Mesin Diesel Menurun Karena, Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini!

0
308
Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini
Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini

Terdapat beberapa penyebab mengapa mesin diesel menurun. Hal ini wajib diketahui oleh Anda yang menggunakan mobil dengan sistem diesel. Tidak dapat dipungkiri bahwa mesin diesel kurang ramah lingkungan dibandingkan mesin bensin.

Baca Juga: Seluk Beluk Bagian Aki Mobil yang Merupakan Komponen Vital

Karena sampai sekarang mobil dengan sistem ini memiliki penggemar tersendiri karena karakternya yang lebih tinggi pada bagian torsi. Tidak heran jika mesin diesel terkenal sangat tangguh tetapi terdapat beberapa hal yang menyebabkannya menjadi kurang bertenaga.

Sehingga Anda harus tahu beberapa penyebab yang banyak ditemukan pada mesin diesel konvensional. Namun sampai sekarang permasalahan ini belum ditemukan pada mesin diesel yang telah menggunakan teknologi common rail.

Seperti kita ketahui bawa mesin diesel terus berkembang ke arah lebih baik agar menjadi lebih ramah lingkungan. Karena mobil ramah lingkungan cukup menarik perhatian para pengguna untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Selain itu bagi Anda para pengguna kendaraan yang menggunakan mesin diesel wajib untuk mengetahui beberapa penyebab mengapa hal ini terjadi. Dengan mengetahui penyebab mesin diesel menurun maka Anda bisa mencari solusinya.

Apalagi sebagai pemilik sebuah kendaraan Anda ingin mesin kendaraan terus beroperasi secara maksimal. Dengan langkah seperti ini Anda bisa menggunakannya serta tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan.

Selain itu dengan mengetahui beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mesin diesel ini Anda bisa terhindar dari mekanik yang curang. Karena tidak dapat dipungkiri sekarang ini sudah banyak mekanik yang menipu para pemilik kendaraan di mana mereka menyatakan kendaraan tersebut rusak berat padahal tidak.

Penyebab Mesin Diesel Menurun Karena Filter Solar

Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini
Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini

Salah satu penyebabnya bisa jadi karena terdapat permasalahan pada bagian filter solar. Pada titik kotoran yang muncul di dalam filter solar menyebabkan reduksi debit serta volume bahan bakar yang dibutuhkan mesin.

Kondisi ini menyebabkan mesin kekurangan campuran bahan bakar sehingga berpengaruh terhadap produksi tenaga di bagian dapur pacu yang tidak optimal. Kondisi inilah yang menyebabkan mesin diesel menurun.

Kotoran pada filter ini juga menyebabkan proses penyaringan menjadi terhambat. Kondisi ini menyebabkan permasalahan lain bisa muncul. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika kotoran tersebut bisa masuk ke bagian pompa injeksi.

Apabila hal ini terjadi maka bisa menyebabkan masalah pada tekanan injeksinya. Apabila mesin diesel menurun disebabkan hal ini dapat diketahui melalui ciri-ciri dari lampu indikator water separator.

Nantinya lampu indikator tersebut akan menyala tanpa penyebab yang jelas. Jika hal ini terlihat di mobil Anda maka menunjukkan pertanda bahwa bagian filter solar sudah kotor sehingga harus diganti.

Jadi ketika melakukan servis secara berkala tidak ada salahnya untuk memperhatikan bagian filter solar. Karena ketika kotoran di filter ini terlalu berlebihan maka tidak baik untuk kendaraan Anda sehingga tidak perlu berpikir dua kali untuk menggantinya.

Karena ketika mesin sudah rusak parah maka biaya perbaikannya lebih mahal dibandingkan dengan biaya penggantian filter solar. Jadi sebagai para pengguna Anda harus peka dengan tanda ketika mesin telah mengalami masalah.

Terdapat Kerusakan Pada Pompa Tekanan Solar

Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini
Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini

Penyebab lainnya mengapa mesin diesel menurun karena terdapat permasalahan pada bagian pompa tekanan solar. Bagian ini sebenarnya berada di filter solar dan berdekatan dengan pompa injeksi.

Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menyedot bahan bakar dari tangki. Jadi ketika mobil kurang bertenaga bisa jadi karena pompa tekanan solarnya melemah sehingga distribusi ke ruang bakar tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan 

Kondisi tersebut menyebabkan percampuran antara udara dengan bahan bakar menjadi tidak ideal. Hal ini memberikan pengaruh terhadap daya yang diproduksi mesin menjadi tidak maksimal. 

Biasanya hal ini bisa Anda lihat ketika pompa atau kanan solar melemah ketika mesin sulit dinyalakan pada pagi hari. Jadi disarankan untuk para pengguna untuk setiap pagi melakukan pemanasan mesin.

Jadi dengan pertanda kecil seperti itu bisa memberitahu Anda bahwa mesin diesel menurun. Karena itulah sebagai para pengguna Anda harus melihat secara mendetail kendaraan Anda.

Apabila mesin beroperasi tidak normal maka terdapat permasalahan bahkan bisa jadi kerusakan. Maka ada baiknya jika Anda langsung membawa ke bengkel agar dilakukan pemeriksaan untuk melihat bagian mana yang rusak dan langsung diperbaiki sebelum parah.

