Cara mengendarai mobil listrik nampaknya sudah mulai harus diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, mobil elektrik memiliki prospek besar dan berpeluang besar menggeser penggunaan kendaraan beroda empat yang masih menggunakan bahan bakar fosil.

Ragam jenis mobil listrik dari waktu ke waktu memiliki banyak perubahan, terutama dari segi teknologi dan desain kendaraan beroda empat semakin ciamik. Mobil elektrik sendiri merupakan kendaraan beroda empat yang seluruh atau sebagian mesinnya digerakkan oleh baterai listrik.

Baca Juga : 3 Tipe Ban Motor Michelin Terbaru Beserta Perkiraan Harganya

Di Indonesia sendiri pemerintah sedang menyiapkan perubahan besar berkendara ini. Seperti halnya PLN sudah mulai menyiapkan tempat-tempat pengisian daya mobil elektrik, dengan harapan penggunaannya semakin luas.

Sebab, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan kendaraan beroda empat listrik. Terutama dampaknya terhadap lingkungan sekitar. Mobil jenis ini tidak mengeluarkan emisi berbahaya untuk lingkungan dan masih banyak lagi kelebihan akan dijelaskan lebih lanjut.

Mobil listrik juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis memiliki peluang keuntungan sangat besar di masa depan. Sebab, perlahan tapi pasti beberapa negara di dunia sudah mulai menganjurkan masyarakatnya menggunakan kendaraan beroda empat elektrik.

Kini, semua orang yang sudah peduli terhadap lingkungan mulai berganti dari kendaraan beroda empat konvensional ke mobil listrik. Sehingga, edukasi mengenai cara mengendarai mobil listrik sangat diperlukan. Berikut ini adalah tahapan-tahapan mengendarai mobil elektrik dengan sistem one pedal operation yang dijamin nyaman dan aman.

Langkah-langkah untuk Mengendarai Mobil Listrik

cara mengendarai mobil listrik

Mobil listrik sudah semakin banyak diminati ini tentu cara untuk mengendarainya harus diketahui. Berikut ini adalah langkah-langkah mengendarai kendaraan beroda empat elektrik yang harus Anda ketahui.

  1. Tekan Tombol Start-Stop dengan Rem

Sebelum mulai menjelajahi jalanan tentunya Anda harus menyalakan mobil ini terlebih dahulu. Cara menyalakannya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol start-stop bersamaan dengan menginjak pedal rem.

Layar digital pada kendaraan beroda empat Anda akan menyala dan menyapa. Tidak ada getaran atau suara mesin yang mengganggu, sehingga Anda akan merasa nyaman dan tenang. Setelah semua parameter siap, mobil Anda juga sudah siap untuk melaju.

  1. Geser Tuas Transmisi ke Kanan dan Bawah

Cara mengendarai mobil listrik berikutnya adalah menggeser tuas transmisi ke kanan kemudian ke bawah dalam posisi Anda masih menginjak pedal rem. Panel di instrumen akan menunjukkan huruf ā€˜Dā€™, huruf tersebut menunjukkan indikator posisi gigi.

  1. Tekan Tombol Switch Rem dan Angkat Kaki dari Pedal Rem

cara mengendarai mobil listrik kendaraan beroda empat akan melaju halus saat Anda menekan switch rem. Suara di dalam mobil akan hening dan tidak terdengar kebisingan sama sekali. Tetapi jangan khawatir orang di luar sana tidak mendengar laju mobil Anda. Pasalnya, mobil tetap akan mengeluarkan suara tapi tidak terdengar dari dalam.

Setelah kendaraan beroda empat melaju Anda hanya harus mengendalikannya agar tetap terkontrol. Seperti pengendalian rem dan gas tidak boleh lengah dikendalikan untuk menghindari kecelakaan lebih parah.

Pertimbangan Saat Membeli Mobil Listrik

cara mengendarai mobil listrik

Cara mengendarai mobil listrik sangat mudah membuat banyak orang ingin membelinya. Namun, ada beberapa hal harus kamu pertimbangkan sebelum membeli mobil listrik. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Pertimbangkan Jarak Bepergian Anda

Sebelum membeli mobil listrik, Anda harus memperhatikan jarak tempuh yang biasa Anda lakukan. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa sumber energi kendaraan beroda empat ini berasal dari listrik, sedangkan port pengisian daya untuk mobil listrik tidak banyak.

Sehingga mobil tidak aman dika dibawa untuk jarak jauh. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan kendaraan beroda empat hybrid. Cara mengendarai mobil listrik jenis ini sama mudahnya dengan jenis lain. Anda dapat menggunakan dua jenis energi yaitu listrik dan bahan bakar fosil. Jelas ini lebih aman.

  1. Infrastruktur di Daerah Anda

Infrastruktur ini berhubungan erat dengan ketersediaannya tempat pengisian daya untuk mobil elektrik. Di negara lain seperti Korea, infrastrukturnya sudah sangat maju dan hampir di tempat pengisian bensin pasti disediakan tempat pengisian daya untuk mobil listrik.

