Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan, Dijamin Lebih Awet!

0
416
Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan, Dijamin Lebih Awet!
Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan, Dijamin Lebih Awet!

Ingin tahu bagaimana tips memilih mobil sesuai kebutuhan, maka Anda berada pada artikel yang tepat. Di mana saat ini variasi kendaraan yang diproduksi dan dijual di pasaran sangat banyak sehingga membuat pembeli kesulitan memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Listrik Murah, Bukan Hanya Tesla!

Seperti yang diketahui bahwa dalam mendukung mobilitas tinggi masyarakat. Maka saat ini kendaraan bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi demi kemudahan tanpa harus mengandalkan transportasi umum.

Kendaraan pribadi membuat Anda bisa lebih leluasa untuk melakukan mobilisasi di mana Anda bisa memilih rute dan waktu tertentu saat hendak bepergian tanpa harus terburu-buru. Karena perlu menyelaraskan waktu karena memakai transportasi umum.

Namun seiring banyaknya kebutuhan masyarakat yang tentu saja setiap orang memiliki perbedaan, pihak produsen mobil akan terus berupaya mengeluarkan model atau jenis kendaraan sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Dari sinilah orang-orang mulai dibuat bingung, banyaknya pilihan dengan jenis-jenis yang sangat beragam, tidak sedikit para pembeli malah merasa bimbang. Jika Anda salah satunya maka ketahui dulu beberapa tips memilih mobil berikut.

Hal-hal Mendasar Saat Memilih Mobil Sesuaikan Kebutuhan

Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan, Dijamin Lebih Awet!
Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan, Dijamin Lebih Awet!

Tentu saja saat Anda hendak membeli sebuah mobil maka Anda perlu menyesuaikannya dengan pajak dan ini adalah faktor utama yang perlu dipahami. Jika memiliki baju besar maka tidak ada salahnya jika Anda memilih mobil dengan merk terbaik.

Tentu saja Anda juga perlu melakukan cek dan ricek apakah merek tersebut memang sesuai dengan klaim serta bagaimana pendapat orang-orang yang sudah menggunakan mobil dengan brand tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Namun jika budget Anda tidak begitu besar maka Anda bisa melirik mobil kelas menengah karena masih banyak merk-merk yang menawarkan mobil dengan harga murah. Namun tetap berkualitas.

Setelah membahas mengenai budget sebagai salah satu faktor utama saat menentukan mobil mana yang akan dipilih. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar Anda benar-benar bisa mendapatkan atau memilih mobil sesuai kebutuhan:

1. Perhatikan Segi Keamanannya

Selain baju maka perhatikan juga segi keamanan sebuah mobil karena segala kemungkinan bisa terjadi ketika Anda dalam perjalanan jauh. Sehingga penting sekali memperhatikan tingkat keamanan mobil sebelum membelinya.

Kendaraan yang sudah dilengkapi dengan sistem tahan goncangan sangat disarankan agar nantinya jika terjadi sebuah benturan yang cukup keras. Maka tidak akan membahayakan penumpang yang berada di dalam mobil.

2. Perhatikan Penggunaan Bahan Bakar

Poin berikutnya sebelum Anda memutuskan untuk memilih mobil sesuai kebutuhan maka cari tahu tentang bahan bakar yang digunakan. Pada umumnya tidak hanya harga mobil saja yang mahal namun terkadang juga bahan bakarnya.

Harga bahan bakar bisa mengikuti harga mobil di mana semakin mahal harga mobil akan semakin mahal juga harga bahan bakarnya. Karena bahan bakar digunakan untuk mendukung kinerja mesin.

3. Pastikan Interior Membuat Nyaman

Anda juga perlu memperhatikan segi kenyamanan terutama jika kendaraan yang akan Anda pilih adalah kendaraan yang difungsikan untuk perjalanan jauh. Sangat mudah memilih kursi yang empuk dan ASI segar akan membuat Anda nyaman saat mengendarainya.

Tingkat kenyamanan yang baik membuat berjalan jauh tidak membuat Anda merasa kelelahan sehingga Anda tetap fokus saat mengemudikan mobil. Carilah beberapa jenis kendaraan sekaligus kemudian bandingkan antara satu merek dengan merek lainnya.

4. Apakah Suku Cadang Mudah Didapatkan?

Cari tahu juga mengenai suku cadang dan hal ini merupakan salah satu faktor penting saat memilih mobil sesuai kebutuhan. Sebaiknya pilihlah kendaraan yang memiliki suku cadang paling mudah dicari dan banyak dijual oleh produsen.

Sebaiknya hindari membeli mobil dengan suku cadang yang langka karena nantinya jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan. Maka Anda akan kesulitan untuk menggantinya atau bahkan Anda bisa menemukan suku cadangnya namun dijual dengan harga tinggi.

5. Bagaimana dan Seberapa Besar Biaya Perawatannya?

Setiap mobil membutuhkan perawatan secara berkala. Sehingga untuk menjaga performa mesin Anda perlu mengikuti aturan tersebut dan besar kecilnya biaya perawatan tergantung kompleksitas mobil itu sendiri.

Jadi jangan sampai terlewatkan karena Anda juga perlu mencari tahu berapa biaya perawatannya untuk melakukan maintenance kualitas mobil itu sendiri. Kemudian pastikan biaya tersebut tidak membebani finansial Anda.

Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan Yaitu untuk Rutinitas Sehari-hari

Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan, Dijamin Lebih Awet!
Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan, Dijamin Lebih Awet!

