Review Mobil Hybrid Terpopuler dan Informasi Harga Terbarunya

0
190
Mobil Hybrid Terpopuler - Review Mobil Hybrid

Saat ini ada beberapa mobil hybrid terpopuler di Indonesia, terutama dari merek Toyota. Dinamakan hybrid karena memang kendaraan tersebut di desain dengan 2 mesin penggerak, yaitu motor listrik dan mesin bensin konvensional.

Salah satu keunggulan dari tipe kendaraan tersebut yakni bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar cukup tinggi. Misalnya ketika kendaraan melaju pelan maka mesin akan menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya.

Namun ketika kapasitas baterainya habis maka secara otomatis akan menggunakan mesin bensin konvensional. Begitu juga dengan emisi gas buangnya, apabila dalam model listrik maka tidak menghasilkan gas.

Baca Juga : Daftar Pilihan Mobil Diesel Terbaik dan Termurah 2021

Hal itu dikarenakan mode EV atau Electric Vehicle bekerja tanpa menggunakan bahan bakar bensin. Sehingga kendaraan tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali meskipun sedang berjalan.

Meskipun saat mode konvensional menggunakan bahan bakar bensin, tapi diklaim lebih hemat dibandingkan mobil non hybrid. Karena saat mode penggunaan bahan bakar tersebut mobil tidak selalu memakai bensin terus menerus.

Nah, kali ini kami akan mengulas beberapa mobil hybrid terpopuler di Indonesia lengkap beserta informasi harganya. Benarkah pajaknya juga semakin mahal?

Toyota Corolla Cross Hybrid, Mewah dan Murah

Mobil Hybrid Terpopuler - Review Mobil Hybrid

Salah satu mobil hybrid terpopuler di Indonesia karena harganya terjangkau adalah Toyota Corolla Cross Hybrid yang dihargai mulai dari 490 jutaan. Logo khas Toyota tertempel di bagian grill depan dengan desain unik honeycomb.

Penggunaan lampu depan LED juga membuat kesan modern pada kendaraan 2 mode ini. Ditambah adanya aksen warna biru pada lampu di mana mencerminkan bahwa Toyota Corolla Cross adalah kendaraan ramah lingkungan.

Berdasarkan data riset, Toyota Corolla Cross menjadi tipe mobil hibrid paling laris saat ini. Dalam periode Januari sampai Mei 2021 saja sudah laku hingga 799 unit. Bahkan diklaim lebih laku dibandingkan varian bermesin 1.8 liter bensin yang hanya terjual 157 unit.

Harganya sendiri hanya selisih 40 juta lebih mahal dari tipe konvensional. Namun, Toyota Corolla Cross diklaim mempunyai konsumsi bahan bakar lebih efisien karena menggunakan mesin 2ZR-FXE 1.8-liter DOHC VVT-i yang dipadukan dengan motor listrik.

Selain irit bahan bakar, tenaganya juga besar yaitu di angka 170 PS pada torsi 305. Sementara dari desain interiornya sudah dipastikan nyaman dan kelihatan modern tentunya.

Toyota C-HR Hybrid, Irit BBM Hingga 62%

Mobil Hybrid Terpopuler - Review Mobil Hybrid

Toyota C-HR adalah pilihan mobil hybrid terpopuler lainnya di Indonesia yang juga dibanderol dengan harga terjangkau, hanya berselisih 30 jutaan saja dari kendaraan mesin konvensional. SUV kompak ini cukup istimewa bagi yang ingin merasakan impresi berkendara menggunakan dua dapurpacu.

Harganya sekitar 560 juta, banyak dipilih oleh konsumen karena efisiensi penggunaan bahan bakarnya cukup baik. Popularitasnya ditunjukkan dari 83 unit terjual habis saat periode 5 bulan pertama tahun 2021 ini.

Toyota C-HR adalah mobil hibrid dengan kombinasi mesin bensin serta motor elektrik. Di balik cup tersimpan motor listrik berdaya 34 HP serta dikombinasikan dengan mesin berkode 2ZR-FXE. 

Sehingga total tenaganya dapat mencapai 134 HP. Varian Toyota C-HR juga diklaim lebih irit bahan bakar hingga 62% dibandingkan mobil konvensional bahan bakar minyak biasanya. 

Toyota Camry Hybrid, Cocok untuk Keluarga

Mobil Hybrid Terpopuler - Review Mobil Hybrid

Ini merupakan mobil Toyota Camry generasi ke-8 yang dihadirkan dengan mesin mode hybrid untuk bersaing di pasar otomotif Indonesia. Dibanderol di harga 800 jutaan sudah pasti ada banyak fitur unggulan yang ditawarkan.

Toyota Camry menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan tampilan lebih agresif sehingga terkesan gagah, sporty dan juga elegan. Mobil hibrid ini siap untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi para penggunanya.

Tidak hanya mewah, tapi juga ramah lingkungan karena memakai mesin hybrid yang secara khusus untuk berkendara di perkotaan. Spesifikasinya seperti Corolla Cross dengan dua varian mesin yaitu mesin hybrid 2.5-liter dan bensin 2.5-liter.

Namun jangan salah, mobil hybrid terpopuler di Indonesia ini telah menggunakan tenaga hybrid generasi keempat sehingga mesinnya 12,7% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Sangat cocok dijadikan pilihan mobil keluarga karena interiornya yang nyaman dan lega.

Selain itu, Toyota Camry sangat bersahabat dengan pengemudinya melalui akselerasi awal yang halus serta bertenaga. Akselerasi tersebut juga didukung dengan handling responsif sehingga terasa lincah saat dikemudikan.

