Spesifikasi Motor Yamaha Nmax 125: Skuter Matik Keren yang Powerfull dan Irit BBM

0
479
thumb nmax125 - spesifikasi motor yamaha nmax 125

Yamaha Nmax merupakan salah satu skuter matik yang paling laris di pasar Indonesia. Motor ini memang terbukti mampu memenuhi kebutuhan pengendara di segala situasi dan kondisi. Jika kamu tertarik untuk membelinya, maka wajib hukumnya mengetahui spesifikasi motor Yamaha Nmax 125.

Baca Juga : Spesifikasi Motor Honda PCX 160 : Mesin Lebih Bertenaga dan Desain Sporty

Dengan membaca spesifikasinya secara menyeluruh, kamu akan mengetahui keunggulan dan fitur-fitur yang ditawarkan olehnya. Pastikan kamu yakin dengan pilihanmu, agar tidak terjadi penyesalan di masa depan.

Berikut Spesifikasi Motor Yamaha Nmax 125

Bagi kamu yang ingin membelinya, kamu harus tahu fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh skuter matik tersebut. Agar kamu tidak kesulitan memahami istilah otomotif yang asing, silahkan menyimak ulasannya di bawah ini.

1. Mesin

 

Yamaha Nmax 125 diluncurkan bersama-sama dengan Yamaha Nmax 155 di Eropa dan beberapa negara Asia tertentu, yang mana disambut gemberi oleh penggemarnya. Ya, skuter matik ini mengalami penjualan yang sukses dengan luar biasa, yang bisa menjadi bukti tentang kualitasnya.

Motor skuter matik ini hadir dengan mesin dengan CC yang lebih kecil, namun bisa diandalkan untuk memberikan power yang luar biasa. Yamaha Nmax 125 dibekali dengan mesin Blue Core 125cc, yang mana telah lulus dan memenuhi standar Emisi EURO5.

Berikut spesifikasi mesin Yamaha Nmax 125 selengkapnya :

  • Tipe mesin adalah Single cylinder, liquid-cooler, 4-stroke, SOHC.
  • Kapasitas mesinnya 125cc.
  • 52.0 mm (Diameter) x 58.6 mm (Langkah).
  • 10.55 kW @ 9.000 RPM (Daya).
  • 11.94 Nm @ 6.750 RPM (Torsi).
  • Perbandingan Kompresi : 11.2:1.
  • Starter tipe Elektrik.
  • Sistem Pembakaran adalah Fuel Injection System.
  • Sistem Pelumasan : Basah.
  • Pengoperasian Perseneling : V-belt Automatic.

Spesifikasi seperti di atas membuat Yamaha Nmax 125 mampu menghasilkan tenaga 12 dk di kecepatan 8.000 RPM dan torsi 11.2 Nm di 6.000 RPM. Pastinya, skuter matik ini bisa diandalkan untuk berpacu di jalanan dengan kecepatan yang maksimal.

Selain tenaganya yang powerfull, motor ini juga memiliki sistem pembakaran Fuel Injection, selain bisa memaksimalkan pembakaran dengan sempurna, juga akan membuang gas yang lebih ramah lingkungan.

2. Desain

 

 

Dibandingkan dengan mesinnya yang memang untuk entry level (lebih rendah dibandingkan 155cc), desain dari skuter matik ini justru terlihat premium.  Jika dilihat sekilas, Yamaha Nmax 125 ini terlihat menawan, gagah dan memiliki struktur bodi yang pas dan presisi.

Bodinya yang cenderung kecil membuat skuter matik ini bisa dibawa ke berbagai medan dengan mudah dan nyaman. Desainnya yang terlihat premium juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pengendara, karena bisa diadu dengan versi CC yang lebih besar.

Overall, desain dari Yamaha Nmax 125 ini bisa menjadi nilai plus sekaligus menutupi kekurangan di bagian mesinnya. Sebenarnya hal ini bisa dimengerti, karena harganya pun memang lebih miring dibandingkan Yamaha Nmax 155.

3. Dimensi

 

Spesifikasi Motor Yamaha Nmax 125 di bagian dimensi juga penting untuk dibahas, yang mana sama persis dengan Yamaha Nmax 250. Tepatnya, skuter matik ini memiliki dimensi 2.160 mm x 790 mm x 1.385 mm dengan tinggi jok mencapai 792 mm.

Untuk jarak sumbu antar rodanya sendiri adalah 1525 mm, dimana jarak paling rendah ke tanah adalah 123 mm. Dimensi rangka ini membuat Yamaha Nmax 125 bisa mengarungi segala jenis medan dengan lincah tanpa membuat pengendara kelelahan.

Selengkapnya tentang spesifikasi Yamaha Nmax 125 di bagian dimensi bisa kamu perhatikan di bawah ini :

  • 2.160 mm (P) x 790 mm (L) x 1.385 mm (T).
  • Berat 173 kg (ABS) dan 169 kh (non ABS).
  • Tinggi jok 792 mm.
  • Jarak sumbu roda mencapai 1.525 mm.
  • Jarak terendah ke tanah adalah 125 mm.

4. Suspensi dan Sistem Pengereman

 

Yamaha Nmax 125 sudah didukung dengan dua suspensi yang sangat baik, yang bisa mengendalikan bodi bongsornya dengan sempurna. Di bagian depan., ada suspensi dengan jenis Telescopic Forks, yang memiliki travel 110 mm.

