Tips Memilih Ban Mobil Terbaik Serta Rekomendasinya!

0
159
Tips Memilih Ban Mobil Terbaik Serta Rekomendasinya!
Tips Memilih Ban Mobil Terbaik Serta Rekomendasinya!

Bagi pemilik mobil, tentunya tips memilih ban mobil menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui. Ban sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. Semakin baik kualitasnya, maka semakin aman saat digunakan.

Baca Juga: Hindari Penyebab Kerusakan Kaca Mobil agar Tetap Aman!

Sayangnya, masih banyak pengguna mobil yang abai akan kondisi ban. Bahkan, kecelakaan mobil yang terjadi di jalan raya banyak disebabkan karena kondisi ban buruk. Mulai dari ban yang sudah aus, atau anginnya tidak sesuai.

Oleh sebab itu, Anda harus memilih ban yang berkualitas baik untuk mengurangi risiko kecelakaan tersebut. Meski harganya cenderung lebih mahal, tapi manfaat yang diperoleh sangat besar.

Fungsi Utama dari Ban Mobil

Sebelum membahas tips memilih ban mobil, kami akan menjelaskan fungsi dari ban terlebih dahulu. Ban mobil adalah bagian terbuat dari material rubber yang menutupi velg dan digunakan untuk melindungi roda. 

Ban memiliki fungsi yang sangat vital pada setiap kendaraan, termasuk pada mobil. Ban berperan penting agar mobil dapat berjalan dengan baik dan stabil. Ban juga dapat menopang berat mobil beserta isinya. 

Tekanan angin di dalam bagian karet roda memiliki kemampuan menopang beban dari mobil dan penumpang di dalamnya. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan tekanan ideal angin di dalam ban agar fungsi ini maksimal.

Selain harus memperhatikan tips memilih ban mobil, Anda juga perlu mengetahui tekanan ideal untuk ban mobil. Cara mengetahuinya sangat mudah, yaitu mencermati informasi tekanan ban.

Biasanya terdapat di frame pilar pintu pengemudi. Pada pilar bagian bawah jok pengemudi, terdapat stiker berisi informasi tekanan angin ideal. Tekanan angin ternyata tidak hanya berfungsi untuk menahan beban, tapi juga dapat meredam guncangan. 

Ban juga berfungsi untuk meredam guncangan, terutama pada jalan yang bergelombang dan tidak mulus. Fungsi ini akan membuat anda lebih nyaman. Meski sudah ada suspensi, tapi peran ban sangat penting dalam hal ini. 

Saat mobil mengalami guncangan, maka ban akan meredamnya. Kemudian, guncangan akan kembali diredam oleh suspensi. Sehingga, Anda tidak terlalu merasakan guncangan.

Fungsi utama ban juga dapat meneruskan gerakan dari mesin. Sehingga, mobil dapat melaju, berhenti atau mengerem. Maksimalnya fungsi ini juga dipengaruhi oleh pattern ban. Sehingga, fungsi kemudi lebih maksimal.

Tanda Ban Mobil Tidak Layak Pakai

Tanda Ban Mobil Tidak Layak Pakai_Tips Memilih Ban Mobil Terbaik Serta Rekomendasinya!
Tanda Ban Mobil Tidak Layak Pakai_Tips Memilih Ban Mobil Terbaik Serta Rekomendasinya!

Mengenali ban yang sudah tidak layak pakai juga tidak kalah pentingnya dari tips memilih ban mobil. Tanda paling umum yang pertama adalah ban mudah kempes meski baru digunakan sebentar. 

Stabilnya tekanan angin di dalam mobil menjadi salah satu parameter kelayakan ban. Bahkan, Anda juga bisa memperhitungkan siklus waktu pengisian angin. Jika hasil perhitungan sesuai, maka ban masih normal. 

Jika ban cenderung lebih sering kempes, maka Anda harus memastikan kondisinya. Sebab, kondisi tersebut menunjukkan ban tidak layak pakai. Ban tidak layak pakai juga memiliki suara berisik yang cukup mengganggu.

Jika mengeluarkan suara bising saat melewati jalan yang mulus, maka tandanya ban mobil Anda sudah tidak layak pakai. Anda harus segera mengganti ban tersebut karena membahayakan saat digunakan berkendara.

Ciri lainnya adalah permukaan ban retak atau pecah-pecah. Dinding ban yang retak menjadi tanda Anda harus segera menggantinya. Salah satu tips memilih ban mobil salah satunya adalah yang tidak ada retakan di sampingnya.

Retakan ini akan meningkatkan risiko ban meledak di tengah jalan. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi keselamatan anda. Tidak hanya itu, permukaan ban yang tipis juga menandakan ketidaklayakan ban tersebut.

Standar tapak ban tidak boleh kurang dari 1/6 inci, apa lagi jika jalannya licin dan basah. Hal ini akan menyebabkan ban slip dan meningkatkan risiko kecelakaan. Ban mobil harus diganti maksimal setiap 3 tahun sekali. 

Semakin tua usia ban, maka akan semakin aus dan licin saat dipakai. Oleh sebab itu, Anda harus disiplin dalam mengganti ban mobil secara berkala.

