Penyebab Mobil Zebra Susah Hidup Dan Cara Mengatasinya

0
484
mobil Zebra susah hidup

Mobil Zebra susah hidup merupakan salah satu permasalahan yang sering kali dihadapi para pemiliknya. Selain itu ada juga beberapa permasalahan lainnya seperti mogok ketika melewati genangan air atau saat hujan turun, pompa bensin rotax rusak, mesin yang cepat panas, hingga karburator yang bermasalah.

Baca Juga : Pentingnya Memilih Oli Mesin Mobil Agya Simak Ulasannya

Namun jangan khawatir, bila Anda adalah pemilik unit Daihatsu Zebra, silahkan menyimak artikel ini yang akan membahas berbagai penyebab permasalahan yang membuat mobil Zebra susah hidup dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Berbagai Sebab Yang Membuat Mobil Zebra Susah Hidup

mobil Zebra susah hidup

Daihatsu Zebra merupakan mobil keluaran lama yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Meski telah mulai menghilang di jalanan ibu kota, namun di banyak daerah mobil berkapasitas 550 cc ini masih banyak dipakai, terutama untuk kebutuhan mobilitas keluarga.

Setelah 10 tahun dipasarkan, sejak Oktober 2007 yang lalu akhirnya PT Astra Daihatsu Motor memutuskan untuk menghentikan produksi mobil ini. Inilah mengapa menjadi sangat lumrah bila mobil yang juga merupakan perintis minibus di Indonesia ini sering mengalami berbagai masalah. Seperti yang akan dipaparkan di bawah ini.

1.Kaburator Yang Kerap Kali Kebanjiran

Salah satu yang dapat menyebabkan mobil zebra susah hidup adalah kaburatornya yang sering kali banjir. Masalah ini biasanya terjadi setelah pembongkaran karburator. Atau bisa juga disebabkan karena penggantian spare part isi dalam dengan spare part yang bukan original pabrikan.

Secara umum, bagian yang bermasalah biasanya terletak pada jarum pelampung karburator. Pada suku cadang original, ujung jarum pelampung kaburator ini biasanya terbuat dari besi. Namun pada suku cadang KW bagian ujung jarumnya terbuat dari karet.

Sehingga saat bensin masuk maka dudukan pada jarum tersebut tidak dapat tertutup secara sempurna dan rapat. Bahkan pada beberapa kasus, bagian karet ini juatru menjadi melar. Sehingga terkadang jarum pelampung ini menjadi macet. Hal ini pada akhirnya membuat bahan bakar pun menjadi banjir dan terbuang sia-sia.

Bukan hanya itu saja, terkadang ada masalah lain seperti pin pada pelampung longgar dan tidak cocok dengan dudukannya. Sehingga saat bensin masuk pelampung akan bergoyang dan berubah arah. Ini mengakibatkan bak penampungan bensin tidak tertutup rapat dan membuatnya penuh sekaligus banjir.

2.Mesin Ngempos Akibat Karburtor Tekor Bensin

Kebanyakan permasalahan yang satu ini juga terjadi setelah pembongkaran karburator dengan niat hendak lebih mengirit bensin. Sayangnya hal ini malah membuat mesin ngempos dan mobil Zebra susah hidup saat pagi hari. Biasanya juga hal ini terjadi karena pengurangan nilai spuyer karburator dari standarnya.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini pasa dasarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu tidak mengubah nilai angka dari standar spuyernya. Misalnya untuk mobil Zebra Espass nilai standarnya berada pada kisaran 135-140.

3.Pagi Hari, Mesin Tidak Di-Choke Terlebih Dahulu

Mobil Daihatsu Zebra harus selalu di-choke setiap pagi. Jika tidak, mobil Zebra susah hidup. Meski demikian terkadang mesinnya tetap bisa hidup walaupun tidak  di-choke, tapi hanya setelah nilai spuyer menjadi sangat besar. Atau setelah karburator terlalu menutup yang membuat bensin menjadi terlalu banyak.

Namun kondisi ini sangat tidak dianjurkan untuk mobil keluaran pabrikan Daihatsu yang satu ini. Karena selain boros bahan bakar, mesin idle menjadi tidak rata dan sedikit bergetar.  Saat dihidupkan mesin pun akan tersendat-sendat.

Solusi untuk mengatasi permasalahan yang satu ini bisa dengan melakukan pemeriksaan apakah pelampung terlalu tinggi. Selain itu, lihat spuyer apakah nilai angkanya lebih dari standar dan jangan lupa cek juga setelan karburatornya.

4.Mobil Mengeluarkan Asap Hitam

Mobil Zebra susah hidup biasanya juga diiringi dengan keluarnya asap hitam. Ada banyak faktor penyebab dari masalah mobil yang mengeluarkan asap hitam ini. Umumnya hal ini terjadi karena adanya gangguan pada sistem bahan bakar. Seperti bensin yang terkontaminasi air sehingga tidak terbakar sempurna.

Keberadaan air ini juga yang mengganggu kerja dari pelampung. Karena masa air lebih tinggi dibandingkan air maka jarum pelampung akan tetap pada kondisi membuka saat penampungan bensin di bak karburator terisi penuh. Ini juga membuat bensin menjadi banjir.

