Yuk Intip Cara Menghemat Bahan Bakar Saat Berkendara Agar Perjalanan Aman Dan Nyaman

0
477
thumb hemat bbm - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

Ketika Kamu memiliki sebuah kendaraan, pastinya mencari cara bagaimana agar mobil tersebut bisa hemat BBM. Selain karena harga BBM yang cukup mahal saat ini, penting untuk memperhatikan ketersediaan bahan bakar. Untuk itulah disarankan untuk mengetahui cara menghemat bahan bakar saat berkendara.

Baca Juga : Kamu Perlu Tahu! Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Mobil Matic, Cegah Agar Tetap Memberikan Rasa Nyaman Saat Berkendara!

Bahan bakar minyak atau BBM adalah termasuk dalam sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Artinya adalah lambat laun bahan bakar ini akan habis. Ketika cadangan BBM sudah habis maka akan kesulitan untuk menjalankan kendaraan seperti biasanya.

Berikut Cara Menghemat Bahan Bakar Saat Berkendara

Selain melakukan penghematan dari diri sendiri, sebagian besar produsen mobil telah menerapkan kebijakan untuk memproduksi mobil yang hemat bahan bakar. Disamping hemat, mobil juga harus ramah lingkungan. Adakah cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar mobil?

1. Atur Putaran Mesin

putaran mesin - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

Jika Kamu perhatikan, pada bagian dashboard mobil ada speedometer yang memiliki angka-angka di dalamnya. Terdapat angka yang tertulis mulai dari angka 1 hingga 15, tergantung dari jenis mobil yang digunakan, apakah jenis sport, bermuatan barang, atau mobil harian.

Pada umumnya, mobil-mobil hanya menuliskan hingga angka 7 atau 8. Angka 15 tersebut biasanya hanya terdapat di mobil jenis sport saja. Tahukah Kamu arti dari angka-angka yang tertulis pada speedometer tersebut?

Angka tersebut menunjukkan ukuran perputaran mesin mobil. Apabila laju putaran mesin terlalu tinggi atau justru berada dalam kondisi rendah secara konstan, akan mengakibatkan semakin besarnya konsumsi bahan bakar yang terbuang.

Salah satu cara agar menghemat bahan bakar adalah dengan mengatur putaran mesin yang ideal. Secara umum putaran yang disarankan adalah sekitar 2500-3000 rpm. Agar bisa mendapatkan putaran ini, injaklah pedal gas dengan pelan dan halus.

2. Jaga Jarak

jaga jarak nyetir - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

Kenapa jarak berpengaruh pada banyak dan tidaknya konsumsi bahan bakar? Jawabannya adalah ketika mobil Kamu terlalu dekat jaraknya dengan mobil lain yang ada di depan, maka ada kemungkinan Kamu melakukan rem mendadak.

Aktivitas rem mendadak dan kemudian menekan gas kembali ini akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Tarikan gas setelah dilakukan pengereman mendadak, membuat kinerja mesin menjadi berat sehingga butuh  bahan bakar yang lebih banyak untuk mengembalikan kecepatan.

Pada saat berkendara, usahakan untuk selalu menjaga jarak antara mobil yang Kamu kendarai dengan mobil yang ada di depan. Cara ini selain untuk menghemat bahan bakar, juga untuk meminimalkan resiko terjadinya kecelakaan, misalnya oleng, tergelincir, atau justru tertabrak.

3. Ikuti Batas Kecepatan

speedlimit - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

Cara menghemat bahan bakar saat berkendara yang paling efektif adalah dengan patuh pada tanda batas kecepatan yang telah ditentukan. Kamu bisa mempertahankan laju kendaraan secara stabil dan sesuai peraturan. Perhatikan tanda yang dipasang sepanjang jalan dan ikuti instruksinya.

Jika Kamu menambah kecepatan mobil, maka efisiensi bahan bakar yang digunakan pada mobil akan menurun sangat drastis. Tetaplah pada jalur yang sesuai dengan menaati ketentuan batas kecepatan yang ada di sepanjang jalan.

Selama berkendara, usahakan untuk tidak terlalu sering menginjak pedal sehingga menyebabkan akselerasi menjadi terlalu dalam. Ditambah lagi jika melakukan pengereman secara mendadak, maka bahan bakar akan semakin cepat habis.

4. Tambahkan Kecepatan Secara Bertahap

tambah kecepatan - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

Dalam perjalanan menggunakan mobil, perhatikan laju kendaraan agar tetap stabil. Jika Kamu sering berkendara melewati jalan tol, jangan pernah terlalu dalam menginjak pedal gas mobil. Jangan juga mengurangi kecepatan secara tiba-tiba.

Lebih disarankan untuk mengatur putaran gas secara bertahap. Tujuannya adalah agar mobil lebih hemat bahan bakar serta mendapatkan akselerasi yang diinginkan. Terlalu cepat menaikkan kecepatan akan membuat pembakaran bahan bakar semakin besar.

Usahakan untuk belajar menjaga kecepatan secara konstan. Jika terpaksa harus berhenti mendadak, maka naikkan kecepatan gas perlahan. Selain agar mesin tidak cepat rusak, juga efektif dalam mengatasi bahan bakar yang boros.

5. Gunakan Gigi yang Tepat

gigi yang tepat - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

Agar Kamu bisa hemat bahan bakar, maka pada saat mengendarai mobil harus menggunakan gigi yang tepat. Jangan mengemudikan mobil secara terus menerus menggunakan gigi rendah. Hal ini akan menaikkan kinerja mesin sehingga lebih boros BBM.

