Fakta Mobil Listrik Tesla, ini yang Bikin Harganya Selangit

0
999
Mobil Listrik Tesla - Harga Mobil Tesla

Membicarakan tentang mobil listrik Tesla, pasti yang muncul di bayangan kita adalah kendaraan mewah dengan harga fantastis. Dibalik kemewahannya, mobil yang diluncurkan oleh Tesla Inc tersebut dikenal ramah lingkungan dan sudah berjaya mengaspal di jalanan metropolitan. 

Menurut informasi, pertama kali didirikan oleh sekelompok insinyur bernama Marc Tarpenning dan Martin Eberhard. Tujuan mulia keduanya yakni ingin membuktikan bahwa manusia bisa berkendara tanpa harus menggunakan bahan bakar minyak. 

Mereka yakin bahwa dunia bisa menghentikan ketergantungannya pada penggunaan bahan bakar seperti yang masih digunakan hingga sekarang. Dengan beralih ke tenaga listrik maka bisa depan dengan nol emisi akan semakin baik. 

Baca Juga : Penasaran, Ini Dia Daftar Harga Jenis Dan Spesifikasi Tesla

Di bidang otomotif, Tesla memang identik dengan kendaraan listrik (EV). Bahkan sudah ada beberapa produknya yang laku keras di Indonesia. Mereka berhasil menguasai pasar otomotif dunia melalui lini andalannya seperti model E dan model S.

Apalagi pada tahun 2004, Elon Musk bergabung dengan perusahaan tersebut dan menjadi salah satu nama yang dikenal ikut dalam kesuksesan Tesla. Bahkan tidak sedikit yang menganggapnya sebagai pendiri Tesla.

Daripada penasaran, kali ini kami ingin mengulas lengkap tentang fakta-fakta menarik mobil listrik Tesla dibalik harganya yang selangit. Mau tahu? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Mobil Listrik Tesla yang Diklaim Ramah Lingkungan

Mobil Listrik Tesla - Harga Mobil Tesla

Mobil listrik Tesla menjadi salah satu bentuk kemajuan teknologi dalam upaya menjadi solusi berkelanjutan transportasi yang ramah lingkungan. Hal itu karena kendaraan dirancang tidak bergantung pada energi berbasis minyak bumi, melainkan tenaga listrik dari baterai.

Indonesia sendiri sudah memberikan regulasi atau perizinan bagi kendaraan dengan tenaga listrik. Maka tidak heran apabila banyak produk Tesla yang sudah mengaspal di jalanan metropolitan, terutama Jakarta.

Dibandingkan model konvensional tentunya electric vehicle mempunyai segudang keunggulan. Selain ramah lingkungan juga lebih irit penggunaan bahan bakar. Hanya dalam satu kali pengisian daya saja dapat menempuh jarak hingga ratusan kilometer.

Disebut lebih ramah lingkungan dan anti polusi karena tidak menggunakan campuran bahan bakar minyak bumi, oli, anti beku dan bahan-bahan lainnya sebagai sumber pencemaran di udara. Hal itu akan membuat electric vehicle  tidak mempunyai emisi gas buang atau rebusan minyak hasil kinerja mesin.

Selain itu, dalam pembuatannya tidak mengandung bahan peledak seperti gas atau minyak. Hal ini membuat mobil listrik lebih aman digunakan untuk berkendara. 

Apa Saja Kelebihan Mobil Listrik Tesla?

Mobil Listrik Tesla - Harga Mobil Tesla

Kecanggihan mobil listrik Tesla memang membuat merek ini menjadi idola banyak orang. Apa sih keunggulannya? Berikut beberapa daya tarik mobil yang berasal dari Amerika ini:

  1. Diklaim Tercepat di Dunia

Pada November 2017 lalu mendapatkan penghargaan sebagai mobil listrik tercepat di dunia karena memiliki percepatan 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 1,9 detik. Sementara untuk kecepatan puncaknya mencapai 400 km/jam yang dapat mencapai jarak tempuh 965 km dengan satu kali pengisian daya saja. 

  1. Mobil Paling Aman

Khususnya untuk seri model S Sedan, diklaim menjadi yang paling aman. Predikat tersebut didapatkan karena model S berhasil lulus semua kategori tes sehingga memperoleh bintang lima dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). 

Hasil pengujian tersebut juga menunjukkan peluang kecelakaannya cukup rendah, lalu menyusul Model X di ranking ke dua. Sementara untuk Model 3 juga memegang rekor paling aman dan memiliki performa baik pada seluruh uji tabrakan. 

  1. Mampu menyaring udara

Tidak hanya memiliki performa mumpuni, tapi juga telah dilengkapi dengan sistem penyaringan kualitas udara berstandar HEPA. Sistem tersebut mampu menangkal polusi dan kumat serta membersihkan udara di dalam kendaraan secara berkala.  

  1. Memiliki Spesifikasi Unik

Hal lainnya yang membuat Tesla dieluh-eluhkan yakni karena memiliki spesifikasi unik. Salah satunya kemampuan motor listrik di dalam kendaraan mampu mengisi ulang baterai. Selain itu juga dihadirkan tanpa katup, kopling, transmisi penggerak roda serta komponen lain yang umum ada di mobil konvensional. 

  1. Perawatan Mudah

Tahukah Anda, ternyata mobil mewah ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Jika biasanya pada kendaraan konvensional harus rutin melakukan pergantian seperti busi, oli, sabuk kipas dan lainnya, sementara mobil Tesla tidak. 

