Akibat Mobil Sering Kena Matahari Dan Cara Melindunginya!

0
159
Akibat Mobil Sering Kena Matahari dan Cara Melindunginya!
Akibat Mobil Sering Kena Matahari dan Cara Melindunginya!

Bagi Anda pemilik kendaraan mobil sering kena matahari, sebaiknya wajib mengetahui akibat yang dapat ditimbulkan. Selain itu kami akan memberikan informasi, bagaimana cara melindungi alat transportasi sehari-hari Anda dari panasnya matahari.

Baca Juga:Cara Menyalakan Mobil Matic dan Manual dengan Benar!

Meskipun setiap kendaraan memang dibuat khusus dalam segala cuaca, bukan berarti tidak ada kerusakan yang dapat ditimbulkan. Perubahan cuaca ekstrem pada umumnya, bisa membuat kendaraan Anda menjadi lebih mudah rusak baik pada bagian eksterior atau dalam.

Mungkin kerusakan akan jauh lebih kecil, jika kendaraan tersebut sedang digunakan. Namun jika Anda terlalu lama memarkirkannya di luar dan membiarkannya terkena panas matahari dan hujan terlalu sering. Maka Anda perlu mengetahui apa saja akibat yang bisa ditimbulkan.

Melakukan perawatan secara berkala, merupakan hal penting yang wajib Anda lakukan sebagai pengendara. Jangan hanya menggunakannya saja, namun Anda juga perlu merawat mesin, juga bagian interior atau eksterior kendaraan Anda.

Akibat Mobil Sering Kena Matahari

Sinar matahari yang menyengat di siang hari, bisa saja menimbulkan berbagai penurunan fungsi kendaraan. Maka dari itu sebagai pengendara yang bijak, Anda perlu mengetahui berbagai kemungkinan kerusakan yang dapat terjadi. 

  • Eksterior Mobil Rusak

Bagian pertama yang terkena dampak sinar matahari adalah, eksterior mobil seperti halnya warna cat memudar. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh panasnya matahari, sehingga warna cat akan terlihat kusam, bahkan pada kendaraan berwarna putih, maka warna cat bisa menguning.

Kondisi ini tentunya tidak langsung terjadi pada kendaraan, namun warna cat akan berubah secara berangsur-angsur, jika kendaraan terus terkena sinar matahari. Oleh karenanya Anda perlu berhati-hati, jika terlalu sering memarkir mobil di luar tanpa ada penutup mobil.

  • Kulit Jok Mengelupas

Akibat lainnya jika mobil sering kena matahari adalah, kulit jok bisa mengelupas. Bagi Anda yang memiliki kendaraan dengan bahan jok terbuat dari kulit, maka sebaiknya ketahui cara mengatasi agar kulit jok tidak terkelupas akibat panas matahari.

Jok yang terbuat dari kulit atau sintetis, cenderung mudah rusak dan kulit akan mengalami pecah-pecah. Salah satu cara mengatasinya adalah, dengan melakukan perawatan secara berkala pada jok mobil dengan memberikan chemical khusus untuk kulit jok.

  • AC Mobil Mudah Rusak

Kebanyakan orang melakukan hal yang sama, jika suhu mobil meningkat dengan menyalakan AC pada suhu tinggi. Padahal hal ini dapat membuat AC cepat rusak, karena AC akan bekerja lebih keras dan membuat kinerja AC tidak bekerja secara optimal.

Sebaiknya Anda menurunkan suhu mobil secara manual. Dengan menurunkan kaca jendela mobil agar hawa panas bisa keluar, dan suhu kendaraan bisa dalam kondisi normal.

Cara Melindungi Mobil Sering Kena Matahari saat Sedang Parkir

Cara Melindungi Mobil Sering Kena Matahari saat Sedang Parkir_Akibat Mobil Sering Kena Matahari dan Cara Melindunginya!
Cara Melindungi Mobil Sering Kena Matahari saat Sedang Parkir_Akibat Mobil Sering Kena Matahari dan Cara Melindunginya!