Sedangkan di bagian belakang ada suspensi dengan tipe Unit Swing, yang memiliki travel 84 mm. Kombinasi dua suspensi ini, ditambah dengan rangka Turbular Frame, membuat pengendara bisa bermanuver dengan Nmax 125 secara sempurna.

Sedangkan untuk sistem pengereman, motor skuter matik ini dibekali dengan cakram ukuran 230 mm  untuk ban depan dan 202 mm untuk ban belakang. Dua cakram tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menghentikan atau memperlambat laju roda Yamaha Nmax 125.

Di bagian ban, motor ini dibekali dengan ban jenis tubeless, yang memiliki ukuran 120/70-15 untuk ban depan dan 140-70 untuk ban belakang. Ban tubeless memiliki banyak keuntungan seperti tidak mudah bocor, stabil pada kecepatan tinggi, waktu penambalan yang singkat dan lain sebagainya.

5. Gigi dan Transmisi

 

Yamaha Nmax 125 menggunakan sistem pengoperasian gigi V-Belt Automatic, yang bisa menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang dengan baik. Transmisinya sendiri adalah berjenis CVT atau Continuously Variable Transmission.

Dua kombinasi V-Belt Automatic dan CVT di atas membuat skuter ini memiliki akselerasi yang  sempurna, baik untuk kecepatan rendah dan tinggi. Kesimpulannya, skuter matik ini bisa sama-sama digunakan dengan nyaman, baik untuk ngebut maupun jalan-jalan santai pada sore hari. 

6. Sistem Pembakaran

 

Seperti yang telah disinggung di atas, motor ini menggunakan sistem pembakaran Fuel Injection, sistem pengapian TCI serta dukungan starter electric. Sistem pembakaran Fuel Injection ini diklaim lebih efek dan efisien sekaligus ramah lingkungan.

Soal kapasitas tangki bahan bakar, Yamaha Nmax 125 memiliki tangki yang bisa menampung hingga 13.2 liter bensin (dalam keadaan full). Sangat banyak, khususnya bagi kamu yang suka travelling atau touring bersama komunitas.

Pastinya, dengan dukungan sistem pembakaran Fuel Injection, Yamaha Nmax 125 ini tidak terlalu banyak mengonsumsi bahan bakar. Berdasarkan catatan terpercaya, skuter matik ini bisa menghabiskan bahan bakar 1 liter untuk menempuh jarak 43,48 km.

7. Fitur dan Keunggulan Yamaha Nmax 125

 

  • Rem ABS dan Non ABS

Yamaha Nmax memiliki banyak fitur, demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Salah satu fitur yang bermanfaat adalah sistem pengereman ABS dan Non ABS. Sistem pengereman ABS ini sudah diterapkan di mobil bahkan hingga pesawat.

Sistem pengereman ABS tidak akan mengunci roda (saat terjadi pengereman), sehingga motor bisa lebih mudah dikendalikan saat direm mendadak. Selain lebih mudah dikendalikan, rem juga lebih pakem (di permukaan datar) dibandingkan rem biasa.

Selanjutnya ada rem Non ABS, rem tradisional yang memiliki mekanisme kerja seperti rem pada umumnya. Rem ini lebih cocok digunakan di jalan yang kering, dan akan berbahaya jika digunakan di jalan yang basah.

  • Smart Key

Yamaha Nmax 125 juga dibekali dengan Smart Key, yang memungkinkan pengendara bisa menghidupkan motor tanpa kunci. Dengan Smart Key ini, kamu bisa menghidupkan motor bahkan dari dalam kantong atau saku celana.

  • TCS

TCS atau Tracing Control System juga ada di Motor Yamaha Nmax 125, yang bisa meningkatkan keamanan saat pengendara berakselerasi. TCS memanfaatkan sensor yang ada di pinggiran cakram untuk kemudian mengirimkan datanya ke ECU atau Electronic Control Unit.

  • Start & Stop

Berikutnya ada fitur Start & Stop, yang membuat motor bisa mematikan mesin secara otomatis ketika sedang tidak bergerak, misalnya saja di lampu lalu lintas. Ketika mesin mati, meskipun sebentar, bahan bakar bisa lebih dihemat. 

  • Bagasi Ekstra Luas

Yamaha Nmax 125 dibekali dengan bagasi bagian depan yang berukuran ekstra luas, bisa menampung semua kebutuhan pengendara, khususnya ketika digunakan touring. Bagasi motor ini diklaim bisa menampung dua helm full face dengan baik.

  • Panel Speedometer yang Lengkap dan Informatif

Motor skuter ini dilengkapi dengan speedometer dengan desain menarik dan panel lengkap nan informatif. Kamu bisa melihat informasi apa saja di sana, seperti kecepatan, sisa bahan bakar dan lain sebagainya.

  • Harga dan Pilihan Warna

Ada 3 pilihan warna yang bisa kamu pilih, yaitu : Adonized Red, Phantom Blue, Power Grey. Soal harga, motor skuter matik ini dibanderol 3.299 Euro, yang jika dirupiahkan menjadi 57,5 juta. 

Baca Juga : Rekomendasi 9 Motor 250 CC Terbaru dan Termurah Untuk Kamu Sebagai Pilihan Sebelum dibeli Nanti

Dengan membaca spesifikasi motor Yamaha Nmax 125 di atas, kamu bisa memiliki pandangan akan seperti apa motor tersebut ketika hadir di Indonesia. Dengan banderol yang lebih ramah di kantong, kamu bisa mewujudkan impian untuk mengendarai motor Yamaha Nmax.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here