Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual? Ini Perbandingannya!

0
64
Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual Ini Perbandingannya
Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual Ini Perbandingannya

Sepeda motor matic atau manual? Sebagian dari Anda mungkin tengah bingung apakah harus beli kendaraan matic atau yang bebek saja. Apalagi sekarang ini motor matic sudah memiliki tampilan sporty sehingga membuat penampilan penggunanya makin keren.

Baca Juga: Cari Tahu, Kapan Service Mobil Agar Performa Optimal?

Pengguna motor matic di Indonesia juga kian meningkat seiring sebanyaknya produsen mengeluarkan produk-produk yang mampu memenuhi keinginan pasar. Bahkan keberadaannya kian menggerus permintaan akan jenis manual.

Namun, bukan berarti yang bebek ditinggalkan, sebab masih ada pemakainya. Apalagi variasi untuk jenis ini juga tidak kalah banyak dan harganya juga bisa dikatakan lebih murah dibanding tipe saingannya.

Ketika ingin membeli kendaraan bermotor roda dua ini, memang banyak pembeli yang mengalami dilema. Ingin mengambil varian matic yang automatic, tapi juga tetap ingin mengendarai jenis bebek.

Daripada dilema berkepanjangan, Anda mungkin bisa membuat daftar kelebihan dan kekurangan kedua jenis kendaraan roda dua ini. Lalu membandingkan keduanya dan mengambil keputusan paling tepat.

Dengan mengetahui kekurangan masing-masing jenis, maka keputusan akan lebih mudah diambil. Sebab Anda dapat mengetahui apakah sudah sesuai keinginan dan kebutuhan atau belum.

Kenali Dahulu Perbedaan Bodi Motor Matic dan Manual

Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual Ini Perbandingannya
Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual Ini Perbandingannya

Memilih motor matic atau manual, meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai alat transportasi, tapi nyatanya memang punya perbedaan signifikan. Salah satunya di bentuk bodi keduanya yang punya perbedaan cukup besar.

Motor manual biasanya punya bodi besar dengan bobot lebih berat karena susunan bodi kendaraan dengan dimensi lebih besar. Sedangkan motor matic punya bodi ramping, kecil, dan bobotnya lebih ringan.

Tubuhnya yang ramping juga memudahkan untuk diparkir dan tidak membutuhkan terlalu banyak ruang, simpel dan fleksibel. Oleh sebab itu, matic banyak dipilih kaum hawa sebab lebih ringan serta mudah dipakai. 

Akan tetapi, di beberapa tipe motor matic apalagi keluaran terbaru saat ini bodinya justru lebih besar dari bebek dan jauh lebih berat. Coba saja lihat tipe Nmax yang punya bodi besar, meskipun terlihat keren, tapi pergerakan di jalan raya kurang fleksibel.

Jadi, mau pilih motor matic atau manual jika menimbang dari bodinya memang tergantung pilihan. Jika dulu pengguna matic banyak perempuan, sekarang tidak demikian sebab jenis kendaraan ini juga jadi pilihan kaum adam.

Sebab sudah banyak bodi matic dirancang lebih sporty sehingga membuat tampilan ‘laki’. Desain lampu dan berbagai fitur tambahan dalam kendaraan otomatis membuat jenis ini semakin banyak dilirik oleh pengguna pria.

Namun, jenis manual juga berbenah, beberapa tipe sudah dirancang dengan tampilan ramping dan ringan sehingga juga tidak salah jika memilih jenis ini. Bahkan banyak kaum hawa kepincut dengan desain keren dari motor-motor bebek.

Pilih Motor Matic atau Manual Bandingkan Konsumsi BBM-nya

Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual Ini Perbandingannya
Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual Ini Perbandingannya

Memilih kendaraan memang sebaiknya ambil yang lebih irit, karena bisa membantu menghemat pengeluaran. Jika masalah irit, tentu saja mesin manual unggul sebab tidak membutuhkan BBM lebih banyak.

Hal ini dikarenakan pengguna dapat melakukan penggantian gigi sesuai kebutuhan untuk menurunkan atau menaikkan kecepatan. Sedangkan jenis satunya bekerja secara otomatis sehingga kerja transmisinya tidak dikendalikan pengguna.

Kedua hal ini akan berdampak pada kebutuhan BBM, untuk matic perlu lebih banyak bahan bakar untuk sistem penggerak otomatis sedangkan bebek sebaliknya. Bahkan sistem injeksi pada skutik juga tidak jauh lebih hemat dibandingkan manual.

Jika Anda punya mobilitas tinggi dan ingin hemat, maka manual adalah pilihan terbaik. Selain BBM yang lebih irit, dalam segi perawatan juga lebih mudah dibandingkan skutik dan bisa dilakukan perawatan sendiri di rumah.

Pilihan motor matic atau manual dari perbandingan penggunaan BBM ini memang lebih menguntungkan manual. Namun, Anda juga bisa mengirit pengeluaran dengan menggunakan jenis matic, caranya cari tipe injeksi dan gunakan berbagai trik irit BBM.

Salah satunya dengan cara mematikan mesin saat di lampu merah, karena sistemnya otomatis sangat mudah mematikan atau menyalakan mesin. Selain itu, melaju dengan kecepatan stabil juga akan membantu hemat BBM.

Meskipun demikian, Anda tidak bisa menyangkal bahwa pengeluaran yang dibutuhkan untuk jenis skutik memang lebih tinggi. Bukan hanya dari segi BBM, tapi juga biaya perawatan dan suku cadang.