Saat kendaraan sedang diparkir, kadang Anda terburu-buru sehingga tidak sempat mencari tempat yang teduh. Sehingga kendaraan akan terjemur, dan bisa membuatnya menjadi cepat rusak, maka dari itu kami akan memberitahu kepada Anda apa solusinya.

  • Menggunakan Cover Mobil

Jika Anda tidak bisa meletakkan mobil di dalam garasi, maka sebaiknya temukan cover mobil yang sesuai dengan kendaraan Anda. Cover mobil bisa melindungi kendaraan dari panas, cat serta kaca juga tidak akan terkena sinar matahari secara langsung.

  • Menjauhkan Wiper dari Kaca

Cara melindungi mobil sering kena matahari berikutnya, dengan menegakkan wiper agar tidak bersentuhan dengan kaca mobil. Banyak orang melupakan bagian ini, sehingga karet wiper dapat mengalami pengerasan dan perubahan bentuk, jika terus-terusan terkena panas.

Jika Anda hanya meletakkan kendaraan di luar dalam waktu tidak terlalu lama. Maka sebaiknya posisikan wiper agar tidak menempel dengan kaca, untuk menjaga kelembaban karet wiper. 

  • Menggunakan Kaca Film

Cara lainnya adalah dengan memasang kaca film pada kendaraan, dengan begitu sinar matahari akan sulit untuk menembus ke dalam kendaraan. Hal ini memang tidak bisa melindungi cat mobil, namun bagian interior kendaraan akan terlindungi dengan baik.

Selain itu pengendara juga tidak merasa silau saat berkendara, karena kaca film bisa menghalau sinar matahari. Jika Anda sering memarkirkan kendaraan di luar, sebaiknya gunakan kaca film 70% pada kaca bagian depan dan jendela samping, serta 25% untuk penumpang belakang. 

  • Membuka Sedikit Jendela Mobil 

Cara melindungi mobil sering kena matahari berikutnya adalah membuka sedikit kaca jendela. Dengan begitu hawa panas tidak akan terjebak di dalam mobil, selain itu suhu di dalam mobil juga bisa menjadi lebih rendah dan membuat interior kendaraan tidak mudah rusak.

Hindari Meletakkan Barang Mudah Meledak di Dalam Mobil

Cara Melindungi Mobil Sering Kena Matahari saat Sedang Parkir_Akibat Mobil Sering Kena Matahari dan Cara Melindunginya!
Cara Melindungi Mobil Sering Kena Matahari saat Sedang Parkir_Akibat Mobil Sering Kena Matahari dan Cara Melindunginya!

Jika Anda tidak memiliki pilihan lain untuk meletakkan kendaraan di luar, sehingga mobil sering terkena matahari. Maka hal lain yang perlu Anda ketahui adalah, dengan tidak meletakkan barang yang mudah meledak di dalam kendaraan.

Sebelum meninggalkan mobil, sebaiknya cek kembali barang yang Anda tinggalkan didalamnya. Terdapat beberapa barang yang mudah meledak, jika terkena panas pada suhu berlebihan, seperti korek api, botol parfum, spray, bahan bakar atau barang elektronik dengan baterai.

Tentunya ledakan pada barang tersebut, dapat membuat kendaraan mengalami kerusakan hingga kebakaran. Hal ini perlu Anda antisipasi sebagai pengendara, untuk tidak meletakkan barang-barang tersebut di dalam kendaraan jika hendak di parkirkan.

Meskipun Anda tidak memarkirkan dalam waktu yang lama, akan lebih baik untuk tetap tidak meninggalkan barang mudah terbakar. Karena suhu panas yang tidak diketahui oleh Anda, bisa membuat barang tersebut dapat meledak kapan saja.

Mobil sering kena matahari memang bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada kendaraan, mulai dari kerusakan ringan hingga berat. Maka dari itu sebaiknya Anda tidak terlalu sering memarkirkan kendaraan, pada tempat yang mudah terpapar sinar matahari.

