Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti dan Tips Memilih yang Tepat

0
402
Ciri-ciri kaca film harus diganti adalah lapisan yang berubah warna, adanya goresan, hingga Anda merasakan sendiri kalau sudah ada perubahan dari kualitasnya.
Ciri-ciri kaca film harus diganti adalah lapisan yang berubah warna, adanya goresan, hingga Anda merasakan sendiri kalau sudah ada perubahan dari kualitasnya.

Kenali dulu ciri-ciri kaca film harus diganti agar terhindar dari risiko jika diabaikan. Ada juga tips yang perlu Anda tahu agar pemilihan kaca film sudah pas karena ada berbagai tipe yang dapat dipilih. Tetapi harus pastikan kalau yang kaca film pilihan tidak terlalu gelap.

Baca juga: Bengkel Terbaik untuk Sparepart Mobil yang Berkualitas

Apa saja yang ada di mobil Anda harus terlihat sempurna. Mulai dari ban yang serba baru, mesin yang berjalan mulus hingga pergantian mobil. Tetapi ini semua akan percuma jika Anda tidak bisa menikmati seluruh perjalanan bersama kendaraan itu karena terlalu silau.

Mengambil waktu berkendara di siang hari memang menyenangkan, terlebih jalanan juga lebih sepi di jam-jam itu. Hanya saja paparan sinar matahari pada siang hari menyilaukan mata pengendara sehingga kami sarankan Anda tingkatkan kualitas mobil dengan kaca film.

Jika Anda masih ragu apakah harus mendapatkan kaca film untuk mobil atau tidak, maka kami akan meyakinkan Anda untuk pakai kaca film. Bahkan Anda juga harus tahu itu bisa bertahan berapa lama agar ketika ada tanda harus diganti, Anda langsung mendapatkan yang baru.

Apa Saja Ciri-Ciri Kaca Film Harus diganti

Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti dan Tips Memilih yang Tepat_Apa Saja Ciri-Ciri Kaca Film Harus diganti
Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti dan Tips Memilih yang Tepat_Apa Saja Ciri-Ciri Kaca Film Harus diganti

Yang pertama harus Anda ketahui adalah apa saja tanda kalau kaca film yang sudah terpasang ini harus diganti. Jika sudah muncul tanda-tandan ini, maka harus segera dilakukan pergantian agar fungsi kaca film dapat didapatkan. Adapun tanda harus segera diganti antara lain:

  • Anda Menyadari adanya Bubble dan Udara di rongganya

Jika kaca film sekarang menunjukkan tanda ada bubble di rongga antar film dan kaca, maka ini bisa menjadi tanda kalau Anda harus segera menggantinya. Ciri-ciri kaca film harus diganti ini menandakan adanya malfungsi ketika dipasang dan harus diganti!

  • Adanya Peeling, Sobekan, Terkelupas, dan Goresan

Jika ada goresan sedikit saja itu bisa membuat kaca film tidak berfungsi seperti yang selayaknya. Sedikit goresan atau lubang saja pada kaca film itu bisa membuat Anda kehilangan seluruh kaca film. Ini karena semakin lama goresan itu semakin besar.

  • Memudar dan Berganti Warna ke Ungu

Jika warna kaca film pada beberapa sisi berubah menjadi warna ungu, berarti kaca film itu sudah tidak tahan terkena paparan UV. Kalau biasanya warna kaca film itu lebih ke abu-abu gelap, ciri-ciri kaca film harus diganti warnanya berubah menjadi ungu.

  • Paparan Sinar Matahari Mulai Menyakiti Mata Anda

Apabila sinar matahari mulai menyakiti mata Anda ketika berkendara di siang hari atau saat yang sangat terik, maka lapisan kaca film sudah sangat menipis atau bahkan sudah tidak ada. Jika Anda merasakan perbedaan itu, maka langsung diganti!

  • Udara Panas Membuat Interior Mobil Pengap

Ketika mobil diparkir di area yang langsung terkena sinar matahari, mobil yang sudah dilapisi oleh kaca film akan membuat suasana di dalamnya menjadi tetap sejuk. Tapi kalau interior terasa pengap, itu menjadi ciri-ciri kaca film harus diganti segera.

  • Interior Mobil Mulai Rusak

Fungsi kaca film sendiri adalah untuk melindungi interior mobil. Apalagi jok kulit, itu akan mudah rusak dan tampak melorot ketika sering kena sinar matahari. Ketimbang Anda mengganti jok, lebih baik ganti kaca film agar bisa melindungi interior.

Berapa Lama hingga Muncul Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti?

Ada miskonsepsi umum mengenai kaca film ini, apakah kalau sudah dipasang, akan butuh berapa lama untuk perlu diganti lagi. Pada dasarnya, kaca film ini bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama. Bahkan ada kaca film yang tidak rusak setelah lebih dari 1 dekade.

Tetapi ini akan tergantung lagi dengan cara Anda merawat lapisan kaca film itu. Kalau tidak dirawat dan Anda memilih kaca film yang murah, ciri-ciri kaca film harus diganti bisa saja keluar ketika usianya baru 1 atau 2 tahun. Jadi, kualitas juga cukup menentukan usianya.

Selain itu, pemasangan yang dilakukan oleh jasa pasang kaca film juga harus rapi dan sesuai prosedur. Jangan ada goresan sedikit saja karena dari sedikit ini bisa membuat lapisan di dalam kaca film menjadi menurun kualitasnya. Sehingga, Anda perlu pilih yang terbaik!

Jika memilih yang terbaik, terlebih yang nano coating, maka paparan UV bukan lagi tantangan untuk usia kaca film. Karena kualitasnya bisa dibedakan tergantung iklim daerah pemasangan. Jika terlalu panas dan sering tiba-tiba hujan, ciri-ciri harus diganti bisa lebih cepat muncul.