Toyota Corolla Altis, Mobil Hybrid Harga Terjangkau

Mobil Hybrid Terpopuler - Review Mobil Hybrid

Pilihan mobil hybrid terpopuler lainnya dari merek Toyota adalah seri Corolla Altis Hybrid. Menggunakan dinamo listrik kapasitas 1800 cc serta mesin bensin 2ZR-FXE 

Altis Hybrid menggunakan mesin bensin 2ZR-FXE dimana dipadukan dengan dinamo listrik berkapasitas 1.800 cc. Emisi gas buangnya cukup kecil, yakni 22 gram per kilometer.

Corolla Altis dibekali dengan motor listrik bertenaga mencapai 120 PS konsumsi bahan bakar minyak nya juga lebih irit hingga 70% dibandingkan mobil di kelas yang sama yakni hanya 18 sampai 22 km per liter. Hal itu karena adanya energi setrum 

Sementara dilihat dari desain eksteriornya cukup futuristik dengan tampilan lebih sporty. Ditambah dengan lampu LED di bagian depan serta belakang membuat tampilannya lebih tajam. Pada bagian kaki kakinya menggunakan velg dengan ban berukuran 17 inci.

Harga harga mobil Toyota Corolla Altis hybrid ini hanya sekitar 600 jutaan, termasuk yang paling laku di Indonesia. Cocok untuk penggunaan sebagai mobil pribadi maupun keluarga. 

Nissan Kick e-Power, Pajak Tahunan Hingga 6 Juta

Mobil Hybrid Terpopuler - Review Mobil Hybrid

Jika Anda mencari mobil hybrid terpopuler dengan harga miring mungkin Nissan Kicks e-Power bisa jadi pilihan tepat. Harganya berkisar mulai dari 470 juta, tapi apakah Anda tahu berapa pajak per tahunnya?

Menurut informasi, pajak tahunan Nissan Kicks e-Power mencapai 6 jutaan untuk kepemilikan pertama. Lebih mahal dibandingkan mobil hibrid merk Hyundai di harga yang sama.

Meskipun begitu, tidak sedikit yang tertarik untuk meminang Nissan Kicks e-Power karena memang performanya bisa diandalkan. Mobil ini menggunakan kombinasi motor listrik serta sumber energi bahan bakar fosil.

Termasuk yang paling laris di Indonesia karena beberapa keunikan yang ditawarkan. Salah satunya dari penggunaan mesin 1.2-liter 3 cylinder HR12DE dan motor listrik. Tenaga tersebut bukan untuk menggerakkan poros roda melainkan sebagai pengisi daya baterai yang nantinya bertugas untuk menggerakkan roda.

Mitsubishi Outlander PHEV yang Laku Keras di Pasaran

Mobil Hybrid Terpopuler - Review Mobil Hybrid

Di masa depan kemungkinan besar berbagai moda transportasi akan dikembangkan lebih ramah lingkungan. Hal itu karena semakin menipisnya sumber minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraan sehingga kita harus mencari alternatif lainnya, salah satunya melalui mobil listrik.

Mitsubishi juga mengeluarkan mobil hybrid terpopuler dengan tenaga mesin konvensional yang dipadukan motor listrik melalui seri Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Laku keras di pasaran karena sudah terjual secara global hingga lebih dari 200.000 unit.

Fitur yang menjadi andalan mobil ini yaitu sistem penggerak motor telah terintegrasi sedemikian canggih dengan mesin dan baterai sehingga dapat melaju pada kecepatan maksimum. Mobil juga memiliki 3 seri mode yaitu EV Drive Mode, Parallel Hybrid Mode dan Series Hybrid Mode. 

Setiap mode tersebut mempunyai fungsi berbeda-beda untuk menggerakkan kendaraan. Tentu untuk penggunaan tenaga listrik tidak menghasilkan emisi CO2 karena tidak mengkonsumsi bahan bakar sehingga lebih ramah lingkungan.

Mercedes-Benz E 300 e AMG Line, Mobil Hybrid Terpopuler dan Mahal

Mobil Hybrid Terpopuler - Review Mobil Hybrid

Pilihan mobil hybrid terpopuler lainnya yang bisa masuk daftar incaran Anda adalah Mercedes-Benz E 300 e AMG Line. Varian terbaru dari Mercedes ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berkendara dengan dengan kendaraan ramah lingkungan karena minim polusi udara.

Mobil mewah khas Mercy yang mempunyai desain interior serta eksterior sangat menawan. Mercedes-Benz E 300 e AMG Line unggul dalam banyak hal, terutama fitur mesin listriknya yang sangat bisa diandalkan.

Mercedes sendiri memang telah lama berkomitmen ingin membawa elektrifikasi melalui teknologi EQ Power. EQ (Electric Intelligence) atau kecerdasan listrik menawarkan lingkungan layanan komprehensif sehingga dapat memberikan kenyamanan khusus.

Untuk spesifikasi mesinnya memakai 2.L 4 silinder segaris dimana mampu mengeluarkan 211 daya kuda 5.500 rpm dan torsi maksimum 350 Nm di 1.200 – 4.000 rpm. Sedangkan pada dapur pacu listriknya menambah 122 daya kuda dan 430 torsi di jangkauan 50 km.

Dengan berbagai fitur unggulan yang ditawarkan tidak heran apabila mobil ini punya harga fantastis mencapai 1,8 miliar. Cocok bagi Anda yang menginginkan mobil hybrid mewah, sporty dan sangat elegan. 

Baca Juga :Rekomendasi Mobil Murah Terbaik Untuk Pendapatan Rendah

Selain dari nama-nama tersebut memang masih banyak mobil tipe dual mesin lainnya yang tidak kalah istimewa. Dari beberapa seri mobil hybrid terpopuler tersebut, mana yang menjadi incaran Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here