Ciri-Ciri Kaburator Yang Bermasalah Dan Membuat Mobil Zebra Susah Hidup

mobil Zebra susah hidup

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa inti masalah mobil Zebra susah hidup karena kondisi kaburator mobil yang tidak prima. Pada dasarya bila bahan bakar berlebih dan banjir, maka hal ini dapat mengganggu performa kinerja pembakaran pada mesin.

Selain akibat bahan bakar yang bercampur dengan udara tidak seimbang, atau justru ada lebih banyak udara yang masuk daripada bensin, terdapat beberapa faktor lain yang dapat mengganggu kerja karburator. Mulai dari saringan udara buntu hingga selang udara mesin yang bocor.

Padahal kaburator merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk mencampurkan udara dengan bensin agar terjadi pembakaran sempurna, sehingga dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Berikut ini beberapa ciri-ciri kaburator yang bermasalah dan berpotensi membuat mobil Zebra susah hidup.

1.Busi Berwarna Hitam Kering

Hal ini menandakan campuran antara udara dan bahan bakar tidak seimbang. Bisa jadi karena ada lebih banyak bensin dari pada udara yang masuk saat akan di karburasi oleh karburator. Solusinya bisa dengan memperbaiki setting karburator dan membersihkan lubang bleder udara di karburator.

2.Busi Basah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika terjadi masalah, biasanya karburator banjir.  Akibat bensin yang berlebih, pembakaran pun tidak dapat berjalan secara efektif. Hal ini ditandai dengan busi yang basah. Terkadang sisa bensin juga akan masuk ke ruang bakar bahkan dari mulut lubang karburator dapat mengeluarkan api.

3.Busi Kering Putih

Salah satu penyebab mobil Zebra susah hidup ditandai dengan busi yang kering. Hal ini akibat bensin di karburator terlalu kering sehingga mengakibatkan mesin akan susah hidup saat pagi hari meskipunpun telah di-choke. Dampak lainnya hal ini pun dapat menyebabkan mesin mudah panas dan gas terasa ngempos.

4.Mesin Tersendat-Sendat

Pada umumnya mesin tersendat-sendat disebabkan karena saluran lubang udara pada monifold atau packing karburator bocor. Selai itu pada saluran udara bleder di karburator tersumbat sehingga campuran bahan bakar akan terganggu dan mesin pun akan tersendat.

5.Mesin Mogok

Bahan bakar yang membanjiri karburator bahkan busi yang mati dapat menjadikan idle pada Daihatsu mobil Zebra susah hidup. Idle yang tidak rata dan bergetar pincang dapat berimbas pada kinerja mesin yang membuatnya mudah sekali mati.

Solusi Mengatasi Kaburator Yang Bermasalah Pada Mobil Daihatsu Zebra

mobil Zebra susah hidup

Bila Anda bertanya-tanya bagaimana cara yang dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi semua masalah kaburator yang telah dijelaskan sebelumnya, maka Anda dapat melakukan beberapa pemeriksaan berikut ini.

1.Setting Idle Mixture Atau Setelan Angin Karburator Harus Sesuai

Karenanya Anda dapat memeriksa dan menyesuaikannya dengan cara sedikit membesarkan gas mesin, lalu putar baut idle mixture dengan posisi menutup. Bila dirasakan mesin akan mati maka segeralah membalikan setelan angin mengarah membuka. Selanjutnya hitung sampai pada putaran 3,5 bila dirasakan kurang tambah lagi sampai dirasakan putaran idle telah rata.

2.Periksa Selang Udara Pada Vakum Rem

Berikutnya pastikan Anda telah mengecek selang udara pada vakum rem. Apakah bocor atau terlipat. Di samping itu periksa secara menyeluruh apakah ada yang terlepas pada selang delco, selang udara vakum ac dan lain sebagainya.

3.Pastikan Mengecek Nilai Spuyer

Langkah berikutnya pastikan Anda selalu memeriksa nilai spuyer yang digunakan selalu sesuai dengan nilai standar Daihatsu Zebra. Tidak kurang maupun lebih. Standarnya berada pada kisaran 135-140 untuk ukuran spuyer pada Daihatsu Zebra.

4.Pastikan Melakukan Pengecekan Terhadap Setelan Pelampung

Selanjutnya periksa selalu setelan pelampung. Apakah telalu tinggi atau rendah untuk menyesuaikan bensin yang akan masuk nantinya. Setelan yang sesuai yaitu posisi pelampung sejajar pas ditengah-tegah.

5.Pastikan Selalu Menggunakan Suku Cadang Original

Hal ini sangat krusial untuk mencegah masalah yang akan timbul nantinya. Kalau pun tidak memungkinkan, setidaknya bagian pin pada pelampung karburator, jarum pelampungnya dan spuyer tetap diganti dengan spare part original bawaan pabrik. Sehingga kondisi mobil tetap terjaga, dan prima.

Baca Juga : Vinales Menangkan MotoGP Qatar, Rossi Kurang Cemerlang

Demikianlah ulasan lengkap mengenai penyebab mobil Zebra susah hidup dan bagaimana solusi untuk mengatasi kaburator yang bermasalah. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here