Mengapa Ketika ada Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti Wajib Langsung Dilakukan?

Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti dan Tips Memilih yang Tepat_Mengapa Ketika ada Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti Wajib Langsung Dilakukan?
Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti dan Tips Memilih yang Tepat_Mengapa Ketika ada Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti Wajib Langsung Dilakukan?

Kami merasa kalau masih ada banyak yang mengabaikan ciri-ciri kaca film harus diganti. Padahal sudah jelas kalau instalasi yang kurang baik akan berefek ke fungsi kaca film itu sendiri. Maka dari itu, adapun cara kami meyakinkan Anda untuk ganti kaca film adalah:

  • Mencegah Paparan UV pada Mobil

Sinar UV tidak pernah baik untuk tubuh, malah itu merupakan ancaman untuk kulit setiap manusia. Paparan sinar UV yang terlalu banyak merupakan salah satu penyebab kanker. Ciri-ciri kaca film harus diganti berarti kaca film tidak lagi maksimal.

Jika kaca film biasa bisa memblokir 99% dari sinar UV, maka persentase itu menipis seiring kerusakan yang semakin besar. Anda lebih baik segera menggantinya untuk mencegah kulit terbakar, lebih gelap, terlalu cepat menua, hingga kanker.

  • Membuat Interior Lebih Sejuk

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya kalau sinar matahari sampai masuk ke dalam mobil, maka itu membuat setiap masuk ke mobil pasti hawanya sangat panas. Ciri-ciri kaca film harus diganti adalah untuk mencegah Anda merasa pengap di dalamnya.

  • Mencegah Kejahatan dan Meningkatkan Keamanan

Kaca film memblokir pandangan orang dari arah luar ke dalam mobil. Jika visibilitas ke dalam kendaraan dibuat transparan, maka orang lain bisa melihat apa saja yang ada di dalamnya dan memiliki niatan untuk melakukan kejahatan.

Misalnya di dalamnya ada tas Anda, maka tindak kriminal untuk mendapatkan tas itu semakin besar. Tetapi dengan kaca film yang gelap dari arah luar, pelaku kejahatan itu tidak bisa melihat ke dalam, kecuali ada ciri-ciri kaca film harus diganti.

  • Menawarkan Perlindungan Kaca Pecah

Banyak kejadian yang bisa membuat kaca suatu kendaraan menjadi pecah. Misalnya ada tabrakan atau ada orang yang melempar batu ke arah kaca. Kaca pecah ini tentu saja merupakan suatu masalah, apalagi jika ada orang di dalam kendaraan.

Namun, Anda pasti belum tahu ini. Kaca film yang masih bekerja baik akan membuat kaca tetap menempel di lapisan bawahnya. Ini membuat pecahan kecil kaca tidak masuk ke dalam mobil hingga membahayakan penumpang di dalamnya.

  • Tujuan Privasi

Dan fungsi selanjutnya adalah tujuan privasi. Ciri-ciri kaca film harus diganti adalah mudah melihat ke dalam, meskipun lewat jauh. Jika sedang melakukan rapat atau hal-hal yang sifatnya privasi, maka kaca film mencegah orang lain melihatnya.

Apakah Kaca Film yang Gelap Lebih Baik?

Namun, pertanyaan yang akan diajukan selanjutnya adalah soal tingkat kegelapan dari kaca film itu sendiri. Apakah semakin gelap sama dengan perlindungan yang ditawarkan semakin baik juga? Ini memang cukup masuk akal, tetapi bisa juga mengundang bahaya.

Semakin gelap di luar maka semakin gelap juga pandangan dari dalam mobil ke arah luar. Ini seperti ada yang memblokir cahaya tersebut dan membuat pengemudi merasa tertantang untuk selalu fokus. Tetapi ini membuat beberapa area blindspot semakin tidak terlihat.

Jika kita mengandalkan bayangan untuk mengidentifikasi sesuatu, maka tidak bisa lagi jika kaca sudah dipasang kaca film. Maka dari itu, sesuaikan tingkatan kegelapan kaca film agar terhindar dari risiko yang bisa saja membahayakan nyawa pengemudi dan penumpang.

Tipe-Tipe yang Bisa Dipilih Saat ada Ciri-Ciri Kaca Film harus Diganti

Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti dan Tips Memilih yang Tepat
Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti dan Tips Memilih yang Tepat

Ada beberapa jenis kaca film yang bisa Anda pilih. Datang saja ke toko yang memang khusus memasang kaca film dan sesuaikan dengan selera Anda. Adapun beberapa tipe kaca film yang bisa Anda pilih untuk menjadi lapisan kaca kendaraan yang Anda miliki antara lain:

  1. Dyed Window Tinting – Menggunakan Layer yang Diwarnai
  2. Metalized Window Tinting – Menggunakan partikel metalik untuk melapisi lapisan kaca film
  3. Hybrid Window Tint Film – Kaca Film Hybrid yang menggunakan partikel metalik dan layer yang diwarnai
  4. Carbon Window Tint Film – Menggunakan karbon untuk mereduksi sinar UV serta gelap
  5. Crystalline Tinting – Membuat Kaca terlihat transparan, tetapi bisa memblokir sinar matahari dan radiasi
  6. Ceramic Window Tinting – menggunakan perlengkapan elektronik dan lapisan keramik yang bertahan lama

Baca juga: Mobil China Chery Siap Ramaikan Pasar SUV di Indonesia

Sekarang, Anda tidak perlu lagi sibuk untuk mencari kaca film apa yang ingin digunakan untuk keperluan sehari-hari. Kaca film memiliki banyak fungsi, sehingga ketika ada ciri-ciri kaca film harus diganti, saat itu juga Anda perlu segera menggantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here