Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan

0
109
Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan
Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan

Pabrik Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri motor listrik, yaitu Nusa motor listrik sport milik Indonesia. Terdapat 4 versi yang akan segera diluncurkan dan para pecinta motor juga bisa segera membelinya sebelum sold out. Tetapi harus tahu dulu cara merawatnya.

Baca Juga: Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya

Siapa yang tidak bangga jika ada otomotif yang diproduksi di negaranya. Ini yang perlu Anda tahu, motor listrik sport milik Indonesia buatan PT Nusa Motor Indonesia. Bahkan satu fakta lagi yang akan membuat Anda bangga, kecepatannya diklaim tercepat di Asia Tenggara.

Memang belum masuk ke dalam tingkatan internasional, tetapi produk pertama jika sudah secepat ini pastinya akan lebih menggila lagi di beberapa tahun kemudian. Karena ini juga merupakan kali pertama pabrik Nusa memproduksi motor listrik, maka masih pre-order.

Pabrikan baru ini ingin melihat antusiasme pecinta motor Indonesia melihat kehadiran salah satu motor CKD buatan pabrikan Indonesia. Tetapi jauh sebelum motor ini dibuat, ada sejarah yang akan menarik untuk Anda ketahui dan membuat lebih cinta produk karya bangsa.

Perjalanan Pembuatan Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia

Bukan fans namanya jika hanya mengendarai kendaraan milik suatu brand, tetapi tidak tahu latar belakangnya. Apalagi Nusa ini merupakan brand anak bangsa yang jika Anda tahu siapa dan cara membuatnya, maka akan semakin bangga menjadi salah satu yang menaikinya.

Pada dasarnya, hampir seluruh komposisi dan komponen motor listrik ini adalah buatan lokal yang dikerjakan oleh talenta dalam negeri. Pihak Nusa motor listrik sport milik Indonesia juga mengakui kalau baterai dan motor penggerak Nusa masih diimpor dari luar negeri.

Menurut pimpinan pabrikan motor listrik ini juga mengatakan kalau sebenarnya ini sudah ada sejak 2 tahun lalu. Brand Nusa ini merupakan kumpulan pecinta otomotif yang memiliki latar belakang di dunia seni. Sebelum itu juga mereka telah melakukan riset pasar otomotif.

Hingga mereka simpulkan kalau brand Nusa ini bisa menjadi titik awal kebangkitan motor khas Indonesia, terlebih sudah mengadopsi sistem yang lebih canggih yaitu penggunaan listrik. Nusa motor listrik sport milik Indonesia ini juga sudah bisa dipesan sekarang juga.

Tomi Gunawan, salah satu public figure yang dikenal akan kecintaannya di dunia otomotif juga ikut bergabung mengembangkan brand Nusa. Kini, hasil riset itu membuat Nusa menjadi salah satu motor listrik tercepat di dunia dan menjadi yang tercepat di Asia Tenggara.

Diklaim Tercepat di Asia Tenggara, tetapi Masih Banyak Saingan di Dunia

Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan_Diklaim Tercepat di Asia Tenggara, tetapi Masih Banyak Saingan di Dunia
Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan_Diklaim Tercepat di Asia Tenggara, tetapi Masih Banyak Saingan di Dunia

Motor Nusa ini memiliki kecepatan yang luar biasa dan jika Anda tidak biasa dengan motor yang kencang, maka akan merasa seperti terbang. Kendati Nusa merupakan salah satu yang paling kencang, tetapi masih banyak saingan motor listrik yang sudah dipasarkan, yaitu:

  • Sarolea SP7 Superbike

Yang satu ini bukan motor yang road-legal. Dari tampilannya saja dapat disimpulkan khusus keperluan sirkuit saja. Motor Sarolea SP7 Superbike ini bisa melaju 0-100 hanya dalam 2.8 detik, unggul jauh dari Nusa motor listrik sport milik Indonesia.

  • Lightning LS-218

Saat ini, status motor listrik tercepat dipegang oleh Lightning LS-218 yang bisa melaju hingga kecepatan 350 km per jam. Kecepatan ini bisa didapatkan dengan mesin listrik yang bisa menghasilkan power hingga 200 PS dengan torsi sekitar 227 NM.

  • Energica EGO

Nusa motor listrik sport milik Indonesia bisa menjadi yang tercepat ke-2 jika bisa unggul dari Energica EGO. Motor listrik dengan tampilan sporty ini bisa melaju hingga kecepatan 250 km/jam dengan power 136 HP dengan torsi hingga 195 NM.

  • KillaCycle

Dari namanya saja kita sudah bisa mendengar betapa sangarnya motor ini. Dan benar saja, motor KillaCycle ini menjadi yang paling cepat akselerasinya yang bisa mencapai kecepatan 100 km/jam hanya di bawah 1 detik dengan power mencapai 500 hp.

  • Brammo Empulse R

Mengendarai motor Brammo akan membuat Anda terlihat seperti orang yang sangat gagah. Motor listrik saingan Nusa motor listrik sport milik Indonesia ini memiliki 2 mesin, mesin biasa ditambah motor listrik sehingga jauh lebih cepat lagi.

  • Mission R

Jika ingin yang tampilannya sangat sporty, maka jangan abaikan motor konvensional dengan motor listrik Mission R. Bisa mencapai top speed hingga 240 km/jam padahal telah diluncurkan sejak 2013 lalu dengan akselerasi 0-100 hanya dalam 3 detik.

