Rekomendasi 5 Pilihan Mobil Listrik Terbaik Saat Ini

0
314
Pilihan Mobil Listrik Terbaik

Pada tahun 2022 saja, telah banyak produsen yang menyediakan pilihan mobil listrik terbaik khususnya China. Penggunaan mobil dengan teknologi listrik mulai banyak dipilih oleh para masyarakat bahkan pada beberapa tahun belakangan ini. 

Tidak heran banyak merek roda empat terbaru ini dari China yang telah masuk ke Indonesia. Di lain pihak, pemerintah Indonesia sangat mendorong penggunaan energi listrik. Di Nusantara sendiri, pemerintah telah membuat kebijakan tentang pembebasan pajak bagi roda empat ini.

Baca Juga : Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui

Oleh karenanya, harga kendaraan tersebut tergolong lebih variatif dan murah. Dalam artikel kali ini kami akan membahas 10 pilihan mobil listrik terbaik untuk Anda serta perawatannya. 

Daftar Pilihan Mobil Listrik Terbaik

Jika Anda masih bingung pilihan mobil listrik terbaik apa yang sekiranya cocok dan baik untuk digunakan. Pastikan untuk menyimak pembahasan berikut ini sebelum mengambil keputusan :

1. The All New Nissan Leaf

Pilihan Mobil Listrik Terbaik

Nissan menghadirkan pilihan mobil listrik terbaik yaitu The All New Nissan Leaf. The All New Nissan Leaf memiliki baterai lithium ion berkapasitas 40 kWH serta dapat melaju sejauh 311 km sekali pengisian listrik. Proses charging memakan waktu 5 – 7 jam. 

Kendaraan ini memiliki tenaga maksimum hingga 110 kW dengan tenaga sebesar 320 Nm. Dalam setiap unit memiliki fitur Nissan Intelligent Driving. Selain itu, adanya fitur Around View Monitor yang memudahkan pengendara dalam melihat sekitar. 

Fitur lainnya ada Forward Collision Warning serta Auto Emergency Braking yang menjadikan kendaraan ini meminimalisir kecelakaan. Untuk membeli salah satu pilihan mobil listrik terbaik ini, Anda harus merogoh kocek mulai 728 juta rupiah.

2. Hyundai IONIQ 5

Pilihan Mobil Listrik Terbaik

Hyundai IONIQ 5 merupakan salah satu pilihan mobil listrik terbaik yang dirakit oleh Indonesia. Hyundai IONIQ 5 sangat popular di ajang IIMS tahun 2022. Pihak Hyundai telah berhasil menjual 800 unit Hyundai IONIQ 5 pada ajang bergengsi tersebut. 

Hyundai sendiri telah mengeluarkan beberapa tipe yakni Signature Standar dan Prime Standart yang memiliki daya laju sejauh 384 km. Sementara Long Range melaju pada jarak 81 km serta Signature Long Range dapat melaju sekitar 451 km jika daya terisi penuh. 

Pihak Hyundai melengkapi Hyundai IONIQ 5 dengan fitur E-GMP yang menjadikannya unggul. Fitur ini berguna membuat IONIQ 5 melakukan fast charging. Semakin lengkap IONIQ 5 memiliki sistem pendukung Hyundai Smart Sense serta High Driving Assist 2. 

Kedua fitur ini mampu memberikan kenyamanan berkendara pada pengguna. Ditambah dengan desain interior yang membuat kendaraan ini Nampak luas. Anda bisa membeli pilihan mobil listrik terbaik ini mulai harga 700 juta rupiah. 

3. Wuling Mini EV

Pilihan Mobil Listrik Terbaik

Produsen kendaraan terbaru Wuling mengeluarkan salah satu pilihan mobil listrik terbaik di Indonesia di tahun 2022 yaitu Wuling Mini EV. Angkutan berukuran mini ini memiliki dimensi panjang 2,917 mm, lebar 1,493 mm serta tinggi 1,621 mm.

Kendaraan ini mampu memuat penumpang dan memiliki motor elektrik dengan kekuatan 20 kW dan torsi maksimum 85 Nm. Kendaraan ini menggunakan baterai Lithium ion bertipe standard range dengan kapasitas 9,3 kWH. Sementara long range memiliki kapasitas 13,8 kWH. 

Tipe standard range memiliki baterai yang dapat menempuh jarak 120 km. Sementara long range, dapat menempuh jarak 170 km untuk sekali pengisian baterai. 

Harga salah satu pilihan mobil listrik terbaik ini mulai dari 63 juta rupiah hingga 83 juta rupiah. Sementara di China Wuling Mini EV dibanderol dengan harga 28.800 yuan yang tak jauh berbeda dengan harga di Tanah Air

4. Mini Cooper SE

Pilihan Mobil Listrik Terbaik

Perusahaan BMW mengeluarkan pilihan mobil listrik terbaik varian Mini dengan kapasitas baterai sebesar 32,6 kWH. Mini Cooper SE ini dapat menempuh jarak sejauh 237 – 270 km dalam sekali mengisi daya listrik. 

Selain itu, Mini Cooper SE memiliki kecepatan hingga 181 TK dengan torsi sebesar 270 Nm. Mini Cooper SE memiliki fitur yang semakin lengkap dengan Driving Stability Control yang memungkinkan pengguna memberikan efisiensi adhesi perjalanan.

5. Porsche Taycan Gran Turismo

Pilihan Mobil Listrik Terbaik

Porsche luncurkan pilihan mobil listrik terbaik dari grup Taycan yaitu Grand Turismo serta Sport Turismo. Kendaraan ini memiliki velg Turbo S Aero Design 2 inch pada Grand Turismo. Velg ini diklaim tak akan ditemukan pada oto Taycan lainnya. 