Mungkin pada awalnya hanya terjadi kerusakan kecil saja, namun lama kelamaan jika dibiarkan kerusakan tersebut bisa meluas. Mulai dari perubahan warna cat, lampu kaca menguning, juga bagian mobil yang terbuat dari bahan plastik.

Maka dari itu Anda perlu mengetahui, cara melindungi kendaraan yang sering terkena sinar matahari. Dengan begitu kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi, bisa diminimalisir dengan tindakan yang Anda lakukan.

Melakukan Pemeriksaan Pada Mobil Sering Kena Matahari

Melakukan Pemeriksaan Pada Mobil Sering Kena Matahari_Akibat Mobil Sering Kena Matahari dan Cara Melindunginya!
Melakukan Pemeriksaan Pada Mobil Sering Kena Matahari_Akibat Mobil Sering Kena Matahari dan Cara Melindunginya!

Pemeriksaan tentunya merupakan hal yang perlu Anda lakukan pada setiap kendaraan, tidak hanya pada kendaraan yang sering terpapar sinar matahari. Dengan dilakukannya pemeriksaan, maka kerusakan ringan hingga berat bisa lebih cepat diketahui.

Tentunya kerusakan tersebut bisa membuat pengendara tidak nyaman saat berkemudi atau penurunan fungsi kendaraan yang bisa menyebabkan hal fatal. Pemeriksaan ini penting dilakukan secara berkala, terlebih lagi jika mobil sering kena matahari.

Kendaraan yang terkena sinar matahari memang lebih mudah mengalami kerusakan, hal ini akan berbahaya jika kerusakan tersebut tidak terdeteksi. Dengan dilakukannya pemeriksaan secara rutin, pengendara menjadi tahu kerusakan seperti apa yang terjadi.

Misalnya perawatan pada body mobil, hal ini dilakukan jika warna cat sudah memudar atau menguning. Dengan melakukan poles body, maka warna cat akan kembali dengan kualitas yang lebih baik.

Anda juga bisa menggunakan wax pelindung setidaknya dua kali dalam setahun, dengan begitu cat mobil akan mendapat perlindungan lebih dari sinar matahari. Selain itu cat mobil menjadi tidak mudah luntur atau memudar, serta mengalami perubahan warna.

Selain itu perawatan pada ban mobil tidak kalah penting, jika mobil sering kena matahari dengan suhu cukup tinggi, maka tekanan pada ban bisa meningkat. Hal tersebut akan berbahaya jika Anda menggunakannya saat berkendara, sebab ban akan lebih mudah meledak.

Jangan menyepelekan perawatan kendaraan, yang perlu dilakukan setidaknya sebulan sekali. Mungkin Anda akan mengeluarkan biaya lebih besar, namun keamanan dan kenyamanan saat berkendara juga tidak kalah penting bagi pengendara dan penumpang.

Bagi Anda yang sering menggunakan kendaraan sebagai transportasi sehari-hari, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk mengecek kendaraan sebelum mengemudi. Keamanan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan, dan jangan pernah menyepelekannya.

Jika Anda tidak memiliki garasi, setidaknya letakkan kendaraan pada tempat teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Atau menggunakan cover mobil, juga bisa menjaga kendaraan dari paparan sinar matahari yang menembus ke dalamnya.

Baca Juga:Pasar Mobil Low MPV Semakin Ramai, Pilih yang Mana?

Dengan mengetahui akibat dari paparan sinar matahari yang terlalu sering pada kendaraan Anda, kini pengendara bisa mencegah kemungkinan kerusakan yang dapat terjadi, dengan begitu media transportasi pribadi Anda menjadi lebih aman. Mobil sering kena matahari mungkin tidak mengalami kerusakan berat pada awalnya, namun kerusakan ringan yang sengaja dibiarkan membuat kerusakan besar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here