Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol

0
47
Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil di Jalan Tol
Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil di Jalan Tol

Setiap orang harus memahami cara mencegah kecelakaan mobil, sehingga ia bisa aman serta nyaman dalam berkendara. Karena berdasarkan data dari kepolisian menunjukkan bahwa 61% penyebab kecelakaan adalah faktor manusia. 

Baca Juga: Simak Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan Agar Tetap Awet

Artinya pengemudi sangat berpengaruh besar terhadap tingginya angka kecelakaan, mulai dari mengantuk, kurang berhati – hati, hingga tidak mematuhi rambu lalu lintas. Apabila setiap orang paham mengenai keselamatan berkendara, angka kecelakaan bisa turun drastis. 

Namun sayangnya masih banyak saja terjadi kecelakaan lalu lintas, bahkan belakangan rame peristiwa kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel sekeluarga. Peristiwa ini menjadi pelajaran berharga bagi pengendara, bahwa setiap orang bisa terlibat kecelakaan. 

Tingginya Angka Kecelakaan Mobil di Indonesia

Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol
Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol

Berdasarkan data dari kepolisian pada tahun 2017 lalu, sebanyak 3 orang meninggal setiap jam karena kecelakaan di jalan. Angka tersebut menunjukkan bahwa kejadian atau peristiwa tersebut sangatlah dekat dengan kita sebagai pengguna jalan. 

Angka tersebut juga masih tergolong cukup kecil, karena tidak memasukkan kejadian yang kecelakaannya kecil, seperti tabrakan atau mobil penyok, luka – luka akibat tergelincir, dan masih banyak kejadian lainnya. Fakta tersebut menunjukkan bahwa angka realnya jauh lebih tinggi lagi. 

Berdasarkan fakta tersebut, setiap pengemudi dan pengendara harus memahami cara mencegah kecelakaan mobil, minimal mempersiapkan dengan baik. Dengan demikian mampu meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan ketika berkendara. 

Mungkin beberapa orang menganggap hal ini masih jauh darinya atau menganggap dirinya tidak akan terlibat dalam peristiwa tersebut. Apabila masih memiliki pemikiran begini, yuk coba mulai mengingat kembali, pernahkah mengantuk ketika mengendarai mobil?

Kejadian – kejadian sederhana, seperti telat melakukan pengereman hingga berhenti mendadak, berpindah lajur tanpa menyalakan lampu sein terlebih dahulu, atau menyerobot lampu merah, merupakan contoh perilaku buruk penyebab kecelakaannya. 

Untuk lebih memberikan gambaran betapa ngeri atau tingginya angka kecelakaan tersebut adalah dengan melihat data dari WHO. 1,25 juta orang meninggal di jalan, 90%-nya terjadi di negara – negara berkembang. 

Angka tersebut sangatlah tinggi, bahkan dalam 20 tahun, apabila tidak ada perubahan perilaku berkendara, potensi kematiannya bisa mencapai 25 juta korban jiwa. Karenanya memahami cara mencegah kecelakaan mobil sangat penting untuk dipelajari. 

Penyebab Angka Kematian di Jalan Sangat Tinggi

Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol
Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol

Tingginya angka tersebut juga harus diperhatikan sebab atau faktornya apa, dengan demikian mampu mencegah serta menanggulanginya. Berdasarkan pengelompokan dari kepolisian, terdapat tiga faktor besar penyumbang tingginya angka kematian tersebut, yaitu : 

  • Faktor Manusia

Faktor manusia menjadi sebab utama mengapa angka kematian di jalan raya begitu tinggi, bahkan mencapai 61%. Artinya dari 10 kecelakaan, 6 di antaranya adalah karena kelalaian sopir dalam mengendarai mobil. 

