5 Alasan Memilih Mobil Odyssey Yang Perlu Kalian Tahu

0
47
mobil odyssey

Mobil Odyssey merupakan sebuah mobil MPV dengan seven seater. Menjadikannya sebagai mobil keluarga yang memberikan kenyamanan super dengan desain yang mewah. Odyssey juga dilengkapi dengan beragam fitur yang modern dan mumpuni.

Baca Juga : Mitsubishi Luncurkan Mobil Pajero Sport 2021 Tahun Ini

Awal Odyssey Hadir di Indonesia

mobil odyssey

Mobil odyssey adalah mobil besutan Jepang. Pertama kali rilis pada tahun 1994 dan terus beredar sampai ke Indonesia hingga kini. Selama dua puluh enam tahun beredar, odyssey telah beberapa kali mengalami perubahan dan penyempurnaan. Berikut ini akan diulas secara singkat tentang riwayat odyssey hingga sampai ke Indonesia.

  1. Generasi Pertama

Mobil odyssey pertama kali diperkenakan ke dunia menggunakan mesin penggerak Four Wheel Drive yang kemudian disingkat menjadi 4WD. Awal diperkenalkan, odyssey sudah dengan desain kursi tiga baris, dan menyasar ke golongan mobil jenis MPV. Di benua Eropa odyssey generasi pertama ini, lebih dikenal sebagai Honda Shuttle.

Kemudian ditahun 1997 ada sedikit perombakan kecil pada bagian mesin dan atap mobil. Yakni menggunakan atap jenis sunroof pada tipe L dan Aero, dan menggunakan teknologi mesin 3.0L V6 J30A.

  1. Generasi Kedua

Memasuki akhir tahun 1999, mobil odyssey generasi kedua mulai memasuki pasaran dengan dimensi yang lebih besar. Sehingga kenyamanan menjadi hal mutlak yang ditawarkan olehnya.

Mobil generasi kedua ini diproduksi dan dipasarkan ke wilayah negara Jepang dan Australia. Juga dipasarkan secara khusus ke Negara China dengan permintaan stang kemudi ditempatkan di bagian kiri mobil. Sesuai dengan kebijakan otomotif yang berlaku.

Mobil generasi kedua ini juga masuk ke pasar otomotif Indonesia. Tetapi karena masih menggunakan mesin digenerasi pertama, maka permasalahan utamanya tetap berulang, yaitu boros BBM.

Di tahun 2000, mobil odyssey mencatatkan diri sebagai mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima kecepatan bermesin 3L.

  1. Generasi Ketiga

Di generasi ketiga, mobil odyssey dibekali dengan mesin i-VTEC berkapasitas 2.4L, bertenaga maksimal 160 PS. Di generasi ini ada 2 varian transmisi yang digunakan, yaitu transmisi otomatis pada 4WD, dan tranmisi CVT pada 2WD. Terkecuali untuk tipe odyssey absolute dan beberapa model ekspor lainnya.

Pabrikan merilisnya di bulan oktober 2003 di Jepang. Kemudian setelahnya menyusul rilis di beberapa Negara lainnya, dengan berbagai penyesuaian iklim otomotif Negara tujuan. Seperti contoh, mobil yang dirilis di Jepang, sudah dilengkapi dengan fitur Cruise Control.

Odyssey generasi ketiga terkenal sepanjang masa. Keberadaannya tiada lekang oleh waktu. Ia memiliki tempat khusus dihati para fansnya. Pasalnya perpaduan mesin dengan tranmisi yang digunakan. Mampu menjadikan odyssey sebagai MPV berperforma nyaman sulit tergantikan.

Bahkan dari sisi pemakaian bahan bakar pun generasi odyssey ketiga terbilang irit.

  1. Generasi Keempat

Di bulan oktober 2008, mobil generasi ke empat diluncurkan di Jepang. Masih dengan spek mesin dan tranmisi yang sama. Namun dibuat menjadi lebih gahar tarikannya dengan tingkat konsumsi bahan bakar rendah.

  1. Generasi Kelima

Pada September 2003, diluncurkan mobil odssey dengan generasi terbaru. Hal ini ditambah dengan perubahan besar besaran pada bagian pintu mobil. Pasalnya akses pintu penumpang dibuat menjadi pintu geser.

Hal ini ditunjang dengan desain yang lebih dinamis, dan modern. Menjadikannya sebagai mobil van berkualitas premium.

Delapan Alasan Harus Memilih Mobil Odyssey

mobil odyssey

Odyssey berarti sebuah perjalanan, atau petualangan. Bisa dikatakan odyssey memiliki nilai filosofis yang mendalam. Diciptakan dengan model MPV, odyssey layak dengan penamaan tersebut. Pasalnya, mobil besutan Honda ini, memiliki tujuan mampu mendampingi perjalanan keluarga para user-nya.

Setelah mengetahui riwayat perjalanan mobil odyssey selama dua puluh enam tahun ke belakang. Maka inilah delapan alasan mengapa harus memilih mobil odyssey sebagai mobil pilihan keluarga Indonesia.

Pada generasi terbaru, odyssey memiliki desain yang semakin menawan. Baik dipandang dari sisi luar, maupun dari sisi dalam.

