Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi

0
64
Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi
Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi

Mobil classic selalu mendapatkan perhatian khusus bagi para pecinta otomotif. Mereka seakan tidak pernah bosan untuk membicarakan, memburu, sampai memilikinya bukan hanya di Indonesia saja melainkan seluruh dunia. 

Baca Juga: Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya

Ada berbagai kondisi yang disematkan sebelum mereka membeli, mulai dari tahun, kondisi body, desain, dan jenisnya. Menariknya semakin lama kendaraan tersebut harganya akan semakin tinggi bahkan bisa menyentuh angka miliar. 

Mode klasik ini biasanya tidak dijadikan sebagai kendaraan harian. Hanya digunakan untuk beberapa momen tertentu saja seperti, pertemuan komunitas atau pergi ke perhelatan acara tertentu sebagai bagian dari gengsi. 

Pengertian Secara Rinci Mengenai Mobil Classic

Sampai saat ini masih banyak orang salah mengira, bahwa kendaraan usia tua disebut juga dengan klasik. Hal tersebut sebenarnya keliru. Pengertian sebenarnya adalah mobil yang diproduksi secara terbatas.

Misalnya, diproduksi tahun 1980 saat itu roda empat tersebut hanya terjual beberapa unit. Walaupun menjadi idola, tetap penjualannya maksimal 100 unit jika lebih dari itu penyebutannya cukup tua saja.

Mau Koleksi atau Investasi? Simak Tipsnya

Pemburu mobil classic seperti ini zaman sekarang memang sangat banyak. Bahkan, mereka tidak peduli dengan harga. Poin paling penting adalah mendapatkan apa yang diinginkan sesuai harapan, kemudian dijual kembali.

Sebelum menuju kesana, Anda wajib melakukan riset terlebih dulu. Contohnya, ingin mobil tahun 1960 lihat dulu apa saja pilihannya, kemudian bagaimana desainnya. Spesifikasi lengkap sampai harga, jika sesuai silahkan ambil.

Tetapi, kalau kurang cocok lebih baik cari yang lain. Perlu diingat, jangan hanya fokus pada desain saja melainkan, sejarahnya. Apakah pabrikan tersebut dulu pernah viral karena sebuah film atau penjualannya melebihi batas.

Perawatan Kendaraan Klasik Agar Tetap Prima

Setelah memutuskan untuk membeli produk yang mana, saatnya Anda belajar bagaimana cara merawatnya. Ingat, roda empat ini usianya sudah tua, jadi perlu perawatan khusus agar tidak menimbulkan kerusakan.

Poin pertama yang harus dilakukan adalah service rutin, setiap 2 bulan sekali bisa melakukan cek semua bagian termasuk oli. Bila ada yang kurang bagus, langsung ganti saja.

Pilihan Kendaraan yang Bisa Dijadikan Rekomendasi

Setelah mengetahui sedikit pengetahuan mengenai mobil classic ini, saatnya untuk mengetahui pabrikan mana saja yang bisa dijadikan sebagai salah satu koleksi. Harus diakui pilihannya cukup banyak.

Hanya saja, tidak mungkin semua akan Anda beli bukan? Untuk memulai hobi atau investasi, harus dimulai dari produk yang paling populer terlebih dulu. Apa saja itu? Berikut pilihannya sekaligus deskripsinya

  • Holden Kingswood

    Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi_Holden Kingswood
    Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi_Holden Kingswood

Kendaraan ini pernah menjadi primadona pada tahun 1960 – 1970, bahkan sampai saat ini. Berbagai kolektor kendaraan antik seakan tidak pernah absen untuk memilikinya walau harganya selangit. 

Holden Kingswood merupakan sedang bongsor yang diproduksi di Australia, menggunakan mesin jenis V8 enam silinder. Produk ini akhirnya dikembangkan lagi hingga keluar seri HQ yang mempunyai fasilitas super lengkap. 

Sebelum membeli, pahami dulu bagaimana kekurangannya. Mobil classic ini mempunyai masalah terhadap fitur pengapiannya. Oleh karena itu, beberapa menyarankan bila tidak digunakan aki bisa dilepas saja.

Baru saat mau dipakai dipasang kembali, hal ini merupakan mode perawatan terbaik untuk Holden Kingswood. Coba buktikan sendiri, pasti hasilnya akan jauh berbeda bagaimana begitu sederhana bukan?

Pada tahun 1980 jenis HQ mulai digunakan untuk membalap pada kategori one make race. Kemampuannya memberikan kecepatan dan rasa stabil ketika mengendarainya membuat setiap negara juga ikut produksi. 

Soal energi sendiri tergolong irit, saat digunakan untuk macet di kota perhitungannya 1:5, kalau digunakan biasa bisa mencapai 1:9. Soal hemat dan tidak sebenarnya perspektif orang, karena usia tetap mempengaruhi.

Mobil classic berikutnya adalah Alfa Romeo Duetto Spider. Kendaraan buatan Italia ini diproduksi tahun 1970 dibekali mesin berkapasitas 1570 cc, membuatnya begitu populer di seluruh dunia karena kecepatannya. 

Mungkin, Anda sedang bertanya-tanya mengapa ada nama spider? Perlu diketahui bahwa eksterior di bagian depan dan belakang bentuknya hampir mirip dengan laba-laba, tidak heran bila desainnya membuat semua orang terkesan. 

