Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara

0
137
Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara
Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara

Mobil manual terbaik masih laris dipasaran, karena peminat mobil manual tetap banyak, terutama dari kalangan penggemar otomotif. Walaupun saat ini mobil matic sudah mulai membanjiri jalan raya, versi manual tetap dihadirkan oleh produsen mobil.

Baca Juga: Mobil Matic Terbaik Cocok untuk Wanita dengan Harga Murah

Hal ini karena banyak kelebihan mobil manual yang tidak bisa disamai oleh mobil matic, sehingga transmisi manual ini tidak bisa dipandang remeh. Mengendarai mobil manual memang tidak semudah matic, tetapi justru hal ini memberikan keseruan tersendiri.

Ketika Anda mengendarai mobil manual terbaik di jalan raya, pengalaman berkendaranya jauh lebih memuaskan. Matic tampak monoton, karena hanya ada gas dan rem. Sedangkan mobil manual memiliki kopling, jadi pengendara bisa mengatur laju mobil sesuai gayanya masing-masing. 

Mobil manual disukai karena ketangguhannya, terutama dalam melewati berbagai jenis medan. Bahkan walaupun jalanan sedang banjir, kendaraan dengan transmisi manual ini tetap mudah melaluinya. Jika Anda bingung memilih kendaraan, ada baiknya pertimbangkan mobil manual. 

Komponen Mobil Manual dan Cara Kerjanya

Mobil manual biasanya memiliki lebih banyak komponen untuk menggerakkan mesin tersebut, mulai dari poros input transmisi, gigi transmisi, garu pemindahan, tuas penghubung, counter gear, hub slave, dan masih banyak lagi. Seluruh komponen tersebut bekerja dengan cara digerakkan secara manual.

Disebut manual karena pengemudi harus memindahkan gigi ketika kendaraan sudah melaju, dan sebelum gigi dipindahkan, harus menekan kopling terlebih dahulu. mobil manual terbaik memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan juga, sehingga tetap banyak peminat. 

Mayoritas mobil manual memiliki gigi percepatan mulai dari 3 hingga 6, dan harus selalu disesuaikan dengan kecepatan laju mobil. Gigi angka kecil digunakan ketika kendaraan melalui jalanan menanjak, atau untuk tugas berat.

Sedangkan gigi angka besar digunakan untuk membuat laju kendaraan semakin kecil. Dibutuhkan skill berkendara yang baik, agar mobil manual terbaik ini bisa memberikan kenyamanan bagi penumpang. Jika tidak mahir melakukan perpindahan gigi, komponen mesin bisa cepat rusak, dan sangat tidak nyaman di atasnya. 

Jika Anda terbiasa membawa mobil dengan kecepatan tinggi, maka mobil manual jauh lebih baik, karena giginya bisa disesuaikan dengan kecepatan. Matic umumnya hanya menang start, tetapi untuk perjalanan jauh, manual jauh lebih unggul. 

Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Favorit Banyak Orang

Mobil manual juga banyak digunakan di area perkotaan, meskipun ketika jalanan macet bisa menyebabkan kaki cepat lelah. Walaupun demikian, transmisi manual ini memiliki keunggulan, yang membuatnya selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan. 

  • Perawatan Mobil Manual Mudah dan Irit Bahan Bakar

Banyak orang lebih memilih mobil manual karena dari segi perawatan jauh lebih mudah, sehingga mobil jadi awet dan tahan lama. Kebanyakan teknisi atau bengkel lebih mahir menangani mobil manual, sehingga saat ada kerusakan mudah menanganinya. 

Mobil manual terbaik juga irit dalam konsumsi bahan bakar, hal ini karena sistem manual yang dilengkapi dengan engine brake membuat pengemudi tidak perlu terlalu sering menginjak rem. Apa lagi jika tipe mesinnya solar, maka konsumsi bahan bakarnya jauh lebih irit. 

  • Segala Medan Mudah Dilalui

Jika Anda mengendarai mobil manual, tidak perlu khawatir untuk melalui berbagai jenis medan. Bahkan mobil offroad semuanya menggunakan transmisi manual, karena sistem ini yang membuat mobil jadi lebih bertenaga, dan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Jika jalanannya menanjak atau curam, maka Anda hanya perlu memindahkan gigi ke gigi 1 atau jika tanjakannya rendah, Anda dapat menggunakan gigi dua. 

Memang hal ini membutuhkan keahlian, tetapi jika Anda sudah menguasainya, dijamin lebih memuaskan mengendarai mobil manual terbaik dibanding matic. 

  • Engine Brake Kuat Membuat Berkendara Lebih Aman

Dari segi keamanan bisa dibilang transmisi manual jauh lebih aman dibanding matic, terutama saat melewati turunan curam. Ketika menggunakan matic, Anda harus menginjak rem sedalam mungkin, sedangkan pada manual, terkadang tidak perlu menginjak rem.

Hal ini karena sistem engine brakenya jauh lebih kuat, jadi pengemudi tidak perlu menekan rem terlalu dalam. Artinya sistem pengereman otomatis dari mobil manual terbaik ini membuat berkendara jadi lebih aman. Transmisi manual memastikan mobil selalu mengedepankan keamanan. 

  • Harga Jual Tetap Tinggi

Keuntungan lain dari mobil dengan transmisi manual adalah harga jualnya tetap tinggi. Biasanya jika Anda sudah mahir mengendarai mobil manual pasti bisa juga mengendarai mobil matic. Sedangkan paham mobil matic belum tentu bisa mengendarai mobil manual. 