Line Up Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia

Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan_Line Up Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia
Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan_Line Up Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia

Tetapi saingan itu bukan berarti membuat Anda akan kecewa dengan brand Nusa. Jika Anda sudah melihat line up yang Nusa hadirkan untuk produk inisialnya, maka Anda juga akan terpukau. Beberapa motor yang akan diluncurkan Nusa dalam waktu dekat antara lain;

  • Nusa Khatulistiwa (K Series) – Basic (140 Juta)

Versi motor Nusa motor listrik sport milik Indonesia pertama adalah K Series atau yang disebut juga dengan Nusa Khatulistiwa tipe Basic. Jarak tempuhnya mencapai 180 km per jam dengan baterai 10 kWh yang kecepatannya mencapai 150 km/jam.

  • Nusa Khatulistiwa (K Series) – Too Fast (180 Juta)

Versi Khatulistiwa kedua adalah K Series Too Fast. Hampir sama bentuknya dengan Nusa Khatulistiwa Basic, tetapi yang ini memiliki top speed hingga 200 km per jam. Dengan baterai kapasitas 14 kW, sekali charge bisa berjalan dengan jarak 250 km.

  • Nusa 2XR (15 Juta)

K series merupakan Nusa motor listrik sport milik Indonesia, tetapi yang lebih simpel adalah 2XR. Top speed motor ini hanya 40 km per jam sehingga hanya cocok untuk dalam kota. Apalagi jarak tempuh 2XR ini hanya sekitar 80 km sekali charge.

  • Nusa 2XL (18 Juta)

Bentuknya sama persis dengan 2XR, tetapi kenapa lebih mahal? Ini adalah Nusa 2XL dengan suspensi yang berbeda tetapi spesifikasi lain sama persis. Harga yang lebih mahal itu adalah karena 2 XR tanpa Shock Suspension, sedangkan 2 XL sudah ada.

Kapan Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Akan Dijual?

Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan_Kapan Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Akan Dijual?
Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan_Kapan Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Akan Dijual?

Dengan Anda sudah tahu masing-masing keunggulan dari setiap line up yang Nusa hadirkan, maka sudah ada beberapa pecinta motor listrik yang sudah tidak sabar untuk memesannya. Tetapi jika sudah tidak sabar, maka Anda bisa memesan sekarang juga.

Pendaftaran pre-order sudah dimulai sejak Februari lalu dan hingga saat ini sudah mendapat antusiasme yang luar biasa besar. Jika terlambat, bisa-bisa sudah close order dan tidak ada lagi kesempatan. Respon pada Nusa motor listrik sport milik Indonesia cukup positif.

Jika Anda memesan motor listrik ini sekarang juga, Anda akan diberikan penawaran yang cukup menarik, yaitu kustomisasi. Anda bisa memilih sendiri warna bodi dan joknya. Velg seperti apa yang diinginkan, hingga roda. Jadi, manfaatkan penawaran itu sekarang!

Sebelum Beli Nusa Motor Listrik Sport, Ini Tips Merawatnya

Tetapi daripada Anda terburu-buru membeli produk incaran ini tetapi tidak tahu cara merawatnya, maka sama saja akan rugi. Lebih baik Anda memesan motor listrik itu sekarang, tetapi sambil belajar merawatnya. Yang harus dikuasai agar motor listrik terawat adalah:

V Belt merupakan semacam tali yang berguna untuk menyalurkan tenaga motor listrik ke roda belakang. Ibaratnya mesin Nusa motor listrik sport milik Indonesia gerakkan V Belt ini dan energinya menggerakkan roda. Lebih baik diganti setiap 5000 km.

  • Motor Listrik Tidak Boleh Terkena Banjir

Jangan pernah Anda nekad menggunakan motor listrik untuk melewati genangan air yang tinggi. Ini hanya membuat Anda harus membayar biaya kerusakan. Memang sudah ada sertifikasi tahan air, tetapi baterainya sangat disarankan tidak kena air.

  • Cuci Hanya dengan Selang

Jika tidak ingin melihat Nusa motor listrik sport milik Indonesia cepat rusak, maka hindari pencucian dengan kompresor. Lebih baik menggunakan selang saja dan hanya ke bagian bodi dan roda. Jangan sampai air masuk ke saluran kelistrikan motor.

  • Cabut Baterai Jika tidak Digunakan Lama

Jika Anda akan meninggalkan motor itu untuk waktu sekitar 2 hingga 3 hari atau motor tidak akan digunakan selama itu, maka cabut saja baterainya. Motor listrik andalkan kelistrikan dari baterai. Sehingga jangan dibuat terhubung listrik terlalu lama.

  • Sistem Pengereman Harus di Cek Rutin

Sistem pengereman motor Nusa ini juga mengandalkan kelistrikan. Jadi, Anda sebaiknya melakukan pengecekan rutin agar tahu apakah ada bagian yang perlu diganti atau bahkan sudah tidak berfungsi dan Anda bisa langsung menggantinya.

Baca Juga: Bengkel Terbaik untuk Sparepart Mobil yang Berkualitas

Perawatan motor listrik tidak sama dengan motor konvensional. Yang ini lebih ketat dan ada banyak elemen yang perlu diperhatikan secara terperinci. Jangan sampai Nusa motor listrik sport milik Indonesia cepat rusak karena tidak tahu cara yang tepat untuk perawatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here