Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah

0
199
Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah
Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah

Cara membuka pintu mobil yang terkunci adalah sebuah cara yang harus Anda ketahui apabila mobil yang Anda gunakan tiba-tiba pintunya terkunci dengan sendirinya yang membuat Anda tidak bisa membuka pintu mobil tersebut. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Motor yang Cocok Untuk Anak Muda, Pasti Jadi Pusat Perhatian !

Jika sudah seperti ini maka yang harus Anda lakukan ialah mengakalinya dengan menggunakan beberapa cara yang ternyata bisa untuk membuka pintu mobil Anda tersebut. Sebelum itu kenali terlebih dahulu beberapa hal yang menyebabkan pintu mobil Anda terkunci dengan sendirinya. 

Beberapa Hal Menyebabkan Pintu Mobil yang Terkunci

Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah_Beberapa Hal Menyebabkan Pintu Mobil yang Terkunci
Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah_Beberapa Hal Menyebabkan Pintu Mobil yang Terkunci

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pintu mobil Anda terkunci. Faktor ini bisa terjadi oleh usia sebuah perangkat di mobil Anda ataupun akibat kesalahan pemakaian Anda sendiri yang tidak diketahui. Berikut ini beberapa faktor yang mengakibatkan cara membuka pintu mobil yang terkunci. 

  • Motor Penggerak yang Aus

Salah satu faktor penyebab yang pertama ialah motor penggerak pintu mobil yang Anda miliki aus. Meskipun tergolong sebuah perangkat yang awet, namun motor penggerak bisa saja mengalami kerusakan akibat beberapa hal. 

Anda bisa mengecek motor penggerak tersebut menggunakan tespen, untuk memastikan masih adakah aliran listrik yang mengalir pada motor penggerak tersebut. Atau bisa mengeceknya menggunakan remote control dengan cara melakukan buka tutup apabila penggerak bekerja cepat dan berbunyi nyaring maka penggerak tersebut masih normal. 

  • Gigi Penggerak atau Lengan Batang Rusak

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dapat Anda ketahui dahulu penyebab mobil Anda terkunci dengan sendirinya. Jika Anda sudah mengecek central lock mobil Anda dan ternyata masih aman, maka penyebabnya bisa kemungkinan terletak di gigi penggerak atau lengan batang pintu mobil tersebut. 

Untuk kasus ini terjadi akibat beberapa hal, kemungkinan besar ialah terjadi karena sudah termakan usia yang cukup lama, atau juga bisa terjadi akibat salah penggunaan central lock yang seenaknya membuka tutup pada waktu yang tidak tepat. 

  • Mengalami Benturan

Benturan keras juga dapat memicu pintu mobil yang Anda miliki menjadi sering terkunci dengan sendirinya. Hal ini disebabkan pada saat mobil mengalami benturan entah itu ditabrak ataupun lainnya, mengakibatkan posisi pada gigi berubah dan lengan batang menjadi bengkok. 

Meskipun pada saat mengalami benturan mobil tidak selalu mengalami pintu mobil yang dapat terkunci, namun hal ini tidak bisa Anda remehkan karena dengan adanya benturan akan mengakibatkan kerusakan pada sistem central lock pada mobil Anda. 

  • Akibat Kotoran Menumpuk dan Kabel yang Aus

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan sendirinya yang terakhir adalah dengan memastikan tidak ada kotoran yang menumpuk pada roda gigi dan lengan batang mobil Anda. Karena jika ada kotoran yang menumpuk hal ini akan mengakibatkan pintu mobil seret yang seharusnya Anda lumasi agar tetap lancar. 

Penumpukan kotoran juga dapat mengakibatkan kabel yang terdapat pada central lock menjadi cepat aus dan pada akhirnya mengalami kerusakan. Oleh karena itu Anda harus rajin mengecek kondisi pada sekitar central lock mobil Anda agar tidak mengalami masalah tersebut. 

Trik Mudah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah_Trik Mudah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci
Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah_Trik Mudah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Setelah mengetahui beberapa hal yang mengakibatkan pintu mobil menjadi terkunci, kali ini kami akan membahas tentang cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan cara yang mudah. Jika Anda mendapati pintu mobil Anda terkunci dengan sendirinya, maka jangan lah panik dan lakukan cara berikut ini. 

  • Menggunakan Gantungan Baju

Cara ini mungkin bisa Anda lakukan bila mobil Anda terkunci dan masih di sekitar lingkungan rumah. Caranya ialah dengan meluruskan gantungan baju tersebut dan setelah itu tekuk ujung gantungan baju tersebut dengan panjang 3-5 cm menyerupai bentuk pengait. 

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan gantungan baju ialah masukan gantungan baju tersebut lewat karet jendela pintu yang melindungi kaca mobil. Lalu turunkan sedikit ke bawah hingga Anda merasakan kail tersebut mengenai tuas pembuka pintu mobil. Terus tarik tuas tersebut hingga pintu berhasil dibuka. 

