Ban Mobil yang Cocok di Musim Hujan, Penting untuk Keamanan

0
108
ban mobil yang cocok di musim hujan
ban mobil yang cocok di musim hujan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih ban mobil yang cocok di musim hujan. Ketika musim hujan datang biasanya akan membuat permukaan jalan menjadi lebih licin. Tentu saja hal ini harus mendapatkan perhatian tersendiri untuk meningkatkan keamanan ketika berkendara.

Baca juga: Ban Mobil yang Cocok di Iklim Indonesia dan Rekomendasinya

Karena jalan yang licin ini bisa menyebabkan roda menjadi slip, sehingga kendaraan lebih sulit untuk dikendalikan. Hal tersebut tentunya bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan di jalan raya. Oleh karena itu ketika musim hujan datang, kalian harus melakukan pengecekan terhadap kondisi.

Ban sangat penting untuk memastikan jika kalian menggunakan jenis ban yang tepat serta masih memenuhi standar kelayakan. Ini sangat penting demi keamanan, karena dalam berkendara hal paling utama yaitu keamanan.

Tips Memilih Ban Mobil yang Cocok di Musim Hujan

ban mobil yang cocok di musim hujan

Tidak bisa dipungkiri keadaan jalan di Indonesia belum sepenuhnya bagus. Oleh karena itu, berkendara pada musim hujan di jalan-jalan Indonesia membutuhkan perhatian khusus.

Roda merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan yang akan bergesekan secara langsung dengan permukaan jalan. Permukaan jalan licin ketika musim hujan, tentunya akan sangat membahayakan ketika menggunakan ban dengan kualitas buruk.

Ketika musim hujan datang, pastikan untuk melakukan pengecekan apakah sudah aus atau belum. Jika memang sudah aus segera lakukan penggantian dengan yang baru. Ini penting demi keamanan, apalagi ketika kalian sering melakukan perjalanan jarak jauh.

Karena permukaan ban sudah aus ini akan menyebabkan lebih mudah slip. Jika terjadi pada waktu yang tidak tepat mungkin saja bisa membahayakan jiwa.

Tipe ban mobil yang cocok di musim hujan yaitu memiliki daya cengkram tinggi. Oleh karena itu kalian tidak boleh sembarangan dalam memilih tipe. Sekarang ini ada berbagai macam tipe di pasaran.

Tentu saja setiap tipe memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Tipe ban dengan daya cengkram tinggi biasa ditemukan pada ban ultra high performance. Mungkin saja harganya sedikit lebih mahal tetapi kemampuannya lebih baik dibandingkan dengan ban biasa.

Ini akan sangat berguna untuk memberikan kenyamanan ketika berkendara pada musim ekstrim. Tentunya tidak ada masalah mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk mendapatkan keamanan saat berkendara.

Ban dengan tipe ultra high performance ini memiliki kemampuan serta daya tahan lebih baik untuk melakukan berbagai macam kondisi jalan. Pada awalnya tipe ini dikembangkan hanya untuk keperluan balap.

Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman akhirnya juga dipergunakan untuk keperluan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan memang kebutuhan akan ban dengan kualitas tinggi semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

Rekomendasi Ban Mobil yang Cocok di Musim Hujan

ban mobil yang cocok di musim hujan

Memilih ban paling tepat dalam melintasi jalanan di musim hujan memang bukan merupakan pekerjaan mudah. Ada beberapa hal perlu diperhatikan supaya tetap bisa memberikan kenyamanan saat berkendara serta keamanan.

Akan tetapi Kalian tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada banyak sekali produsen yang menciptakan ban dengan kemampuan mumpuni di musim hujan. Berikut beberapa rekomendasi ban mobil yang cocok di musim hujan.

Bridgestone Turanza

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu merek terbaik di dunia Bridgestone. Tentu saja salah satu tipe yang dikembangkan itu memiliki kemampuan sangat baik untuk melintasi jalan basah yaitu turanza.

Dengan menggunakan desain celah alur lebar, ini menyebabkan memiliki kemampuan sangat efektif untuk memecah genangan air. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya aquaplaning ketika musim hujan.

Selain memiliki kemampuan bagus ketika musim hujan, ternyata juga memiliki kemampuan tidak kalah bagusnya ketika musim panas. Hal tersebut dikarenakan memiliki kandungan blok segitiga pada alur sehingga bisa menjaga kestabilan serta traksi.

Salah satu teknologi yang tersemat pada ban mobil yang cocok di musim hujan ini yaitu flat contact patch. Ini merupakan teknologi yang akan membuat tingkat keausan bisa diminimalisir sehingga memiliki daya tahan lebih lama ketika digunakan.

 Ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian ketika sedang mencari ban tangguh untuk musim hujan maupun musim panas. Harganya sendiri bisa dikatakan masih sangat terjangkau untuk semua kalangan.

GT Radial Champiro Luxe

ban mobil yang cocok di musim hujan

Rekomendasi ban mobil yang cocok di musim hujan selanjutnya yaitu GT Radial Champiro Luxe. Bisa dikatakan jika spesifikasinya itu sudah sangat mumpuni untuk melintasi lintasan basah.

