Cari Tau Bagaimana, Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel!

0
692
Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel
Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel

Belum banyak orang yang memahami cara merawat mobil sendiri. Sehingga mau tidak mau mereka harus pergi ke bengkel bahkan untuk melakukan perawatan yang sebenarnya sangat mudah.

Baca Juga: 10 Bahaya Mobil Bekas Kebanjiran yang Wajib Diketahui

Hal ini tentu membuat biaya perawatan mobil menjadi lebih besar. Sebab Anda harus mengeluarkan uang jasa kepada teknisi. Apalagi beberapa jenis perawatan mobil harus dilakukan secara rutin.

Memang benar bahwa menyerahkan perawatan mobil kepada ahlinya merupakan pilihan tepat. Namun bagi Anda yang ingin lebih hemat, Anda bisa melakukan beberapa perawatan mobil seorang diri.

Memiliki pemahaman tentang perawatan mobil juga sangat penting jika suatu saat mobil mengalami masalah di perjalanan. Anda bisa langsung membereskan masalah tersebut tanpa harus menunggu kedatangan teknisi.

Sebagian orang enggan untuk memahami perawatan mobil karena menganggapnya sebagai hal yang merepotkan. Padahal anggapan tersebut adalah keliru karena tidak semua perawatan mobil adalah hal yang merepotkan.

Keuntungan Memahami Cara Merawat Mobil Sendiri

Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel
Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel

Melakukan perawatan secara rutin adalah kewajiban bagi para pemilik kendaraan. Sebab mobil yang tidak dirawat secara rutin sangat rentan terkena berbagai masalah di masa mendatang.

Pergi ke bengkel memang merupakan cara tercepat untuk melakukan perawatan mobil. Namun Anda juga bisa melakukan perawatan mobil seorang diri karena memiliki beberapa keuntungan berikut ini.

1. Lebih Hemat

Untuk melakukan perawatan mobil di bengkel pasti membutuhkan biaya lebih. Sebab selain membeli komponen mobil, Anda juga harus membayar jasa perawatan yang dilakukan oleh teknisi.

Sehingga dengan melakukan perawatan mobil di rumah, Anda bisa melakukan penghematan karena tidak harus membayar jasa teknisi. Namun pastikan Anda memiliki pemahaman yang tepat agar tidak menimbulkan masalah.

2. Bisa Menggunakan Produk Pilihan

Melakukan cara merawat mobil sendiri memberikan kebebasan pada Anda untuk memilih produk perawatan mobil. Sehingga Anda tidak harus menggunakan suatu merek tertentu untuk merawat mobil.

Memang sebenarnya Anda bisa meminta pihak bengkel untuk menggunakan suatu produk tertentu. Namun terkadang produk yang ingin Anda gunakan tidak tersedia di suatu bengkel tertentu.

3. Tidak Terikat Waktu

Melakukan perawatan mobil di rumah tidak memiliki ikatan waktu. Anda bisa melakukannya kapan saja sesuka hati. Berbeda jika merawat di bengkel yang harus menyesuaikan dengan jam buka bengkel.

Sebab seringkali seseorang telat melakukan perawatan mobil karena bengkel sedang tutup. Hal ini akan bisa dihindari jika Anda memiliki pemahaman dan kemampuan untuk merawat mobil seorang diri.

Cara Merawat Mobil Sendiri Di Rumah

Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel
Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel

Mobil yang terawat bukan hanya akan terhindar dari berbagai masalah di masa mendatang. Namun Anda juga bisa menjaga performa mobil sehingga tetap optimal dan nyaman saat dikendarai.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk tahu cara merawat mobil dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Ganti Oli

Oli sangat penting untuk menjaga mesin mobil tetap awet. Sebab oli memiliki fungsi sebagai pendingin mesin, pembersih kotoran, peredam getaran, mengurangi gesekan mesin hingga antikarat.

Untuk mengganti oli sendiri juga sangat mudah. Anda hanya perlu mendongkrak bagian depan mobil lalu membuang oli lama. Setelah itu masukkan oli baru serta ganti filternya.

2. Mengecek Air Radiator

Cara merawat mobil sendiri yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mengecek volume air radiator. Bagi Anda yang belum tahu, radiator merupakan komponen penting pada sebuah mobil.

Pastikan air radiator berada di antara level minimum dan maksimum. Lakukan pengecekan air radiator di tempat yang rata. Anda bisa menambahkan air radiator jika volumenya berada di bawah level minimum.

3. Mengecek Volume Minyak Rem

Rem merupakan salah satu bagian penting pada sebuah mobil untuk menjamin keselamatan Anda. Untuk memastikan rem tetap bekerja secara optimal, pastikan Anda melakukan pengecekan pada volume minyak rem.

Sebaiknya volume minyak rem berada di batas maksimum. Jika minyak rem berada di bawah batas rendah, Anda bisa menambahkannya sendiri. Namun jangan gunakan minyak rem yang memiliki spesifikasi DOT berbeda.

4. Upaya agar Mobil Tetap Awet

Dengan melakukan berbagai cara merawat mobil sendiri, Anda bisa membuat kondisi mobil lebih tahan lama. Sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan atau masalah pada mobil bisa lebih diminimalisir.