Pilih Motor Matic atau Manual dari Segi Kenyamanan Berkendara

Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual Ini Perbandingannya
Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual Ini Perbandingannya

Banyak orang mengatakan bahwa jenis matic lebih nyaman dikendarai, benarkah demikian? Ini adalah benar, karena jenis motor ini memang dirancang untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Motor bebek lebih sedikit kalah dalam hal ini karena suspensinya kurang nyaman untuk digunakan berkendara, apalagi jika berboncengan. Jika dibandingkan dari segi kenyamanan, maka dapat disimpulkan:

  • Matic Nyaman Dikendarai

Jenis otomatis memang nyaman dikendarai karena memang diciptakan untuk kenyamanan berkendara. Umumnya, suspensi jenis motor ini dibuat lebih empuk dan luas sehingga membuat acara jalan-jalan makin mudah dilakukan.

Karena stabil untuk memuat 2-3 orang, maka banyak keluarga kecil memilih tipe skutik ini. Apalagi jok lebar dan panjang membuat ketika ditempati lebih banyak orang tidak membuat sesak.

  • Manual Bisa Mengangkat Beban Berat

Dari segi suspensi manual punya kekuatan besar dan lebih solid dibandingkan jenis satunya. Dengan shockbreaker lebih panjang dan kuat menjadikan tipe kendaraan ini lebih mudah serta nyaman mengangkat beban berat.

Kalau ditanya pilih motor matic atau manual, bagi pengguna yang sering mengangkat beban berat dengan perjalanan cukup jauh, maka manual pilihan terbaik. Sebab lebih kuat dan tahan banting.

  • Matic Cocok untuk Jalanan Kota

Bentuk kendaraan otomatis yang ramping dan ringan memang sangat cocok untuk digunakan dalam kota. Anda bisa bergerak dengan lincah dan cepat walau di jalanan padat.

Berkebalikan dengan manual yang tidak memiliki kelincahan, apalagi jika pakai tuas kopling. Pengguna akan lebih mudah lelah jika mengendarainya di jalanan padat merayap.

Namun, jangan salah, masalah akselerasi manual menang lebih banyak. Karena pengemudi dapat melakukan pergeseran gigi sehingga dapat mengatur kecepatan dengan lebih baik.

Jika keduanya berada di track lurus dan saling berlomba, maka jenis skutik tidak akan bisa mengalahkan motor manual. Karena skutik tidak dapat berlari lebih kencang dibandingkan pesaingnya.

  • Manual Bisa Digunakan di Jalan Sulit

Meskipun kalah di jalanan rata dan mulus perkotaan, tapi manual punya keunggulan di jalanan tidak rata. Ini disebabkan ukuran diameter roda lebih besar sehingga membuat pengguna lebih nyaman di jalanan bergelombang atau melewati polisi tidur.

Jenis ini juga lebih cocok untuk Anda yang mencintai kecepatan dan seni dalam mengemudi. Karena sistem manual lebih menantang dan dinamis dalam penggunaannya di jalanan.

Pilih Motor Matic atau Manual dari Segi Harga

Jika dibandingkan sekilas, manual memang punya harga jual lebih rendah dibandingkan matic. Akan tetapi, jika dibandingkan lagi sebenarnya sangat relatif, tergantung merek juga spesifikasinya.

Dengan harga mulai dari 15 jutaan pembeli sudah dapat memiliki sebuah motor, baik yang gaya konvensional maupun otomatis. Semakin tinggi spesifikasinya, maka akan makin tinggi harga jualnya, berlaku untuk kedua tipe.

Untuk jenis kendaraan roda dua otomatis dengan tipe stylish dan banyak fitur tambahannya harga bisa mencapai Rp 25 jutaan. Namun, manual juga bisa punya harga selangit untuk beberapa jenis, terutama tipe-tipe motor sport.

Jadi, perbandingan pilihan antara motor matic atau manual memang benar-benar akan tergantung dari spesifikasi keduanya. Jadi, sebaiknya Anda cek dahulu spesifikasi yang dimiliki kendaraan incaran dan bandingkan dengan budget.

Untungnya, sekarang bisa membeli kendaraan dengan sistem kredit sehingga masalah harga tidak lagi menjadi persoalan besar. Jenis dan tipe mana saja yang diinginkan dapat dibawa pulang hanya dengan modal Rp 1 jutaan tanpa persyaratan sulit.

Jadi, kalau disuruh memilih dari segi harga memang tidak terlalu memengaruhi lagi, kecuali jika melakukan pembelian tunai. Maka pembeli memang harus mempertimbangkan kesesuaian tipe dengan keuangan.

Kesimpulannya Pilih Motor Matic atau Manual

Dalam masalah pilihan kembali lagi pada si pembeli, yaitu Anda, apa yang benar-benar diinginkan dan diharapkan dari sebuah kendaraan adalah intinya. Jika Anda tipe pengguna dalam kota dengan jalanan ramah, maka pilih matic.

Namun, jika Anda tipe yang suka akselerasi dalam berkendara dan jenis kendaraan tangguh di segala medan, maka pilihannya manual. Karena manual punya suspensi lebih mendukung untuk kedua hal tersebut.

Jadi, pada intinya kedua tipe kendaraan ini memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal si pembeli ingin memiliki kelebihan yang mana dan mampu memaklumi kekurangannya juga.

Memilih motor memang harus dilakukan dengan saksama, bukan hanya memerhatikan tren tapi juga kebutuhan Anda. Sebab fungsi utama dari sebuah kendaraan adalah mempermudah mobilitas, bukan sekadar gaya-gaya.

Baca Juga: Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong

Matic maupun manual, keduanya punya nilai unggul dan kelemahan masing-masing. Dengan membandingkan motor matic atau manual calon pembeli dapat menentukan mana jenis yang cocok dan tidak cocok sehingga pilihannya sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here