Contohnya saja seperti bagian polanya berbentuk asimetris. Itu sangat berguna supaya memiliki traksi yang baik dalam melintasi lintasan basah. Selain itu juga sudah menerapkan 3D Edge serta step down block pattern untuk mengurangi hydroplaning.

Tapi kekurangannya hanya tersedia dalam satu ukuran saja. Harganya sendiri berkisar 680.000. Dengan berbagai macam keunggulannya, tentu saja tipe ini juga cocok dipertimbangkan ketika kalian mencari ban untuk lintasan basah di musim hujan.

Bridgestone Potenza

ban mobil yang cocok di musim hujan

Bridgestone Potenza juga menjadi salah satu ban mobil yang cocok di musim hujan. Pattern pada ban ini akan membuat kendaraan lebih mudah untuk dikendalikan pada saat jalan basah atau kering.

Kandungan kevlar flipper serta hybrid spiral pada ban ini juga menyebabkan daya cakram lebih tinggi. Hal itu tentunya sangat berguna terutama saat berkendara pada kecepatan tinggi.

Dengan menggunakan tipe ini akan sangat berguna untuk meningkatkan daya pengereman saat melintasi Jalan basah. Tentu saja Ini bisa meningkatkan keamanan saat berkendara.

Tipe ini umumnya cocok digunakan untuk mobil sport atau sedan sport. Harganya sendiri bisa dikatakan sesuai dengan kualitasnya yaitu sekitar 1,2 sampai 4,5 juta.

Dunlop Veuro VE302

ban mobil yang cocok di musim hujan

Rekomendasi ban mobil yang cocok di musim hujan berikutnya yaitu Dunlop Veuro VE302. Tipe ini sengaja diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara saat menggunakan kendaraan mewah.

Salah satu keunggulan dari tipe ini yaitu memiliki tingkat kebisingan sangat rendah. Stabilitasnya juga sangat baik ketika digunakan untuk melintasi jalan basah. Sehingga kalian tidak perlu khawatir ketika memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

 Selain Itu desainnya juga sangat keren, menggunakan pola telapak. Terdapat beberapa ukuran tersedia yaitu ring 16, 17, dan 18. Untuk harganya sendiri yaitu sekitar 900 ribu sampai dengan 1,5 juta.

Michelin Pilot Sport 4

ban mobil yang cocok di musim hujan

Rekomendasi ban mobil yang cocok di musim hujan terakhir yaitu Michelin pilot sport 4. Perlu diketahui ini merupakan tipe ban premium yang diciptakan oleh Michelin khusus untuk jalanan di Indonesia.

Untuk harganya sendiri juga masih dibilang sangat terjangkau berkisar antara 1,2 sampai 1,6 jutaan. Ada berbagai macam ukuran tersedia dari mulai ukuran ring 16, ring 17, dan ring 18.

Dengan berbagai macam fitur yang dimiliki membuat ban ini memiliki daya cengkram sangat baik. Karena memiliki daya cengkram sangat baik membuat jarak pengereman juga lebih pendek dibandingkan dengan merek lainnya.

Fakta unik lainnya yaitu desainer dibuat dengan sangat unik yaitu menyerupai ban yang digunakan untuk balapan Formula E. Walaupun begitu kalian tidak bisa menggunakannya untuk balapan, karena memang penggunaannya untuk jalanan sehari-hari.

Pola tapak ultra reaktif pada ban mobil yang cocok di musim hujan ini merupakan adaptasi dari ban yang digunakan untuk balapan. Jadi jangan heran ketika kemampuannya sangat baik untuk melipat berbagai macam kondisi lintasan di Indonesia.

Baca juga: Ganti Ban Mobil Lebih Lebar Biar Tidak Boros Bensin Ternyata Banyak Pertimbangannya

Keamanan menjadi salah satu faktor penting yang harus selalu di nomor satukan ketika berkendara. Oleh karena itu, ketika musim hujan datang memang kalian perlu melakukan beberapa persiapan.

Ketika memang selama ini belum menggunakan ban berkualitas untuk melintasi jalanan basah sebaiknya kalian mempertimbangkan mengganti dengan ban baru. Ini sangat penting terutama bagi keselamatan jiwa.

Jika memang sudah menggunakan ban bagus untuk jalanan basah lakukan pengecekan apakah sudah aus atau belum. Selain itu, kalian juga perlu melakukan beberapa pengecekan lainnya untuk memastikan keamanan saat berkendara.

Karena sangat merugikan ketika terjadi kecelakaan akibat kesalahan dalam memilih ban. Ini mungkin aspek sederhana tetapi sangat sering dilupakan oleh para pengguna kendaraan saat menghadapi musim hujan.

Kalian tentunya harus memahami jika ban merupakan salah satu komponen penting di dalam sebuah kendaraan dan akan sangat mempengaruhi kenyamanan serta keamanan. Beberapa ban mobil yang cocok di musim hujan dari kita, mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini