Tips Membeli Mobil Baru Sehingga Tidak Salah Pilih

0
55
tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Memahami tips membeli mobil adalah sebuah keharusan jika Anda tidak ingin salah pilih. Sebab seringkali seseorang merasa menyesal setelah proses transaksi pembelian mobil selesai dilakukan.

Mobil merupakan kendaraan yang sangat bermanfaat untuk dimiliki. Sebab dengan menggunakan mobil Anda tidak lagi harus khawatir dengan kondisi hujan atau panas saat sedang bepergian.

Namun untuk bisa memiliki sebuah mobil, Anda memerlukan uang dalam jumlah cukup besar. Setidaknya Anda harus menyediakan uang mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Bahkan tidak sedikit mobil yang memiliki harga di atas satu miliar rupiah. Agar pengeluaran tersebut tidak sia-sia dan bisa memberikan kepuasan, Anda tidak boleh melakukannya tanpa pertimbangan matang.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Mobil Sedan Terbaru dan Termurah

Melalui artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips yang bisa digunakan saat hendak membeli sebuah mobil. Dengan begitu, potensi salah pilih mobil yang justru membuat Anda kecewa menjadi semakin kecil.

Tips Membeli Mobil yang Harus Diperhatikan

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Memiliki kendaraan pribadi memang merupakan hal yang sangat memudahkan. Apalagi jika Anda memiliki mobilitas cukup tinggi, maka memiliki kendaraan pribadi akan sangat mempermudah segala urusan.

Saat ini ada begitu banyak brand dan jenis mobil yang beredar di pasaran. Untuk memudahkan Anda dalam memilih brand dan jenis mobil tersebut, silahkan pahami tips berikut ini.

  • Pahami Kebutuhan

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Kebutuhan setiap orang terhadap penggunaan mobil pasti berbeda satu dengan lainnya. Oleh karena itu terdapat beragam produsen dengan berbagai jenis mobil untuk menyesuaikan kebutuhan tersebut.

Sebelum membeli mobil, pastikan Anda memahami kebutuhan Anda agar tidak salah pilih. Contohnya apakah Anda membutuhkan mobil yang muat banyak orang, kecepatan maksimal mobil dan beragam hal lainnya.

  • Tentukan Anggaran

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Tips membeli mobil selanjutnya adalah menyesuaikan pilihan mobil dengan anggaran yang dimiliki. Sebab tidak ada satupun orang yang ingin mengalami masalah finansial setelah membeli sebuah mobil baru.

Perlu Anda pahami bahwa kebutuhan anggaran saat membeli mobil bukan hanya untuk membayar mobil kepada dealer. Masih ada pengeluaran-pengeluaran lain yang biasanya dilupakan saat membeli mobil.

  • Pilih Dealer Terbaik

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Untuk membeli sebuah mobil, Anda perlu pergi ke sebuah dealer atau showroom. Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai jenis mobil dari satu brand tertentu.

Pastikan Anda memilih dealer terbaik untuk bisa mendapatkan mobil terbaik. Jika bisa, minta masukan dari teman atau kerabat yang pernah membeli mobil tentang kualitas pelayanan suatu dealer.

Anggaran yang Harus Diperhatikan Saat Beli Mobil

Seperti yang kami sebutkan dalam tips membeli mobil di atas, kebutuhan anggaran saat membeli mobil bukan hanya pembayaran pada dealer. Masih terdapat beberapa anggaran lain yang juga perlu diperhatikan.

Sayangnya banyak orang yang melupakan anggaran-anggaran tersebut sehingga kaget setelah proses pembelian selesai. Agar Anda tidak mengalami hal serupa, pastikan Anda memahami beberapa kebutuhan anggaran berikut

  • Pajak

Anda tidak boleh melupakan kebutuhan membayar pajak saat hendak membeli mobil. Sebab pajak merupakan suatu kewajiban yang harus dibayarkan oleh seluruh wajib pajak kepada negara.

Ada beberapa jenis pajak yang dikenakan pada pemilik mobil. Beberapa jenis pajak tersebut adalah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dan Pajak Kendaraan Bermotor.

  • Bahan Bakar

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Banyak orang yang memberikan tips membeli mobil, karena dianggap lebih hemat. Memang benar memiliki kendaraan pribadi bisa mengurangi biaya transportasi. Namun Anda tetap harus memikirkan biaya membeli bahan bakar.

Kebutuhan terhadap bahan bakar bisa menjadi sangat besar jika tidak dihitung dengan seksama. Oleh karena itu pastikan Anda sudah memahami kebutuhan biaya membeli bahan bakar saat hendak membeli mobil.

  • Biaya Perawatan

Anda tentu harus melakukan perawatan rutin agar mobil tidak mudah terkena berbagai masalah. Mulai dari melakukan pencucian hingga mengunjungi bengkel merupakan rutinitas para pemilik mobil.

Tentunya untuk melakukan seluruh perawatan tersebut memerlukan uang. Oleh karena itu pastikan Anda memiliki sedikit anggaran lebih untuk melakukan perawatan mobil agar tidak cepat mengalami kerusakan.

Aspek Penting dari Sebuah Mobil

Anda mungkin akan mendapatkan tips membeli mobil yang telah menggunakan teknologi terbaru. Contohnya seperti penggunaan dashboard yang bisa terhubung dengan smartphone, speaker terbaik dan berbagai teknologi lainnya.

