Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!

0
195
Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!
Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!

Membeli mobil bekas tentunya bisa menjadi salah satu alternatif yang cukup penting untuk dipertimbangkan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil sebagai salah satu , mode transportasi maka pilihan mobil dengan kondisi bekas bisa menjadi pilihan terbaik dan alternatif.

Baca Juga: Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa

Sebagai mode transportasi keberadaan mobil bekas memang tidak jauh dari pengaruh dan pendapat buruk. Banyak yang menjadikan mobil bekas ini sebagai salah satu pilihan yang tidak baik dan cenderung tidak mendapatkan rekomendasi untuk dibeli dan digunakan.

Alasan paling utamanya adalah bahwa membeli mobil bekas memiliki kecenderungan untuk cepat rusak dan juga dianggap butuh perawatan lebih. Akan tetapi anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, pemilihan mobil yang tepat akan memberikan fungsi lebih aman.

Apalagi saat ini perkembangan dunia otomotif khususnya untuk mobil telah jauh berevolusi cukup pesat. Keberadaan mobil bekas dengan berbagai instrumen dan perbaikan yang diberikan membuat Anda mungkin bisa menjadikan mobil bekas sebagai salah satu alternatif.

Terlepas dari hal tersebut pertimbangan untuk membeli mobil bekas juga memiliki beberapa pertimbangan. Salah satu pertimbangan paling banyak dilakukan oleh calon pembeli adalah harga yang cukup miring, murahnya mobil bekas tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Terlebih lagi jika kebutuhan berkendara memang sangat diperlukan, sehingga pilihan untuk menggunakan barang bekas tersebut bisa menjadi alternatif terbaik. Akan tetapi untuk mendapatkan barang berkualitas dalam kondisi bekas, pembeli harus paham beberapa aspek.

Berikut ini setidaknya adalah beberapa aspek yang penting untuk diperhatikan terlebih dahulu apabila Anda hendak membeli mobil dengan kondisi yang bekas.

Pastikan dengan Baik Riwayat Service

Pastikan dengan Baik Riwayat Service_Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!
Pastikan dengan Baik Riwayat Service_Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!

Aspek pertama yang perlu diperhatikan jika Anda hendak membeli mobil bekas adalah riwayat service. Sebagai mode transportasi keberadaan service secara berkala akan menjadi pembuktian bahwa kapasitas penggunaan mobil telah sesuai dengan standar yang berlaku.

Jika telah mencapai standar kenyamanan mobil maka secara tidak langsung bisa menjadi penilaian awal pada kendaraan tersebut. Akan tetapi sebaliknya, jika riwayat service tidak rutin dan tentunya sangat jarang maka bisa dipastikan mobil tersebut jarang disservice.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya service mobil secara berkala adalah sebagai berikut.

  1. Mobil akan lebih aman dikendarai, sebab dengan service yang rutin maka semua kinerja mobil akan lebih maksimal. Mulai dari fungsi kaki-kaki, ban mobil hingga semua aspek terkait kebutuhan cairan dalam mobil mulai dari oli hingga minyak rem.
  2. Mobil akan lebih awet dan tentunya mobilitasnya akan jauh lebih maksimal. Berbeda dengan mobil yang jarang di service maka kecenderungan untuk lebih cepat rusak akan seringkali ditemukan meski kondisi mobil masih tergolong baru.
  3. Keuntungan yang selanjutnya adalah rutinnya mengecek kesehatan mobil akan menjamin mobil masih bisa memiliki harga yang jauh lebih tinggi. Sehingga kapasitas pola penyediaannya akan masih bersaing dipasaran.

Selain pertimbangan service secara rutin pertimbangan lain yang bisa menjadi penilaian adalah bengkel yang digunakan untuk service mobil tersebut. Mobil bekas dengan kondisi terbaik memang akan menggunakan bengkel resmi dari pabrikan untuk melakukan service.

Jangan Gampang Terpengaruh Harga Murah

Jangan Gampang Terpengaruh Harga Murah_Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!
Jangan Gampang Terpengaruh Harga Murah_Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!

Membeli mobil bekas memang bertujuan untuk mendapatkan harga yang relatif lebih murah dari produk langsung. Akan tetapi penting untuk dipertimbangkan bahwa harga yang terlampau cukup murah juga bisa menjadi kendala cukup penting bagi pembeli.

Artinya dengan harga yang jauh dari pasaran dan cenderung sangat murah memiliki kemungkinan lain dan hal ini penting untuk dipertimbangkan. Sebab seringkali beberapa calon pembeli akan terpengaruh dengan harga murah yang jauh dibawah pasaran.

Ada beberapa pertimbangan mengapa membeli mobil bekas dengan penawaran harga relatif sangat jauh lebih murah tidak disarankan. Pertama bisa jadi mobil tersebut pernah mengalami kerusakan yang cukup parah, seperti kecelakaan atau bahkan kerusakan parah lainnya.

Kemungkinan kedua yang bisa menyebabkan mobil bekas memiliki kemungkinan harga lebih murah dibawah pasaran adalah bekas terkena banjir. Sebagaimana penting untuk diketahui secara umum mungkin mobil bekas banjir akan mengalami berbagai lecet dan kerusakan lain.

Aspek ketiga yang menjadi alasan untuk tidak membeli mobil dengan harga terlampau murah adalah kemungkinan terjadinya penyelewengan mobil. Artinya bisa saja Anda membeli mobil bekas yang tidak memiliki surat-surat lengkap yang sesuai standar berlaku.

Umumnya keberadaan mobil dengan harga yang jauh lebih murah memang menjadi pemikat awal bagi pihak penjual untuk menarik calon pembeli dengan mudah dan luas. Hal ini penting diperhatikan terlebih dahulu jika Anda hendak menemukan kondisi yang cukup sama.