  • Menggunakan Tali

Cara ini mirip dengan cara di atas. Pertama siapkanlah tali yang tidak mudah putus, jika sedang berada di luar maka Anda bisa membuatnya menggunakan tali sepatu Anda. Ikatlah tali sepatu hingga menyerupai sampul yang gunanya untuk menarik tuas pembuka pintu mobil. 

Lalu masukan sedikit demi sedikit tali tersebut melalui celah kaca pintu mobil yang dilindungi karet. Setelah itu turunkan perlahan ke bawah hingga tali pengait tuas tersebut. Gerakan perlahan hingga tuas dapat ditarik dan pintu terbuka. Cara membuka pintu mobil yang terkunci tersebut sangat mudah dilakukan bukan. 

  • Menggunakan Ranting Pohon atau Besi

Lalu bagaimana jika mobil yang Anda miliki adalah mobil matic yang tidak memiliki tuas pembuka pintu mobil? Anda bisa menggunakan tangkai pohon atau besi guna membuka pintu mobil Anda yang terkunci dengan sendirinya. 

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan tangkai atau besi ialah dengan cara membuka paksa kaca pintu mobil sedikit untuk mendapatkan celah supaya ranting pohon atau besi bisa menekan tombol otomatis pembuka pintu pada mobil tersebut. 

  • Menggunakan Penggaris

Penggaris juga bisa berguna untuk membuka pintu mobil Anda yang terkunci dengan sendirinya. Caranya ialah dengan membuka melalui karet pintu mobil dan menekan panel pembuka pintu dengan cara terus menekan hingga pintu terbuka. 

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan cara membuka karet pintu mobil sangat mudah dilakukan dan aman. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena karet pada pintu mobil sangat mudah dibuka dan di copot sehingga sangat aman untuk kondisi darurat seperti hal tersebut. 

  • Menggunakan Bola Tenis

Bola tenis juga ternyata bisa digunakan pada saat kondisi darurat yakni pada saat pintu mobil Anda tidak bisa dibuka alias terkunci. Meski hanya sedikit orang yang bisa melakukannya namun tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. 

Cara membuka pintu mobil yang terkunci ialah dengan cara melubangi bola tenis tersebut dengan pisau atau obeng. Lalu arahkan bola tenis ke gagang pintu mobil dan genggam yang kuat dan teruslah mencobanya hingga pintu mobil Anda bisa terbuka. 

  • Menggunakan Obeng

Cara yang terakhir adalah menggunakan obeng. Namun jika Anda menggunakan cara ini pastikan Anda berhati-hati karena dengan menggunakan obeng bisa merusak eksterior pada mobil Anda tersebut, sehingga lakukanlah dengan cara perlahan namun pasti. 

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan obeng hampir sama seperti menggunakan penggaris, yakni tinggal Anda buka karet pelindung pintu mobil Anda kemudian tinggal Anda tekan tuas pembuka pintu mobil hingga pintu mobil berhasil terbuka. 

Solusi Agar Auto Lock Pada Mobil Tetap Berfungsi dan Awet

Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah_Solusi Agar Auto Lock Pada Mobil Tetap Berfungsi dan Awet
Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah_Solusi Agar Auto Lock Pada Mobil Tetap Berfungsi dan Awet

Auto lock adalah sebuah sistem yang menjadi mekanisme buka dan tutup pada sebuah mobil. Auto lock harus Anda perhatikan perawatannya agar mobil Anda tidak mengalami masalah seperti pintu mobil yang tidak bisa dibuka karena pada sistem auto locknya bermasalah. Berikut ini adalah beberapa solusi untuk merawat auto lock pada mobil. 

  • Selalu Periksa Kawat Penghubung

Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan sistem auto lock mobil Anda bekerja dengan baik. Dan salah satunya ialah dengan memeriksa kawat penghubung pada pintu mobil Anda. 

Untuk memeriksanya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Anda tinggal membuka door trim pintu mobil untuk memastikan auto lock berfungsi. Kemudian pastikan juga kawat penggerak dan penutup pintu juga berfungsi. 

  • Periksa Kabel Kawat Apakah Ada yang Putus atau Tidak

Pada saat pengecekan auto lock pada mobil, Anda juga harus memperhatikan bilamana ada kawat yang putus atau tidak. Karena jika terdapat kawat yang putus maka auto lock pada mobil akan mengalami masalah. 

Jika terdapat kawat yang putus maka segera lah ganti kawat tersebut menggunakan kawat yang baru. Anda bisa mengganti kawat tersebut dengan sendirinya dan membeli kawat tersebut di toko perlengkapan mobil. 

  • Cek Apakah ada Kawat yang Putus di Ujung

Cara yang terakhir untuk memastikan sistem auto lock pada mobil Anda bekerja dengan benar yaitu dengan memastikan apakah ada kawat yang putus di ujung. Jika ada maka ulirlah kawat tersebut hingga kembali bisa dikaitkan dengan baut. 

Baca juga: Mobil Bekas di Bawah 100 Juta yang Bagus

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah seperti pintu mobil tidak bisa dibuka alias terkunci, dan cara penanganan yang benar agar pintu mobil tidak mengalami hal tersebut. Setelah membaca artikel ini ternyata terdapat banyak cara membuka pintu mobil yang terkunci. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here