Kamu Perlu Tahu! Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Mobil Matic, Cegah Agar Tetap Memberikan Rasa Nyaman Saat Berkendara!

0
1137
thumb mobil matic - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Mobil matic menjadi salah satu jenis mobil yang banyak digemari saat ni. Alasannya adalah, memiliki transmisi otomatis yang akan memudahkan pengguna dalam mengemudikan kendaraan. Bagaimana jika rusak? Kamu bisa mengenali ciri dan gejala kerusakan mobil matic dari beberapa masalah yang timbul.

Baca Juga : Pengemudi Wajib Tahu! Tips Menghindari Blind Spot Saat Berkendara

Semua mobil baik matic maupun transmisi manual, bisa saja muncul kerusakan selama penggunaan. Meskipun pada mobil matic telah dilengkapi dengan fitur canggih yang akan memberikan rasa nyaman, namun bisa juga muncul kendala pada saat digunakan.

Mengenali Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Mobil Matic

Ketika mobil telah memberikan sinyal adanya sebuah kerusakan, sebagai pemilik harus segera menangani kendala tersebut. Performa mobil bisa saja menjadi tidak maksimal akibat adanya kerusakan yang tidak ditangani dengan baik. Beberapa gejala yang bisa diamati jika terjadi kerusakan adalah.

Timbul Sentakan yang Kasar Ketika Perpindahan Gigi

timbul sentakan - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Masalah yang paling awal terjadinya kerusakan pada mobil matic adalah, jika pada saat memindahkan gigi atau menginjak gas dalam-dalam akan merasakan sentakan kasar. Hal tersebut terjadi ketika mobil sedang melaju dan mendadak terasa sentakan yang lebih kasar dari biasanya.

Namun apabila sentakan tersebut terasa kasar akan tetapi perpindahan tuas masih terasa mulus, maka mobil bisa dipastikan dalam kondisi yang baik. Apabila sentakan yang dirasakan menjadi sangat kasar, seolah-olah ada yang mendorong mobil, maka Kamu harus lebih cemas.

Kamu harus segera membawa mobil matic ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut akan kondisi mobil tersebut. Meskipun sentakan belum begitu kasar, namun Kamu harus lebih waspada dan tidak menyepelekan masalah yang timbul. 

Sentakan yang keras tersebut memberikan sinyal ada yang tidak beres pada kondisi mesin mobil. Semakin keras senatakan yang dirasakan akan semakin besar pula kemungkinan terjadinya kerusakan. Hal ini akan mengganggu performa mobil menjadi tidak optimal lagi.

Muncul Getaran yang Tidak Wajar Pada Mobil

getaran tak wajar - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Cobalah Kamu ingat-ingat ketika berkendara dalam kondisi mobil yang masih dalam kondisi prima. Apabila Kamu peka, maka akan bisa langsung menyadari ketika ada gejala muncul seperti getaran yang tidak tidak wajar pada mobil. 

Getaran pada kendaraan sebenarnya adalah sesuatu yang normal. Hal ini terjadi karena mesin mobil berada dalam kondisi aktif bekerja. Apabila getaran tersebut sampai dapat menimbulkan efek seperti merinding, maka tandanya mobil harus segera dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Dalam kondisi normal, getaran ini tidak akan terlalu mengganggu performa mobil. Namun ketika getaran menjadi suatu hal yang mengganggu, bisa saja terdapat masalah pada sistem transmisi mobil matic yang digunakan. 

Getaran yang tidak wajar ini dapat bersumber dari adanya gesekan pada kopling yang kondisinya sudah mulai aus. Jika hal ini terjadi segeralah untuk membawa mobil ke bengkel, dan jika perlu lakukan penggantian pada komponen yang mengalami kerusakan.

Sulit Untuk Memindahkan Tuas

tuas sulit - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Pada suatu ketika, Kamu akan mendapati kondisi dimana mobil matic tidak mampu untuk melakukan perpindahan gigi dengan baik. Penyebab dari kegagalan perpindahan gigi ini adalah munculnya kendala pada bagian switch system transmisi otomatis tersebut.

Kendala yang terjadi akan membuat posisi tuas gigi menjadi seakan tersangkut sehingga lebih sulit ketika akan dipindahkan. Akibatnya adalah bisa saja mobil tidak dapat dipindahkan dari mode parking dan menjadi sulit digunakan.

Kegagalan pemindahan gigi ini bisa terjadi beberapa kali. Apabila pada kejadian pertama Kamu bisa langsung menangkap sinyal kerusakan, maka mobil bisa diselamatkan lebih awal. Namun jika hal ini dibiarkan saja, maka kerusakan yang terjadi pada mobil akan semakin parah.

Ketika Kamu menemukan kendala ini, lebih baik segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Petugas akan menganalisa apakah transmisi kendaraan tersebut harus dilakukan overhaul atau tidak.

Namun sebelumnya, bisa juga dilakukan pengecekan pada switch rem terlebih dahulu. Injaklah pedal rem sedikit saja, dan biarkan switch rem tidak tertekan. Kemudian lakukan penyetelan pada jarak switch rem ke pedal dengan menggunakan kunci pas 12 mm dan atur jarak sekitar 1 cm.

