Daftar Harga Dan Spesifikasi Mobil Perkotaan Paling Laris 2020-2021

0
646
Spesifikasi mobil perkotaan

Spesifikasi mobil perkotaan memiliki ciri khas praktis digunakan mengaspal di jalanan yang sempit. Hampir semua perusahaan otomotif menyasar pasar konsumen perkotaan dan menyajikan berbagai pilihan city car model terbaru. Mulai dari Honda, Daihatsu, Nissan, Suzuki, termasuk Mitsubishi dan merk baru dari China: Wuling.

Baca Juga : 8 Tips Mengendarai Mobil Matic Di Pegunungan Tetap Aman

Kelebihan city car di banding jenis mobil lain adalah hemat bahan bakar, ruang untuk penyimpanan dan lalu lintas. Untuk itu dimensi yang dihasilkan tentu cenderung lebih kecil dari jenis mobil MPV atau SUV. Tentu tenaga yang dihasilkan berbeda karena kapasitas mesin yang berbeda. Mobil city car juga diminati karena harganya lebih terjangkau.

Ciri-Ciri Mobil Perkotaan dan LCGC

Secara detil spesifikasi mobil perkotaan memiliki ciri khusus pada mesin, bahan bakar, ukuran dan tarif pajak. Mobil perkotaan sampai tahun 2013 masih didominasi jenis MPV dan SUV. Namun sekarang lebih banyak jenis hatchback dan Low Cost Green Car atau dikenal sebagai mobil murah ramah lingkungan merajai jalanan.

1. Kapasitas Mesin dan Penumpang

Berdasarkan regulasi otomotif, Kementerian Perindustrian menetapkan kapasitas mesin yang termasuk LCGC. Untuk mesin dengan bahan bakar bensin, kapasitas mesin maksimal adalah 1200 cc. Sedangkan untuk mobil dengan mesin diesel kapasitas maksimumnya 1500 cc.

Spesifikasi mobil perkotaan dari sisi kapasitas mesin dan penumpang sangat menentukan ukuran atau dimensi kendaraan. Semakin kecil ukurannya, tentu semakin praktis dan lincah di jalanan. Meskipun jika dibandingkan head to head ukuran city car dan SUV atau MPV tidak jauh berbeda.

Untuk kapasitas penumpang, mobil perkotaan bisa menampung maksimal 10 orang termasuk pengemudi. Namun umumnya mobil perkotaan hanya bisa menampung maksimal 7 orang termasuk pengemudi. Saat ini untuk mobil mini, maksimal menampung 4-5 orang saja. Kapasitas ini tentu masih cukup ideal untuk keluarga kecil atau pasangan baru.

2. Bahan Bakar

Spesifikasi mobil perkotaan dari sisi bahan bakar menggunakan bensin atau solar untuk mesin diesel. Bensin yang dibunakan umumnya memiliki nilai RON 92. Jika membandingkan dengan produk pertamina, bisa menggunakan pertalite atau pertamax.  Selain produk pertamina, pengguna di Indonesia juga bisa menggunakan produk Shell dari Total.

3. Tarif Pajak Terbaru

Mulai 1 Maret 2021, Menteri Keuangan telah menandatangani peraturan pajak otomotif terbaru. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.20 tahun 2021, beban PPnBM untuk sejumlah kendaraan bermotor mendapat subsidi dari APBN 2021. Dengan adanya peraturan ini, diharapkan akan menurunkan harga jual mobil perkotaan yang masuk kualifikasi.

Insentif pajak 100% berlaku mulai 1 Maret hingga Mei 2021. Selanjutnya bulan Juni-Agustus 2021 PPnBM sebesar 50% ditanggung negara. Untuk masa pajak September-Desember 2021, PPnBM yang ditanggung pemerintah sebesar 25%. Spesifikasi mobil perkotaan masuk dalam kriteria ini karena kapasitas mesin yang tidak melebihi 1500 cc.

Insentif pajak 0% ini tentu akan sangat meringankan pembeli. Pemerintah berharap dengan adanya insentif ini, akan meningkatkan minat beli masyarakat di musim pandemi. Karena setahun terakhir, penjualan city car mengalami penurunan drastis dibanding tahun sebelumnya. Meskipun secara angka penjualan LCGC masih mengalami peningkatan.

Daftar Harga Dan Spesifikasi Mobil Perkotaan 2021

Ada banyak city car yang bisa dipilih dari berbagai merk. Masing-masing spesifikasi mobil perkotaan dari setiap merk memiliki keunggulannya sendiri. Anda bisa memilih dan memilah sesuai budget dan kebutuhan. Termasuk jumlah penumpang yang sering atau perlu ditampung nanti selama di perjalanan.

