Vinales Menangkan MotoGP Qatar, Rossi Kurang Cemerlang

0
90
Vinales Menangkan MotoGP Qatar

Vinales menangkan motogp Qatar dimana balapan ini adalah balapan perdana dari motogp 2021. Jadwal pertandingan perdana tersebut sebelumnya sempat tertunda dikarenakan pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia. Hal tersebut tentunya mempengaruhi berlangsungnya pertandingan disebabkan beberapa negara memiliki regulasi masing-masing untuk upaya pencegahan virus corona ini.

Baca Juga : Rekomendasi Beberapa Oli Mesin Mobil Brio Terbaik

Dan pada akhirnya motogp 2021 terlaksanakan di sirkuit Losail, Qatar. Pertandingan perdana ini tentunya sangat krusial untuk para pembalap. Antara itu untuk meningkatkan motivasi untuk laga selanjutnya ataupun untuk memimpin poin pada klasemen. Ajang balap motor profesional tingkat dunia ini tentunya sudah terkenal sejak lama.

Dan memiliki penggemarnya tersendiri, berasal dari segala kalangan umur. Alasannya adalah terdapat keseruan saat laga balapan berlangsung, ditambah jika jagoan Anda sedang berebut posisi dengan pembalap lain. Balapan ini biasanya diikuti oleh 22 pembalap dari penjuru dunia yang bisa dikatakan sudah profesional di bidang balap tersebut.

Biasanya keadaan sirkuit, mulai dari seberapa tingkat kesulitannya hingga keadaan kontur tanah di sirkuit tersebut juga menarik untuk diikuti. Karena beberapa pembalap biasanya sudah menguasai sirkuit tertentu, menjadikan pemain tersebut lebih dominan dibandingkan dengan yang lain saat balapan di sirkuit tersebut.

Daftar Pembalap yang Ikut Berpartisipasi

Dengan Vinales menangkan motogp Qatar tersebut, menjadikannya berada pada posisi puncak klasemen saat ini. Terdapat beberapa nama juga yang sebelumnya bertanding sengit dengan vinales dimana pada akhirnya dikalahkan saat mencapai garis finish. Berikut 10 rider posisi teratas yang ikut serta dalam laga motogp perdana tersebut.

1. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)
2. Johann Zarco (Pramac Racing Team)
3. Francesco Bagnaia (Ducati Team)
4. Joan Mir (Suzuki Ecstar Team)
5. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
6. Alex Rinz (Suzuki Ecstar TEam)
7. Aleix Espargaro (Aprilia Team Gresini)
8. Pol Espargaro (Repsol Honda Team)
9. Jack Miller (Ducati Team)
10. Enea Bastianini (Esponsorama Racing)

Dilihat dari 10 klasemen peraih poin tertinggi saat laga pertama di atas, dominasi termasuk merata dan yang paling mencolok adalah pada tim Yamaha. Karena menduduki posisi pertama dan ke 5 akibat kelincahan Vinales dalam memacu kendaraannya sehingga Vinales Menangkan MotoGP Qatar. Tim ducati juga mendapatkan 2 posisi teratas dibawah Vinales.

Bisa dilihat terdapat 6 perusahaan kendaraan ternama yang mengikuti ajang balap ini. Mulai dari Suzuki, Yamaha, Ducati, KTM, Honda, dan Aprilia. Tentu saja persaingan ini tidak hanya menentukan siapa yang bisa memenangkan pertandingan, tetapi juga berasal dari tim manakah rider yang memenangkan laga balap tersebut.

Vinales Menangkan MotoGP Qatar, Sengit

 

Dengan hasil akhir dimana Vinales memenangkan motogp Qatar, perebutan posisi pertama yang sengit tentunya terjadi. Yaitu antara Zarco, Bagnaia, Joan Mir serta Vinales sendiri. Maverick Vinales Menangkan MotoGP Qatar di putaran awal hanya bisa menempati pada posisi ke enam. Tetapi seiring bertambahnya putaran dapat memperbaiki posisinya.

Sedikit demi sedikit memperbaiki posisi hingga pada akhirnya Vinales menangkan MotoGP Qatar dan berada menjadi memimpin laga tepat di putaran atau lap ke 15. Posisi ini sebenarnya bisa Dia pertahankan hingga putaran terakhir dan mencapai garis finish. Sedangkan terjadi perebutan seru dan tentunya sengit terjadi pada posisi 2 dan 3.

Yaitu Zarco yang sempat menduduki posisi ke 2 pada akhirnya berhasil direbut oleh Joan Mir. Walaupun begitu posisi Mir belum bisa dikatakan aman, karena dibelakangnya Zarco dan Bagnaia siap untuk merebutnya. Benar saja hal tersebut terjadi pada lap terakhir, saat Mir menikung agar lebar.