Porsche Grand Turismo memiliki baterai dengan kapasitas 93,4 kWH dengan daya pengisian sebesar 270 kWH. Menariknya, Porsche Taycan dapat melakukan pengisian dari 5 % hingga 80% dalam waktu 22,5 menit. 

Pihak Porsche mematok harga sebesar 1,86 M untuk Grand Turismo, sementara Sport Turismo seharga 1,89 M. Inilah yang kemudian membuat Grand Turismo menjadi salah satu kendaraan paling mahal di dunia dan menjadi pilihan mobil listrik terbaik. 

Berikut Ini Perawatan Mobil Listrik

Banyak yang mengira melakukan perawatan kendaraan dengan teknologi listrik lebih ringan dibandingkan pada konvensional. Mengingat saat ini, kepopulerannya tengah digandrungi konsumen otomotif di Indonesia. 

Kendaraan terbaru dengan teknologi listrik ini memiliki banyak komponen seperti baterai, software, dan komponen lain yang membuatnya agak berbeda dari kendaraan bahan bakar bensin. Agar menjaganya tetap awet perawatan yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Memanfaatkan Slow Charging

Kendaraan listrik memiliki mode pengisian daya yaitu fast charging dan slow charging. Dalam pemilihan kedua mode pengisian ini dapat mempengaruhi usia serta kondisi baterai.

Dalam mode slow charging memanfaatkan arus AC, sementara mode fast charging memanfaatkan arus DC. Meskipun pengisian baterai dengan mode slow charging membutuhkan waktu lebih lama, namun cara tersebut terbilang lebih aman dalam menjaga kekuatan baterai. 

  • Rajin Mengecek Radiator Mobil

Baik mobil berbahan bakar bensin maupun listrik sama-sama memiliki radiator. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pendingin. Mobil perlu menjaga suhu dalam baterai agar dapat berfungsi dengan optimal. 

Dalam mengecek radiator, Anda juga perlu melakukan penggantian coolant ketika diperlukan saja. Penggantian coolant dapat Anda lakukan setiap 60.000 km saja. Jarak ini terbilang cukup jauh jika mobil hanya digunakan dalam kota saja. 

  • Servis Rutin Tiap Bulan

Tidak hanya motor, melakukan servis rutin di bengkel wajib bagi pemilik kendaraan teknologi listrik tersebut. Sebab, ia termasuk kendaraan baru yang ada di Indonesia. Oleh sebabnya, perlu melakukan servis rutin di bengkel yang terpercaya. 

Biasanya pihak bengkel melakukan servis rutin dengan mengecek bagian internal maupun eksternal pada mobil. Rutinitas ini dapat Anda lakukan setiap bulan sekali. 

  • Rutin Mengganti Oli Reducer

Mobil listrik memiliki sebuah motor listrik yang menghasilkan tenaga untuk bergerak. Tenaga tersebut harus menyalur ke roda mobil. Inilah yang menjadi tugas dari speed reducer. 

Agar dapat bergerak, komponen ini memiliki beberapa gir. Gir dapat bergerak jika melumasinya dengan oli. Meskipun begitu kebutuhan oli pada speed reducer cukup sedikit yakni hanya 1 liter. Namun, Anda perlu mengganti oli pada speed reducer sesekali saja dalam beberapa bulan. 

  • Mengganti Kampas Rem

Meskipun oto listrik sudah memiliki fitur yang canggih, bagian untuk menjaga keselamatan pengendara harus tetap diperhatikan. Terutama rem yang wajib mendapat perawatan secara rutin. 

Salah satu komponen rem yang memerlukan perawatan adalah kampas rem depan dan belakang. Selain itu, melakukan pengecekan terhadap minyak rem juga perlu dilakukan. 

  • Mengganti Filter AC

Meskipun tergolong remeh, mengganti filter AC perlu dilakukan untuk menjaga kenyamanan dalam mobil. Melakukan penggantian filter AC ini perlu dilakukan rutin untuk menjaga sirkulasi udara dalam mobil tetap sehat. 

  • Tetap Mengisi Daya Meskipun Mobil Tidak Digunakan

Aktivitas harian tak melulu menggunakan kendaraan roda empat ini sebagai tumpangan. Ada saatnya oto perlu diistirahatkan misalnya ketika PSBB pada setahun belakangan. Walaupun Anda tidak menggunakannya, merawatnya tetap jadi kewajiban.

Meski Anda ingin mengistirahatkan, sebaiknya baterai kendaraan tersebut tetap di charge. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi pada baterai. 

Baterai yang terbiasa kosong terlebih di bawah 10% akan lebih rentan mengalami kerusakan. Sehingga, para ahli oto menganalogikan perawatan sebaiknya dilakukan dengan memanfaatkan baterai smartphone. 

Di Indonesia sendiri mungkin beberapa pilihan di atas masih cukup mahal. Namun, melihat eksistensi dan juga fungsinya tentu mencuri banyak perhatian bagi Anda penggila dunia otomotif. Pasalnya, menggunakan kendaraan tersebut, Anda bisa merasakan sensasi berbeda.

Baca Juga : Merek Mobil Listrik yang Telah Masuk ke Indonesia

Terlepas dari fungsi dan juga eksistensi yang ada pada berbagai jenis kendaraan di atas. Pastikan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Anda juga bisa mengunjungi dealer resmi untuk mendapatkan berbagai pilihan mobil listrik terbaik sebagai referensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here