Pemilik hanya perlu membawa mobil listrik Tesla untuk service secara rutin sesuai jadwal. Service biasanya dibutuhkan untuk mengecek kondisi kendaraan serta mengganti baterai atau cairan pendingin. 

Fakta Mobil Tesla yang Belum Banyak Diketahui

Mobil Listrik Tesla - Harga Mobil Tesla

Dibalik kesuksesannya di industri otomotif, ternyata masih banyak yang belum tahu tentang fakta mobil Tesla. Beberapa di antaranya mengenai hal berikut ini:

  • Bukan didirikan oleh Elon Musk

Banyak yang menganggap bahwa Elon Musk merupakan sang penggagas karya-karya Tesla. Namun sebenarnya Elon baru bergabung di perusahaan tersebut pada tahun 2004 sebagai pimpinan dan menjadi CEO.

Perusahaan tersebut telah berdiri sejak 2003 oleh Eric Eberhard dan Marc Tarpenning. Keduanya sangat berambisi untuk mewujudkan kendaraan tanpa bahan bakar minyak. Sedangkan nama Tesla merupakan bentuk penghormatan kepada sosok penemunya, Nikola Tesla.

  • Sistem infotainment terbesar

Pada kebanyakan mobil mewah dan modern pasti telah mengusung fitur konektivitas agar dapat terintegrasi dengan smartphone, pengisian daya nirkabel, kartu SIM khusus dan lain sebagainya. Namun bagaimana dengan sistem infotainment?

Pada Model S Sedan sudah dilengkapi dengan fitur tersebut melalui panel layar sentuh berukuran 17 inci. Panel tersebut berfungsi sebagai fitur kendali tunggal untuk kemudi, musik, navigasi dan kebutuhan lainnya. 

  • Punya mode khusus anjing

Beberapa waktu lalu Tesla memperkenalkan mode anjing sebagai fitur terbarunya. Dengan fitur tersebut maka suhu pada kabin dapat diatur agar anjing merasa nyaman saat berada di dalamnya dan meskipun sedang ditinggal sesaat. 

Dengan fitur tersebut juga dapat menyesuaikan suhu pada mode pendingin dan penghangat. Bahkan pada layar infotainment menampilkan informasi kepada orang yang lewat bahwa keselamatan hewan peliharaan sudah terjamin.

  • Model S pernah kalahkan Porsche 911

Penggemar mobil listrik Tesla pasti tahu bahwa Model S pernah mengalahkan Porsche 911. Keduanya pernah ditarungkan dalam hal kecepatan dan ternyata Tesla mampu unggul dengan waktu kurang dari 2,3 detik. Di masa depan kemungkinan besar mampu diadu dengan supercar lainnya seperti Ferrari, Lamborghini hingga McLaren.

Deretan Mobil Listrik Tesla dan Harganya

Mobil Listrik Tesla - Harga Mobil Tesla

Sebenarnya perusahaan otomotif ini telah meluncurkan beberapa seri, tapi hanya tiga model saja yang paling populer di Indonesia. Diantaranya model 3, model S dan model Y. Berikut penjelasan dan informasi harganya:

Model 3

Ada tiga varian model ini yang dihadirkan di Indonesia yaitu Performance, Long Range dan Standard Range Plus. Spesifikasinya sudah pasti canggih karena telah dilengkapi dengan mode auto pilot lengkap dengan layar LCD 15 inci di console dashboard untuk mengatur berbagai fiturnya.

Harga mobil listrik Tesla Model 3 diperkirakan mulai dari 1,5 miliar. Bahkan harga baterainya saja mencapai 189 juta rupiah.

Model S

Pertama kali dikenalkan tahun 2009 dan dipasarkan di Indonesia tahun 2012. Model S dikenal punya kecepatan tinggi karena dapat melesat dari nol km/jam ke 100 km/jam hanya dalam waktu 2,28 detik. Harganya dibandrol di angka mulai dari 2 miliar rupiah.

Model S yang dikembangkan setelah tahun 2016 telah memiliki fitur pengemudi canggih untuk mengoperasikan kendaraan tanpa beban dan pengemudi atau disebut dengan autopilot. Kendati demikian, pengendara yang menggunakan fitur tersebut tetap harus siaga dan berhati-hati. 

Kecanggihan lainnya, dengan fitur autopilot tersebut memungkinkan mobil yang diparkir dapat menemukan sendiri penggunaannya tanpa ada pengemudi dibalik kursi. Selain itu juga ada mode sentry untuk merekam dan merasakan aktivitas mencurigakan di sekitar mobil. 

Model Y

Bisa dibilang ini merupakan model dengan harga terjangkau yang ditawarkan oleh pabrikan asal Amerika Serikat tersebut. Namun untuk fiturnya juga tetap canggih seperti adanya supercharging hingga akselerasi dari 0 km/jam menjadi 100 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik. 

Untuk Model Y yang dipasarkan di Indonesia dibanderol seharga Rp 600 jutaan. Didukung dengan mesin Hyper Hybrid serta motor elektrik. Model Y dapat dikatakan juga menurunkan kapasitas baterai.

Baca Juga : Mengenal Merek Mobil Termahal Dunia Pilihan Miliarder

Melihat dari review di atas mungkin tidak sedikit yang tertarik untuk membeli kendaraan bertenaga listrik buatan pabrikan ternama tersebut. Sejauh ini mobil listrik Tesla memang masih menjadi idola karena bukan hanya memiliki tampilan mewah, tapi juga ramah lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here