Di saat itulah kedua pembalap dibelakangnya yang memang berdekatan langsung mengambil alih posisi ke 2 dan 3 tersebut. Hal tersebut tentunya membuat Joan gagal ikut merayakan kemenangan di atas podium. Kesalahan pada putaran dan tepatnya di tikungan terakhir tersebut ternyata bisa membuat hasil akhir berubah.
Dengan rider yang bisa merasakan kemenangan di atas podium adalah Vinales, Zarco dan Bagnaia. Tentu saja mereka bertiga yang saat ini memimpin klasemen sementara pada motogp 2021 ini. Saat Vinales menangkan motogp Qatar terdapat hal yang menarik dari rekan sesama Yamaha lainnya.

Valentino Rossi Tampil Tidak Cemerlang

Vinales Menangkan MotoGP Qatar

Dengan munculnya rider tim Yamaha sebagai pemimpin atas podium menjadikan seorang rider kawakan yang berasal dari Yamaha disorot oleh media. Tidak lain yaitu Valentino Rossi, rider asal Italia ini dinilai tidak tampil maksimal dan cenderung kurang dalam balapan pertama yang diadakan di sirkuit Losail tersebut.

Laga berlangsung pada tanggal Senin dini hari tepatnya 29 Maret 2021 tersebut berakhir kurang memuaskan Rossi yang hanya mampu menempati posisi ke 12, dengan waktu gap sekitar 10,7 detik. Hanya mampu mengantongi 4 poin saja, membuatnya dinilai tampil mengecewakan pada laga perdana tersebut.

Valentino Rossi beralasan bahwa terdapat masalah di ban belakangnya, tepatnya pada tekanan anginnya. Keluhan ini juga sering terjadi kepada Rossi pada musim sebelumnya. Tentu saja Dia ingin segera menyelesaikan masalah tersebut agar bisa menyusul poin pada klasemen. Karena posisi pada laga tersebut kurang menguntungkan Rossi.

Harus secepatnya diselesaikan ujar Rossi, sudah banyak sekali kehilangan posisi saat laga dini hari tadi. Dengan masalah pada ban belakang tersebut membuat rider dengan nomor ikonik 46 itu tidak bisa melesat dengan cepat. Dan akhirnya rekan sesama Yamaha Vinales menangkan motogp Qatar.

Dari putaran pertama hingga ke 12 posisi dari Rossi sendiri selalu tertinggal. Dengan terjadinya masalah tersebut Rossi menjadikan posisinya menjauh padahal awalnya menempati posisi start ke 4. Memang benar jika terjadi masalah pada ban belakang maka akan mempengaruhi performa saat balapan dan grip aspal sirkuit.

Vinales Menangkan Motogp Qatar Disaksikan Marc

Vinales Menangkan MotoGP Qatar

Kemenangan pada laga perdana dini hari tadi oleh Vilanes disaksikan oleh Marc Marquez, rider Honda lainnya. Pertandingan sengit tersebut hanya bisa ditonton dari kejauhan oleh Marc karena mendapatkan cedera pada bagian bahu. Jadi masih dalam tahap pemulihan cedera yang cukup parah tersebut.

Awalnya cedera tersebut terjadi pada laga pertama motogp 2020 di Spanyol, yang menyebabkan harus beristirahat hampir sepanjang musim tersebut. Membuat Marquez hanya bisa menyaksikan dari jauh saat Vinales menangkan motogp Qatar pada balapan perdana musim 2021 ini.

Juara Dunia selama 6 kali musim berturut-turut tersebut mendapatkan cedera pada bahu tepatnya tulang humerus bagian lengan kanan Marc. Dimana Marquez harus menjalani sesi operasi selama 3 kali dan tentu membutuhkan waktu lama hingga berbulan-bulan untuk tahap pemulihan cedera cukup parah tersebut.

Marquez juga diperkirakan masih belum bisa berpartisipasi dalam balapan minggu depan yaitu di motogp Doha. Dikarenakan masih harus menjalani tes tepatnya pada 12 April mendatang. Jadi membuat marquez hanya bisa menikmati pertandingan tersebut sebagai penonton dari kejauhan, sementara menunggu proses pemulihan selesai.

Baca Juga : Pentingnya Memilih Oli Mesin Mobil Agya Simak Ulasannya

Di laga awal motogp musim 2021 ini terdapat banyak sekali keseruan yang bisa dinikmati. Termasuk perebutan sengit untuk mendapatkan posisi naik ke podium, pada akhirnya ditempati oleh Vinales, Zarco dan Bagnaia. Dengan Vinales menangkan motogp Qatar menjadikannya menduduki posisi teratas klasemen sementara dengan 25 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here