomodasi Joe Biden selaku presiden AS merupakan turunan dari pemimpin sebelumnya, Donald Trump. Mobil Cadillac One berlapis baja tersebut mendapatkan julukan The Beast, diklaim harganya mencapai Rp 21 miliar jika dirupiahkan. 

Dengan harga fantastis tersebut, memang mobil kepresidenan AS menjadi yang paling mahal dibandingkan milik pemimpin negara lain di dunia. Sudah pasti dilengkapi dengan sederet fitur canggih pada limosin tersebut. 

Bodinya menggunakan material baja dengan ketebalan hingga 20 cm pada setiap pintunya. Bagian kacanya juga sudah dilengkapi dengan anti peluru dari lapisan polikarbonat dengan ketebalan 5 inci. 

Cadillac One dibekali dengan mesin diesel 5.000 cc sehingga tidak mudah terbakar meskipun dalam situasi baku tembak atau peperangan. Sasis mobilnya memakai pelat baja kuat dimana dapat menahan serangan bom. 

Dengan beberapa spesifikasi tersebut, Cadillac One merupakan alat transportasi dengan sistem keamanan terbaik dan tingkat tinggi. Termasuk sudah ada fitur meriam untuk menembakkan gas air mata, telepon satelit, run flat tyre dan lainnya.

Bagian kabinnya juga telah dilengkapi dengan pelindung dari serangan kimia serta menggunakan busa khusus di bagian tangki bahan bakar guna meminimalisir resiko akibat tabrakan. Selain itu juga sudah ada fitur pemadam api, tangki oksigen, cadangan darah hingga shotguns. 

Tentu  sopir The Beast bukan dari orang sembarangan melainkan dari kalangan Secret Service dan sudah terlatih. Apalagi manuver menggunakan Cadillac One bukan hal yang mudah dilakukan oleh supir biasa. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Mobil Yang Terendam Banjir, Tetap Tenang Dan Atasi Dengan Ini!

Menarik sekali bukan pembahasan tentang mobil presiden Indonesia? Semoga dapat menambah wawasan pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here