Sepeda motor listrik 2021, merupakan sebuah terobosan yang diharapkan mampu menjadi solusi dari berbagai macam isu tentang dampak rusaknya lingkungan hidup. Mulai dari isu Indonesia darurat polusi udara, upaya penghematan bahan bakar minyak, pengolahan energi terbarukan ramah lingkungan dan lain sebagainya.

Semua terbayang indah dalam impian. Namun faktanya, untuk membuatnya menjadi nyata, bukanlah hal yang mudah. Hadirnya PERPRES nomor 55 tahun 2019 saja, ternyata belum mampu menjadi stimulus yang kuat bagi dunia otomotif.  Bahkan pada awal 2020, gubernur DKI saat itu, sampai mengeluarkan PERGUB No. 3 tahun 2020.

Baca Juga : Penyakit Motor Beat Bikin Kesel. Yuk, Cek Untuk Mengatasi

Pasalnya, sepeda motor listrik 2021 ternyata memiliki biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor biasa. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak produsen otomotif  masih enggan untuk memproduksinya dalam tahap besar. Dapat dimengerti bukan?

Bahkan kabarnya, selain itu, pihak produsen memang masih terus berproses mengembangkan sumber dayanya. Mereka juga masih terus mengkaji tentang faktor keamanan dari pihak konsumen, penyedia infrastruktur, sampai ke masalah proses pembuangan limbah baterai sepeda motor listrik 2021 yang sudah tak terpakai.

Bukahkah semua itu harusnya sudah dipikirkan sejak awal? Inilah rumitnya dalam setiap proses Research and Development sebuah karya teknologi terbarukan. Semua harus sudah ada gambarannya secara faktual dan terinci.

Mengapa Harus Sepeda Motor Listrik 2021?

motor listrik 2021

Bila sebuah pertanyaan terlempar ke muka umum, maka pertanyaan inilah yang akan keluar. Mengapa harus sepeda motor listrik 2021? Maka jawabannya seperti yang sudah sama sama diketahui bersama. Karena sepeda motor listrik merupakan solusi dari aneka permasalahan dunia yang sangat kompleks.

Ya ini ruang lingkupnya sudah dunia, bukan lagi tentang Indonesia. Walaupun memang Indonesia mendukung dengan bukti keluarnya sebuah perpres dan pergub. Berikut ini adalah ulasannya yang dikemas secara eksklusif.

  1. Ramah Lingkungan

Ya! Sepeda motor listrik 2021 memang digadang gadang adalah salah satu terobosan paling mutakhir bagi abad ini. Mengingat bahwa penggunaan bahan bakar minyak sudah over kapasitas, eksploitasi bumi sudah mengkhawatirkan. Bagaimana tidak? Kekhawatiran akan terjadi kelangkaan BBM di masa depan.

Bahkan sampai ke isu polusi udara di dunia sudah semakin memprihatinkan. Sementara untuk memperbaiki keseluruhannya butuh waktu yang sangat lama. Butuh tahunan untuk mengembalikan sebuah hutan. Butuh ratusan tahun atau bahkan berabad abad lamanya untuk bisa bumi kembali menyediakan minyak bumi.

  1. Mudah Pengoperasiannya

Pada sepeda motor listrik, jika dibandingkan dengan sepeda motor dengan mode metic, bisa dibilang hampir sama. Bedanya hanya dibagian sumber daya saja. Pada motor berbahan bakar minyak, sepeda motor perlu distater untuk bisa dioperasikan.

Namun pada sepeda motor listrik 2021, yang diperlukan adalah hanya menekan tombol On saja, maka motor pun akan langsung berjalan. Sistem pengereman pun berlangsung dengan lebih halus. Sehingga klaimnya sistem ini lebih mumpuni dibandingkan sistem pengereman pada kendaraan bermotor jenis metic sekalipun.

Pasalnya, sistem ini hanya tinggal memutus aliran gas yang ada pada sepeda motor listrik saja. Maka dengan otomatis, sepeda motor listrik akan deselerasi sendiri. Sebuah gambaran pengoperasian yang sungguh mudah dan sederhana, bukan?

  1. Mudah Perawatannya

Seperti umumnya sebuah kendaraan bermotor, sepeda motor listrik pun perlu dirawat. Namun sistem perawatannya diklaim lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis kendaraan bermotor lainnya.