Tips Memilih Ban Mobil Terbaik

Dalam hal memilih ban, terdapat beberapa faktor yang harus Anda perhatikan. Selain penting untuk keselamatan berkendara, hal ini juga penting untuk kenyamanan saat mengendarai mobil tersebut.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus Anda perhatikan saat memilih ban untuk mobil:

  • Sesuai dengan Tipe Mobil

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah dengan memilih ban sesuai tipe mobil. Meski pilihan ban sangat banyak saat ini, tapi belum tentu sesuai dengan mobil yang Anda miliki.

Setiap ban mobil memiliki ukuran tertentu yang sudah ditentukan di pabriknya. Bahkan, di bannya terdapat kode ban masing-masing. Ban mobil satu dengan yang lainnya bisa saja berbeda. 

Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikan ban yang dipilih dengan tipe mobil agar bisa pas dan berfungsi maksimal. Jika ragu, Anda bisa meminta teknisi mencobanya terlebih dahulu.

  • Pastikan Sesuai dengan Kebutuhan

Tips memilih ban mobil berikutnya adalah dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan anda. Maksudnya adalah mobil tersebut akan digunakan untuk kegiatan apa. Misalnya untuk kegiatan traveling off-road.

Maka, tipe ban terbaiknya adalah Mud Terrain yang memiliki sifat kokoh melewati jalanan ekstrem. Lain halnya dengan mobil keluarga yang cukup menggunakan ban H/T karena lebih nyaman.

  • Pilih Desain Terbaik

Memilih desain ban juga harus diperhatikan dengan seksama. Pastikan ban memiliki motif yang sesuai dengan kebutuhan. Motif erat kaitannya dengan gaya gesek antara ban dan jalan. 

Jika jalan yang kerap dilalui sering basah atau memiliki curah hujan tinggi, maka pilih ban bermotif V. Sebab, akan menciptakan gaya gesek yang tinggi. Sehingga ban tidak mudah tergelincir.

  • Ukuran Ban Mobil Sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap mobil memiliki ukuran ban tersendiri. Oleh sebab itu dalam tips memilih ban mobil, ukuran menjadi aspek yang sangat penting.

Jika Anda menggunakan ban yang tidak sesuai ukuran, maka ban tersebut tidak akan terpasang dengan benar. Justru, risiko kecelakaan akibat ban sangat tinggi kemungkinannya.

  • Pastikan Ketebalan Ban

Ketebalan ban mobil baru biasanya adalah 50. Jika kurang dari itu, ban akan lebih cepat menipis dan mempengaruhi keseimbangan mobil Anda ketika sedang dikendarai. Oleh sebab itu, pastikan ketebalan ban mobil sesuai.

  • Lihat Tahun Pembuatan Ban

Berikutnya adalah Anda harus memperhatikan tahun pembuatan ban tersebut. Biasanya tahun pembuatan terdapat di kemasannya. Pastikan Anda memilih ban yang masih baru dan belum terlalu lama dibuat.

Sebab semakin lama waktu pembuatan, maka kualitas ban tersebut akan semakin menurun. Tentunya Anda tidak mau membeli ban dengan kualitas kurang baik.

  • Pilih Merek Ban Mobil Terbaik

Tidak dapat dipungkiri bahwa merek tidak bisa membohongi kualitas. Ban dari merek ternama dan terpercaya biasanya memiliki kualitas yang baik. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda untuk membeli ban dari merek ternama.

Meski harganya yang relatif mahal, tapi kualitasnya bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga akan lebih awet jika dibandingkan dengan ban dari merek lain.

Rekomendasi Merek Ban Terbaik dan Berkualitas

Rekomendasi Merek Ban Terbaik dan Berkualitas_Tips Memilih Ban Mobil Terbaik Serta Rekomendasinya!
Rekomendasi Merek Ban Terbaik dan Berkualitas_Tips Memilih Ban Mobil Terbaik Serta Rekomendasinya!

Setelah mengetahui tips memilih ban mobil, kali ini kami akan memberikan berbagai rekomendasi merek ban terbaik. Saat ini banyak sekali merek ban di pasaran, tapi tidak semuanya memiliki kualitas yang baik.

Oleh sebab itu, kami memberikan rekomendasi merek ban yang sudah terbukti berkualitas:

  1. Bridgeston, ban dibuat dari material lembar cord untuk rangkanya dan memiliki daya cengkram sangat kuat. Harga yang dibanderol masih masuk akal dengan rentang 500 ribu hingga 1 juta.
  2. GT Radial, kelebihan dari ban berkualitas ini memiliki kestabilan berkendara yang sangat baik. Harganya masih ramah dikantong pemilik mobil, tentunya sebanding dengan kualitas.
  3. Yokohama, kualitas dari mobil ini tidak perlu diragukan lagi karena dapat meningkatkan performa mobil anda. Untuk harga ban satu ini, cukup mahal. Tapi, anda tidak akan kecewa dengan kualitasnya.
  4. Falken, merek ban mobil ini sangat nyaman digunakan di jalan raya. Tidak menimbulkan suara bising dan mampu meredam goncangan.
  5. Hankook, kelebihan ban asal Korea ini adalah mampu mencegah ban dari aquaplaning di jalanan yang basah.
  6. Toyo, ban merek ini memiliki kontrol yang responsif dan nyaman digunakan. Harganya juga cukup bersahabat.

Baca Juga: Jenis Kerusakan Rem Mobil dan Cara Mengatasinya!

Setelah mengetahui fungsi dan kelayakan ban yang berpengaruh pada keselamatan berkendara, seharusnya Anda tidak lagi asal pilih. Oleh sebab itu, pengetahuan tips memilih mobil ban sangat diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here