Adu Irit Mobil MPV Indonesia, Manakah yang Paling Hemat BBM?

0
167
thumb mpv irit

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) merupakan jenis mobil yang paling laris dan diminati di Indonesia, seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia dan Wuling Confero. Pertanyaannya adalah, bagaimana hasil adu irit mobil MPV Indonesia di atas?

Baca Juga : 8 Mobil dengan Sunroof Terlaris di Indonesia Tahun 2021, Adakah Punyamu?

Ya, selain kapasitas penumpang, tingkat keiritan bahan bakar merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh mobil MPV. Jika kamu sedang mencari-cari mobil MPV dan ingin membeli yang paling irit bahan bakar, maka bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Adu Irit Mobil MPV Indonesia

Di Indonesia, mobil MPV juga sering disebut sebagai mobil keluarga, karena kapasitasnya yang mampu menampung banyak penumpang. Tidak heran, mobil MPV, apalagi yang low, sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Mobil MPV memang memiliki banyak keunggulan, selain fleksibel juga multi fungsi. Jadi bisa dimengerti, jika semua produsen mobil mengandalkan penjualan segmen MPV, karena mobil jenis ini lah yang paling laku di pasaran.

Saking banyaknya brand mobil MPV yang beredar di pasaran, banyak calon pembeli yang bingung menentukan pilihannya. Biasanya, salah satu pertimbangan ketika ingin membeli mobil MPV adalah tingkat keiritan bahan bakar dari mobil tersebut.

Hal ini memang bisa dimengerti, mengingat harga bahan bakar yang dinamis, terkadang turun namun sering naik mencekik. Karena itu banyak keluarga Indonesia yang memilih mobil MPV yang bisa menghemat konsumsi bahan bakar dengan baik.

Kabar baiknya, di bawah ini akan kami jelaskan mobil MPV yang paling irit BBM, yang nantinya bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

1. Suzuki Ertiga

all new ertiga - adu irit mobil mpv indonesia

Pertama ada Suzuki Ertiga, mobil MPV paling irit BBM dan sangat kami rekomendasikan untuk dibeli dengan segera. Berdasarkan test yang dilakukan para ahli, mobil MPV ini bisa menghemat bahan bakar dengan sangat baik, yaitu 1 liter untuk setiap 11.5 km.

Mobil yang bisa menampung hingga 7 penumpang ini sangat cocok sebagai mobil keluarga, terutama ketika butuh liburan atau menghadiri acara di luar kota. Kamu pun tidak perlu khawatir alokasi dana untuk bahan bakar membengkak, karena tidak perlu isi bahan bakar berulang kali di SPBU.

Selain terbukti irit bahan bakar, mobil MPV ini juga memiliki sumber tenaga yang besar. Mobil ini dibekali dengan mesin K15B dengan DOHC VVT-i, yang berkapasitas 1500 cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 104.7 Ps/6000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm/4400 rpm.

Selain irit BBM dan memiliki mesin handal, mobil ini juga memiliki fitur keselamatan, kenyamanan dan keamanan yang lengkap. Perjalanan bersama keluarga besar bisa dilakukan dengan nyaman berkat mobil MPV seharga 205-249 juta ini.

2. Daihatsu Xenia

xenia 2021 - adu irit mobil mpv indonesia

Selanjutnya ada Daihatsu Xenia, mobil MPV yang juga bisa menghemat konsumsi bahan bakar dengan signifikan. Hal ini berkat teknologi efisiensi bahan bakar yang diusungnya, yang sangat mumpuni untuk menghemat konsumsi bahan bakar tanpa mengurangi power-nya.

Ada dua model Daihatsu Xenia yang bisa kamu pertimbangkan, keduanya sama-sama irit bahan bakar. Pertama ada Xenia 1300 cc dengan kode mesin 1NR-VE dan Xenia 1500 cc dengan kode mesin 2NR-VE, DOHC Dual VVT-i dan memiliki 4 silinder.

Selain memiliki suara yang halus dan putaran yang smooth, mobil MPV ini juga irit BBM dan lebih ramah lingkungan. Berdasarkan uji coba, mobil MPV ini bisa mencapai 11,8 km setiap 1 liter bensin, sedikit lebih baik dibandingkan dengan Suzuki Ertiga.

Sebagai mobil keluarga, Daihatsu Xenia juga bisa menampung banyak orang tanpa harus berdesak-desakan. Fiturnya yang lengkap juga membuat perjalanan bersama keluarga terasa menyenangkan. Jika kamu tertarik, mobil ini dibanderol sekitar 194 juta hingga 238 juta.

3. Toyota Avanza

avanza 2021 - adu irit mobil mpv indonesia

Berikutnya ada Toyota Avanza, mobil MPV sejuta umat yang paling laris di pasaran. Harganya yang terjangkau dan fiturnya yang memadai membuat Toyota sangat diminati, lebih-lebih mobil ini juga terkenal irit bahan bakar.

Memang, Low MPV pabrikan Jepang ini sangat fleksibel, multi fungsi serta memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak ada di pesaing. Mesin buatan Jepang memang terkenal awet, maintenance mudah dan yang paling penting, irit bahan bakar.

