Tips dan Cara Merawat Mobil Xenia Bekas Agar Tetap Nyaman

0
454

Mobil Xenia bekas rupanya tetap jadi pilihan bagi sebagian besar pecinta merek Daihatsu. Performa mobil ini tidak kalah jika dibandingkan dengan mobil Xenia keluaran baru. Hal seperti ini wajar terjadi, karena Xenia adalah salah satu produk andalan Daihatsu yang selalu menarik perhatian konsumen.

Baca Juga : Deretan Mobil Yang Ada Sunroof Paling Populer Di Indonesia

Tampilan mobil ini bahkan kelihatan mewah dari segi eksterior maupun interior. Sekilas jika diperhatikan, mobil ini mirip dengan Avanza yang massuk segmen MPV. Dalam perawatannya pun, mobil Xenia tergolong mudah. Apakah sama dengan mobil Xenia versi bekas?

Ini Dia Cara Merawat Mobil Xenia yang Benar

mobil Xenia bekas

Entah itu mobil baru atau mobil bekas, keduanya memiliki cara perawatan yang hampir sama. Hanya saja untuk perawatan mobil Xenia bekas harus dilakukan lebih ekstra lagi. Bagaimana cara perawatannya yang tepat, simak selengkapnya di sini;

1. Ganti Oli Gardan dan Perseneling

Hal pertama yang harus dilakukan agar mobil Xenia bekas yang dimiliki tetap nyaman adalah dengan rutin melakukan pergantian pada oli gardan dan perseneling. Waktu ideal untuk pergantian tersebut adalah 6 sampai 12 bulan sekali.

Jika mobil tersebut sering digunakan untuk perjalanan jauh, sebaiknya pergantian dilakukan 6 bulan sekali. Berbeda jika hanya digunakan jarak dekat, 12 bulan sekali saja sudah cukup. Manfaatnya adalah agar akselerasi mobil lebih ringan dan lebih menghemat konsumsi bahan bakar.

2. Periksa Kondisi Tie Root, Leher Roda dan Ball Joint

Mengapa harus bagian tersebut yang perlu diperhatikan? Sebab jika komponen tersebut mengalami kerusakan, akan timbul bunyi yang berasal dari bagian kaki-kaki.

Apabila mobil Xenia bekas yang dimiliki terdengar bunyi tersebut, sebaiknya segera periksa 3 komponen tersebut. Terlambat melakukan pengecekan bisa menjalar ke bagian lain yang lebih besar.

3. Servis Secara Berkala

Biasanya perawatan akan dilakukan pada 10.000 sampai 20.000 km sekali. Dalam perawatannya usahakan dilakukan di bengkel resmi, karena di sana akan terdapat mekanik ahli yang memang khusus untuk mobil Xenia.

Jangan ambil risiko untuk melakukan servis di bengkel sembarangan, karena bisa merubah kenyamanan mobil Xenia kesayangan. Bisa saja karena kurang pengalaman, terdapat bagian mobil yang justru rusak.

4. Melapisi Jok Mobil

Salah satu pilihan tepat dalam merawat mobil Xenia bekas agar tetap nyaman dan bersih adalah melapisi jok mobil. Gunakan bahan kulit atau lainnya yang mudah untuk dibersihkan. Jadi, jok mobil akan selalu bersih dan enak untuk dipandang.

Di samping itu, jangan lupa untuk membersihkan bagian interior mobil seperti kaca bagian dalam, bagasi mobil, dashboard dan lainnya. Bagian interior merupakan tempat dimana akan merasakan semua hal di mobil, jadi harus dibuat senyaman mungkin.

5. Bersihkan Plafon Mobil dan Bagian Karpet

Untuk membersihkan bagian ini pada mobil Xenia, bisa menggunakan vacum cleaner. Namun, jika ingin alternatif yang lebih mudah bisa dengan mengunjungi tempat pencucian mobil terpercaya dan paling dekat dari rumah.

Lakukan perawatan ini 1 atau 2 minggu sekali agar kondisi tetap nyaman. Jangan lupa, bagian bawah mobil juga tidak luput untuk dibersihkan saat membawanya ke tempat pencucian mobil agar tetap terjaga kebersihannya.

6. Jangan Merokok di dalam Mobil

Sebisa mungkin hindarilah merokok di dalam mobil karena dapat menimbulkan bau apek. Selain itu, dapat menimbulkan noda atau flek kehitaman yang akan menempel pada plafond mobil dan sulit dibersihkan.

Jika memang ingin merokok, sebaiknya berhenti dahulu dan keluar sebentar untuk menghabiskan satu batang rokok. Baru setelah itu bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman dan aman. Mobil Xenia bekas pun tidak menimbulkan bau yang menganggu.

Tips Membeli Mobil Bekas Xenia

mobil Xenia bekas

Setelah mengetahui jika perawatan mobil Xenia bekas sangat mudah, mungkin ada yang tertarik untuk membelinya? Tidak mengapa jika mobil bekas, karena sekarang mobil bekas pun semakin banyak diburu. Akan tetapi ada baiknya, perhatikan dulu tips penting berikut ini;

1. Sesuaikan dengan Budget dan Kebutuhan

Pertama dan penting untuk diperhatikan dalam membeli mobil bekas jenis Xenia adalah melihat ketersediaan budget dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih untuk seorang pemula, disarankan untuk membeli mobil yang harganya sesuai dengan kantong.