Salah satu kekurangan dari kendaraan ini adalah harganya, karena menembus angka Rp 800 juta, bahkan beberapa kolektor berani menawarkan di angka Rp1 M. Harus diakui, kualitas dari Alfa sendiri memang bagus.

Apalagi, kalau semua bagian masih terlihat menawan dan seperti asli. Angka penawarannya pasti sangat tinggi, tidak heran bila hanya beberapa kolektor saja yang berani untuk membeli dan menjadikannya koleksi.

Walau harganya selangit, mobil classic ini mempunyai kelebihan di bagian desain. Walau sudah terkesan kuno dan tua, namun secara keseluruhan masih tampak menawan. Sepertinya, tidak lekang oleh waktu.

Dari segi fasilitas dan rasa berkendaranya, Alfa Romeo Duetto Spider memberikan pengalaman sempurna. Terutama saat mengendarainya jarak jauh, akan terasa sekali kemampuannya terutama saat mencapai top speed.

  • Mini Morris MK 1

    Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi_Mini Morris MK 1
    Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi_Mini Morris MK 1

Mobil classic berikutnya adalah Mini Morris MK 1. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan tampilan hingga bentuknya, karena selalu digunakan oleh Mr. Bean untuk pergi kemana saja sesuai keinginan. 

Harus diakui bahwa penampilannya membuat siapa saja akan jatuh cinta. Harga yang dibanderol kurang lebih Rp 250 juta, angka tersebut cukup terjangkau untuk kendaraan tahun 1976 tersebut. 

Cikal bakal dari Mini Cooper ini ternyata memiliki sejarah panjang. Kondisi tersebut terjadi saat bahan bakar di Inggris diberlakukan pembatasan, demi menyelamatkan bisnis yang sudah dibangun akhirnya diproduksi kendaraan perkotaan. 

Pabrikan memberikan mesin empat silinder dengan kecepatan bisa tembus 144 km/jam. Angka tersebut dinilai cukup cepat pada masanya, sempat berpindah ke berbagai pemilik dan melakukan beberapa modifikasi.

Tidak cukup sampai disitu saja, mobil classic ini juga mempunyai kabin cukup luas. Walau ukurannya sendiri terlihat kecil. Tetapi, saat masuk kedalam rasanya lega, nyaman digunakan untuk perjalanan jauh.

Kekurangan dari kendaraan ini hanya ada satu yaitu pada fasilitasnya. Dilihat dari tahun pembuatannya pasti sudah tahu bukan? Di mana kendaraan ini cukup sederhana dan pasti minim berbagai fitur keamanan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membelinya. Harap Anda mengenalnya terlebih dulu, agar tidak kecewa karena, beberapa fasilitasnya harus tambah sendiri. Jadi, terlalu banyak pengeluaran bukan?

  • Volkswagen Kombi

    Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi_Volkswagen Kombi
    Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi_Volkswagen Kombi

Mobil classic berikutnya datang dari pabrikan yang mendapatkan predikat sebagai kendaraan dengan penjualan terpanjang yaitu Volkswagen. Pabrikan mampu bertahan untuk tetap produksi kurang lebih 70 tahun. 

Rasanya tidak ada yang mampu mengalahkan rekor tersebut. Namanya sendiri transporter diperkenalkan pada tahun 1950 di seluruh dunia. Bentuknya yang bongsor membuat semua pecinta otomotif Indonesia menyukainya. 

Tidak heran kalau keberadaan mobil classic masih bisa dilihat. Bahkan, kegunaannya bukan untuk koleksi saja, beberapa orang memanfaatkannya sebagai salah satu kendaraan bisnis, seperti jualan kopi atau makanan ringan. 

Bentuknya yang bongsor juga cocok dijadikan sebagai salah satu pilihan kendaraan keluarga karena, memiliki kapasitas cukup banyak dan luas. Untuk harganya sendiri cukup beragam mulai dari Rp200 juta. 

Mobil classic ini mempunyai kekurangan pada mesinnya. Semakin sering digunakan akan cepat panas dan mati ditengah jalan. Hal itu menjadi momok bagi para pecinta otomotif, khususnya pemula.

Sebenarnya, kondisi itu tidak perlu dikhawatirkan karena, pendingin utama dari kendaraan ini adalah oli. Oleh karena itu, Anda harus sering mengganti oli setidaknya 1 minggu sekali baik dipakai atau tidak.

Menurut para pakar mobil classic,sebenarnya VW kombi ini olinya akan terus berkurang setiap kali Anda menggunakannya. Walaupun hanya untuk membuat mesinnya panas, maka dari itu coba lakukan pengecekan rutin.

Setidaknya setiap 3 hari sekali, hal ini sebagai salah satu alternatif agar kondisi kendaraan dalam keadaan prima setiap kali dibutuhkan. Menariknya untuk masalah merek, Volkswagen sendiri bisa memakai semua brand.

Jadi, tidak perlu pusing mau pilih mana, mobil ini sendiri tergolong bandel dan mudah. Harus diakui, memiliki kendaraan klasik memang sedikit susah karena, harus disiplin soal perawatan.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Honda Terbaru di Indonesia

Walau begitu secara keseluruhan tetap menarik untuk dipandang. Terutama soal desainnya terlihat berbeda dari model biasanya. Mau pilih mobil classic yang mana untuk koleksi di garasi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here