Pada bagian luar, kemewahan mencolok ada pada bagian sisi depan. Terlihat dari penempatan grill baru, yang desainnya menyatu alami dengan desain lampu yang kini menggunakan LED Projector Headlamp dan LED Daytime Running. Kemudian dibagian bawah ada air intake dan LED Fog Lamp yang menambah kesan sporty.

Kemudian pada bagian samping, ada perubahan besar dibagian pintu penumpang. Awalnya pintu ini dibuat sama seperti kebanyakan mobil lainnya, yaitu dengan model bukaan ke samping luar. Namun kini diubah menjadi model bukaan geser ke samping belakang.

Hal ini masih ditambah dengan penambahan aksen lighting, yang berfungsi sebagai penerangan saat naik dan turun kendaraan. Sehingga mampu menambah pesonanya.

  1. Desain Interior Mobil Odyssey Mengutamakan Kenyamanan

Dalam mendesain interior odyssey, pabrikan Honda selalu mengutamakan kenyamanan pengguna. Untuk itu, interior mobil odyssey menggunakan bahan material yang terbaik.

Hampir keseluruhan muka mobil odyssey bagian dalam dilapisi oleh material kulit yang empuk dan halus. Tidak ketinggalan pula jenis kursi yang dipakai merupakan ottoman seat. Keunggulan kursi jenis ini adalah bisa diatur sesuai keinginan penumpang. Di bagian pengemudi juga ada arm rest yang dibuat nyaman.

Hal lainnya yang menjadi nilai lebih pada new odyssey generasi terbaru adalah tersedianya lubang pengecasan untuk smartphone pengguna, atap mobil yang menggunakan sunroof dan aksen trizone pada pengaturan ac yang mampu menambah kesan kemewahan yang futuristik pada dashboard mobil.

  1. Memiliki Ruang Kabin dan Bagasi Luas

Seperti yang sudah diketahui, bahwa odyssey merupakan mobil berkelas MPV, dengan tiga baris kursi berdimensi besar. Kemudian segmentasi pasar yang disasarnya pun adalah mobil keluarga. Maka daripada itu, keunggulan utama dari mobil odyssey adalah ruang kabin dan bagasi yang luas.

Sesuai dengan penamaannya, odyssey menawarkan sebuah kenyamanan dan kepraktisan dalam perjalanan berpetualang. Sehingga odyssey pantas untuk menjadi mobil pilihan keluarga Indonesia.

  1. Dibekali Fitur Lengkap

Digadang gadang sebagai mobil keluarga, menjadikan Honda secara fokus memberikan bekal yang terbaik. Mulai dari fitur hiburan, navigasi, keamanan, dan sebagainya.

Berikut ini ulasan mobil odyssey secara ringkas dari berbagai fitur tersebut.

  1. Fitur Hiburan

Pada mobil odyssey, fitur hiburan yang ditanamkan adalah tersedianya head unit 7 inch, yang kompatibel untuk memutar berbagai format musik. Baik itu berupa CD/DVD, FM Radio, juga konektivitas lainnya. Seperti dengan smartphone, bluetooth, multi kamera, dan sensor parkir.

  1. Fitur Navigasi

Odyssey dibekali dengan sistem built in GPS Navigasi.

  1. Fitur Keamanan

Honda terkenal sebagai produsen mobil yang sangat aware dengan keamanan. Ini menjadikan mobil odyssey tidak luput dari pembekalan fitur keamanan yang komplit. Seperti fitur pengereman otomatis ABS, EBD, dan BA. Lalu tersedia juga fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Selain itu, Honda juga membekali odyssey ini dengan enam jenis airbag disetiap posisinya. Yakni Dual SRS Airbag, Side Airbags, dan Side Curtain Airbags untuk melindungi seluruh orang yang berada dalam mobil.

  1. Fitur Tambahan Lainnya

Fitur lainnya yang ditambahkan pada New Odyssey antara lain, yakni atap model sunroof beserta sunroof monitornya, audio steering switch, one push ignition system, paddle shift, ECON mode, cruise control, seat adjustment driver dan seat adjustment passanger.

  1. Hemat Bahan Bakar

Sejak hadirnya generasi ketiga, mobil odyssey mengalami ubahan dibagian mesin. Hal ini menjadikannya lebih irit bahan bakar. Sehingga odyssey sangat direkomendasikan untuk dipilih sebagai mobil keluarga.

Bagaimana tidak? Pada New odyssey, mesin yang dibekali berkapasitas 2.4 liter, dengan 4 silinder, I-VTEC DOHC, 16 katup + DBW. Sehingga klaimnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 174 HP, dengan putaran mesin 6.200 rpm, dan torsi yang dihasilkan 225 Nm.

So, tunggu apa lagi? Sudah desainnya menawan, interiornya mewah dan menawarkan kenyamanan dalam perjalanan. Memiliki ruang kabin dan bagasi yang luas, dibekali fitur berbagai fitur yang lengkap dan modern. Menjadikannya mobil paling terrekomendasi untuk keluarga Indonesia. Adakah orang yang mampu menolak pesonanya?

Baca Juga : Mengintip 5 Jenis Mobil Polisi Super Canggih Dan Keren

Demikianlah lima alasan mengapa harus memilih mobil odyssey sebagai mobil pilihan keluarga Indonesia. Semoga dengan adanya ulasan ini, dapat membantu para keluarga Indonesia yang sedang dalam proses penentuan pembelian kendaraan. Sekian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here