1. Produk City Car Honda

Spesifikasi mobil perkotaan

Honda sebagai salah satu merk otomotif terkenal asal Jepang memiliki beberapa varian city car yang diminati pasar. Mulai dari Honda Brio semua seri, hingga Honda Jazz yang memiliki kapasitas mesin lebih besar. Pesona Honda memang berhasil merajai pasar dunia. Terutama di kawasan Asia. Hampir semua negara memiliki Honda sebagai kendaraan terbaik.

Selain berbedaan kapasitas mesin, spesifikasi mobil perkotaan dari Honda juga memiliki kapasitas penumpang dan harga berbeda. Terutama Jazz, harganya tentu lebih mahal dari Brio dan mampu membawa penumpang lebih banyak. Selisih harganya antara 50-100 juta. Satu hal lagi yang lebih penting, mengendarai Honda Jazz terasa lebih nyaman dan lapang dari Honda Brio.

2. Produk City Car Daihatsu

Spesifikasi mobil perkotaan

Dua produk city car besutan Daihatsu yang paling diminati pasar sejauh ini adalah Daihatsu Sirion dan Xenia. Selain itu masih ada pilihan lain yang mampu menarik minat konsumen karena spesifikasi mobil yang mampu bersaing sepanjang 2020. Diantaranya adalah Ayla, Terios, Luxio dan Sigra. Harga city car Daihatsu rata-rata berada di kisaran 200 jutaan.

Setelah mengalami penurunan harga pasar pada akhir 2020, tahun ini hampir semua agen penjualan kendaraan mengadakan penyesuaian harga. Baik karena dampak iklim ekonomi yang disinyalir semakin mambaik, juga karena permintaan mulai berangsur pulih. Namun tentu ada juga penyesuaian harga terkait insentif pajak yang baru saja disahkan oleh pemerintah.

3. Produk City Car Nissan

Spesifikasi mobil perkotaan

Mobil perkotaan hasil produk Nissan tidak jauh berbeda dengan produk pesaingnya. Sebelum pandemi, mobil perkotaan besutan Nissan yang banyak mengaspal adalah Livina dan Serena. Seiring waktu, perkembangan teknologi dan minat pengguna membuat Nissan berinovasi untuk memenuhi permintaan pasar. Kini hadir Nissan March  yang dinanti para konsumen.

Nissan March  hadir dengan spesifikasi mobil perkotaan yang dipenuhi fitur canggih. Nissan March hadir dalam 5 varian dengan pilihan harga yang berbeda. Mulai dari harga 185 jutaan hingga 225 jutaan. Dari harga tersebut, pengguna dimanjakan dengan desain eksterior dan interior yang fashionable dan multi fungsi.

Untuk type kapasitas mesin 1500 cc, mobil ini tidak membutuhkan kunci karena semua serba otomatis. Termasuk ada fasilitas audio control yang mudah diatur saat mengemudi. Di bagian luar juga tersedia sensor parking untuk mencegah benturan saat parkir. Saat dikendarai, Nissan March memiliki kestabilan mesin yang baik sehingga membuat penumpang nyaman.

4. Produk City Car Suzuki

Spesifikasi mobil perkotaan

Produk Suzuki menawarkan spesifikasi mobil perkotaan bervariasi pada beberapa produknya. Sebut saja Suzuki Swift, Suzuki Ignis dan Karimun Wagon R. Ketiganya merupakan produk city car dari Suzuki yang paling diminati pasar. Ada juga Suzuki Baleno yang bersaing ketat dengan Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Meskipun Suzuki Swift model terbaru tidak lagi dipasarkan di Indonesia, masih ada Suzuki Ignis yang menggoda minat pasar. Meksipun tidak termasuk LCGC, Suzuki Ignis dibanderol dengan harga sangat murah, sehingga banyak konsumen tertarik. Harganya berkisar antara 140-160 jutaan, dengan kapasitas mesin 1200 cc.

5. Produk City Car Mitsubishi

Spesifikasi mobil perkotaan

Mitsubishi sejauh ini tidak banyak merilis produk city car. Sampai 2020, hanya ada beberapa varian Mirage yang mengaspal di jalanan Indonesia. Namun karena penjualannya tidak kunjung meningkat baik, agen penjualan memilih untuk menghentikan impor Mirage. Sampai saat ini, hanya tersisa Mitsubishi Mirage second di pasar otomotif Indonesia.

Baca Juga : 14 Pilihan dan Spesifikasi Mobil Offroad Terbaik Dan Murah

Banyaknya pilihan merk dan spesifikasi mobil perkotaan saat ini membuka kemudahan bagi konsumen untuk menyesuaikan. Baik dengan kemampuan finansial maupun kebutuhan akan transportasi yang bisa dipenuhi. Apalagi dengan adanya insentif pajak sepanjang tahun 2021, diharapkan industri otomotif Indonesia kembali bangkit pasca pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here