Setelah prosedur tersebut selesai dilakukan, periksalah sekring yang ada dalam fuse box yang terletak di ruang mesin. Lihatlah apakah sekring putus atau tidak. Apabila putus maka segera ganti dengan sekring baru yang memiliki ukuran sesuai dengan rekomendasi.

Gigi Tidak Mengikuti Perpindahan Tuas

gigi tak ikut - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Selama mengendarai mobil matic, apakah Kamu pernah mengalami keadaan dimana ketika memindahkan tuas namun gigi tidak juga ikut berpindah? Apabila pernah mengalami, artinya gigi mengalami sejumlah masalah.

Langkah pertama adalah periksalah gearbox mobil matic. Cobalah untuk memeriksa secara teliti adanya kemungkinan kabel yang mengelupas atau justru putus. Secara umum, jika kabel gearbox ini mengalami kendala, maka pada lengan gearbox tidak akan ikut berpindah.

Kondisi tersebutlah yang menyebabkan gigi gagal dipindahkan mengikuti tuas. Hal ini tentu menjadi masalah yang serius ketika sedang berkendara dan tiba-tiba muncul gigi yang tidak dapat dipindahkan. Segera lakukan perbaikan agar performa mobil kembali prima.

Kesulitan Untuk Memundurkan Mobil

sulit mundur - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Keluhan ini menjadi salah satu ciri adanya kerusakan mobil matic yang cukup parah. Masalah yang akan muncul selanjutnya juga menjadi lebih kompleks dan lebih banyak. Karena ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic salah satunya adalah kesulitan untuk menggunakan gigi mundur.

Keluhan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, sebab akan sangat berpengaruh besar terhadap pengalaman berkendara terutama pada saat hendak parkir. Kesulitan dalam memundurkan mobil ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada sistem mekanik di transmisi otomatis.

Bagaimana cara mencegahnya? Tentunya dengan melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Jika kerusakan tersebut sudah terlanjur terjadi, maka lebih baik segera bawa mobil matic ke bengkel khusus mobil matic untuk segera dilakukan penanganan.

Tarikan Berat dan Tersendat

tarikan berat - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Pada umumnya mesin juga akan mengalami hentakan atau bergetar pada saat pedal gas diinjak dan pedal rem dilepaskan secara perlahan. Namun jika Kamu mendapatkan tarikan menjadi lebih berat maka kemungkinan terjadi 2 kerusakan pada mobil tersebut

  • Pada transmisi matic dengan jenis elektrik mungkin mengalami kerusakan pada bagian solenoid pressure atau pada TCM speed sensor.
  • Pada mobil matic dengan jenis transmisi otomatis konvensional, pada umumnya disebabkan oleh adanya kebocoran pada oli mesin. Bisa juga terjadi karena oli kotor dan lama tidak diganti. Akibatnya adalah tekanan tidak mampu memindahkan gigi pada putaran mesin.

Konsumsi Bahan Bakar Boros

bahan bkr boros - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Hal paling mudah untuk melihat apakah ada kendala atau masalah pada mobil matic adalah dilihat dari konsumsi BBM. Jika Kamu merasa bahan bakar yang dikeluarkan menjadi lebih boros dari biasanya, berarti ada yang tidak beres dengan mobil tersebut.

Borosnya BBM ini bisa saja disebabkan karena torsi mesin mobil tidak bisa disalurkan secara maksimal ke bagian roda. Akibatnya adalah putaran mesin menjadi lebih tinggi dan harus mengkonsumsi bahan bakar yang cukup banyak.

Lakukan pengecekan pada mesin mobil dan saluran bahan bakar untuk melihat apakah ada hambatan dalam pengoperasian torsi mesin. Jika ditemukan kendala, segera dilakukan perbaikan agar mesin dapat bekerja secara optimal.

Timbul Suara Aneh Ketika Memindahkan Transmisi

timbul suara aneh - ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic

Normalnya adalah pada saat memindahkan transmisi akan berjalan dengan mulus tanpa suara yang aneh. Namun jika mendapati adanya suara aneh pada saat perpindahan transmisi, bisa saja karena adanya kerusakan pada sistem transmisinya.

Contohnya adalah ketika memindahkan transmisi dari N ke D atau bisa juga dari P ke R, akan terdengar bunyi “krek” atau bunyi “trek”. Bisa juga muncul bunyi atau suara yang lainnya yang dalam kondisi normal tidak pernah terdengar sebelumnya.

Apabila hal tersebut ditemukan, sudah bisa dipastikan jika mobil matic Kamu mengalami kerusakan pada bagian transmisi otomatisnya. Segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan perbaikan atas kerusakan yang terjadi agar tidak semakin parah dan merembet pada komponen yang lainnya.

Baca Juga : Ketahui Cara Mencuci Mobil Dengan Baik dan Benar, Sehingga Mobil Kesayangan Anda Nyaman dipandang!

Mobil matic terkesan lebih praktis dibandingkan mobil yang bertransmisi manual. Namun Kamu harus bisa mengenali ciri dan gejala kerusakan pada mobil matic, contohnya adalah perpindahan transmisi yang berat, hingga borosnya bahan bakar. Hal yang utama yaitu segera lakukan pengecekan saat muncul gejala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here