Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!

0
281
Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!
Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!

Performa dan Fitur keselamatan Toyota Avanza terus mengalami perkembangan setiap kali varian terbarunya dirilis. Mow MPV yang memiliki julukan mobil sejuta umat ini pertama kali diperkenalkan pada bulan desember 2003 lalu di Indonesia. Tentu saja pada awal kemunculannya mobil ini sudah berhasil menarik minat para pecinta otomotif dalam negeri.

Baca Juga: Mengenal Teknologi VVT-i Pada Mobil dan Keunggulannya!

Namun perlu diingat jika kata avanza ini sendiri bukan berasal dari Bahasa Indonesia. Avanza berasal dari bahasa Italia, Avanzato. Artinya adalah sebuah peningkatan atau canggih, hal ini memang direalisasikan dengan baik oleh Toyota.

Seiring berjalannya waktu, mobil Avanza ini memang semakin canggih, terutama pada pengembangan fitur keselamatannya. Mungkin jarang orang tahu jika fitur keselamatan mobil satu ini hanya seatbelt saja pada saat pertama kali rilis. Lantas bagaimana perkembangan fitur keselamatannya dari masa ke masa?

Performa dan Fitur keselamatan Toyota Avanza Generasi Pertama (2003-2005)

Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!
Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!

Toyota Avanza generasi pertama populer karena mesinnya yang sangat tangguh. Untuk generasi 2003 saja sudah menggunakan mesin dengan kapasitas 1300 cc di dalamnya. Dapur pacu pada generasi satu ini sudah menggunakan sistem komputerisasi dengan teknologi EFI atau Electronic Fuel Injection.

  • Performa Mesin

Jika dilihat secara detail, mesin yang ada di dalam Avanza generasi pertama ini menggunakan kode K3-DE non VVT-i. Mesin satu ini dipercaya mampu menghasilkan tenaga hingga 86 PS dalam 6.000 rpm. Adapun Torsi yang dihasilkan mampu mencapai angka 116 Nm di 3.200 rpm.

  • Fitur Keselamatan

Meskipun memiliki performa mesin yang cukup tangguh, Fitur keselamatan Toyota Avanza generasi pertama ini terbilang sangat tidak baik. Bagaimana tidak, di dalamnya hanya tersedia seatbelt saja sebagai satu-satunya fitur keselamatan bagi pengemudi dan penumpang.

Sedangkan untuk pengendali laju, mobil satu ini sudah dipersenjatai dengan rem cakram di bagian depan dan rem tromol di roda belakang. Perbaikan fitur keselamatan dilakukan ketika tipe S diluncurkan. Sebagai varian teratas, generasi Avanza satu ini sudah dilengkapi dengan fitur ABS.

Fitur Keselamatan Toyota Avanza Facelift Pertama (2006-2010)

Di awal tahun 2006, Toyota melakukan pengembangan terhadap tampilan dan performa produk terlarisnya ini. Tidak hanya desainnya saja secara keseluruhan, ternyata ada juga beberapa pengembangan yang dilakukan terhadap teknologi mesin. 

  • Performa Mesin

Pengembangan teknologi mesin ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar, namun tetap memberikan konsumsi bahan bakar yang irit. Pada fitur keselamatan Toyota Avanza facelift pertama, membenamkan mesin dengan teknologi VVT-i pada mesin berkapasitas 1.3 L. 

Di sisi lain ada juga mesin 1.5 L VVT-i yang ditawarkan kepada konsumen pada saat bersamaan. Berdasarkan banyak percobaan yang dilakukan, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 92 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 119 Nm pada 4.400 rpm. Performa yang sangat baik ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5-percepatan.

  • Fitur Keselamatan

Pada versi facelift ini ada beberapa fitur keselamatan yang ditambahkan. Diantaranya adalah fitur Anti Lock Braking System dan Sensor parkir pada type S. Sedangkan untuk bagian internalnya, fitur keselamatan Avanza facelift ini masih sama seperti pendahulunya yakni hanya menyediakan seatbelt saja. 

Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Generasi Kedua (2011-2014)

Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!
Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!

Toyota Astra Motor kembali memperkenalkan generasi kedua dari Avanza di awal tahun 2011. Dengan jarak delapan tahun dari rilisan pertamanya, tentu saja ada banyak sekali pengembangan yang dilakukan oleh TAM terhadap produk terbarunya ini.

  • Performa Mesin

Produk yang dinamai All New Avanza ini memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan generasi pertamanya. Namun dari segi performa mesin, tetap saja ada persamaan diantara keduanya. Mobil terbaru dari Toyota ini masih menggunakan mesin berkapasitas 1.3L dan 1.5L VVT-i.

Namun ada pembaruan untuk varian terbaru Avanza ini. Salah satunya adalah dihilangkannya Avanza Tipe S dan diganti dengan nama Veloz. Ini merupakan kelas tertinggi dari All New Avanza pada masa tersebut. Model tertinggi ini dilengkapi dengan fitur ABS dan sensor parkir.

  • Fitur keselamatan Toyota Avanza Gen 2

Pada versi terbarunya ini, Toyota Avanza sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan yang jauh lebih baik. Selain menambahkan seatbelt pada bangku paling belakang, versi terbaru Avanza tahun 2013 dan setelahnya juga sudah menambahkan airbag demi keselamatan pengemudi dan penumpang depan.

