Tips Perawatan Motor Gede yang Direkomendasikan

0
499
thumb perawatan moge - tips perawatan motor gede

Perawatan motor gede dengan motor standar seperti bebek atau matic memiliki perbedaan yang sangat besar. Perbedaan ini harus diperhatikan oleh pemiliknya agar kondisi kendaraan tetap terjaga. Untuk itu, pahami tips perawatan motor gede yang akan dibahas dalam artikel.

Baca Juga : Ini Dia Performa Motor Yamaha R25 : Si Sporty yang Kece

Dengan memahami tips perawatan motor gede, kamu bisa dengan mudah menjaga kondisi kendaraan agar selalu terjaga dengan baik. Motor tidak akan mudah rusak serta performanya di jalanan tetap sempurna. Simak tips perawatan untuk motor gede selengkapnya di bawah ini.

Berikut Berbagai Tips Perawatan Motor Gede

Perawatan motor gede sangat berbeda dengan jenis roda dua lainnya. Agar kamu tidak salah dalam melakukan perawatan coba simak beberapa tips sederhana di bawah ini.

1. Dikendarai Secara Berkala

Motor gede sedikit berbeda dengan roda dua jenis bebek atau matic. Hal ini terjadi karena motor gede jarang sekali dikendarai pada jala  kecuali saat ada momen tertentu. Misal saat ada kumpul bersama teman komunitas. Motor gede baru keluar rumah untuk dikendarai.

Karena jarang sekali dikendarai di jalan raya, motor gede akan sering sekali terjadi masalah pada mesinnya. Apalagi kendaraan ini hanya dipakai seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali. Untuk menghindari adanya kerusakan atau kemacetan bagian tertentu, ada baiknya dipakai setiap hari.

Kamu tidak perlu melakukan perjalanan jauh. Pakai saja kendaraan tersebut untuk melakukan perjalanan selama 5-10 menit. Selanjutnya kamu bisa kembali ke rumah untuk memarkir motor gede. Dengan melakukan ini risiko terjadi kerusakan akan kecil.

2. Melakukan Pemanasan Mesin Setiap Hari

Jika tidak ada waktu untuk mengendarai nya selama beberapa menit di pagi hari apa yang harus dilakukan? Kamu bisa memanasi mesin dari motor gede terlebih dahulu. Pemanasan ini dilakukan agar kinerja dari kendaraan tetap terjaga dengan baik. Jadi, tidak akan ada bagian yang macet.

Pemanasan ini harus dilakukan secara rutin paling tidak sehari sekali. Jika kamu tidak bisa melakukannya bisa meminta bantuan pada orang yang ada di rumah. Pemanasan akan membuat seluruh sistem bekerja dan berjalan dengan baik jika sewaktu-waktu digunakan.

Apabila rumah yang kamu miliki cukup besar, selain melakukan pemanasan kamu juga bisa mengendarainya agar bisa maju atau mundur secara bergantian. Dengan melakukan ini selama beberapa menit kamu sama saja mengendarainya di luar karena mesin dan seluruh komponennya bekerja.

3. Ganti Oli Secara Rutin

Kamu harus mengganti oli secara rutin apapun kondisi dari kendaraan tersebut. Mau digunakan secara rutin atau beberapa kali dalam seminggu pun penggantian oli harus dilakukan untuk menjaga kondisi dari mesin agar tetap bisa berjalan dengan baik.

Motor gede sama halnya dengan motor lain sehingga penggantian oli harus dilakukan setelah melakukan perjalanan sekitar 10.000 km. Selain itu, jika oli sudah digunakan selama 6 bulan kamu juga bisa menggantinya. Lakukan secara berkala tidak perlu buat semacam pengingat.

Jenis oli yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis mesin yang terpakai. Kalau aki motor gede memiliki jenis mesin yang bervariasi. Pilih variasi oli yang sesuai dengan standar sehingga fungsi dari mesin bisa berjalan dengan baik. Perlindungan dari gesekan juga semakin maksimal.

4. Selalu Cek Bagian Kelistrikan

Tips perawatan motor gede yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah melakukan pengecekan bagian kelistrikan. Hal ini bisa dilihat dari respon roda dua saat distarter. Apakah wah ada gangguan seperti starter kurang cepat atau ada masalah lain yang membuat bunyi dari kendaraan sedikit berbeda.

Selain itu perhatikan juga lampu pada kendaraan saat dinyalakan. Apabila terlihat agak redup berarti ada masalah yang terjadi. Sakitnya cek bagian dari motor apakah ada yang tidak bisa menyala. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kerusakan pada jaringan listrik kendaraan.

Apabila ada yang bermasalah kamu bisa langsung mencari tahu dan melakukan servis. Dengan begitu motor gede yang kamu miliki tidak akan ada masalah yang menumpuk. Seluruh fungsinya bisa berguna dengan maksimal dan aman dikendarai saat kamu melakukan touring.