Toyota Avanza diklaim mampu menempuh jarak 12,5 km setiap 1 liter bensin, angka yang lebih baik dibandingkan 2 mobil MPV sebelumnya. Mesinnya juga bisa diandalkan, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 104 Ps/6000 rpm dan torsi maksimal 13.9 kgm/4200 rpm.

Jangan lupakan juga fitur lainnya yang mendukung kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara. Kabinnya yang luas juga mampu menampung hingga 5-7 orang tanpa harus berdesak-desakan.

Dengan semua kualitas di atas plus tingkat keiritan bahan bakar yang baik, Toyota Avanza menjadi salah satu mobil Low MPV yang direkomendasikan. Harganya cukup terjangkau untuk keluarga menengah, yaitu mulai dari 200,2 juta hingga 230,35 juta. 

4. Mitsubishi Xpander

xpander - adu irit mobil mpv indonesia

Ingin mencari mobil keluarga dengan gaya SUV yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan? Jawabanya adalah Mitsubishi Expander, yang bisa mencapai 16 km hanya dengan 1 liter bensin, sangat irit BBM bukan?

Jadi tidak heran jika mobil ini menggeser Toyota Avanza sebagai salah satu mobil keluarga yang paling diminati. Tentu, semua keistimewaan ini tidak lepas dari spesifikasi dan teknologi yang dimiliki oleh Mitsubishi Xpander.

Ya, mobil low MPV ini menggunakan mesin DOHC 4A91 MIVEC, yang berkapasitas 1500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang besar, maksimal di angka 103 Hp setiap 6000 rpm dan torsi maksimal di angka 141 Nm setiap 4000 rpm.

Jangan khawatir, meski semburan tenaganya luar biasa, konsumsi bahan bakarnya sangat efisien, kamu tidak perlu khawatir bepergian jauh karena tidak harus sering isi bahan bakar. Fiturnya yang lengkap dan kabinnya yang luas juga menjadi poin plus dari Mitsubishi Xpander ini.

Jika kamu tertarik untuk membelinya, Mitsubishi Xpander dibanderol mulai dari 217 juta hingga 275 juta. Sangat worth it sebagai mobil keluarga yang bertenaga besar, bisa menampung banyak orang dan irit bahan bakar. 

5. Honda Mobilio

mobilio - adu irit mobil mpv indonesia

Adu irit mobil MPV Indonesia yang dilakukan para ahli membuat Honda Mobilio berada di urutan kedua. Ya, Honda Mobilio memang sudah terkenal sebagai mobil MPV yang irit bahan bakar, sehingga menjadi primadona keluarga Indonesia. 

Berdasarkan test yang dilakukan, bersama dengan 4 mobil MPV sebelumnya, Honda Mobilio bisa menjangkau hingga 17,05 km per 1 liter bensin. Angka ini membuat Honda Mobilio lebih irit BBM dibandingkan dengan Ertiga, Xenia, Avanza dan Xpander.

Hal ini berkat spesifikasi mesin dan teknologi suplai bahan bakar yang membuat Honda  Mobilio bisa menghemat penggunaan BBM dengan maksimal. Ya, mesin mobil ini memang sudah dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI, yang terkenal irit, efisien dan ramah lingkungan.

Tidak hanya unggul di pengiritan bahan bakar saja, mesin kapasitas 1500 cc Honda Mobilio juga mampu menghasilkan tenaga yang maksimal, yaitu 118 Ps/6600 rpm dan 14,8 Nm/4600 rpm. Pastinya bisa diandalkan untuk segala kondisi jalanan, mulus maupun terjal.

Jika melihat harga mobil MPV sebelumnya, banderol Honda Mobilio cukup bersaing, yaitu mulai dari 203,4 juta hingga 259 juta.

6. Wuling Confero

wuling confero

Wuling Confero adalah mobil low MPV buatan Tiongkok, yang berhak menempati posisi pertama sebagai mobil MPV paling irit BBM di Indonesia. Ya, berdasarkan test yang dilakukan para ahli, dengan persyaratan yang sama, mobil ini sanggup mencapai 25,4 km setiap 1 liter bensin.

Wuling Confero memang masih asing di telinga masyarakat Indonesia, karena mobil ini termasuk pendatang baru. Namun, mobil ini telah dilengkapi dengan mesin yang baik, yang berkapasitas 1485 cc dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 107 Hp/5800 rpm dan torsi maksimal 142 Nm/4400 rpm.

Selain mesinnya yang bisa diandalkan, mobil MPV ini memiliki fitur kenyamanan, keselamatan dan keamanan yang cukup lengkap. Berkendara bersama keluarga menggunakan Wuling Confero akan terasa nyaman dan menyenangkan.

Hebatnya lagi, mobil berkualitas dan irit BBM ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa mendapatkan mobil MPV irit BBM ini hanya dengan banderol sekitar mulai dari 154,8 juta.

Baca Juga : Harga Terjangkau, Ini Deretan 11 Mobil Matic Bekas Termurah

Hasil adu irit mobil MPV Indonesia membuat Wuling Condero menempati urutan pertama, karena mencatatkan angka yang lebih baik dibandingkan 5 mobil MPV lainnya. Ya, mobil ini hanya butuh 1 liter bensin untuk bisa menempuh jarak 25,4 km.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here