Jika Anda ingin membeli kendaraan yang difungsikan untuk kegiatan sehari-hari maka pilihlah kendaraan yang lincah dan kompak. Misalnya Anda membelinya untuk berangkat ke kantor, maka Anda bisa memilih kendaraan seperti hatchback atau city car.

Lila kendaraan yang dapat membantu Anda bermanuver di tengah kemacetan terutama ketika Anda berada di pusat kota yang biasanya cenderung macet. Dari segi bahan bakar juga maka carilah mobil dengan bahan bakar yang efisien dan tidak menguras kantong.

Perhatikan juga body mobil, hatchback cenderung memiliki body yang sangat mungil sehingga sangat efektif saat Anda ingin menembus atau menerobos Medan jalan yang sangat padat. Namun resikonya hanya bisa membawa 4 orang penumpang.

City car juga merupakan salah satu pilihan yang tepat jika ingin memilih mobil sesuai kebutuhan yaitu untuk rutinitas sehari-hari. Apalagi mobil jenis ini juga terkenal lincah namun sangat irit sehingga memudahkan Anda membawanya lebih sering.

Jika dibandingkan dengan mobil mobil lainnya, city car memiliki bentuk yang sangat mungil. Karena berdimensi kecil bahkan hal tersebut membuat ongkos produksinya relatif lebih murah sehingga harga jualnya juga murah.

Karena pada umumnya hanya dibekali mesin berkapasitas 1000 cc, mobil jenis ini sangatlah hemat bahan bakar. Sehingga sangat cocok menemani aktivitas Anda berada di jalan kota yang cenderung macet.

Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan Yaitu untuk Aktivitas Keluarga

Kemudian bagaimana jika Anda membeli kendaraan yang nantinya difungsikan untuk mobil keluarga atau segala macam aktivitas bersama keluarga. Misalnya seperti antar jemput anak sekolah atau membeli kebutuhan harian dan lain-lain?

Ada beberapa tipe yang cocok untuk kebutuhan ini, tipe paling menonjol adalah multipurpose vehicle (MPV). Karena mobil ini mampu membawa banyak penumpang bahkan juga bisa membawa banyak barang bawaan.

Apalagi jika ada memfungsikan mobil tersebut untuk mobil keluarga terutama keluarga besar maka mobil jenis ini sangat direkomendasikan. Bahkan MPV adalah salah satu jenis kendaraan yang paling banyak dicari oleh konsumen karena alasan tersebut.

Jadi pada intinya jika Anda sedang memilih mobil sesuai kebutuhan, di mana Anda berfokus pada mobil keluarga maka perhatikan jumlah seat. Sekarang ini merupakan pertimbangan paling penting bahkan Anda juga perlu menghitung berapa jumlah keluarga.

Tujuannya adalah agar seluruh anggota keluarga bisa tertampung saat hendak bepergian bersama-sama. Jangan lupa melakukan pengecekan pada ketersediaan bagasi di mana nantinya Anda juga akan membawa barang yang lebih banyak.

Apalagi jika Anda bepergian dalam waktu yang cukup lama tentu saja Anda perlu mengantisipasi barang bawaan. Ketersediaan bagasi sangatlah penting agar nantinya Anda tidak perlu berbagi ruang dengan barang-barang.

Selain itu, perhatikan juga fasilitas hiburan karena biasanya jika Anda memiliki anak balita. Maka akan mudah bosan dan untuk menghindari hal tersebut bila kendaraan yang memiliki fasilitas hiburan seperti pemutar musik atau televisi.

Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan Yaitu untuk Berpetualang

Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan, Dijamin Lebih Awet!

Sedangkan jika Anda ingin membeli mobil untuk kegiatan lain misalnya berpetualang, salah satu kendaraan yang sangat direkomendasikan adalah sport utility vehicle (SUV). Mobil ini adalah salah satu pilihan favorit para penggila otomotif yang tentu saja bukan tanpa alasan.

Biasanya penggila otomotif ingin tampil beda sehingga untuk berpetualang baik ringan atau berat. SUV merupakan salah satu jenis kendaraan yang memiliki aura kegagahan maksimal bahkan merupakan kendaraan yang sangat multifungsi.

Mobil jenis ini bisa melibas berbagai Medan jalan sehingga jika Anda ingin berpetualang di Medan yang cukup berat juga tetap bisa digunakan. Pilihlah kendaraan dengan spesifikasi yang mumpuni untuk mendapatkan jenis SUV terbaik agar Anda menabrak memilih mobil sesuai kebutuhan.

Namun sebenarnya semua mobil SUV sudah disertai dengan mesin gahar bahkan dari segi dimensional sudah dirancang dengan ukuran tinggi. Sehingga tidak membuat Anda kesulitan saat berada di jalan berlubang.

Mobil SUV juga sudah dibekali mesin besar sehingga tidak akan masalah jika digunakan untuk menerjang tanjakan makan di Medan yang sangat sulit dilalui sekalipun. Tidak heran jika penggila otomotif yang suka berpetualang selalu memutuskan membeli mobil ini.

Baca Juga: Mobil Klasik Amerika yang Dijuluki Muscle Car Legendaris

Saat akan membeli mobil, Anda memang perlu mempertimbangkan banyak hal. Dengan begitu Anda bisa memilih mobil sesuai kebutuhan dan bisa digunakan dalam jangka panjang serta tidak merepotkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here