Karenanya tidak mengherankan jika pada masa tersebut, All New Avanza menjadi salah satu kendaraan terlaris di negeri ini. Terlebih lagi untuk varian Avanza Veloz yang penjualannya tembus hingga ribuan unit per bulannya.

Performa dan Fitur Keselamatan di Toyota Avanza gen-2 Facelift Pertama (2015-2018)

Karena persaingan di kelas Low MPV semakin ketat, Toyota Astra Motor kemudian mengeluarkan varian terbaru mereka yang diberi nama Grand New Avanza. Produk facelift kedua dari Avanza ini resmi dirilis pada tahun 2015 lalu dan menjadi salah satu produk terlaris di negeri ini.

  • Performa Mesin

Dari segi mesin, varian terbaru dari Toyota ini dilengkapi dengan dengan teknologi terbaru dual VVT-i. Adapun kapasitas mesin yang digunakan masih tetap sama yakni 1.3 L dan 1.5 L. Untuk varian 1.3 L dilengkapi dengan kubikasi 1.329 cc dan mengadopsi teknologi 1NR-VE IL 4 Cylinder 16V, DOHC.

Teknologi Dual VVT-i pada mesin 1.3 L ini dipercaya mampu menghasilkan tenaga hingga 96.5 PS pada 6.000 rpm. Adapun torsi yang dihasilkan setiap 4200 RPM adalah 120 Nm. Cukup tangguh untuk kelas low MVP pada saat itu.

Berbeda dengan mesin 1.3 L, mesin 1.5 L dilengkapi dengan kubikasi 1.496 cc yang mengadopsi teknologi 2NR-VE IL 4 Cylinder, 16V, DOHC. Dengan teknologi Dual VVT-I di dalamnya, mesin satu ini mampu menghasilkan tenaga hingga 104 PS setiap 6.000 rpm.

  • Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan pada Avanza generasi ini terbilang cukup tangguh. Bagaimana tidak, di dalamnya ada banyak sekali fasilitas keamanan yang akan memaksimalkan keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara bersama keluarga.

Fitur pertama yang akan Anda dapatkan di dalamnya adalah dual airbag untuk pengendara dan penumpang depan. Selain itu, rilisan terbaru avanza satu ini juga sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-Lock Braking System).

Tidak hanya itu saja, pada kendaraan ini juga terdapat Side Impact Beam dan 3 Point seatbelt. Untuk memaksimalkan kenyamanan Anda, ada juga ISOFIX dan Front Passenger Seat belt Warning yang tersedia. Ada juga kamera belakang dan 2 titik sensor parkir untuk kemudahan mengemudi.

Performa dan Fitur Keselamatan di Toyota Avanza gen-2 Facelift Kedua (2019-2021)

Ketika meluncurkan Facelift kedua mereka PT Toyota Astra Motor hanya menambahkan shades yagn berbeda saja terhadap desain eksterior dari Toyota Avanza ini. Jadi tidak ada yang berubah sama sekali dari segi internal.

  • Performa mesin

Dari segi performa, masih menggunakan mesin dengan kapasitas 1.3 L dan 1.5 L yang mengadopsi teknologi Dual VVT-i. Jadi sama sekali tidak ada yang berubah dari sisi ini. Fitur keamanan berkendara juga masih sama dengan versi sebelumnya.

  • Fitur Keamanan

Sama seperti mesinnya, Fitur keselamatan Toyota Avanza tahun 2019 dan 2021 ini masih sama persis seperti pendahulunya. Di dalam kendaraan terbaru Toyota ini dibenamkan dual airbags untuk pengendara dan penumpang depan.

Begitu juga untuk fitur keamanan lainnya masih sama yakni tersedianya ABS (Anti-Lock Braking System) untuk meminimalisir tegangan saat rem mendadak, Fitur ISOFIX dan 3-Points Seat belt, Front Passenger Seat belt Warning dan Sidebelt Impact Beam.

Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Generasi Ketiga (2021-Sekarang)

Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!
Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!

Untuk varian terakhir dari Toyota Avanza, tentu saja ada beberapa pembaharuan yang diterapkan mengingat tingginya persaingan di kelas Low MPV saat ini. Tidak main-main, pada varian terbarunya ini Toyota seperti bertaruh banyak agar produknya laris. Salah satunya dari segi desain yang terlihat jauh lebih sporty.

  • Performa Mesin

Teknologi pertama yang dibenamkan ke dalam produk terbaru Toyota ini adalah teknologi DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang dibenamkan kepada penggerak roda depan (FWD). Ada dua pilihan mesin tangguh yang tersedia yakni 1.3L dan 1.5L.

  • Fitur keselamatan

Fitur keselamatan Toyota Avanza versi terbaru ini memang tidak bisa disepelekan. Bagaimana tidak, di dalamnya Anda bisa menemukan rem ABS+EBD yang mampu meminimalisir shock saat sopir melakukan pengereman mendadak.

Di bagian depan, ada juga fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan dual air bag. Tidak hanya itu saja, Toyota juga membenamkan Hill Start Assist (HSA) dan Electronic Parking Brake (EPB) untuk kenyamanan Anda saat melakukan parkir.

Baca Juga: Penyebab Tarikan Mesin Terasa Berat dan Cara Mengatasinya!

Dengan berbagai fitur keren yang ada di dalamnya, tidak heran jika saat ini Avanza dianggap sebagai salah satu kendaraan dengan potensi laris yang sangat tinggi. Tidak hanya performa mesinnya yang tangguh, Fitur keselamatan Toyota Avanza ini memang patut diacungi jempol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here