Yuk, Intip Motor 4 Tak 2021 Dengan Performa Semakin Mantap

0
523
motor 4 tak 2021

Mencari kendaran bermotor untuk digunakan sehari-hari perlu memerhatikan berbagai hal. Apalagi dengan tingkat polusi emisi yang tinggi seharusnya bijak dalam memilih sepeda motor agar tidak menimbulkan lebih buruk lagi pada udara. Motor 4 tak 2021 merupakan solusi sebagai kendaraan yang ramah dan hemat.

Baca Juga : 12 Macam Dan Jenis Motor Sport 2021 Yang Paling Keren

sekarang ini motor-motor banyak yang ditawarkan dengan jenis 4 tak yang lebih ramah lingkungan. selain itu, konsumsi bahan bakar lebih efisien. Hal itu, juga mendukung dalam upaya mengurangi emisi gas buang yang dilakukan oleh pemerintah di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Ketahui Apa Itu Motor 4 Tak 2021

Motor 4 tak 2021  atau 4 langkah sebagai hasil evolusi dari motor 2 tak. Maksudnya motor 2 tak sudah tidak boleh diproduksi lagi dengan pertimbangan kurang ramah lingkungan. Motor 4 langkah yang sekarang banyak diproduksi merupakan motor yang memakai pembakaran dalam.

Pada mesin motor 4 tak untuk satu kali siklus pembakaran bisa  mengalami empat langkah piston. Perlu diketahui bahwa motor 4 tak merupakan sebutan lain dari 4 langkah. Sepeda motor yang diproduksi saat ini menggunakan mesin 4 tak. Seperti jenis skuter matik atau skutik, motor sport, motor bebek, dan motor gede (moge).

Di zaman modern dan teknologi maju, mesin 4 tak dipasangkan dengan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi untuk hasilkan emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Di Indonesia, motor 4 tak 2021 belum semuanya menerapkan sistem injeksi tetapi masih mengombinasikan mesin 4 tak dengan sistem karburator.

Karburator masih menjadi pilihan lantaran memiliki cara kerja yang sangat sederhana serta minim intervensi teknologi komputer. Apabila mengalami kerusakan, maka perbaikan mudah dilakukan. Serta harga komponen karburator lebih murah. Hal itu, juga menjadi  alasan pabrikan masih pakai karburator.

Langkah Kerja Motor 4 Tak 2021

Hasil pembakaran mesin motor 4 tak 2021, maka tenaga selanjutnya didistribusikan ke transmisi sehingga dapat menggerakkan roda belakang motor, hingga dapat melaju. Pada sistem keseluruhan kerja menggunakan mesin 4 langkah memerlukan dua putaran poros engkol atau crankshaft per satu siklus mesin. Berikut cara kerja lengkapnya :

  1. Proses Hisap atau Pemasukan atau Intake Pada Motor 4 Tak

motor 4 tak 2021

Motor 4 tak 2021 dalam proses hisap adalah klep hisab membuka lalu piston turun untuk menghisap campuran udara dan bahan bakar. Lalu, bahan bakar bisa masuk ke dalam silinder mesin motor. Pada produksi tenaga mesin dipengaruhi banyaknya jumlah bahan bakar yang terbakar dalam proses pembakaran.

Proses hisap pada mesin 4 tak, yaitu piston akan bergerak dari titik mati atas atau TMA menuju titik mati bawah atau TMB. Selanjutnya, klep in terbuka dan klep Ex tertutup, maka bahan bakar akan masuk ke silinder. Pada kruk as berputar 180 derajat dan noken as berputar 90 derajat.

Lalu, tekanan negatif pison pada mesin motor 4 tak 2021 menghisap kabut oleh karburator akan terhisap melalui intake port. Jadi, sejumlah gas bensin terisap masuk ke dalam ruang silinder melalui saluran katup masuk disebabkan oleh gerakan turun piston.

  1. Proses Menghasilkan Kompresi (Compression)

motor 4 tak 2021

Langkah kompresi dilakukan untuk meningkatkan temperature menghasilkan campuran bahan bakar dan udara menjadi senyawa. Produksi tenaga pada mesin erat hubungannya dengan rasio poses tersebut. Cara kerja dari kompresi ialah piston dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA).