Karenanya sebenarnya cara mencegah kecelakaan mobil adalah dengan mempersiapkan diri dengan matang. Hindari hal – hal yang mampu mencegah hilangnya konsentrasi, seperti : 

  1. Berkendara dalam kondisi mengantuk
  2. Berkendara dalam kondisi mabuk
  3. Bercanda berlebihan ketika sedang mengendarai mobil
  4. Melebihi batas kecepatan maksimal

Terdengar sepele, tetapi memang ini sering diabaikan oleh setiap pengendara. Bahkan ketika sebelumnya sudah beraktivitas berat atau kurang istirahat, tetap memaksakan menyetir sendiri. 

  • Faktor Kendaraan

Faktor kendaraan juga memegang peranan penting sebagai penyebab terjadinya kematian ketika di jalan. Sebanyak 9% kejadiannya disebabkan karena faktor kendaraan. Bentuknya bisa beragam, seperti performa kendaraannya kurang maksimal, dan sebagainya. 

Sebenarnya faktor kendaraan ini dapat dihindari apabila melakukan serangkaian check up terlebih dahulu sebelum berkendara. Seperti memastikan masing – masing komponen berfungsi dengan baik, mempersiapkan tekanan ban, dan sebagainya. 

  • Faktor Lingkungan

30% faktor lainnya adalah karena kondisi lingkungan, namun ini pengendara bisa mencegah kecelakaan mobil apabila memahami medan. Memang sudah menjadi rahasia umum lagi bahwa jalanan Indonesia banyak lubangnya, terutama daerah pedesaan. 

Apabila pengendaranya bisa beradaptasi dan mengendalikan kendaraannya, tentu kecelakaannya bisa dihindari. Selain itu faktor terbesar biasanya adalah karena kondisi cuaca sedang buruk, seperti jalan menjadi licin, lubang tidak kelihatan, dan sebagainya. 

Tips Mencegah Kecelakaan Mobil yang Dapat Anda Terapkan

Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol
Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol

Berdasarkan faktor penyebab kecelakaannya, ternyata manusia memiliki andil besar pada tingginya angka tersebut. Dengan demikian apabila bisa mencegah atau mengubah perilaku ketika berkendara, potensi kecelakaannya juga bisa dikurangi, berikut tipsnya : 

  • Berkendara dalam Kondisi Prima

Tips pertama adalah memastikan kondisi tubuh dalam kondisi prima, misalkan tidak sedang mengantuk, badan segar, tidak sedang sakit, atau tidak dalam pengaruh alkohol. Kondisi tubuh prima sangat mempengaruhi konsentrasi dan kefokusan berkendara. 

Agar mendapatkan kondisi prima, ada baiknya sebelum perjalanan (terutama jarak jauh), wajib beristirahat cukup. Apabila di tengah jalan merasa lelah, lebih baik menepi dan beristirahat terlebih dahulu. 

  • Perhatikan Jarak Pengereman

Terkadang karena asyik berkendara, kurang menjaga jarak, sehingga ketika terjadi pengereman mendadak akhirnya terjadilah tabrakan. Jarak pengereman juga harus diperhatikan, terutama ketika ingin bermanuver atau berbelok agar tidak panik. 

  • Minimalisir Blindspot

Blindspot bisa berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain, contohnya apabila tidak dapat melihat bagian belakang secara jelas, kesulitan memastikan ada orang mau mendahului atau tidak. Sehingga ketika berpindah lajur, kendaraan tetap aman. 

  • Asah Terus Skill Berkendara

Sudah menjadi tips mencegah kecelakaan mobil mutlak, yaitu kemampuan berkendara harus senantiasa ditingkatkan. Hindari mengendarai mobil yang belum familier dalam kecepatan tinggi, begitu juga apabila tidak terbiasa berkendara cepat, hindari kecepatan tinggi. 

  • Periksa Kendaraan Anda

Kebiasaan kecil ini jarang dilakukan, terlebih apabila sedang tergesa – gesa. Lakukan check up kecil seperti memastikan tekanan ban dalam kondisi baik, rem juga berfungsi dengan baik, adalah cara menghindari yang paling sederhana. 