Harga juga yang tinggi ini membuat mobil manual bekas masih tetap laris. Jadi tidak perlu ragu ketika ingin membelinya, karena jika sesuai dengan kebutuhan, pasti mobil manual terbaik ini akan menemani hari-hari Anda. 

Perawatan Penting Pada Mobil Manual 

Walaupun mobil manual umumnya lebih bandel dibanding matic, tetap saja perawatan intens diperlukan. Semakin mobil tersebut terawat dengan baik, maka usia mesin semakin panjang. Kenyamanan berkendara tetap terasa berkat perawatan maksimal tersebut. 

Salah satu perawatan penting ketika memiliki mobil manual adalah pastikan rutin mengecek timing beltnya. Timing belt merupakan komponen yang tugas utamanya meneruskan putaran roda gigi ke internal mesin. Jika timing belt kondisinya buruk, mobil manual terbaik ini bisa kurang nyaman saat dipakai.

Bahkan bisa juga menyebabkan kerusakan mesin hingga kecelakaan. Oleh karena itu timing belt tersebut harus rutin dicek kondisinya. Timing belt perlu diganti jika sudah terdengar suara bising dari mesin saat menyala. 

Tips perawatan penting lainnya ketika menggunakan mobil manual adalah sesekali pastikan untuk memacu mobil dalam kecepatan tinggi. Mobil manual perlu digas sedalam mungkin sesekali untuk memastikan kerak pada knalpot tidak mengendap.

Menekan gas sedalam mungkin juga membuat mesin semakin sehat, karena semua komponennya dipaksa bekerja maksimal. Ketika mobil manual terbaik dirawat dengan intens, usianya pasti melampaui mobil matic secara umum. 

Mobil Manual Harga Murah Terbaik Saat Ini

Pilihan untuk mobil manual masih tetap banyak di pasaran, terutama karena selalu ada peminat setiap segmen mobil ini. Dari semua merek biasanya tipe transmisi manual tetap dihadirkan. Beberapa pilih mobil manual saat ini adalah sebagai berikut:

  • Daihatsu Sigra 1.2 R MT

    Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara_Daihatsu Sigra 1.2 R MT
    Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara_Daihatsu Sigra 1.2 R MT

Daihatsu Sigra 1.2 R MT tipe manual merupakan pilihan terbaik saat ini karena harganya sangat bersahabat serta banyak fitur-fitur modern disematkan pada mobil ini. Kecepatan mesinnya sendiri hingga 1197 cc, sehingga masih mampu menempuh perjalan jauh.

mobil manual terbaik ini memiliki kapasitas 7 hingga 8 penumpang, dan ruang kakinya masih sangat lega. Desainnya dibuat sporty, dan pilihan warnanya banyak yang warna cerah. Teknologi DOHC Dual VVT-I tipe 3NR-VE pada mesin membuat tenaga besar dan bahan bakar tetap irit.

Mobil ini dirancang agar tetap memberikan kenyamanan bagi pengendara, serta cocok untuk jalanan perkotaan hingga jalanan desa. Mobil ini selalu menjadi favorit banyak orang karena keunggulannya. 

  • Daihatsu All New Terios X MT Deluxe

    Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara_Daihatsu All New Terios X MT Deluxe
    Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara_Daihatsu All New Terios X MT Deluxe

Jenis lain dari mobil manual yang juga cocok menjadi pilihan utama adalah Daihatsu All New Terios X MT Deluxe. Mobil ini merupakan keluaran terbaru dengan spek yang sangat unggul dibanding kompetitor. 

Jenis penggerak pada mobil ini sudah 4WD, sehingga tidak masalah melewati jalanan ekstrim. Kapasitas mesinnya 1496 cc 1.5 liter. Sistem suplai bahan bakarnya sudah menggunakan EFI, sehingga sangat irit dan tangguh. 

Torsi dan tenaga maksimal yang mampu dihadirkan mobil manual terbaik ini mencapai 139/104. Desain mobil ini dibuat gagah dan sporty, sehingga sangat cocok dipakai untuk perjalanan jauh atau keperluan sehari-hari. 

  • Mazda XC-7

    Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara_Mazda XC-7
    Alasan Mobil Manual Terbaik Jadi Pilihan Utama Berkendara_Mazda XC-7

Mazda XC-7 juga menjadi salah satu mobil manual yang banyak direkomendasikan terutama karena harganya relatif murah. Mobil yang sudah menggunakan penggerak FWD 4 silinder ini sangat tangguh dan mampu melewati berbagai jenis medan. 

Kapasitas memang hanya mampu menampung 5 orang, sehingga ukuran mobil juga tidak terlalu besar. Meski demikian, mobil manual terbaik ini sudah memiliki 6 speed, jadi tangguh dibawa di jalan tol ataupun menempuh perjalanan jauh.

Salah satu keunggulan dari Mazda XC-7 ini adalah fitur-fiturnya sangat banyak, terutama fitur keselamatannya. Desainnya juga dibuat sporty dan modern, sehingga cocok untuk anak muda. Mobil dengan transmisi manual ini tetap nyaman dipakai di area perkotaan yang macet.

Baca Juga: Perbandingan Antara Mobil Matic dan Manual Secara Jelas

Mobil manual selalu memiliki keistimewaan yang membuat tidak kalah saing dengan matic. Tentu kekurangannya juga ada, sehingga perlu memperhatikan kebutuhan saat ingin membelinya. Yang pasti adalah mobil manual terbaik bertenaga, awet, dan perawatannya mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here