Ini Dia Performa Motor Yamaha R25 : Si Sporty yang Kece

0
459
thumbnail r25 - performa motor yamaha r25

Telah setahun lebih semenjak perilisan pertama kali Yamaha R25 di Indonesia ini. Tak ada salahnya jika artikel kali ini difokuskan untuk membahas segala hal terkait dengan performa motor Yamaha R25 tersebut ya. Barangkali saja ada banyak dari pembaca yang masih penasaran dengan keunggulan motor satu ini.

Baca Juga : Spesifikasi Motor Yamaha Nmax 125: Skuter Matik Keren yang Powerfull dan Irit BBM

Perilisan motor Yamaha R25 di Indonesia sendiri nampaknya bersamaan dengan rilis R3 untuk pasar Eropa serta Amerika Serikat lho. Kabarnya motor Yamaha R25 ini mengusung tema yang jauh lebih sporty serta aerodinamis dari beragam segi untuk masuk pasar milenial. Langsung simak faktanya jika penasaran.

Berikut Rangkuman Performa Motor Yamaha R25

1. Desain Sporty Mewah

  • PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing secara umum kali ini mengadopsi desain dari YZR-M1 yang cukup berbeda dari pendahulu Yamaha R25 sebelumnya. Secara garis besar desain yang ingin ditampilkan mengusung tema sporty dengan tampilan aerodinamika yang jauh lebih maksimal. Motor Yamaha R Series memang mengusung jargon “Riding The R Anytime”.
  • Dimulai dari desain lampu depannya mengusung gaya Dual Predator Headlight yang memiliki nuansa sudut tajam serta agresif. Memberi kesan yang jauh lebih gagah. Termasuk menyuguhkan pencahayaan yang tajam, terang serta lebih terfokus.
  • Sementara pada bagian kokpit cukup menyerupai tampilan pada model R1. Dilengkapi dengan tampilan speedometer full digital. Ditambah juga dengan gaya stang under yoke lengkap dengan plat crown segitiga dengan beberapa kisi lubang pada bagian atasannya.
  • Bagian tangki bahan bakar memiliki desain layaknya lekukan tajam berotot. Tangki bahan bakar tersebut bisa menampung bensin hingga kapasitas full sebanyak 14 liter jumlahnya. Agak bergeser dari bagian tangki, tepat di bawahnya terdapat desain berupa full fairing. Hal tersebut mampu menutup sebagian besar dominasi susunan blok permesinannya.
  • Pada bagian joknya mengusung tampilan jok anti slip yang sangat mendukung pengendara melakukan sporty riding maksimal.
  • Bagian knalpot yang terletak pada posisi kanan bawah mengusung desain mid ship sporty yang elegan. Sangat menampilkan kesan desain R Series yang spesial.
  • Desain sporty, mewah serta aerodinamisnya pada bagian lampu belakang ditunjang dengan jenis lampu full LED. Lampu hemat energi serta awet tahan lama tersebut menyuguhkan pencahayaan yang terjamin terang.

2. Fitur Rangka dan Kaki-kaki

  • Khusus pada bagian kaki-kaki depan dilengkapi dengan sistem suspensi Upside Down. Sistem suspensi ini resmi dikeluarkan pertama kali oleh Kayaba. Sistem suspensi ini memiliki perbedaan cukup mencolok pada bagian ukuran serta setting dumping force-nya dibanding dengan suspensi USD yang lainnya. Penggunaan jenis suspensi ini menambah tampilan motor gahar. Selain itu juga mengoptimalkan kenyamanan pengendara serta agresivitas motor utamanya untuk pengaturan handling kala berbelok dalam kecepatan tinggi.
  • Sedangkan untuk suspensi bagian belakangnya didukung dengan tipe Swing Arm. Tipe suspensi satu ini sangat nyaman digunakan untuk berkendara dalam berbagai tipe medan yang berbeda.
  • Khusus untuk desain velg Yamaha R25 menggunakan jenis sporty ukuran 17 inci. Pada bagian depan dibalut dengan tipe ban 110 / 70 – 17 M/C (54S). Sedang pada bagian belakangnya dibalut dengan tipe ban 140 / 70 – 17 M/C (66S).
  • Sementara untuk bagian pengereman Yamaha R25 mengklaim sistem yang jauh lebih optimal lagi. Yakni bagian depannya menggunakan jenis rem cakram floating dengan ukuran 298 mm yang dilengkapi 2 pot kaliper. Sedang pada bagian belakang mengusung rem cakram jenis hidrolik piston tunggal.

3. Modernisasi Fitur Speedometer

  • Yamaha R25 ini mengusung konsep speedometer yang memiliki perpaduan berimbang antara display digital dengan analognya. Tentu makin membuat pengendara dimudahkan memahami kondisi kendaraan secara efisien nan optimal.
  • Pada bagian digital menampilkan informasi mengenai letak posisi gear, tampilan kecepatan kilometer per jamnya, tampilan trip meter, tampilan odometer, tampilan average serta info seputar kondisi oli permesinan.
  • Sementara untuk bagian panel analognya akan menampilkan info mengenai rpm dengan penunjuk jarum jam, tampilan jam digital serta tampilan untuk lampu indikator mulai dari untuk lampu sein, lampu netral maupun juga untuk lampu utama yang digunakan pada jarak jauh.