Mencegah Kecelakaan Mobil di Jalan Tol dengan Perawatan Kendaraan

Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol
Cara Efektif Mencegah Kecelakaan Mobil Di Jalan Tol

Memang berdasarkan data dari kepolisian, faktor kendaraan hanya sebesar 9% saja, tetapi ini sering diabaikan oleh pengendara. Selain itu dengan memiliki mobil yang terawat baik, berkendara juga makin nyaman, karenanya jangan abaikan perawatan. 

  • Perawatan Bisa Memantau Kondisi dan Potensi Masalah

Terkadang masalah tidak bisa diidentifikasi mengandalkan pengalaman berkendara, karena ada beberapa problem yang bisa terjadi tanpa membuat pengalaman berkendara terganggu. Contohnya ketika tekanan ban berkurang, pengemudi tidak menyadarinya. 

Begitu juga misalkan ketika kondisi aki sudah mulai menipis, baru menyadari ketika mesin tidak dapat menyala. Untuk mencegah terjadinya hal – hal tersebut, ada baiknya memeriksakan secara rutin. 

Teknisi dan montir akan memeriksa secara keseluruhan, sehingga bisa tahu bagian – bagian mana yang berpotensi bermasalah ketika digunakan untuk berkendara. 

  • Memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima

Dengan mengetahui potensi problem pada kendaraannya bisa mencegah kecelakaan mobil ketika digunakan, caranya adalah dengan memperbaiki bagian yang bermasalah tersebut. Misalkan rem sudah tidak efektif, teknisi akhirnya mengganti dengan yang baru. 

Dengan demikian kendaraan senantiasa dalam kondisi prima, tidak hanya aman tetapi juga nyaman. Memiliki mobil laik pakai, membuat Anda memiliki 9% kemungkinan lebih rendah terlibat kecelakaan. 

Apakah Autopilot Bisa Mencegah Kecelakaan Mobil?

Apabila 61% kematian di jalan adalah akibat dari kelalaian manusia, maka muncullah pertanyaan, apakah autopilot bisa menghindari terjadinya hal tidak diinginkan ketika di jalan? Mengingat autopilot tidak memiliki kelemahan layaknya manusia. 

Jawabannya adalah untuk saat ini sistem autopilot membantu pengemudi mengendarai mobilnya dengan aman, tetapi belum mampu sepenuhnya menghindari kecelakaannya. Ada beberapa sebab, seperti sistem sensor masih belum sempurna, merupakan terobosan baru, dan sebagainya. 

Karenanya meskipun mobil sudah memiliki teknologi autopilot, masih disarankan untuk memperhatikan kondisi jalan secara manual. Namun dengan adanya fitur tersebut, Anda menjadi tidak begitu capek ketika berkendara jarak jauh, sehingga kondisi terjaga tetap prima. 

Keunggulan lainnya adalah Anda akan berjalan dalam kecepatan ideal, tidak terlalu pelan maupun tidak melanggar batas kecepatan. Dengan demikian, mampu mencegah berbagai potensi – potensi pelanggaran ataupun kesulitan mengendalikan kendaraan. 

Memang untuk saat ini sistem atau fitur tersebut belum bisa menggantikan sepenuhnya peran manusia. Tetapi di masa depan, sistem tersebut bisa memudahkan dan mengurangi angka kecelakaan akibat kelalaian manusia. 

Namun juga harus ingat bahwa faktornya tidak hanya manusia, tetapi juga kondisi kendaraan serta kondisi lingkungannya. Pastikan kendaraannya dalam kondisi baik, melakukan perawatan teratur terhadapnya dan berhati – hati berkendara di lingkungan baru. 

Baca Juga: Cari Tau Bagaimana, Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel!

Salah satu kejadian yang tidak diinginkan adalah adanya kecelakaan ketika berkendara. Karenanya Anda harus punya persiapan matang, sehingga bisa mencegah kecelakaan mobil ketika sedang berkendara di jalan biasa maupun di jalan tol. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here