Namun sebenarnya hal tersebut bukanlah aspek utama saat membeli mobil. Pastikan Anda memperhatikan beberapa aspek penting berikut ini agar tidak salah dalam membeli mobil baru.

  • Keamanan

Aspek penting pertama dari sebuah mobil adalah keamanan. Sebab mobil adalah kendaraan yang mengangkut penumpang. Oleh karena itu keamanan mobil harus terjamin agar kejadian tidak diinginkan dapat dihindari.

Beberapa hal dari aspek keamanan yang harus Anda perhatikan seperti ketersediaan airbag, electric brake-force distribution dan anti-lock braking system. Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda bisa membeli mobil yang aman.

  • Kapasitas

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Seperti yang kami sebutkan dalam tips membeli mobil di atas bahwa Anda harus membeli mobil sesuai kebutuhan. Salah satu aspek kebutuhan dalam membeli mobil adalah kapasitas penumpang di dalam mobil.

Membicarakan kapasitas bukan hanya tentang ketersediaan kursi penumpang di dalam mobil. Namun Anda juga harus memperhatikan tenaga mesin mobil apakah mampu membawa banyak orang di dalamnya.

  • Jenis Mobil

Saat ini sudah tersedia beragam jenis mobil seperti mobil manual, mobil matic hingga mobil bertenaga listrik. Setiap jenis mobil tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan dengan betul setiap kelebihan dan kekurangan jenis mobil. Selain itu sesuaikan juga jenis mobil yang dibeli dengan kemampuan menyetir Anda.

Membeli Mobil Secara Cash atau Kredit?

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Tips membeli mobil tentu tidak akan lengkap jika tidak membahas metode pembeliannya. Saat ini setidaknya tersedia dua cara untuk bisa membeli mobil. Yaitu secara cash ataupun kredit.

Pertimbangan penggunaan metode pembayaran saat membeli mobil sering menjadi dilema bagi banyak orang. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara pembelian mobil.

  • Membeli Mobil Secara Cash

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Banyak orang yang menyarankan untuk membeli mobil secara cash. Karena memang metode ini memiliki beberapa keuntungan seperti harga mobil yang lebih murah jika dibanding membeli secara kredit.

Selain itu pembelian mobil secara cash juga membuat Anda tidak perlu pusing memikirkan uang cicilan setiap bulan. Hanya saja, mengumpulkan uang untuk membeli mobil secara cash tidak mudah.

Anda harus menabung terlebih dahulu dan menahan tidak membeli mobil dalam beberapa waktu. Padahal kebutuhan terhadap mobil mungkin sudah sangat mendesak sehingga sudah tidak bisa ditunda.

  • Membeli Mobil Secara Kredit

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Anda juga mungkin pernah mendapatkan tips membeli mobil secara kredit. Cara ini memang sangat memudahkan Anda untuk bisa memiliki mobil walau tidak punya uang cash dalam jumlah besar.

Sehingga Anda bisa langsung segera menggunakan mobil untuk berbagai keperluan. Namun pembelian secara kredit sering dianggap membuat Anda rugi karena terjadinya penyusutan harga jual mobil setiap tahun.

Sementara itu, tagihan kredit yang harus Anda bayarkan setiap bulan cenderung tetap. Sehingga meski Anda menjual mobil tersebut, uang hasil penjualan belum tentu bisa menutupi jumlah tagihan.

Hal Penting Saat Hendak Membeli Mobil

tips membeli mobil - tips membeli mobil baru

Selain beberapa tips membeli mobil yang telah kami jelaskan di atas, kami masih memiliki beberapa tips lainnya. Tips tersebut antara lain adalah melihat review serta melakukan test drive.

Melihat review menjadi semakin mudah akibat perkembangan internet dan media sosial. Salah satunya adalah disebabkan tersedianya informasi seputar produk mobil yang akan membantu Anda menentukan pilihan.

Pastikan Anda melihat review terlebih dahulu agar mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil dari sisi pengguna. Saat ini sudah banyak kanal YouTube ataupun blog yang berisi review mobil.

Sama seperti melihat review, melakukan test drive juga merupakan hal yang sangat penting sebelum membeli mobil. Sebab dengan melakukan test drive, Anda bisa mendapatkan pengalaman berkendara menggunakan mobil tersebut.

Melakukan test drive merupakan salah satu tips membeli mobil yang harus Anda lakukan. Sehingga setelah mobil berhasil dibeli, Anda tidak merasa kecewa akibat pengalaman yang tidak sesuai harapan.

Baca Juga : Daftar Pilihan Mobil Diesel Terbaik dan Termurah 2021

Mobil merupakan kendaraan pribadi yang sangat memudahkan. Dengan menggunakan mobil, Anda bisa bepergian secara nyaman tanpa perlu khawatir dengan kondisi cuaca. Namun pastikan Anda memilih mobil yang tepat.

Sebab tidak semua mobil bisa sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pastikan juga anggaran untuk membeli dan mengurus mobil tersebut tidak akan memberatkan kondisi finansial Anda.

Karena seringkali ditemui orang-orang yang menyesal setelah membeli sebuah mobil. Agar hal ini tidak terjadi pada diri Anda, pastikan gunakan tips membeli mobil yang telah kami jelaskan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here