Katup atau valve masuk membuka dan katup buang menutup ketika piston bergerak dari TMA ke TMB. Lalu, klep in menutup serat klep ex tertutup, akibatnya udara atau gas dalam ruang bakar bisa menghasilkan kompresi. Kruk as bisa menghasilkan rotasi penuh 360 derajat dan noken as mencapai 180 derajat.

  1. Langkah Tenaga atau Comustion

motor 4 tak 2021

Di sini kerja mesin 4 tak dimulai dengan menyalakan busi yang menghasilkan terbakarnya bahan bakar atau udara. Pada proses ini akan menyebabkan ledakan yang akan mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan liner tersebut di ubah menjadi gerakan putaran oleh kruk AS diteruskan menuju flywheel.

Pada motor 4 tak 2021 proses terjadi ledakan di ruang bakar menyebabkan piston terlempar dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Saat klep masuk tertutup, pada jelang akhir langkah klep buang mulai terbuang sedikit. Proses ini menghasilkan transformasi energi bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk AS.

  1. Proses Buang atau Exhaust Emission

motor 4 tak 2021

Jika sudah terjadi proses pembakaran, maka gas bakar wajib dibuang. Pada piston dari titik mati bawah naik kembali ke atas atau TMA dibarengi dengan klep buang membuka. Maka, gas hasil pembakaran itu terbuang ke knalpot. Piston akan naik dari TBM ke TMA dalam proses ini dan menghasilkan setengah rotasi kruk AS.

Berikut Kendala yang Biasa Terjadi Pada Mesin Motor 4 Tak atau Langkah

Diketahui bahwa mesin motor 4 tak 2021 sebagai penerus dari mesin motor 2 tak tidak berarti sistem ini sempurna. Beberapa kendala masih bisa dijumpai dan terjadi, apalagi jika motor tidak dirawat dengan baik dan berkala. Berikut kendala yang bisa terjadi pada mesin 4 tak :

  1. Kinerja mesin mengalami masalah akan mengakibatkan motor mengebul

Jika mesin dalam kinerja mengalami kendala ataiu tidak bekerja secara maksimal, sehingga bisa mengakibatkan asap putih keluar di knalpot motor. Hal itu, bisa diakibatkan oleh piston motor yang telah oblak atau ring piston telah aus. Bisa juga stang piston bermasalah sebabkan oli merembes ke ruang bakar mesin.

Ketika oli tercampur dengan bahan bakar akan terjadi kepulan asap disertai keluarnya gas sisa pembakaran dari knalpot. Kalau sudah demikian harus segera cek ke bengkel. Solusi ringan dengan mengganti ring piston, namun jika permasalahan berat maka piston harus diganti dan mengeluarkan biaya mahal.

  1. Tenaga yang Dihasilkan Motor 4 Tak Menurun

Masalah lain yang bisa terjadi dengan motor 4 tak dengan tenaga tiba-tiba menurun. Kemungkinan komponen piston atau ring piston sudah tidak kuat mendorong secara optimal. Akibatnya kompresi mesin menurun sehingga proses pembakaran tidak sempurna, maka tenaga yang dihasilkan kecil.

Motor 4 tak 2021 mengalami kendala yang terjadi akibat dari pemasangan piston dan ring piston tidak benar. Bisa juga akibat usia pemakaian sehingga mempengaruhi kinerja mesin menurun. Penggunaan motor yang sering melakukan kerja berat dengan mengangkut beban melebihi kapasitas.

Ciri-Ciri Motor 4 Tak atau 4 Langkah

Motor 4 tak mempunyai ciri-ciri sebagai pembeda antara motor 2 tak. Dengan mengetahui ciri-cirinya, maka akan memudahkan pengguna motor dengan mesin 4 tak untuk melalukan perawatan. Sepeda motor yang memiliki mesin 4 tak tentu lebih ramah dengan lingkungan. Berikut ciri-ciri motor 4 tangkah :

  1. Motor 4 tak menggunakan bensin murni
  2. Dalam sistem atau proses gas buang tidak mengeluarkan emisi atau asap
  3. Motor 4 langkah tidak menggunakan oli samping
  4. Mempergunakan katup atau valve
  5. Memakai rantai sentrik

Baca Juga : Deretan Motor Sport Termahal Di Indonesia Ini Bikin Anda Melongo

Nah, di atas penjelasan mengenai Motor 4 tak 2021. Serta, sistem pembakaran dalam umumnya memakai siklus empat langkah. Antara lain langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga, dan langkah buang. Semua sistem itu mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk menghasilkan dorongan tenaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here