Begitu juga ketika melintasi jalan yang menanjak, misalnya ketika berada di perbukitan, jangan menggunakan gigi tinggi. Gantilah pada gigi yang lebih rendah, agar konsumsi BBM tidak berlebihan dan lebih hemat.

Pada mobil matic Kamu bisa menggunakan gigi pada posisi S atau L ketika melintasi jalan yang menanjak. Sedangkan pada mobil transmisi manual, dapat menggunakan gigi 1 atau 2. Usahakan untuk selalu mengatur posisi gigi yang tepat, sehingga konsumsi bahan bakar juga akan rendah.

6. Jangan Menghentikan Mobil dengan Kondisi Mesin Menyala Terlalu Lama

henti mobil - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

 

Meskipun banyak orang yang menyangkal tentang hal ini, namun menghentikan mobil dengan mesin yang masih menyala akan membuat BBM lebih boros. Meskipun saat ini banyak mobil yang telah dibuat dengan teknologi yang lebih canggih, namun ada baiknya matikan mesin jika berhenti lama.

Jika Kamu memang ingin berhenti dalam waktu yang lama, misalnya untuk beristirahat atau keperluan lainnya, matikan saja mesin mobil tersebut. Dalam perjalanan yang cukup jauh, tidak  bisa dipungkiri harus berhenti lama. Hematlah bahan bakar dengan mematikan mesin ketika beristirahat.

7. Bersihkan Saringan Udara

bersih filter - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

 

Saringan udara adalah salah satu komponen mobil yang perlu diberikan perawatan berkala. Lakukan pembersihan saringan udara agar bersih. Saringan yang kotor akan membuat tenaga dan efisiensi mesin menjadi menurun atau berkurang.

Kondisi tersebut akan menyebabkan lebih banyak lagi bahan bakar yang harus dikeluarkan. Pembersihan saluran udara ini bisa dilakukan ketika melakukan servis rutin. Periksalah apakah saringan udara tersebut masih layak digunakan atau tidak.

Jika didapatkan saringan udara telah rusak atau tidak dapat digunakan kembali, lebih baik ganti dengan saringan yang baru. Meskipun terlihat sepele, namun penting dalam menjaga performa mobil.

8. Gunakan Tekanan Angin yang Tepat

tekanan pd ban - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

 

Jangan asal menambahkan angin pada ban mobil ketika kempes atau kurang angin. Alasannya adalah, ban yang diisi dengan angin yang memiliki tekanan besar akan membahayakan pengendara selama berkendara.

Untuk bisa mendapatkan ukuran tekanan ban yang tepat, ikuti sesuai dengan rekomendasi dari pabrik. Ban yang diisi dengan tekanan yang tepat, akan memiliki kemampuan untuk menjelajah lebih jauh dengan jumlah bahan bakar yang lebih hemat.

9. Lakukan Service Secara Berkala

- cara menghemat bahan bakar saat berkendara

 

Perawatan mobil secara berkala, menjadi salah satu cara untuk menghemat bahan bakar selama berkendara. Lakukan servis mobil dengan cara tune up mobil. Pada saat melakukan servis, kotoran pada busi dan koil akan dibersihkan dan hilang.

Cara tersebut akan membuat putaran mesin menjadi lebih lancar. Hasil akhirnya adalah tenaganya menjadi lebih besar serta makin hebat dalam pemakaiannya. Namun usahakan untuk melakukan servis di bengkel yang terpercaya, agar hasilnya juga tidak mengecewakan.

10. Parkirkan Mobil di Tempat yang Teduh

tmpt teduh - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

 

Apa hubungannya hemat bahan bakar dengan parkir mobil? Secara ilmiah dijelaskan bahwa mobil yang ditempatkan pada tempat yang sejuk, akan membuat penguapan bahan bakar menjadi lebih sedikit. Sehingga bensin dalam tangki tidak akan menguap.

Ketika bahan bakar tidak mengalami penguapan, maka mobil akan lebih hemat bahan bakar. Selain itu, keuntungan parkir ditempat yang teduh adalah membuat cat mobil lebih terjaga kilapnya serta dapat menghindarkan dari tumbuhnya jamur.

11. Bawalah Barang Secukupnya

bawa barang - cara menghemat bahan bakar saat berkendara

 

Logikanya adalah semakin banyak barang yang Kamu bawa, akan semakin berat pula beban mobil. Hal ini akan menyebabkan akselerasi mobil juga semakin besar. Tentunya akan sangat berhubungan dengan bahan bakar, sehingga menjadi lebih boros.

Agar bisa tetap hemat bahan bakar, singkirkan barang-barang yang tidak terlalu penting dari dalam mobil. Jangan juga menempatkan barang di atap mobil, sebab akan menyebabkan hambatan angin menjadi lebih besar.

Adanya hambatan angin karena barang-barang tersebut, membuat laju kendaraan menjadi lebih lambat. Akibatnya adalah penggunaan bahan bakar akan semakin tinggi karena kinerja mesin menjadi lebih berat lagi.

Baca Juga : Pengemudi Wajib Tahu! Tips Menghindari Blind Spot Saat Berkendara

Perawatan dan beberapa catatan tersebut, menjadi cara menghemat bahan bakar saat berkendara yang efektif. Gunakan gigi yang sesuai dengan medan jalanan serta jangan menjalankan mobil dengan kecepatan tidak stabil. Aturlah putaran mesin agar kinerja mesin tidak berat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here