4. Dimensi Gagah Ideal

  • Yamaha R25 ini memiliki bobot seberat 166 kg. Konsep rangka diamond-nya tersebut memiliki dimensi ukuran 2090 mm x 720 mm x 1135 mm. Sedang untuk bagian jarak sumbu rodanya memiliki kisaran ukuran 1380 mm. Dimensi ukuran yang disematkan ini semakin menonjolkan kesan sporty serta gahar dari motor keluaran Yamaha satu ini.
  • Sedang untuk ukuran dimensi yang lainnya semisal pada ketinggian tempat duduknya mencapai 780 mm. Tentu sangat ideal jika dicocokkan dengan postur rata-rata masyarakat di Indonesia.
  • Sementara untuk dimensi ukuran jarak terendahnya dengan tanah mencapai 160 mm. Bisa dipastikan sangat menunjang kenyamanan untuk berkendara di medan perkotaan Indonesia.

5. Performa Mesin Andalan

  • Yamaha R25 mengklaim mampu memberikan performa mesin super tangguh namun juga tetap dibarengi dengan konsumsi bahan bakar efisien. Sehingga untuk sistem keramahan terhadap lingkungan akan menjadi jaminannya ya.
  • Yamaha R25 mengusung tipe mesin DOHC berjumlah 8 katup lengkap dengan silinder tegak dobel. Spesifikasi mesin tersebut memiliki kapasitas kubikasi sebesar 250 cc berpadu dengan sistem pendinginan cair.
  • Sistem mesin yang diusung Yamaha R25 diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 26. 5 kW menyentuh pada putaran ke 12.000 rpm. Sedangkan untuk nilai tingkatan torsi paling tinggi hingga 22. 6 Nm biasanya dicapai pada setiap putaran 10.000 rpm.
  • Semua performa mesin dari Yamaha R25 yang dirangkumkan pada poin di atas tersebut akan dikombinasikan dengan performa sistem transmisi manual dilengkapi dengan 6 tingkatan percepatan ya.
  • Tak perlu khawatir jika performa mesin unggulan di atas akan berpotensi menyebabkan keborosan untuk bagian jumlah bahan bakarnya. Lantaran Yamaha R25 ini juga telah dibekali dengan sistem suplai bahan bakar berjenis Fuel Injection Blue Core. Yamaha R25 mengklaim mampu melakukan penghematan bahan bakar hingga tingkat perbandingan kompresi menyentuh 11. 6 : 1 lho.
  • Sebagai tambahan khusus untuk kapasitas total oli mesinnya sendiri sebesar 2, 4 liter.

6. Keunggulan Yamaha R25

  • Desain sporty-nya dimaksimalkan dengan paduan tipe head light elegan, tipe velg racing serta jenis ban tubless yang mengoptimalkan kinerja motor saat digunakan untuk membuat manuver.
  • Desain belakang semakin terasa modern dengan sentuhan lampu LED. Berpadu style jok meruncing pada bagian belakang atas yang dilengkapi dengan tempat duduk anti selip. Mengombinasikan segi desain andalan dengan kenyamanan maksimal.
  • Pada bagian speedometer menampilkan kesan modern yang optimal. Terdapat juga tambahan fitur shifting timing light. Sangat membantu pengendara jika ingin memindahkan gigi transmisinya.

7. Kekurangan Yamaha R25

  • Di balik semua keunggulannya tentu ada beberapa kekurangan kecil yang dimiliki motor keluaran Yamaha yang satu ini. Salah satunya yakni tak disematkannya fitur kunci pengaman kontak. Pada faktanya pada beberapa jenis motor bebek maupun matic, kunci pengaman kontak ini sudah lebih dulu disediakan.
  • Tidak adanya sematan fitur pegangan belakang jok. Buat kamu yang concern bisa jadi hal ini mengurangi keamanan dalam berkendara khususnya untuk orang yang dibonceng pada bagian jok belakang. Pegangan belakang jok ini biasa berguna untuk menahan penumpang dari potensi terjatuh mendadak ya.
  • Kekurangan kecil yang selanjutnya terkait Yamaha R25 ini dinilai dalam segi tampilan lampu seinnya. Dikatakan jika desain tampilannya masih kurang maksimal menunjukkan nuansa sporty yang maksimal. Ukurannya yang kecil terutama untuk bagian lampu sein depan bisa berpotensi kurang terlihat oleh pengendara lainnya saat dinyalakan ya.
  • Kekurangan kecil lainnya yang butuh diperhatikan ialah fitur starter Yamaha R25 yang hanya disematkan tipe elektriknya saja. Sedang untuk tipe kick-nya tak serta merta diberikan pula. Bayangkan jika aki atau baterai motornya habis maka akan cukup menyulitkan pengendara untuk menyalakan motor sport satu ini.
  • Potensi kekurangannya yang terakhir ini terkait dengan harga sparepart motor Yamaha R25 yang cenderung masih mahal di pasaran. Jadi jangan heran jika saat ingin menggantinya kemungkinan kamu membutuhkan  dana yang lebih dari biasanya ya.

Baca Juga : Kecanggihan Honda Super Cub C125: Motor Retro Terbaik 2021

Semoga dengan membaca rangkuman dari performa motor Yamaha R25 seperti dalam daftar uraian di atas bisa menambah referensi pembaca mengenai motor satu ini. Kami ulaskan secara mendalam mulai dari daftar keunggulan fiturnya dilengkapi potensi kekurangannya sebagai bahan pertimbangan berimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here