Untuk di Indonesia sendiri hal tersebut masih cukup jarang, meski di kota-kota besar sudah tersedia tempat-tempat pengisian daya. Anda dapat menyiasatinya dengan menjadikan rumah sebagai tempat pengisian daya pribadi.

  1. Biaya yang Harus Dikeluarkan

Selain hal-hal di atas, biaya juga harus diperhatikan dengan seksama. Sebab, biaya ini bukan hanya biaya pembelian atau biaya pajak saja. Namun juga biaya perawatan, biaya pengisian daya masih cukup mahal di Indonesia, dan biaya perbaikan saat terjadi kerusakan. Biaya tersebut pasti akan berbeda dengan kendaraan beroda empat konvensional.

Kelebihan dari Menggunakan Mobil Listrik

cara mengendarai mobil listrik

Selain kelebihan cara mengendarai mobil listrik yang mudah, kelebihan lainnya tidak akan kalah hebat. Pasalnya mobil kini sedang digadang-gadang akan mengubah budaya berkendara di masa depan ini hadir dengan kelebihan mengalahkan kendaraan beroda empat konvensional. Berikut ini adalah kelebihan kendaraan roda empat elektrik begitu luar biasa dan harus Anda ketahui:

  1. Lebih Hemat Dibandingkan Kendaraan beroda empat Konvensional

Kendaraan beroda empat elektrik memiliki ketahanan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan mobil dengan bahan bakar fosil. Ketahanan baterai ini juga sangat berpengaruh terhadap biaya pengisian daya yang harus dikeluarkan.

Berdasarkan penelitian yang sudah teruji, biaya dikeluarkan oleh kendaraan beroda empat konvensional pada durasi penggunaan waktu relatif sama yaitu dua kali lipatnya. Hal ini jelas menghancurkan stigma jika kendaraan beroda empat elektrik lebih mahal biaya pengisian dayanya

  1. Sangat Ramah Lingkungan

Tidak sama dengan mobil konvensional yang mengeluarkan emisi berupa karbon dioksida dan gas berbahaya lainnya, mobil listrik tidak mengeluarkan emisi tersebut. sehingga kendaraan beroda empat ini dijadikan sebagai solusi untuk menyelamatkan bumi.

Gas karbon dioksida dan karbon monoksida dihasilkan dari pembakaran bensin adalah gas pembentuk efek rumah kaca yang akan merusak lapisan atmosfer. Karena gas emisi kendaraan bermotor tersebut kini bumi mengalami pemanasan global parah.

Oleh sebab itu, sebagai salah satu upaya mengurangi pemanasan global dan efek buruknya, maka penduduk bumi harus mengurangi polusi udara penghasil gas efek rumah kaca. Maka, dengan cara mengendarai mobil listrik, Anda dapat mengurangi dampak tersebut.

  1. Teknologi Futuristik

Mobil listrik yang kini semakin berkembang maju, sudah meningkatkan teknologinya semakin maju. Teknologi digunakan selalu yang terbaru karena kendaraan beroda empat ini dirancang canggih agar orang-orang mulai berpaling dari kendaraan roda empat konvensional.

Ditambah dengan penyematan intellegent transport sistem menjadikan kendaraan beroda empat dengan energi elektrik memiliki keamanan yang sangat baik.

Kekurangan yang Dimiliki Mobil Listrik

cara mengendarai mobil listrik

Selain kelebihan, tentu saja mobil listrik memiliki berbagai kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki mobil listrik :

  1. Waktu Isi Ulang Lama

Untuk mengisi daya mobil hingga full memerlukan waktu hingga berjam-jam. Meski kini ada produsen kendaraan beroda empat yang mencoba mempersingkat pengisian daya mobil listrik, namun tetap membutuhkan waktu dalam hitungan jam.

Tentu waktu pengisian ini merupakan kekurangan besar dibandingkan dengan cara mengendarai mobil listrik yang mudah. Lamanya pengisian ini akan sangat mengganggu saat Anda sedang buru-buru tapi daya kendaraan beroda empat tinggal sedikit.

  1. Kecepatan yang Terbatas

Kekurangan lain dari kendaraan roda empat elektrik adalah kecepatannya tidak seganas mobil konvensional. Selain itu, kendaraan beroda empat ini juga tidak dapat leluasa di modifikasi untuk menambah kecepatan. Pasalnya saat ada kesalahan dalam modifikasi akan berisiko terjadi konsleting listrik

Baca Juga : Perkiraan Harga Ban Motor Matic Merk Lokal dan Internasional

Berbagai kekurangan dan kelebihan cara mengendarai mobil listrik mobil elektrik tentu saling melengkapi, karena kendaraan beroda empat ini masih memiliki peluang akan lebih baik lagi untuk masa depan yang lebih baik. Bagi Anda yang ingin mempelajari cara mengendarai mobil listrik tidak perlu takut karena sangat mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here