5. Periksa Rantai Kendaraan

Periksa juga rantai dari motor gede yang digunakan. Usaha ini dilakukan untuk mengetahui apakah tegangan pada rantai terlalu rendah atau terlalu tinggi dan berisiko menyebabkan patah di tengah jalan.

Jika roda pada motor gede mengalami patah di tengah jalan, akan sangat sulit untuk mencari bengkel yang sesuai. Belum lagi ukuran dari kendaraan yang sangat besar akan menyusahkan kamu untuk mendorongnya hingga ke lokasi servis.

Itulah kenapa pemeriksaan harus dilakukan secara rutin dan memperbaiki tegangan rantai. Dengan perbaikan tegangan ini motor akan bisa berjalan dengan lancar. Itulah kenapa kamu disarankan untuk mengendarai setiap hari meski hanya beberapa menit saja. Dengan melakukan ini kejanggalan pada rantai akan diketahui.

6. Periksa Bodi Setelah Perjalanan

Kamu harus melakukan pemeriksaan dari motor gede setelah melakukan perjalanan. Pemeriksaan body ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah yang terjadi khususnya pada rangka luar. Motor gede biasanya memiliki rangka luar yang lebih besar dan menunjang nilai estetikanya.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan selama melakukan perjalanan. Apalagi selama melakukan perjalanan kamu merasa ada masalah seperti menabrak sesuatu atau ditabrak oleh pengguna jalan yang lain.

7. Cuci Setelah Dipakai

Setelah menggunakan motor gede ada baiknya untuk segera dicuci dengan bersih. Kamu bisa melakukannya agar menjaga bagian luar dari kendaraan agar warnanya tidak memudar atau mengalami goresan akibat kotoran yang menempel.

Apalagi kamu menggunakan kendaraan ini saat hujan. Peluang terjadi penempelan kotoran akan sangat besar sehingga motor gede harus dibersihkan dengan sangat maksimal.

8. Menggunakan Bahan Bakar Sesuai Rekomendasi

Tips perawatan motor gede yang harus benar-benar diperhatikan agar kondisi mesin tetap berjalan dengan baik adalah memakai bahan bakar yang sesuai. Setiap kendaraan roda dua memiliki standar bahan bakar yang harus dipenuhi oleh pemiliknya. Bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan yang cukup tinggi.

Perhatikan dengan baik manual book yang diberikan saat kamu membeli motor tersebut. Biasanya akan ada rekomendasi jenis bahan bakar yang harus digunakan. Usahakan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan standar tersebut. Jangan menggunakan yang oktannya lebih rendah.

Bahan bakar ini akan mempengaruhi kinerja dari mesin motor gede. Apabila bahan bakar yang tidak sesuai bisa saja kinerja dari mesin jadi terganggu. Cepat atau lambat gangguan tersebut bisa memicu terjadinya kerusakan. Kamu tidak mau kan motor gede dengan harga mahal mengalami kerusakan?

9. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Apabila kamu tidak bisa melakukan pemeriksaan rutin secara mandiri. Bisa karena tidak memiliki kemampuan untuk melakukan servis roda dua. Lebih baik dibawa ke bengkel khusus dari motor gede yang dimiliki.

Dengan melakukan hal tersebut, motor bisa langsung diperiksa dengan baik dan dicek bagian mana saja yang mengalami gangguan. Dengan melakukannya, kamu bisa dengan mudah mencegah terjadinya kerusakan yang besar dan menyebabkan fungsi kendaraan jadi menurun.

10. Cover Ketika Menyimpan Motor

Saat menyimpan motor gede ada baiknya untuk diberi cover. Hal ini dilakukan karena body dari kendaraan ini sangat besar sehingga peluang untuk kotor akibat debu dan kotoran yang ada di sekitarnya sangat besar. Jika hal ini terjadi bodi kendaraan bisa jadi mudah rusak.

Saat diparkir di dalam rumah ada baiknya ditutupi dengan kain tertentu atau cover khusus. Dengan melakukan ini kamu bisa melindungi seluruh body. Apalagi motor tersebut memang akan disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Jika ada cover yang bisa menutup dari atas sampai bawah akan lebih baik lagi. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya hama seperti tikus atau serangga lain yang masuk ke dalam mesin dan bersarang di sana. Bisa berbahaya jika ada bagian kabel atau komponen lain jadi rusak.

Cari beberapa tips diatas terlihat dengan jelas jika perawatan motor gede sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya saja kamu harus melakukannya secara rutin. Dengan melakukan ini resiko kerusakan pada bodi hingga mesin akan rendah sehingga roda dua menjadi awet.

Baca Juga : Deretan Motor Terlaris di Indonesia di Bawah 250cc, Adakah Andalanmu?

Melakukan tips perawatan motor gede juga akan membuat kendaraan tersebut memiliki harga jual yang stabil. Bisa kamu ingin membeli motor gede jenis lain, kendaraan lama bisa dijual dengan harga yang masih tinggi karena kualitasnya masih sangat baik dan nyaman saat ditunggangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here