Selain menggunakan beberapa cara yang telah kami sebutkan di atas, masih ada hal lain untuk membuat mobil tetap awet. Berikut ini adalah beberapa upaya yang bisa dilakukan agar mobil awet.

5. Rutin Memanaskan Mobil

Mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama memiliki potensi besar mengalami masalah. Oleh karena itu Anda harus rutin memanaskan mesin mobil walau sedang tidak digunakan.

Memanaskan mobil berfungsi untuk menjaga sirkulasi oli agar tetap melumasi komponen di dalam mesin. Selain itu, memanaskan mobil juga akan menjaga daya aki sehingga tetap bisa bekerja dengan baik.

6. Mengubah Posisi Parkir Secara Berkala

Selain rutin memanaskan mobil, cara merawat mobil sendiri yang juga perlu Anda lakukan adalah berkendara pendek. Anda bisa melakukan hal ini dengan mengubah posisi parkir secara berkala.

Jika pada awalnya mobil parkir menghadap depan, Anda bisa mengubahnya untuk parkir menghadap belakang. Hal ini bertujuan agar ban tetap bergerak sehingga tidak mudah kehilangan tekanan udara.

7. Rutin Membersihkan Mobil

Kebersihan mobil juga perlu Anda perhatikan jika ingin membuatnya tetap awet. Untuk bagian body mobil, Anda harus rutin mencucinya. Anda bisa melakukan pencucian mobil sendiri di rumah.

Selain itu, Anda juga perlu membersihkan bagian interior mobil. Selain menghilangkan berbagai kotoran serta sisa makanan dan minuman, Anda juga perlu menghilangkan kelembaban di bagian interior agar tidak berjamur.

Hal Penting Namun Sering Dilupakan Saat Merawat Mobil

Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel
Cara Merawat Mobil Sendiri Tanpa Harus Pergi Ke Bengkel

Memang ada beragam cara merawat mobil sendiri yang harus dilakukan agar mobil tetap awet. Terkadang hal ini membuat banyak orang melupakan beberapa hal yang sebenarnya penting.

Padahal meski terlihat sepele, beberapa hal tersebut tetap sangat berpengaruh terhadap pengalaman berkendara. Berikut ini adalah beberapa hal kecil namun penting yang sering dilupakan saat merawat mobil.

1. Cek Kondisi Ban

Bagian ban seringkali dilupakan saat sedang merawat mobil sendiri. Biasanya pemilik kendaraan baru memberi perhatian lebih pada ban ketika terjadi masalah seperti kurang angin atau bocor.

Oleh karena itu Anda tidak boleh melupakan melakukan pengecekan kondisi ban setiap hendak berkendara. Karena ban merupakan salah satu komponen mobil yang bisa mempengaruhi keselamatan saat berkendara.

2. Air Wiper

Hal lain yang sering dilupakan ketika sedang melakukan cara merawat mobil sendiri adalah mengecek air wiper. Hal ini sangatlah penting apalagi jika memasuki musim penghujan.

Kondisi jalanan yang becek membuat kaca bagian depan mobil mudah kotor. Sehingga air wiper sangat dibutuhkan untuk membersihkan kaca bagian depan dan membuat penglihatan lebih jelas.

3. Lampu Mobil

Banyak orang yang sering melupakan kondisi lampu mobil apalagi jika jarang menyetir pada malam hari. Padahal kondisi lampu sangatlah penting untuk menjamin keselamatan Anda maupun pengendara lain.

Sehingga meski jarang berkendara di malam hari, pastikan lampu mobil tidak redup. Sehingga ketika suatu waktu Anda menyetir di malam hari, Anda tidak akan kesusahan.

Cara Merawat Mobil Sendiri Bukan Berarti Tidak Butuh Bengkel

Penjelasan di atas adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan mobil di rumah. Meski begitu, bukan berarti Anda sama sekali tidak perlu ke bengkel.

Sebab, pergi ke bengkel tetap merupakan hal penting yang harus Anda lakukan agar mobil tetap awet. Karena ada beberapa perawatan yang membutuhkan keahlian khusus dan tidak bisa Anda lakukan sendiri.

Selain itu, mobil juga harus rutin melakukan tune up di bengkel. Pastikan Anda memilih bengkel terpercaya agar perawatan yang diberikan pada mobil merupakan perawatan terbaik.

Sebaiknya kunjungi bengkel resmi dari mobil Anda untuk mendapatkan jaminan kualitas pelayanan. Meski saat ini juga sudah banyak tersedia bengkel umum yang memiliki kualitas baik.

Untuk mengetahui kualitas pelayanan bengkel, Anda bisa melihat review yang diberikan oleh konsumen lain. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pelayanan perawatan mobil yang berkualitas dan memuaskan.

Melakukan perawatan mobil merupakan kewajiban para pemilik kendaraan. Dengan rutin melakukan perawatan, Anda bisa membuat mobil tetap awet dan memiliki performa optimal. Ada beberapa perawatan mobil yang bisa dilakukan sendiri.

Baca Juga: 10 Deretan Mobil Keren Yang Mengaspal Di Indonesia

Dengan melakukan perawatan mobil sendiri, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Selain itu, memahami cara merawat mobil sendiri juga sangat penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here