Dengan begitu, bisa meminimalisir biaya yang lainnya, karena mobil bekas perawatannya cukup kompleks.Adakalanya karena harga mobil yang melebihi budget, banyak yang melakukan pinjaman dengan bunga besar.

Akibatnya selain harus melakukan perawatan dengan biaya tak sedikit, harus pula membayar pinjaman. Jika tidak sesuai budget, tunggulah beberapa saat atau mencari penjual lain yang menjual mobil sesuai dengan budget yang dimiliki.

2. Sebaiknya Membeli Pada Tangan Pertama

Tips selanjutnya saat memutuskan membeli mobil Xenia bekas adalah disarankan untuk membeli mobil tersebut tanpa adanya perantara atau mendatangi pemiliknya langsung.  Mengapa harus demikian? Karena jika membeli di tempat penjualan resmi, akan lebih banyak pilihan yang justru membuat bingung.

Membeli mobil bekas dari tangan pertama memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah dapat mengerti secara langsung kondisi perawatan mobil yang hendak dijual. Negosiasi yang dilakukan akan lebih mudah dan terlalu rumit. Oleh sebab itu, prioritaskan pembelian dari orang pertama lebih dulu.

3. Cek Bodi Eksterior dan Rangka

Apabila telah menemukan penjual mobil Xenia bekas yang cocok, hal penting lain yang tidak boleh terlewat adalah mengecek sektor body fisiknya. Selalu pastikan komponen utama seperti pintu, kaca mobil dan kap mesin masih dalam kondisi orisinil.

Jika tampak meragukan tanyakan pada pemiliknya. Di samping itu perhatikan juga kondisi cat mobil. Terlihat sepele, tapi yang satu ini juga jangan dilewatkan. Ada beberapa penjual nakal yang menutupi kerusakan seperti lecet dengan cat baru sehingga tanpa sadar menimbulkan belang yang justru mencurigakan.

Nah, yang paling penting adalah pastikan bahwa rangka utama mobil kondisinya masih kokoh. Tidak terdapat bekas perbaikan atau tabrakan. Jikapun ada kerusakan atau bekas benturan, sebaiknya tanyakan langsung pada pemiliknya untuk memastikan kondisi rangka.

4. Pastikan Fitur Interior dan AC Kondisinya Normal

Tips membeli mobil Xenia bekas lainnya adalah selalu pastikan bahwa kondisi AC dan beberapa fitur lainnya dalam keadaan baik. Selain komponen tersebut fitur switch lampu dan sistem audio pun harus diperhatikan apakah masih normal atau mengalami kerusakan.

Jika memungkinkan coba duduki jok bagian depan serta belakang. Rasakan apakah masih terasa nyaman. Setelah itu cek juga kondisi dashboard, karpet dan plafond. Intinya jangan sampai ada bagian dalam mobil yang terlewati pengecekannya.

5. Lakukan Test Drive Untuk Memastikan Kondisi Mesin

Saat membeli mobil Xenia second, mengecek kondisi mesin juga wajib dilakukan, karena ini adalah bagian yang paling penting. Pengecekannya bisa dimulai dari menyalakan mobil. Apakah mobil mudah distarter atau tidak.

Pastikan pula bahwa suara mesin tidak terdengar kasar dan perhatikan apakah ada kebocoran pada komponen mesin. Apabila sudah, minta ijin pada pemilik untuk test drive agar mengetahui kondisi mesin. Mulai dari rem, transmisi dan kaki-kaki mobil.

6. Cek Kelengkapan Dokumen dan Surat Pentingnya

Tips membeli mobil Xenia bekas yang tidak boleh diabaikan adalah memeriksa kelengkapan surat kendaraan. Seperti STNK, BPKB dan faktur. Jangan ada satupun yang terlewat. Cek tanggal pengurusan STNK apakah masih berlaku atau tidak.

Jangan lupa pula untuk meneliti apakah nomor rangka dan nomor mesin telah sesuai dengan surat atau justru berbeda. Selain itu, hal lain yang perlu dipastikan adalah bahwa nama yang terdapat di BPKP dan STNK adalah nama yang sama dan asli dari pemiliknya.

  1. Lakukan Survey Pasar

Sebagi pemula dalam membeli mobil Xenia bekas dan masih awam, yang perlu dipahami adalah jangan terlalu terburu-buru menentukan pilihan jika telah menemukan barang yang sesuai dengan isi kantong. Membeli mobil tidak sama layaknya membeli permen. Banyak uang yang akan dikeluarkan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan kecermatan dalam melakukan transaksi. Lakukan perbandingan antara penjual satu dengan penjual lainnya. Manakah yang kondisinya lebih normal, maka itulah yang harus dipilih. Terburu-buru memutuskan akan mendatangkan penyesalan nantinya.

Baca Juga : Cara Mencari Mobil Zebra Bekas Yang Tahan Banting Dan Oke

Demikianlah sekelumit informasi tentang mobil Xenia bekas. Sekali lagi, kebutuhan orang pastinya berbeda. Ada yang lebih suka membeli mobil baru, ada pula yang suka membeli mobil bekas. Semuanya bergantung kebutuhan dan kemampuan. Semoga tips tersebut dapat membantu dan bermanfaat ketika membeli mobil bekas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here