Ada Masalah Pada Bagian Pompa Injeksi

Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini

Permasalahan pada pompa injeksi bisa menjadi salah satu penyebab mengapa mesin diesel menurun. Karena pompa injeksi merupakan komponen yang meneruskan bahan bakar ke setiap injektor.

Apabila tekanan yang dihasilkan berkurang atau berlebihan dari yang seharusnya maka menyebabkan mesin menjadi bermasalah dan kurang tenaga. Jadi tekanan yang dihasilkan komponen ini harus sesuai.

Apabila mesin diesel mengalami permasalahan karena diakibatkan pompa injeksi terdapat beberapa pertanda yang ditimbulkan. Salah satunya adalah keluar asap hitam tebal pada bagian knalpot.

Tentunya setiap kendaraan pasti mengeluarkan asap tetapi ketika berlebihan pasti ada masalah. Jadi daripada mendiamkan masalah tersebut dan menyebabkan mesin diesel menurun maka ada baiknya melakukan pemeriksaan.

Selain itu untuk menghindari beberapa permasalahan ini, sebaiknya untuk Anda melakukan perawatan. Salah satunya adalah dengan memilih bahan bakar yang berkualitas. Karena mesin diesel cocok dengan solar yang memiliki kadar CN yang tinggi.

Tidak lupa juga kandungan sulfurnya lebih rendah. Untuk bahan bakar seperti ini sebenarnya sudah tersedia di beberapa SPBU di Indonesia tetapi kandungan sulfurnya tinggi sehingga bisa merusak komponen injektor dan menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

Jadi Anda harus memperhatikan kandungan sulfur. Sebab ketika menggunakan kandungan sulfur rendah maka emisi gas buang, saluran bahan bakar hingga filter solar menjadi lebih bersih sehingga Anda tidak perlu mengganti filter terlalu sering.

Bagian Injection Timing Mengalami Permasalahan

Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini
Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini

Tidak dapat dipungkiri bahwa mesin diesel menurun karena terdapat permasalahan pada injection timing. Namun untuk permasalahan ini jarang terjadi tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi walaupun kecil.

Sebab ketika nilai maupun posisi pada injection timing ini mengalami perubahan dan tidak tepat maka memberikan pengaruh terhadap proses pembakaran dan produksi tenaga. Bagi Anda yang tidak mengetahui apa itu, injection timing merupakan salah satu momen injektor membuka nozzle untuk mengeluarkan bahan bakar.

Tentunya terdapat beberapa indikasi ketika bagian ini mengalami masalah sehingga mesin diesel menurun. Salah satunya adalah muncul asap hitam dari knalpot. Namun munculnya asap ini bisa jadi terdapat permasalahan pada pompa injeksinya.

Jadi jika Anda merasa bagian knalpot mengeluarkan asap tidak secara normal maka bisa membawa ke bengkel agar diperiksa bagian mana yang mengalami masalah. Inilah alasan mengapa para pengguna kendaraan harus memilih bahan bakar yang tepat.

Karena bahan bakar memberikan pengaruh terhadap setiap komponen yang ada di dalam mobil. Jadi jangan karena harga bahan bakar lebih murah maka Anda mengesampingkan kualitas yang dimiliki. Karena banyak orang yang mengisi bahan bakar asal mobil tersebut bisa bergerak.

Rendahnya Tekanan Kompresi Ruang Bakar

Mesin Diesel Menurun Karena Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini

Ketika mesin diesel menurun bisa jadi karena lemahnya tekanan pada bagian kompresi ruang bakar mesin. Karena mesin diesel membutuhkan kompresi ruang bakar dengan tekanan tinggi yaitu sekitar 30 kgm.

Tentunya kebutuhan ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin yang membutuhkan 10 sampai 11 kgm. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa mesin diesel ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan mesin bensin.

Salah satunya adalah konsumsi bahan bakarnya jauh lebih efisien dibandingkan dengan mesin bensin. Karena efisiensi panasnya lebih besar, bahkan untuk mesin diesel juga lebih awet sehingga umurnya jauh lebih panjang.

Ditambah lagi mesin diesel juga memiliki torsi yang besar. Tidak heran jika beberapa merek mobil mempertahankan penggunaan mesin diesel di dalam produk mereka. Walaupun terkenal akan kualitasnya baik jangan lupa untuk melakukan perawatan.

Tanpa adanya perawatan maka setiap komponen di dalam mesin mengalami kerusakan akibat penurunan kualitas seiring berjalannya waktu. Apalagi untuk melakukan perawatannya juga bisa dilakukan dengan langkah kecil tetapi memberikan manfaat besar.

Salah satu langkah kecil melakukan perawatannya adalah dengan memanaskan mobil sebelum menggunakan selama 10 menit. Jangan lupa juga untuk memilih oli yang tepat karena fungsinya untuk mendinginkan suhu mesin.

Baca Juga: Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!

Penting sekali memahami tentang permasalahan mengapa mesin diesel bisa mengalami penurunan. Dengan memahami penyebab ketika mesin diesel menurun maka Anda bisa mengetahui tandanya dan kendaraan bisa mendapatkan penanganan secepat mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here