Untuk bisa mendapatkan kisaran harga yang cukup baik, maka disarankan bagi Anda untuk membawa teknisi yang juga berpengalaman. Hal ini untuk menghindari adanya penipuan dalam proses transaksi beli Mobil Bekas tersebut.

Mengecek Interior dan Exterior Mobil

Mengecek Interior dan Exterior Mobil_Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!
Mengecek Interior dan Exterior Mobil_Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!

Aspek selanjutnya yang penting diperhatikan dalam membeli mobil bekas adalah pengecekan terhadap body mobil, mulai dari interior hingga eksterior. Aspek pengecekan ini tentunya penting untuk mengetahui kualitas mobil dan penyesuaian harga yang diberikan.

Aspek pertama yang perlu diperhatikan tentunya adalah bagian dari body mobil bagian luar yakni exterior. Body mobil tampak luar tentu merupakan kesan pertama yang akan mempengaruhi mobil bisa mendapatkan atensi dari calon pembeli.

Pada aspek body mobil pastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada lecet atau bekas benjolan dan lekukan seperti telah tertabrak. Hal ini tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk negosiasi harga pada saat membeli mobil bekas jika ditemukan lecet pada bagian body.

Setelah memperhatikan body mobil menyeluruh maka aspek selanjutnya adalah pada bagian cat. Pastikan untuk mengetahui secara detail bahwa cat dari mobil tersebut masih terawat dengan bagus, selain itu kap pintu, kap mesin, hingga bagian kaca mobil juga wajib diteliti.

Untuk bagian interior mobile pastikan ada beberapa aspek yang sangat penting diperhatikan. Pertama bisa mulai dari kondisi kabin mobil secara menyeluruh, pastikan bahwa semua bagian kabin telah terawat dengan baik dan tentunya tidak ada celah seperti sobek dan robek.

Hal ini juga berlaku pada bagian jok mobil, usahakan untuk memilih mobil dengan kondisi jok yang masih asli. Pastikan juga bahwa di bagian dashboard mobil berfungsi dengan baik, mulai dari setir, display mobil, hingga bagian yang menyangkut pengaturan berbagai fungsi mobil.

Mulai dari pembersih kaca depan dan belakang, klakson, hingga bagian audio. Keberadaan audio ini juga penting untuk menjadi salah satu persyaratan mobil bekas tersebut layak dibeli, sebab audio yang bagus menandakan bahwa mobil tersebut terawat dengan baik.

Aspek terakhir pada bagian interior mobil yang perlu diperhatikan adalah fungsi dari AC. Pastikan bahwa AC memiliki tingkat pengaturan yang bagus dan tentunya memberikan dingin yang baik meski kondisi mobil adalah bekas.

Mengecek Kondisi Mesin Secara Menyeluruh

Mengecek Kondisi Mesin Secara Menye_Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!
Mengecek Kondisi Mesin Secara Menye_Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Jaminan Kualitas Terbaik!

Aspek terakhir yang penting untuk diperhatikan dalam membeli mobil bekas adalah kondisi mesin. Komponen mesin merupakan yang penting untuk diperhatikan secara lebih detail, sebab dengan kondisi mesin yang baik meski kondisi bekas mobil akan terasa lebih nyaman.

Hal inilah yang kemudian mendasari bahwa kondisi mesin memiliki aspek intensitas cukup tinggi dalam mempengaruhi harga. Untuk bisa membantu merealisasikan hal tersebut maka ada baiknya Anda membawa teknis yang cukup handal saat hendak mengecek kondisi mesin.

Teknisi memiliki berbagai pertimbangan untuk melihat apakah mesin dalam mobil tersebut masih layak untuk digunakan. Pengalaman dalam memperbaiki mobil menjadi dasar penting bagi seorang teknisi dan mekanik dalam melihat kondisi terkini.

Sebagai pertimbangan lebih lanjut setidaknya ada beberapa aspek penting dalam mesin yang perlu diperhatikan.

  1. Pertama adalah dengan membuka kap mesin, setelah itu pastikan bahwa semua ornament mesin lengkap dan dalam kondisi yang cukup bagus.
  2. Kedua pastikan juga bahwa saat mobil hendak dinyalakan tidak ada suara yang aneh, misalnya ada getaran yang cukup keras. Hal ini bisa memberikan indikasi bahwa mobil tersebut memiliki beberapa permasalahan, dan kondisi seperti ini tidak akan diketahui jika kap mesin tertutup.
  3. Aspek ketiga yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi mesin dengan baik adalah dengan melihat fungsi oli. Pastikan bahwa oli bisa mengalir dengan baik, dan tidak ada kebocoran, sebab jika kebocoran ditemukan maka bisa dipastikan mobil bisa rusak kapan saja.
  4. Pertimbangan terakhir yang penting dan memiliki pengaruh besar dalam beli mobil bekas adalah dengan melakukan test drive. Dalam test drive ini maka Anda bisa mengetahui sejauh mana kinerja mesin bisa berjalan dengan maksimal sesuai dengan kualitas harganya.

Baca Juga: Kesalahan Merawat Aki Mobil Penyebab Cepat Soak dan Tekor!

Aspek penilaian untuk test drive ini bisa dirasakan pada saat menginjak gas, kondisi kopling, cengkraman rem, hingga kemudahan dalam transmisi. Selain itu pastikan juga bahwa semua fungsi kaki-kaki mobil bisa berjalan dengan baik tanpa ada gejala meski sedikit. Beberapa tips diatas merupakan rekomendasi cukup mudah dalam membeli mobil bekas sesuai keinginan .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here