Pahami Istilah Water Hammer, Pembunuh Mesin Kendaraan yang Mematikan

0
50
thumbnail water hammer - istilah water hammer

Orang yang masih awam atau pemula di dunia otomotif mungkin belum mengenal istilah water hammer, pembunuh mesin kendaraan yang satu ini. Water hammer adalah kondisi mesin yang terganggu akibat dari adanya kandungan air dalam jumlah banyak yang masuk ke ruang bakar dan tidak bisa dikompresi.

Baca Juga : Fakta Mobil Pemadam Kebakaran yang Bisa di Pelajari

Untuk memahami istilah tadi lebih lanjut, yuk simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Istilah Water Hammer Pada Kendaraan

Proses Terjadinya Water Hammer

Proses water hammer - istilah water hammer

Air adalah salah satu hal yang dianggap musuh bagi mesin kendaraan. Sifat air yang dijadikan musuh oleh mesin kendaraan itu adalah sifat tidak bisa dikompresinya.

Umumnya water hammer terjadi saat anda sedang menerjang kondisi hujan deras atau banjir. Saat air masuk ke ruang bakar mesin, maka air tersebut tidak bisa dikompresi bersama bahan bakar dan akhirnya membuat piston dan kepala silinder dapur pacu menjadi bengkok, blok mesin retak sehingga membuat mesin kendaraan mati dan tidak bisa menyala.

Kondisi lainnya seperti ketika air yang memasuki sistem pelumas dan bercampur dengan oli. Hal ini membuat sistem pelumasan menjadi terganggu dan tidak maksimal sehingga mengakibatkan over heat dan dapat membengkokkan komponen mesin juga.

Cara Pencegahan yang Harus Diketahui

Cara mencegah water hammer - istilah water hammer

Setelah mengenal istilah tersebut, maka hal selanjutnya yang harus diketahui adalah cara pencegahannya sebelum berdampak kepada kendaraan.

Hindari Genangan Air di Jalan Saat Berkendara

Sebisa mungkin hindari genangan air yang cukup tinggi saat berkendara, untuk mencegah masuknya air ke dalam mesin yang kemudian akan menyebabkan water hammer. Jika memang dalam kondisi darurat dan terpaksa harus melewati jalan yang sedang banjir, usahakan untuk memilih jalan yang dangkal tergenang air dan melaju dengan pelan untuk mencegah masuknya air ke dalam mesin.

Selain itu juga hindari air yang berarus seperti saat ada kendaraan besar layaknya truk melintas di samping kendaraan anda yang membuat genangan air berarus dan dapat menyebabkan kendaraan anda terkena pembunuh mesin kendaraan tersebut.

Kecepatan Kendaraan Saat Melewati Banjir Harus Stabil

Saat anda terjebak untuk melintasi jalur yang tegenang banjir, usahakan untuk menarik gas kendaraat dengan stabil. Cara tersebut dilakukan agar air yang ada tidak akan masuk melalui knalpot kendaraan anda. Sehingga anda akan terhindar dari terjadinya water hammer pada mesin kendaraan anda.

Langkah Penanggulangan

penanggulangan water hammer - istilah water hammer

Bagaimana jika kendaraan anda sudah mengalami hal tersebut? Jika hal ini sudah terjadi maka hal yang anda dapat lakukan yaitu membawa kendaraan anda ke bengkel terbaik dan terpercaya.

Bila komponen pada mesin kendaraan seperti piston saja bisa sampai bengkok, maka biaya perbaikan tersebut tidaklah murah. Biaya perbaikan mesin kendaraan yang terkena penyakit tersebut bahkan bisa seharga membeli motor matic baru, yaitu sekitar Rp 10-30 jutaan.

Biaya tersebut tergantung dari kerusakan mesin kendaraan yang terjadi akibat water hammer. Apabila kerusakan pada mesin mobil sangat parah, biaya perbaikannya pun bisa menyentuh Rp 30 juta atau bahkan lebih.

Dengan begitu, anda harus selalu menjaga kondisi mesin kendaraan anda. Anda juga dapat menjada kondisi mesin kendaraan anda dengan cara membersihkannya.

Bersihkan Mesin Kendaraan Dengan Benar

bersih mesin - istilah water hammer

Membersihkan mesin kendaraan seperti ruang bakar tidak boleh sembarangan. Jika salah cara membersihkan, maka akan berdampak cukup fatal yaitu terjadi korslet yang bahkan hingga bisa menyebabkan kebakaran. Sebab, pada daerah tersebut banyak komponen mesin yang krusial yang berhubungan dengan sistem kelistrikan kendaraan. Jadi, melakukan perawatan pada mesin kendaraan tersebut perlu perlakuan yang khusus.

Anda bisa membersihkan mesin kendaraan anda tersebut menggunakan lap yang berbahan mikrofiber yang sedikit dibasahi. Karena jika anda membilas menggunakan air, maka tidak menutup kemungkinan air tersebut akan masuk ke soket kelistrikan yang dapat membahayakan kendaraan atau bahkan pengemudi seperti anda. Selain itu anda juga dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan mesin kendaraan anda. Tetapi tetap disarankan menggunakan lap berbahan mikrofiber.

Baca Juga : Mobil Nissan Juke Dengan Penampilan Terbaik Dan Unik

Sehubung dengan hal diatas, kini anda sudah mengenal istilah water hammer si pembunuh mesin kendaraan dan juga cara pencegahannya. Dengan begitu, anda bisa tetap merawat mesin kendaraan anda agar aman dan tetap dalam kondisi prima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here