Pada sepeda motor listrik 2021, yang perlu diperhatikan dalam perawatan adalah suku cadang rem, ban motor, dan performa baterai. Semua itu bila dikalkulasikan, maka hasilnya, diklaim bisa lebih berhemat akan banyak hal. Mulai dari suku cadang A sampai Z, sampai ke biaya pengisian bahan bakar.

Komponen Utama Pada Sepeda Motor Listrik 2021

motor listrik 2021

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa sepeda motor listrik 2021 diklaim lebih hemat biaya perawatan suku cadangnya. Berikut ini adalah uraian mengenai berbagai komponen komponen utama yang ada pada sepeda motor listrik .

  1. Sumber Energi Sepeda Motor Listrik

Seperti halnya bensin dan busi pada sepeda motor berbahan bakar minyak. Baterai menjadi hal utama yang perlu diperhatikan secara berkala pada sepeda motor listrik. Pasalnya kemampuan baterai pada sepeda motor listrik mempengaruhi seberapa kuat dan seberapa jauh sepeda motor listrik dapat bergerak.

Memang umur baterai bisa mencapai puluhan tahun. Namun bila tidak dirawat dengan baik. Maka tidak menutup kemungkinan, kemampuan baterai ini bisa terkikis. Bahan dasar baterai pada sepeda motor listrik 2021 adalah lithium atau nikel.

  1. Dinamo Sepeda Motor Listrik

Komponen selanjutnya pada sepeda motor listrik adalah dinamo. Komponen ini bisa dibilang menjadi komponen penting yang mampu menggerakkan sepeda motor listrik. Dinamo memiliki sifat alami, yaitu torsi yang selalu ada di angka tertinggi.

Torsi secara harfiah merupakan sebuah daya dorong. Sehingga ketika sebuah dinamo diaktifkan. Maka secara otomatis, torsi akan langsung berjalan dengan stabil begitu gas diputar. ini menyiratkan bahwa, sepeda motor listrik tidak bisa dikendarai secara kebut kebutan.

  1. Pengisi Daya Sepeda Motor Listrik

Komponen penting lainnya yang terdapat pada sepeda motor listrik adalah bagian pengisi daya alias perangkat charger. Bentuknya pada sepeda motor listrik sungguh beragam. Begitu juga penempatannya, ada yang hanya bisa dicharger ditempat khusus, seperti stasiun pengisian bahan bakar listrik.

Namun tidak menutup kemungkinan bisa di charger dirumah. Tentu dengan resiko, akan ada biaya tambahan pada tagihan listrik rumah. Seberapa besarnya, tentu menyesuaikan dengan kapasitas baterai dan chargernya.

Skema Perpajakan Pada Sepeda Motor Listrik 2021

motor listrik 2021

Di awal sudah sempat disinggung sedikit mengenai beberapa perundangan terkait mengenai sepeda motor listrik, yaitu PERPRES (Peraturan Presiden) dan PERGUB (Peraturan Gubernur). Keduanya bisa digolongkan sebagai stimulus dunia otomotif dalam negeri demi merespon himbauan dunia tentang kendaraan ramah lingkungan.

Selain itu, sepanjang 2019 sampai 2021, ada beberapa penyesuaian kebijakan baru terkait dengan keberadaan sepeda motor listrik. salah satunya adalah yang tertuang pada PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 73 tahun 2019 tentang PPnBM.

Bunyi dari PPnBM tersebut adalah sebagai berikut, Kendaraan berbahan bakar listrik adalah 15 persen dengan dasar pengenaan pajak nol persen dari harga jual kendaraan terkait. Waktu pemberlakuan peraturan ini adalah, berlaku penuh per 16 Oktober 2021.

Untuk sementara ini, skema peraturan perundang undangan mengenai sepeda motor listrik hanya itu saja. Semoga seiring waktu dan melihat berbagai sektor, segalanya semakin jelas dan terarah. Tentu semua pihak ingin yang terbaik demi keberlangsungan hajat hidup orang banyak.

Baca Juga : Trend Mobil Listrik Termahal dan Terbaru 2021

Demikianlah uraian serba serbi mengenai seluk beluk sepeda motor listrik 2021. Semoga dengan hadirnya sepeda motor listrik ini, semua yang diharapkan bisa tercapai dengan baik, tepat target, sesuai dengan sasarannya. Sekian dan terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here